TERAPUNG di Lok Baintan

Pasar Terapung Banjarmasin
Pasar Terapung Lok Baintan 
Pasar Terapung Lok Baintan - Kalo ada pertanyaan "Apa yang terkenal dari Banjarmasin Kalimantan Selatan ???" Jawaban yang pantas & termasyur pastilah "Pasar Terapung". Jadi tak berseronok rasanya kalo sudah menginjakkan kaki di Banjarmasin tp tak menenggok warisan budaya berupa "Pasar Terapung". Kau sangat durhaka dan terkutuak kalo tak kesampaian mengunjunginya #Lebay #ala2, mari bangun pagi dan mari berangkat menyusuri sungai di belahan kota Banjarmasin untuk sampai ke Pasar Terapung.
Pasar Terapung Lok Baintan
Suasana Pagi Di Pasar Terapung Lok Baintan
Pasar Terapung
Penjual Kuae Khas Banjar

Pasar Terapung Kalimantan
Mas Cumilebay - Numpang Eksis Narsis 
Dulu nya pasar terapung di Kalimantan Selatan ini menyebar banyak dan ada hampir di setiap sungai yg dijadiakan tempat tinggal warga asli banjar. Tp sekarang yg tersisa hanya 2 yaitu Pasar Terapung Kuin yang berada di Hulu Sungai Barito Banjarmasin (Tempat Syuting Iklan “RCTI OK” Yang Fenomenal Itu) dan Pasar Terapung Lok Baintan berada di anak sungai martapura, tetapi masuk dalam kabupaten Banjar bukan Banjarmasin #Catet.
Setelah Jam 8 Pagi, Para Pedagang Akan Berpindah Mengikuti Arus Aliran Sungai
Sekitar 100 Meter Tepat Dibawah Jembatan Gantung
Kali ini memang sengaja mengarah ke Lok Baintan yang jarak nya lumayan agak sedikit jauh dari pusat kota Banjarmasin, dikarenakan Pasar Terapung Kuin sudah mulai memudar auranya dan pedagang yg jualan juga sudah sedikit jadi maleslah untuk dikunjungi #SedihBanget. Pasar Terapung Lok Baintan terletak di Desa Lok Baintan, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar sekitar 30 menit dari pusat Kota Banjarmasin mengunakan jalur darat atau 45 menit mengunakan jalur sungai. Banjarmasin mmg terkenal dengan sebutan "Kota Seribu Sungai" jadi pantas saja kalo banyak aliran sungai yg membela kota ini.
Pasar Terapung Banjarmasin
Wajah Ibu - Ibu Pedagang Di Pasar Terapung Yang Ramah Dan Murah Senyum
Jam 6 pagi kami sudah sampai Pasar Terapung Lok Baintan dan di sambut wajah2 ceria ibu - ibu penjual diatas perahu kayu dengan dayung kecil, diwajahnya tergores bedak dingin + topi capil menutupi kepalanya sebagai penghalau panas kalo matahari sudah mulai menyingsing. Mereka ramah dan menyapa setiap wajah2 yang tersenyum sambil sesekali menawarkan barang dagangan nya kepada kami #SumpahBaikRamah
Mereka tuch welcome banget terhadap wisatawan yg ribet minta moto, bertanya ini itu dan menyuruh mereka bergaya diatas perahu hehehe #MaafkanKamiIbu, mereka tidak merasa terganggu dengan kedatangan wisatawan yg super duper ribetnya #KaloGwMahKalem. Tapi kita sebagai wisatawan mesti diri yeeee, jangan hanya bikin ribet tapi juga wajib membeli dagangan nya #DukungIbu2PenjualTetapLestari. 
Pasar Terapung Lok Baintan
Pedagang Menawarkan Hasil Panen Ladangnya Di Pasar Terapung Lok Baintan
Pasar Terapung Kalimantan
Matahari Mulai Menyingsing Dan Itu Bertanda Pasar Terapung Ini Akan Berakhir
Oh yaaa harap di CATAT yaaaaaa kalo pasar terapung Lok Baintan ini hanya ada di pagi hari saja, mulai selepas subuh sampai jam 9 pagi #JanganHarapSampaiDhuhur. Dan please usahakan jam 6 pagi sudah sampai sana, karna sekitar jam 8.30 pagi mereka sudah mulai meninggalkan lokasi berjualan dan pulang ke rumah masing2, untuk Puncak Keramaian nya terjadi pukul 7 – 8 pagi. Para pedagang di Lok Baintan berasal dari beberapa kampung yang tersebar tak jauh dari anak sungai martapura seperti kampung dari Sungai Paku Alam, Sungai Lenge, Sungai Saka Bunut, Sungai Madang dll. 
Pasar Terapung
Mengunakan Daihatsu Xenia Menuju Lok Baintan -  Sekitar 30 Menit Dari Kota Banjarmasin
Untuk sampai di Pasar Terapung Lok Baintan, ada 2 cara yg bisa di tempuh #PakeCinta&Sayang. Kebetulan gw memilih jalur darat mengunakan Mobil Daihatsu Xenia, kami berangkat dari Kota Banjarmasin jam 5 pagi selepas subuh. Rute nya melewati Jl. A. Yani mengarah ke Bandara Syamsudin Noor tetapi nanti sampai di Km 17 (Tugu Gambut) belok kiri ikutin jalan saja menuju Sungai Tabuk (±13 Km) saat ketemu jembatan besar maka ambil ke kanan dan ikutin jalan kecil itu sampai ketemu Mesjid Nurul Hidayah (Mobil Bisa Langsung Parkir Didepan Dermaga Pasar Terapung Lok Baintan)
Kalo mau lewat jalur sungai mengunakan klotok, sewa klotok (Perahu Kecil Bermotor) dari dermaga bawah jembatan Jl. Banua Anyar dekat Soto Bang Amat yang sangat terkenal itu #WajibDiCobaSotoBangAmat, sewa klotok sekitar Rp. 300.000,- dengan menyusuri sungai selama 45 menit dan dapat pemandangan kece melihat kehidupan warga banjar yg mulai beraktifitas pagi di sepanjang sungai #BanyakYangLagiMandi.
Masyarakat Banjar
Aktifitas Pagi Masyarakat Banjar - Semua nya Bermula Dari Sungai 
Pasar Terapung Lok Baintan menjual jenis dagangan semacam sayur, buah, kue2 khas daerah setempat, sempet kemarin melihat ada yang jualan baju juga lho #SemuaAdaDiLokBaintan. Tapi kebanyakan sech menjual hasil panen warga sekitar dan kebetulan lagi musim panen jeruk banjar jadi banyak banget yang jual jeruk banjar yang terkenal manis itu, satu keranjang jeruk banjar hanya di hargai Rp, 75.000,- #LumayanMurahBanget. Eh ada juga yg jualan nasi rawon + soto banjar diatas perahu, jadi kita bisa pesen trus makan sambil goyang2 di atas kelotok #DigoyangMang. Untuk transaksi nya mengunakan uang tunai, tapi banyak juga antar pedagang yg melakukan hanya barter barang dagangan mereka #InilahIndonesiaBerbudaya
Pasar Terapung Lok Baintan
Pedagang & Pembeli Melakukan Transaksi Diatas Sungai
Pasar Terapung
Lagi Musim Jeruk  di Pasar Terapung Lok Baintan

252 comments:

  1. Eh dikau kapan ini kebanjarmasinnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nich baru pulang kak, ke lok baintan nya krmn sabtu :-)

      Delete
    2. ooh..ntar pas di palangkaraya kabarin ya..pengen ketemu seleb :-D

      Delete
    3. Tgl 12 Sept, kita dah di palangkaraya. Yuk lah ketemuan kita ini
      Btw siapa yg seleb kak ??? aku mau juga ketemu ntar foto bareng + minta tanda tangan seleb hua hua

      Delete
    4. yang punya blog cumilebai.com itu loh kak...pengen foto sama dia sama pose andalannya di atas jembatan kahayan

      Delete
    5. Oh dia seleb yaaa kak, baru tau lho kalo cumilebay itu seleb blog hua hua hua #Digampar

      Delete
    6. iya nih...cumi lebay memang situkang jalan-jalan sejati....kalau ngajak saya pasti banyak pahalanya mas dan dijamin lucu menyegarkan.

      Delete
    7. Waksssss aku maluuuuu ... kalo ada yg ngajak, aku juga mau diajak jalan2 juga #NgarepSangat

      Delete
    8. Lah kok ga ngomong ngomong..?

      Delete
    9. Aku mesti ngomong apa kak ??? Hua hua hua

      Delete
  2. keren potonya colourfull and eye catching banget, bikin pengen ngrasain suasana pasar ini juga...
    smoga ibu2 yg berjualan di pasar ini masih akan lestari dan terus ada
    (sampe aku dateng juga kesinih) hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tetep lestari, dan semoga ada generasi penerus buat jualan di lok baintan ini. Sayang banget kalo sampai punah :-(

      Delete
    2. Aku juga sayang kamu mas..takut aku klo kamu sampai punah dari muka bumi ini...wkwkwkw

      Delete
    3. Hmmmm aku tak mungkin punah oleh zaman karna aku akan sellau berubah demi kamu #EEap

      Delete
    4. Makyan ga sekalian ngerasain jadi pedagangnya mak?

      Delete
    5. Hahahah ... makyan pastes banget jadi pedagang jeruk disana :-) #Piss

      Delete
    6. kejam kau makcummmmmmm

      Delete
    7. hmmm... yg ada gw makanin sendiri bukan jualan...
      ato gw barterin sama makanan2 laen...

      Delete
    8. Gwe banget tuh mak yan...
      Toosss.!

      Delete
    9. Makyan, buruan di jadwal in kesanah.

      Delete
    10. Perlu aku bikinin trip kesana yaaaa, biar makin seru kalo ama cumilebay hahaha

      Delete
    11. Yup, bukan kemananya tapi dengan siapanya yak

      Delete
    12. ternyata bukan saya aja yang suka fotonya....
      kayaknya memang judul blog ini lebih bagus kalau dikasih nama "situkang jalan-jalan"
      pasti keren mas....heeee

      Delete
    13. Menunduk Malu Sangat .... #meronapipi

      Delete
  3. Ngilerrrr sama sampan yg berisi kue khas banjar itu om, bawain gih buat aku yaaa ๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh makanan nya enak2 dan murah lho, kmrn kita sarapan nasi pundut dan endesssss

      Delete
    2. alamak makan nasi pundut agi tuh....itu makanan kesukaan saya waktu kecil mas...sampai sekarang saya suka...udah makan lontong orari gak mas, dijamin maknyuuusssss

      Delete
    3. Aku ngak bosan2 makan nasi pundut, sambel nya enak + pake pepes patin makin makyusss.
      Iya kmrn sempet nyobain lontong orari + nasi kuning nya

      Delete
  4. huhuhuhu.. waktu itu aku Muara Kuin dan sepi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kuin dah sepi banget kak, kmrn kita sempet liat waktu sore nya dan oleh masyarakat sekitar di sarankan ke lok baintan aja

      Delete
    2. iya kak, mana waktu itu kita perginya hari kerja pulak. Lengkap sudah.. next deh ke Lok Baintan :)

      Delete
    3. Pasarterapung lok baintan ini ada hari pasaran nya lho, paling rame hari jumat katanya

      Delete
    4. kuin sepi karena semakin hari semakin tergusur pembangunan yang tidak mendukung keberadaan pasar terapung itu sendiri mas.

      Delete
    5. Iya bener banget, kata nya juga pemerinta juga rela membayar para pedagang agar datang berjualan lho.
      Eh sekarang ada pasar terapung dadakan tiapminggu di depan menara siring

      Delete
    6. Banjarmasin udah bukan kota seribu sungai lagi. Banyak yang ditimbun. Sekarang jadi kota 237 sungai. Suwer..

      Delete
    7. Wakssss kakak ngitungin sungai nya yaaa #Salutdech

      Delete
  5. Kulineran di banjarmasin cocok sama gwe...kangen soto banjar, ketupat kandangan, lontong orari...trs kue bingkanya aku suka yg agak2 gosong (klo cowo aku suka yg putih atau sawo mateng...ish)

    Btw emang makanan apa sih yg ga gw embat!!!
    hahaha..
    *nanya sendiri, jawab sendiri.


    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm kamu pemakan segala yaaa kak, apapun kalo di cabein pasti di embat hua hua hua
      Kalo cowo dicabein, kira2 bakal jadi cabe2an ngak ????

      Delete
    2. Suka bangettt donk...
      klo pedes trs keringetan kan bisa saling ngelap pake......
      *handuk iya handuk kooookkk

      Delete
    3. Ngelapnya pake lidah pasti jauh lebih endessss hahaha

      Delete
    4. Makjo insap donkkk insappp tobat makkkkk

      Delete
    5. Tobat mesti berkerudung yaaaa kak

      Delete
    6. Yg penting hatinya berhijab ya mas cum..
      klo kepala masih proses nih....doakan aku yaaa...

      Delete
    7. Alhamdulillah yaaaa mak, semoga berkah ;-)

      Delete
    8. Hati makjo berhijab, kepala dalam proses, kalo yang bawah gimana makjo๐Ÿ˜œ

      Delete
    9. Yang bawah masih di obral sepuasnya, maklum gatel mulu #Halah

      Delete
    10. sekalian mas kain sasirangannya buat oleh-oleh yaaa,,,,saya tunggu kirimannya aja....heeee

      Delete
    11. Kmrn aku ngak beli, udah beberapa kali dapat oleh2 hehehe

      Delete
  6. Kurang lengkap rasanya kalo om tidak mendayung. :-D
    *Jangan mendayung deh om, ntar malah sampannya nggak bisa dikendalikan :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mendayung hati saja sudah lelah, aku tak sanggup :-(

      Delete
    2. Kalo tidak sanggup, silakan lempar kamera :-D

      Delete
    3. Duch sayang banget kalo kamera nya di lempar2 hua hua. Mending masukin tas aja :-)

      Delete
    4. kalau anda tidak kuat lambaikan tangan anda...kalau ke pontianak kasih tau mas....kita kopppdddaarrrrr....sip kan?

      Delete
    5. Merapat ... tunggu aku di ponti yaaa hahahaha

      Delete
  7. lhah itu kok yang jadi iklan RCTI legendaris malah menurun :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, sudah sepi. Sampai2 pemerintah turun tangan dengan memberi uang 50 ribu tiap pedagang yg datang tapi tetep aja sepi

      Delete
  8. Lok baitan ga serame d tipi kak cum... Malah bnykan org moto drpd yg jualan... Coba kl dtata lagi, pasti kyk yg d thailand...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih rame kok, waktu gw datang malah rame banget dan yg moto cuman 3 orang. Yang sepi itu yg kuin

      Delete
    2. sebenarnya ada warung soto lagi yang enak, di pasar blauran dekat mesjit jami, tapi tidak terekspose karena aksesnya tidak satu jalur dengan objek wisata air di banjarmasin. tapi saya bangga karena banyak orang tempat saya yang jualan di lok baintan

      Delete
    3. Waduh ... kalo gitu perlu kita explore nich biar rame. Kmrn aku sempet juga ke mesjid jami nya lho

      Delete
    4. Soto yang enak tuh kalo ada yang bayarin...

      Delete
  9. soto bang amat belom nyobain nih om

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib di cobain, pasti ketagihan hahaha

      Delete
    2. udah aahhh saya komennya, jadin ngilaer balik kampung dan eksekusi kuliner di bajarmasin....

      Delete
  10. Oooooo mas Cum kemarin2 ini diem alim banget ternyata lagi main ke Banjarmasin tho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... lagi di banjarmasin ama nyokap jadi anteng :-)

      Delete
    2. Waduh, kok cum sih...?
      #sambit panci...

      Delete
  11. Berarti yang belek belek neblek bangunnya siang gak bakalan kebagian pasar ini ya bang hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, jadi jangan pemalas yaaa mesti bangun pagi

      Delete
  12. Semoga ya pasar terapung ini terus dipertahankan, Kalau Ke rumah Kakak di Banjar mampir kesini. :)
    kalau sama Nyokap gini teteup foto berkancut nggak ? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga tetep lestari
      Kalo ama nyokap, yaaa aku tampil snatun anteng dan pendiam hahaha

      Delete
  13. belum pernah ke sana -___-
    kapan-kapan deh kalau ada waktu :D

    ReplyDelete
  14. Anonymous11:41:00

    Mas cum kurusan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah diet berhasil, biar makin cucok kalo pake kancut hahaha

      Delete
  15. Udah pernah ke Banjarmasin tapi ga mampir kesini.. kayaknya kudu balik lagi nihhh... racun kau makkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakak butuh porter?
      Saya bersedia jadi porter asal tiket pp dan akomodasi lain dipersiapkan. :-D
      #DemiPasarApung

      Delete
    2. Ayo balik lagi, wajib lho ke pasar terapung nya :-)
      Kalo ada istilah "Kau Tak Kejakarta kalo belum ke monas" begitu juga dengan banjarmasin

      Delete
    3. Teddy aku butuh selimut hidup.. bosan dengan selimut tetangga.. siap?
      Makcum jualin gw donk cariin sponsorrrrr

      Delete
    4. Aish mmg nya gw germo jualin anak orang #melenggos

      Delete
    5. lah bukan na emg iya ya cum hahaha..
      #kabur

      Delete
    6. Aih desi..cumi kan ga gitu!
      Gimana jualin orang, wong dia aja masih nyari "pembeli" hahahhaha

      Delete
    7. Waks, makel mang bisa di jual di pasar apung ituh???? ๐Ÿ˜œ

      Delete
    8. Makjo : yaaa ampun .. nyebut mak, aku kan dah tobat hua hua
      Iyus : makel ngak laku, barang second rongsokan hahaha #kabur #piss

      Delete
  16. btw, mascum ngeborong apa ajah disana? itu belanjanya boleh diatas sungai dan boleh naik sampan ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku beli jeruk sekeranjang trus makan pagi nasi pundut + ayam habang disana

      Delete
    2. pundut? apaan tuh?

      Delete
    3. Macam lontong tapi ada santan nya, ntar aku tunjukin foto nya.
      Dimakan pake sambel merah enak banget

      Delete
  17. Pengen ngerasain ke pasar apung.
    Ibu ibunya tau banget mau difoto, bajunya warna warni... Fotonya jadi wah hasilnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibu2 nya ramah dan baik hati + cakep2 kalo di foto hehehe

      Delete
    2. Kayaknya ibu ibu penjual sayur disana dah kekinian ya, di kau musti beli celana kekinian juga koted. ;)

      Delete
    3. Wakssss tetep ujung2 nya celana kekinian, ayo kokoh kita belanja ;-)

      Delete
    4. Kita dukung koted, besok beli biar kekinian pas di Trip harapan nanti hahahaha

      Delete
  18. Wah.. Jadi kangen ibu2 bintang iklan rcti oke itu.. :D
    Btw, jajanan tradisoinalnya bikin ngiler kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh iyaaaa, ibu itu kemana yaaaa ?? apa sudah jadi artis hehehe
      Jajanan nya enak2 banget lho dan MURAH

      Delete
    2. kalo ga salah mau jadi peran pengganti sisi GGS dari prilly deh om..

      Delete
    3. Waksssss kau ini kejam, penghinaan terhadap kaum ibu hahaha

      Delete
    4. heuheu, becanda om.jangan masukin ke hati.masukin kedalam botol aja kaya jin tomang.heu

      Delete
  19. naik perahu aja aku suka parno takut jatuh, apalagi ini yang dagang ya ._. nggak bisa renaaaang -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wolesss aja, ngak ada ombak kok. Sungai nya tenang banget jadi dijamin aman hehehe

      Delete
  20. Dari semua futu hanya futu penjual kue yang menawan hati hahaha...
    terlihat mak nyus ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku greget sama kacamatanya makcum nihhhh

      Delete
    2. Kacamata gw mmg kece banget yaaaa, kue nya enak2 dan murah lho des

      Delete
    3. soal enak gw ga ragu kr jenis kue na sama dg di palangkaraya. disana aja enak pa lagi ditempat asalnya

      Delete
    4. Oh di palangkara jenis kue nya sama juga macam ini yaaa ??? gw makan enak2 lho, apalagi bingkai banjar nya tuch endesssss

      Delete
    5. Warna warni makanan n baju penjualnya itu des yg bikin menarik. Btw mascum bawa oleh oleh gak dari sana?

      Delete
    6. Aku bawa dong, kan selalu bawah oleh2 buat kalian semua kesayangan akoh hua hua

      Delete
  21. Dari dulu aku ngidam maen ke pasar terapung, eh belum kesampean

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak .... segera laksanakan ;-)

      Delete
  22. Mupeng pengen ke sana jadinya Om. Banyak orang mandinya juga ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah jauh-jauh tar liat si om cum mandi aja.hihiu

      Delete
    2. Yuk ngintip orang mandi disana hehehe, kata nya kalo dah kena air sungai sana pasti kembali lagi lho hahaha

      Delete
  23. pakai edka dingin supaya gakkepanasan ya, kok gak ikutan pakai bedak dingin juga sih? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku udah dingin membawa kesejukan kak, jadi tak perlu bedak hahaha

      Delete
  24. RCTI oke aja deh om, hihi
    wah baru tau pasar terapung adanya dibanjar kalimantan, padahal saya biasa ngirim ke kalimantan suplemennya.hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duch iklan banget dech ahahaha
      Eh kalimantan banyak orang kaya yaaa, jadi beli suplemen mahal gitu ngak masalah hahaha

      Delete
    2. hihi, iklan dikit gapapalah om..
      tapi bneran loh potensi suplemen lebih bagus daerah kalimantan..pulau jawa juga ada potensi tapi dikit.heuheu

      Delete
  25. Pengen deh ngerasain ke pasar apung.

    ReplyDelete
  26. kok nyokap nggak ikut di foto biar eksis juga kyk mas cum hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyokapku dah terkenal, kalo foto nya masuk blog ntar makin ngetop hahaha

      Delete
  27. Mas cumi, kamu lagi survey buat jualan di lok baintan ya? :3 btw nanti terios 7 wonders mampir kesini juga kan? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kagak kesini, jadi kamu wajib balik lagi ke banjarmasin hahaha

      Delete
  28. Mas Cumi kok gak pose RCTI Oke juga? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah basi pose nya, pingin nya pose pake kancut aja hahaha

      Delete
  29. jadi inget iklan RCTI mas cum lihat pasar terapung ini langsung acungi jempol :D RCTI okeeeeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya iklan RCTI di pasar terapung kuin banjarmasin

      Delete
  30. jadi intinya itu, cara belinya gimana?? :D
    dari dulu sejak almh emak gw ceritain klo Dooi udah pernah kemari, gw selalu penasaran gimana cara belinya? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beli nya biasa aja tawar menawar bayar cash, tp kalo sesama pedagang bisa barter antar barang

      Delete
  31. aduh, banyak sekali pengalaman mas cumi ini ya, jadi ngiri heeehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mah apa atuh, cuman tenggok2 aja lho hua hua #melipirMalu

      Delete
  32. Kebanyakan yang jualannya itu buah jeruk yaa, hmmm seger kayaknya.

    Btw jadi inget ibu-ibu yang di RCTI :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jeruk banjar manis dan seger lho

      Delete
  33. Aaak cumilebay akhirnya terapung juga di Lok Baintan! kita gagal jalan bareng lagi nih, enjoy Tangkahan ya!!! Pdhal udah rencana mau pose2 ama cumi dsana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss knp kak ??? Kenapa ??? Kenapa ngak jadi ikut ketangkahan ??? padahal aku sudah menyiapkan kancut2 gonjreng buat tendem ama kak prue #Halah hahaha

      Delete
  34. Pasar apung dengan jeruk di mana-mana! Barter memang lebih asyik, soalnya kita bisa memanfaatkan apa yang melimpah di rumah kita dengan apa yang dibutuhkan secara langsung, tanpa perlu menukarnya dengan uang terlebih dahulu. Pantas bagus sekali jadi objek fotografi, secara pasarnya cuma buka saat subuh dan pagi hari :)). Keren Om, ih bulan ini dan bulan depan kayaknya lagi dinas blogger di Kalimantan terus ya :)).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nich cuman ada subuh sampe jam 9, jadi yg bisa kesini hanya orang2 yg suka bangun pagi hahaha. Yaa berjodoh dengan kalimantan, semoga dilancarkan semua nya :-)

      Delete
  35. rame benerr ya... sampai macet begitu
    goyang goyang diperahu .. ngeri2 sedap ... he he

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak banget kalo di goyang ... goyang manggggg

      Delete
  36. Wuaahhhh buah2annya menggoda mas ^o^.. blm prnh aku blnja di pasar terapung gini... eh itukan pembeli jg naik perahu ya... ada yg bawain perahunya kan? aku g kebayang bs melewati kumpulan penjual yg super rame gini sambil ngemudiin perahu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembeli nya juga banyak yg naik perahu, tapi ada juga yg di darat trus tinggal manggil aja maka penjual nya bakal minggir ke darat gitu

      Delete
  37. Indah bgt tuh pasar apungnya, liat di gambar mayoritas ibu ibu yang jualan ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa kebanyakan mmg ibu2 yg jualan karna bapak nya pada kerja di ladang :-)

      Delete
  38. Keren mascum, jadi pingin kesana.
    Btw otw bw, Gw boleh jualan batu akik gak di pasar apung itu mak? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss kak susri mau jualan akik di pasar terapung ??? duch duch duch mmg kekurangan modal buat ke bangkok tiap bulan ??? hahaha

      Delete
  39. Bang Cum, kok kamu tahu kalau cinta ini udah terapung entah kemana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lelah memikirkan cinta, biarkan saja dia mengapung lari kemana saja

      Delete
  40. keren binggo euuyyy... nggak abis-abis dah kalo bicara budaya dan keindahan Indonesia. semoga bisa ke sana juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien ... semoga segera cusss kesini :-)

      Delete
  41. kalo ada rezeki pengen ke sana :D

    ReplyDelete
  42. misii, mas mau komen,

    itu di pasar gratis gakk, duuhhh pengennn bawa perahunya satuuu

    akkkkk mas cumiii akkkkkkkkkkkkk, bawa akuu ke sanaaa terapungin aku kakk *LAHHHHHH

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gratisss dong, kecuali kalo belanja yaa mesti bayar hahahaha

      Delete
  43. salut deh buat mas toro, bisa sampai ke lok baintan (lok bentan sebutan urang banjar). itu dekat dengan kampung ibu saya mas, waktu kecil kalau hari minggu kami ramai-ramai ke pasar terapung lok bentan, karena jaraknya cuma 15 menit kalau ditempuh dengan kelotok atau motor air. sebenarnya masih ada satu lagi floating market, yaitu di kuin. namun sekarang orang lebih banyak ke lok baintan karena alamnya masih asri. yang menarik dari sistem jualan pasar terapung, mereka membawa sayur lalu sayurnya sebagian di tukar atau dijual. nah hasil jualannya nanti dibelikan bahan pokok lainnya. setelah itu, esok harinya baru mereka jual lagi di pasar, jadi jualannya tambah variatif. namun banyak juga yang hasil barter atau jualan di pasar terapung lok bentan itu untuk makan sekeluarga.

    jadi kangen kampung...sayang posisi saya sekarang di pontianak. terakhir ke sana 2014 kemarin bersama rombongan kesenian kalbar dan kalsel. bikin rindu kampung halaman aja nih posting. makasih mas.....aaaakkkkuuuuuu mmmmaaaauuuuuu keee ppppaaasssaaarrrrr tteeerrraappuuunnnnggggg lllaaaaggggiiiiiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya angel gambarnya bagus dan saya suka....jadi kapan saya di ajak jalan-jalan nih mas....#berharap

      Delete
    2. Lok baintan mmg menarik sekali dan puas banget bisa berkunjung kesana. Tapi banyak banget orang banjar yg ngak tau posisi lok baintan itu dimana ??? sempet nanya2 dan jawab nya ngak tau hehehehe.
      Ini hasil jepretan nya ala2 aja ngak bagus2 banget kan hehehe

      Delete
  44. ya ampuun cakepnyaaa...pengen banget kesiniii..huhuhu menjelajah...

    ReplyDelete
  45. bang cumi punya fotografer sendiri ya? fotonya bagus-bagus. pose rcti okenya mana nih? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak sanggup lah bayar fotografer hehehe, ini foto jepretan ku semua :-)

      Delete
  46. Kalau aku gak berani ke pasar deh kalau kayak gitu. Takut tenggelam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wolesss aja, ombak nya tenang kok

      Delete
  47. Banjarmasin sama Pontianak deket juga ya Hiehiehie. Kita sama sama dari pulau yang sama juga,. Pulau Kalimantan. Insya Allah jika ada kesempatan saya mau mampir ke Banjamasin heiheie.

    Oh ya foto yang paling bawa kok pas banged sedang Nungging ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo silahkan mampir, pasti jatuh hati sama kearifan lokal banjar ;-)

      Delete
  48. Pengen banget bisa lihat pasar beginiann,,, Semoga bisa kesampaian kesini juga deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah ... pasti bisa kesini ;-)

      Delete
  49. Jadi ingat RCTI zaman dulu liat pasar apung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ... iklan itu fenomenal banget

      Delete
  50. *celingukannyariNYAIRcti* :)

    Indonesia ini apiknya kebangetan ya Om Cumi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, cakep pake bingit yaaa. Beruntung terlahir di indonesia tercinta #Merdeka

      Delete
  51. Wah pasar terapung...dulu saya pernah tinggal di banjar pas kecil tp ga pernah ke pasar terapung :( jd pengen balik...

    VONNYDU

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mesti balik lagi hehe. Dijamin ngak bakal nyesel ;-)

      Delete
  52. Keren..gw mau yg blom pernah liat pasar terapung dimanapun kecuali yg ala2 itu di Lembang...hahaha..males bangun paginya bok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak ... ntar nyesel seumur2 lho kalo ngak kesampean nenggok lok baintan hehe

      Delete
  53. lebih ramai sekarang kayaknya ya Lok Baintan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak nya pas hari pasaran dech, mungkin waktu kak noni kesana bukan hari pasaran hehe

      Delete
  54. Ngeliat airnya jadi takut kalau tiba2 nongol buaya-___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada nya malah buaya darat hahaha

      Delete
  55. duhhh ngiler liat jeruknya,kaya baru dipetik gitu ya mas,msh ada daun2'y dikit ^_^

    ReplyDelete
  56. Asikkkk, warisan leluhur yang masih ada sampai sekarang. sayang kayaknya gak ada penerusnya ya kak, ko yang jual ibu2 yang udah tua hihi Semoga esok bisa berkesempatan ke sini

    ReplyDelete
  57. Fotonya warna-warni :D

    ReplyDelete
  58. pasti seru belanja di pasar kayak gitu, tapi serem juga sih sepertinya kalau kecebutrrrrrrtrtrrtrt

    ReplyDelete
  59. itu jeruknya kaya yang seger-seger

    ReplyDelete
  60. Aiiiih... Kadi inget perjalanan kami ngapung di pasar yang sama hehehehe.. Tahun 2013 tapiiii... Subuh2 naik boat dari hotel terus sarapan soto banjaaar et belanja buah.. Seruuuu:)

    ReplyDelete
  61. Belanja di pasar terapung pagi-pagi banget awas masih ngantuk entar nyebur deh...he..

    ReplyDelete
  62. wah asyik juga ya pasar nya terapung di sungai, jadi unik dan kita mau beli juga harus naik perahu :)

    ReplyDelete
  63. Belum pernah ke pasar beginian, thank dah berbagi mas, jadi tau kalo pasar terapung itu ramenya seperti itu...

    ReplyDelete
  64. Wah aku jadi ngebayangin yg pada norak minta foto2 sama ibu2 itu. Dagangannya kebanyakan jeruk itu ya?

    ReplyDelete
  65. Kok lebay sih..?
    Aku aja yang bolak balik ke banjar belum sampe ke situ, hiks..

    ReplyDelete
  66. Setuju kak Cum. Selain foto-foto, beli juga dong dagangan ibu-ibu itu biar mereka merasa dihargai, gak cuma dimanfaatin jd objek foto doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh, dagangannya dijadikan oleh-oleh. Lumayan.

      Delete
  67. Saya mau transaksi pakai kartu Debit dan kartu ATM bisa gk yah di pasar terapung ini.

    ReplyDelete
  68. Buah-buahannya masih sueger mas bro.
    Saya juga sedih pasar terapung Kuin turun pamor. Padahal dulu pemes. Pemdanya gak bisa jaga kepopulerannya.
    Jalan-jalan dengan xenia memang okeh ya mas cumi.

    ReplyDelete
  69. dari dulu pengen kesini belom kesampean. asyik kayanya ya belanja disitu :)

    ReplyDelete
  70. kalau baca tulisan mas cumi ini berasa bicara sama diri sendiri. hahaha.

    tapi kok gak ada foto kancutan sih? atau berenang bareng penduduk disana? hehehe.
    *nunggufotofenomenalcetarmembahanabadai

    ReplyDelete
  71. Saya jadi teringat RCTI di masa dulu, hehe...
    Kapan ya saya bisa ke situ :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, iya gan :D haha.. RCTI Oke :D

      Delete
  72. Mupeng liat buah-buahannya yang seger-seger *_*

    ReplyDelete
  73. Wih, jadi keinget waktu jaman RCTI ibu-ibu itu ya mas. Tapi itu pasar ramainya cuman sejam doang ya, pada pengen cepet pulang, pasti orang-orang di sana anaknya banyak. #eh

    ReplyDelete
  74. itu pasar legendaris yang di rcti kan ya hehe

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com