Belajar Budaya SUNDA di Saung Udjo

Saung Udjo
Pertunjukan Tari, Nyanyi + Permainan Angklung Di Saung Udjo
Saung Angklung Udjo Bandung – Bandung selalu mempesona #TerusBersolek, dilihat dari sudut manapun tetep saja menarik #KedipMataManja. Ngak salah kalo Bandung dijadikan pilihan destinasi wisata untuk liburan keluarga #SahabatKeluarga, tiap weekend selalu rame di kunjungi baik itu wisatawan lokal ataupun mancanegara #Bule. Dan ngak ada salahnya kalo liburan di Bandung juga sambil belajar ttg salah satu adat budaya khas Tanah Sunda ini yaitu Kesenian Bambu ANGKLUNG melalui Pertunjukan Bambu Saung Angklung Udjo.

Saung Udjo
Belajar Budaya Khas Sunda Di Saung Angklung
Saung Angklung Udjo (SAU) didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena (Alm) beserta istri nya Uum Sumiati, SAU merupakan sanggar seni tempat pertunjukan seni, laboratorium pendidikan sekaligus objek wisata budaya khas daerah Jawa Barat dengan mengandalkan semangat gotong royong antar warga #HarusTetepDilestarikan. SAU menerima murid dari anak2 kecil sampai dewasa untuk belajar menari, menyanyi serta bermain angklung #BelajarMencintaiBudaya.
Saung Angklung Udjo
Haleran ... Biasanya Dimainkan Oleh Anak2 Saat Upacara Tradisional 
Jadwal Pertunjukan Bambu Saung Angklung Udjo diadakan setiap sore pukul 15.30 Wib selama 1,5 jam. Pertunjukan di mulai dengan demonstrasi Wayang Golek, trus Haleran (Biasanya dimainkan mengiringi upacara tradisional semacam sunatan, panen padi atau menyambut tamu), tari merak & tari topeng yg dengan anggun dan cantiknya menjadi atraksi selanjutnya #Adek2PenarinyaCantik.

Adek2 kecil usia 4-7 tahun melanjutkan pertunjukan dengan membawakan lagu2 khas anak2 mengunakan angklung mini  dan ini bikin Randy + kirun akhirnya sukses menitikan air mata #Terharu, melihat bocah – bocah kecil sudah bisa menari, bernyanyi serta bermain angklung dengan KECI TOP Buanget #Salut. Trus Alunan Rumpun Bambu (Arumba) diciptakan pertama kali tahun 1970 an + Angklung Padaeng mengalun dengan merdu nya menambah heboh pertujukan angklung mang udjo #GwKepo.
Saung Angklung Udjo Bandung
Tari Merak Dibawakan Dengan Cantiknya Oleh Murid2 Saung Angklung Udjo
Selain menyaksikan pertunjukan kesenian khas sunda, kami semua juga diajak belajar memainkan alat musik angklung ini. Angklung di bagikan ke setiap penonton dengan tangga nada yang berbeda2 trus pembawa acara nya mengajarkan kita cara memegang, mengayung untuk menghasilkan nada yg pas & sesuai. Awalnya semua kacau tapi akhir nya semua penonton sukses memainkan beberapa lagu dengan angklung #HoreHoreHore.... Langsung tepuk tangan bergemuruh disetiap sudut tempat pertunjukan #AkuBerhasil.  
Saung Udjo Bandung
Adek2 Saung Udjo Menampilkan Berbagai Macam Atraksi Khas Sunda
Dan akhirnya hampir semua mata tercengang #Kagum, kuping kami disuguhi sebuah alunan musik Angklung Orchestra yang membawakan lagu2 ngehitz dan super kece seperti Panthom Of The Opera, You Raise Me Up, Que Sera Sera, Poco Poco, Bunda dll dengan aransemen yg apik + indah, sukses menghipnotis para penonton dan ikutan bernyanyi bersama sambil terus terpukau oleh dahsyatnya permainan angklung yg dimainkan #AkyuIkutTersihir
Diakhir acara pertunjukan, penonton diajak menari bersama di tengah2 tempat pagelaran. Adek2 murid saung angklung udjo dengan lucu dan malu2 mengandeng mengajak para penonton untuk turut serta menari #SeruKeakraban.
Belajar Angklung Di Saung Udjo
Semua Berbaur Menyatu Memainkan Alat Musik Angklung, Termasuk Groupies Cumilebay
Puas nonton pertunjukan Kesenian Bambu, jangan langsung buru2 pulang #BisaTiduranSambilJumpalitan #laluDikepruk. Ngak ada salahnya mampir melihat toko cindramata yang ada di depan tempat pertunjukan SAU, disana di jual berbagai macam kerajingan tangan dari bambu, kain batik, wayang golek dll. Eh lupa kan, nich kalo mau menonton pertujukan angklung di saung udjo dikenalan tiket masuk dengan biaya Rp. 60.000,- (Wisatawan Nusantara) dan Rp. 100.000,- (Wisatawan Mancanegara), kita akan dapat souvenir angklung mini + welcome drink #Alhamdulillah.  
Saung Udjo Bandung
Belanja Oleh2 Di Galeri Saung Udjo
Eh jalan-jalan keci dengan keluarga “GroupiesCumilebay” ke Bandung, pake Daihatsu XENIA yang terkenal irit dengan X-tra Aman & X-tra Nyaman. Ruang kabin Daihatsu Xenia yang lega dan luas, sangat cocok sebagai mobil keluarga #SahabatKeluarga. Orang kita selalu demen nya pergi rame2 dan Xenia bisa sampai 7 penumpang dengan tetep nyaman ngak berdesakan #NumpangIklan hehehe, maka nya Daihatsu Xenia #SahabatKeluarga sangat cocok untuk Keluarga Indonesia #Halah
Daihatsu Xenia
Daihatsu Xenia - Xtra Aman Xtra Nyaman
Saung Angklung Udjo
Jl. Padasuka No. 118 
Bandung - Jawa Barat
Telp : 022 - 727 1714 

242 comments:

  1. Aku terharuuu liat anak2 kecil itu lari2an.. mungkin emang udh pengen punya anak *eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksssss ... tapi mmg seru banget liat adek2 kecil kita bermain dan bergurau itu :-) #peyuk

      Delete
    2. Wah, udah ada yang ngisi ya. Selamat kalau begitu.

      Delete
    3. Ngisi apaan ??? Ngisi perut lapar ??? Ih kokoh teddy ngak jelasssss

      Delete
    4. Teddy suka pura2 oon mas cum..
      lah itu kan sekamar sama kilun diaanya...

      Delete
    5. Ihhh koh tedi bahasanya ambigu deh... kamu lupa yaa udah ngisi aku pake iga bakar si jangkung hahahahah

      Delete
    6. Pastinya, dengan iga bakar si jangkung :-D

      Delete
    7. Iga bakar si jangkung enak nya pake nasi, kalo dimakan lauk aja kok rasanya terlalu maghteh

      Delete
    8. Betul Betul Betul. Tak lengkap tanpa nasi aka wajib ya pake nasi.

      Delete
    9. Lbh pas buat makan siang jd bisa pake nasi banyakan! Hahahhaah

      Delete
    10. Tapi aku kok kurang sreg yaaa ama si jangkung, eh tapi sop iga nya enak hehehe

      Delete
    11. Iyaa sop iganya enak.. porsinya juga lbh banyak dr iga bakarnya kan haahhaha *kak cum ga salah pilih deh

      Delete
  2. Seru makkkkkk.... kalau melancong ke Bandung jangan cuma shopping di outlet2 aja, kudu ngerasain sesuatu yang berbeda seperti main angklung di Saung Udjo ini.. Seru banget dehhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg bener mak el? dikau kek na menang byk shopping na hahaha..

      Delete
    2. Hua hua hua padahal yg ngajakin belanja selalu makel, eh kok kamu comment nya nyeleneh hahahaha.
      Jadi siapa yg shopping kak desi ???? hua hua

      Delete
    3. Ih kalian yaaaaaaa kan gw bilang shopping di outlet... bukan shopping souvenir hahahahaha

      Delete
    4. Ahhhhhhh .... kamu selalu saja cari alasan untuk pembenaran -_-

      Delete
  3. Pertamaks hahaha, saung yang keren banget Bang Cum, rasanya pengen kesana dan kesana lagi
    Bang Cum itu yang gendut pake baju biru pacarnya ya *eaaa* *kabuuurr*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak pertamax yeeee, udah ada yg lebih dulu hahaha
      Hmmmmm jadi kamu memandang orang dari fisik yaaaa :-(

      Delete
    2. Bang ncum udah kembali kejalan yg "lurus" sekarang

      Delete
    3. Hahahaha ... belajar untuk sedikit lebih santun :-)

      Delete
    4. aku ngga mandang Fisik Bang Cum, aku cuman mandang sebelah baju biru itu hahaha

      Delete
    5. Yg baju biru yg pertamax bang hahahahah

      Delete
    6. Mas salman yg baik, imho aja ya..ngapain pake embel2 whatsoever packerlah klo komen bawa2 fisik...gmn keliling dunia, maaaaaakiiiiiinnnn banyak orang yg fisiknya beda looohhh...

      Btw udah travelling/backpacking kemana aja masnya? Klo ada blognya aku boleh berkunjung yaa...tks

      No offense, no hurt feeling! tp klo pun iya....emangnya gw pikirin...hihihi
      peace akh!

      Delete
    7. Situ mirip Tom Cruise ya?

      Delete
    8. Hmmm panjang nich pembahasanya, kayak nya lagi pada mau mens semua jadi sensitif hua hua hua #Kabur

      Delete
    9. Hahahah...
      kamu pikir aku sensi karena itu???
      Nggak juga... !!!

      Delete
    10. Aku hanya penasaran saja seoke apa kawan ini komennya bawa2 fisik #staycool

      Delete
    11. Udah bubar bubar, bikin rusuh aja :-)
      #MelipirSeksih

      Delete
    12. #merapat kembali biar anget

      Delete
  4. amaze waktu ngliat angklung orchestra ... cool
    lucu liat banyak anak kecil nari, nyanyi, nganglung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amaze sama akang conductor-nya ya msh kecil tp bisaan aja..

      Delete
    2. Pokoknya seru banget, aku terkesima dari awal ampe akhir TOP ABIS

      Delete
    3. aku memang amazing

      Delete
    4. Amzing belanjanya ya hahaha

      Delete
    5. Tapi angklungnya ga boleh dibawa pulaaangg... padahal dulu boleh dibawa pulang loohh.. wkwkwkwk

      Delete
    6. Aduh masak 60 ribu minta macem2 sech hahaha

      Delete
    7. 60 ribu bonus senyum dr teteh dan a'a aja kilunnnn

      Delete
    8. pas gw dtng ga dikasih luun... suruh balikin lagian bingung bunyiinya kalo cuma 1 nada ^~^ ☺😊

      Delete
    9. Kilun nih boongin kita aja sik!
      Kan ga dikasih angklung tapi dikasih bambu masing2 buat dijadiin angklung...hihihi

      Delete
    10. Hahaha berarti waktu itu rejekinya aku boleh dibawa pulang angklungnya *yang kemudian dipatahin ponakan wkwkwkwk

      Delete
  5. Seru belajar Angklung meski cm bentaran, pengen kesana lagi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk yuk yuk melipir lagi ke bandung :-)

      Delete
    2. Naik Xenia lagi ya :D

      Delete
    3. Pastinya naik xenia dong, kan sahabat keluarga groupies cumilebay

      Delete
    4. Aku diajak yaaa..makan pepes di bendungan walahar dan empal gentong di cirebon kudu direalisasikan donk....

      Delete
    5. Akhir bulan ini gimana ??? aku mau menunda jogja jadi sept akhir aja hehehe

      Delete
    6. Yuks maree cusss...!!!
      ndaptar!

      Delete
  6. Yang nangis Kirun sama Randi, guenya sibuk ngecess liat bule-bule ganteng ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu yaaaaa, sudah punya suami tapi masih aja gatel hahaha .... garuk nich :-)

      Delete
    2. Hhhhmmm.. Pukpuk pantat tiku..

      Delete
    3. Wakssss ... tabok aja hua hua

      Delete
    4. Baju biru dongker jangan sampe lolos.. wkwkwkwkw *toel papa beruang

      Delete
    5. Yang dduduk sebelah mana ??? langsung menginggat inceran yg mana hahaha

      Delete
    6. Baju biru yg di le inul bistro ya kiluun?


      Delete
    7. Duch yg mana sech, gw kok jadi penasaran hua hua

      Delete
    8. Wahahahah keren bener namanya le inul bistro dgn view valley ☺

      Delete
    9. Bule baju biru dongker yg di udjo laahh.. padahal duduknya pas didepannya mas cum tapi malah ga ngeh wkwkwkw

      Delete
  7. ke Bandung kalo cuma makan dan belanja kayanya udah biasa banget yah... Ke saung Udjo jadi pilihan yang oke dan beda banget.. apalagi jalan sama keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget ... jalan ama keluarga dan sahabat itu pasti beda banget aura nya

      Delete
    2. trus kamu kapan berkeluarga kak ?? #kaboooorrrrr

      Delete
    3. Please jangan pernah tanyakan itu ... aku sedih ihik ihik

      Delete
    4. hahahahahaha... *padahal sendirinya tertampar dengan pertanyaan itu* #plaak

      Delete
  8. Mana nih foto teteh2 konduktornya? Padahal doi yg selalu saya tunggu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. teteh nya dah punya suami, jadi ngak boleh dipamerin hahaha

      Delete
  9. Tempat belajar main kesenian itu sudah terkenal iya mas cum, dan sudah masuk di sinetron Preman Pensiun hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tempat ini ngetop banget, dan jadi alternatif utama liburan ke bandung

      Delete
    2. Insha Alloh kalau pergi wisata ke bandung pengen berkunjung kesana juga

      Delete
    3. Ditunggu kedatangan nya ;-)

      Delete
  10. Love our culture...bule aja suka budaya qta...masa kita gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, bule aja suka kenapa kita enggak :-)

      Delete
    2. Bener. Wajib banget untuk dilestarikan.

      Delete
    3. Bener tuh 😜

      Delete
    4. Halah ... kalian kayak orang bener semua wesss

      Delete
    5. Mak uniek bener banget tuh!
      *sekedar penegasan, lain tidak!

      Delete
    6. Oh begitu ... ngak juga #Melenggos

      Delete
    7. Hahaahaa....semacam cahlini yaaa mas cum????!!

      Delete
  11. Aih belom pernah maen kemari euy. Pengen jadinya Om baca ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segeralah berangkat dan ajak si kecil biar bisa belajar angklung bersama hehe

      Delete
  12. Melihat performance yg keren anak2 kecil itu, saking takjubnya membuat diriku terharu sampai menitikan air mata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu lebay dech hahaha

      Delete
    2. Kamu menangis setelah mangku akyu yaaa kendi....

      hahahaa

      Delete
  13. Hmmm, penasaran sama saung ini yang banyak dikupas orang. Kangen main angklung ramai-ramai seperti dulu nonton sendratari ramayana di prambanan, dipandu sama grup paduan suara UPI Bandung yang jadi tamu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah jadi kangen liat pertunjukan yg di prambanan, sekalian makan malam romantis disitu hehehe.

      Delete
  14. Engga rugi liat pementasan wayang, tari dan angklung di Udjo.
    Bener Bener kesenian Indonesia yang perlu dilestarikan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lestarikan aku juga yaaaa yang hampir punah ini #Halah

      Delete
    2. Mari kita mendaftar ke UN*S** juga supaya dilestarikan dan diakui dunia. :-D

      Delete
    3. So sweet banget kokoh ini :-)

      Delete
    4. Kokoh cerdas dan sweet stlh pake hp dgn logo apel digrawok codot...hahahaahah

      Delete
  15. Ini deket rumahku loh mas cum! kalo ke Bandung kabar kabari hehehe Saung Angklung Mang Udjo ini memang saung angklung paling nge-heitzzz! (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah .. harusnya minggu kmrn ketemuan yaaa ;-)

      Delete
  16. Om, potretnya kurang satu ini. Neng gelius-nya belum kelihatan. Haaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. foto neng geulis-nya diganti sama foto om cumi kali
      wakakak

      Delete
    2. Duch yg ada di otak kalian kok yaa teteh gelius aja sech hia hua hua

      Delete
  17. Seru...Suka ama performance Saung Angklung Mang Udjo jugaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget dan salut ama mereka adek2 kecil ;-)

      Delete
  18. jadi inget waktu smp pernah main gamelan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo bikin pertunjukan gamelan haha

      Delete
  19. aku belum pernah ke saung Udjo, kalau mau penterjemah bahasa sudna aku bisa lah :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga bisa bahasa sunda ala2 kadarnya hahaha

      Delete
  20. Banyak turis dari luar negeri juga yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap dan mereka suka sekali sama pertunjukan macam ini ;-)

      Delete
  21. dari semua destinasi liburan di bandung, aku paling seneng sama saung angklung udjo ini deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga suka, lucu2 anak2 nya hehehe

      Delete
    2. anaknya yang lucu2 atau bulenya yang kece2? :D

      #gagalfokus

      Delete
  22. ya salamm tetep ya ada kasta di harga tiket, turis Indonesia kalau sightseeing di luar negeri padahal gak dibeda2in harganya

    * * *

    Jalan2Liburan → Pantai Kamari dan Matahari Terbit Pertama di Santorini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehehe ampun kak, marahnya jangan ama aku yaaa #Piss

      Delete
  23. Belum pernah ke Saung Mang Udjo
    Sepertinya harus disempatkan deh kalau nanti ke Bandung.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berangkat berangkat berangkat ... mau di temenin ??? hehehe

      Delete
  24. Anonymous16:31:00

    Pernah nonton yang jam 9 pagi, sama rombongan kantor -_0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo yg di luar jam 15.30, biasa nya request khusus diatas 100 orang :-)

      Delete
  25. weh... banyak bule ya....

    jadi pengen nonton

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hampir 1/2 nya penonton itu WNA

      Delete
  26. kangeeen Saung Udjooo...dulu kang Sam Udjo sempet 1 bulan di Jenewa, Swiss, dengan kitaaa Cumi, melatih kitaaa..Le Sangkuriang main angkluuung :)...jadiiii kangeeeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berarti kakak jago banget dong main angklung nya hehehe, duch jadi pingin ikutan ke swiss liat salju :-)

      Delete
  27. Keseruan yang mengharukan melihat adek adek kecil memainkan angklung dalam orchestra. Ternyata Indonesia memang kaya budaya 😜😜

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia kaya banget #GayaAla2Syahrini

      Delete
    2. Baru tahu ya mas yusss...
      abis biasanya pulang kampungnya ke bangkok atawa singapoh sehh....

      Delete
  28. Setuju banget dengan ide seperti ini, mengenal budaya lokal di negara sendiri..masa bule mulu yang belajar angklung :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hasek ... demen dech kalo warga indonesia mulai pada sadar melestarikan warisan budaya nya #Halah hahaha

      Delete
  29. Eh bukannya di tempat souvenir gak boleh foto ya mas?
    Selalu seru kalau ke Udjo. Apalagi sesi terakhir yg nari2 sama anak2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh kok, asal ngak menganggu tamu2 lain

      Delete
  30. berkali-kali ke Bandung, kok nggak pernah disempet-sempetin ke sini. next time, haruss!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo wajib datang lagi dan kemari yaaa hahaha

      Delete
  31. Bhs-nya mascum jadi agak sdikit berubah... agak ga mumet bacanya skrng... (biasanya kebanyakan hashtag) ^~^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss makyan yaaa ala2 dech comment nya, aku kan jadi malu #MelipirCakep

      Delete
    2. Kan berubah macam power ranger...!!

      Berubah...

      Delete
  32. Mau mainstream mau ga mainstream, tapi klo ga pernah kesini sama aja boong ya kak cum. Main ke Bandung perlu nih dicoba kesini nih dan merasakan langsung ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaa sekali2 ikut yg mainstream aja yaaa hahaha #kabur

      Delete
  33. Bersama-sama main angklung lalu beli kain batik; kayaknya ini deh aku pengin kalo suatu saat ke Saung Udjo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berangkat kang ... seru2an ama anak2nya belajar main angklung hehehe

      Delete
  34. baru ngebayangin aja, udh merinding mas, lagu2 keren bgitu dimainkan dgn angklung :D.. bangga ih, apalagi kalo bnyk bule yg suka juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap banyak banget bule yg nonton dan terkesima :-)

      Delete
  35. keren banget, saya seneng tetap lestari sejak 1966, ini kebanggaan Bandung pastinya, warna-warninya pakaian para penari bikin sedap mata, pasti seru banget kalo bisa nonton langsung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mang udjo dah go internasional juga lho, sering bikin pertunjukan ke luar negeri

      Delete
  36. Ke Bandung kalo cuma makan2 lalu belanja di outlet itu mah mainstream banget. Yang ini kegiatan keren. Saya juga mau diajak naik xenia itu untuk keliling2 cakep.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk naik xenia keliling kota hehehe

      Delete
  37. Replies
    1. Semua turis kak hahaha, turis asing dan turis domestik :-)

      Delete
  38. Habis ke Saung Ujo langsung ke Bukit Moko om Cumi
    Apalagi kalo da sore menjelang malam dan lampu2 kota sudah mulai menyala heem #romatis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah belum kesampean ke bukit moko #Sedih

      Delete
  39. Belum sempet ke siniii...hiks :((

    ReplyDelete
  40. Aku mau OM, Mau XENIA nya aja
    *ngacirrrr

    ReplyDelete
  41. Om numpang komen masalah xenia bisa? :D
    bisa aja deh ya.. klo menurutku itu mobil kualitinya sami mawon ama sodaranya yang lain pabrik. minusnya ya di interior, beda ama sodara lain bapaknya. tapi menangnya dia ya di harga sparepartnya yang jauh lebih murah dari pada sodara lain bapaknya itu. malah, gw sering nyaranin ke sodara klo beli spare part mobil yang beda bapak ama xenia ini, ya beli yang punya xenia aja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe ... tapi harga terjangkau banget kan ??? meskipun harga nya sesuai kantong tapi kualitas ngak kalah kan ???

      Delete
  42. sering denger, tapi belum pernah ke sini,, makasih yaaa infonya lengkaapp mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan mau berangkat kesini ??? hahaha

      Delete
  43. sepertinya asik sekali melihat pertunjukan ini...banyak bulenya juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget bule nya, hampi 1/2 penonton nya wisatawan asing

      Delete
  44. aku belom kesampean ajaa begaya kayak turis ke saung udjoo... T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gaya macam turis itu kek mana ??? #Penasaran hahaha

      Delete
  45. Wow ternyata dirimu peminat budaya lokal juga ya? Kak Cumi bisa jadi duta budaya Indonesia nih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mah apa aja hayuk yg penting seru2an :-)

      Delete
  46. Aku mau blankonnya kak! Haha.

    Wah sudah lama aku gak nonton acara budaya nih. Duh seniman macam apa aku ini yaaa

    ReplyDelete
  47. Paling demen nonton pertunjukan kayak gini, apalagi yang ditampilkan kebudayaan lokal, pasti ada rasa bangga tersendiri.
    Kostum penari merakknya oke ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, kita bangga dengan keaneragaman dan kekayaan budaya kita yaaaaa

      Delete
  48. ihhh dah lama banget gak ke Udjo, dulu karcisnya masih lima pulih ribuan, hahha naek bok sepuluh ribu yak *emak-emak itungan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Zaman berubah, harga tiket berubah juga yaa kak :-)

      Delete
  49. kak cumi bisa main angklung?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo cuman di goyang aja mah bisa hehehe

      Delete
  50. saya pernah ajak anak-anak eksini. Dan mereka suka. Sayang agak telat datangnya. Jadi ketinggalan di sekian menit pertama :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anak2 pasti suka liat acara beginian yaaa, senang nya. Aku juga suka dan terharu liat adek2 jago main kesenian daerah

      Delete
  51. rame bin seru pastinya ya kak.. jadi pingin nyoba maini angklung juga.. hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget, apalagi ada cumilebay yg kece ini hahaha #Digampar

      Delete
  52. Wah nambah referensi nih dari cumilebay soalnya lagi cari2 informasi seputar saung udjo, mau kunjungan bareng anak-anak sekolah.. Dan kabarnya dari sumber : tempat wisata di bandung. saung udjo masuk dalam 20 besar wisata Bandung yang paling di cari..
    makasih gan cumilebay atas infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ajak anak2 sekloah belajar budaya nya biar makin cinta ama negeri ini yang kaya ragam hehehe

      Delete
  53. Oh, jadi kalo ke Saung Udjo jangan cepet pulang yak nunggu dikepruk dulu

    hweeee hweeeeee ogah ah

    lo aja gue enggak

    Puas nonton pertunjukan Kesenian Bambu, jangan langsung buru2 pulang #BisaTiduranSambilJumpalitan #laluDikepruk.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksssss udah dech jangan di bahas, aku maluuuuuu #Halah

      Delete
  54. udah pernah ke sini juga sebelumnya tapi waktu itu belum ada ponakan.
    Sekarang jadi pengen ajak mereka biar bisa kenal budaya Indonesia,
    thank you for remind me ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan hanya ngajak ponakan, tapi ajak anak sendiri dong biar kesan nya ngak jomblo mulu hahaha #kabur

      Delete
  55. lah ini sampean udah sampe bandung mas, nginep padma sekalian mantep tuh :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha .... mahal kak, tak sanggup bayar nya :-(

      Delete
  56. jadi pengen belajar karawitan lagi deh setelah lihat tari jaipong di atas :) anak" kecil sudah bisa melatih orang dewasa yaaah aku kalah deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ish keren bisa karawitan, eh iya adek2 kecil nya dah jago2

      Delete
  57. Saung Udjo emang keren. Anak-anakku jadi suka main angklung :)

    ReplyDelete
  58. Nama SAU memang udah cetar banget! Paling salut sama anak-anak yang masih mau belajar kesenian daerah :)

    ReplyDelete
  59. Pingiiin bgt ngajak anak2 ke saung mang udjo ini, blm kesampean aja smpe mau mbrojol lg. Huhuu

    ReplyDelete
  60. belum pernah kesana -___-
    kapan-kapan mesti nyoba kunjung kesana deh

    ReplyDelete
  61. wih om cum habis dari gedung sate ni kayanya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. semoga budaya sunda bisa terus bertahan.kalo ditempat saya lagi musim budaya sunda calung :D

      Delete
  62. Apa kabar nih bandung?? Masih adem?? :D

    ReplyDelete
  63. keren pokoknya kalau ditempat mang udjo ya kang...bisa belajar banyak mengenai kesenian sunda dan bisa juga main angklung ramai-ramai...beberapa kali juga pentas bersamaan dengan kelompoknya mang udjo...pas ketemu kalau kontingan kesenian pada festival tari di jakarta...

    ReplyDelete
  64. Kalau belajar bahasa sunda sama akuh aja mas :P

    ReplyDelete
  65. wooow ini berbudaya sekali

    ReplyDelete
  66. Belajar Budaya Sunda di Bogor juga atuh kang. Disana bisa juga belajar sejarah dari berbagai bangunan tua bersejarah yang umurnya ada yang sudah ratusan tahun lho.

    Ada Kampung Budayanya, Curugnya dan lain sebagainya. Mangga diantos kang di Lovely Bogor

    ReplyDelete
  67. Belum pernah ke Saung Udjo, padahal udah sering ke Bandung. Aku orangnya gak berbudaya kak :'(

    ReplyDelete
  68. Benar-benar sanggar yang komplit mas, pengen ah suatu hari kesana buat melihat pertunjukan Tari, belajar nyanyi + permainan Angklungnya Saung Udjo....

    ReplyDelete
  69. Bolak-balik ke Saung Udjo tapi belom brani kenalan sama #bule #belumberanibersolek.

    Huff..

    ReplyDelete
  70. Paling suka lihat acara ginian, menampilkan budaya dan alat tardisionalnya.

    ReplyDelete
  71. Aku pingiiiin banget ke sini, sayang pas ke Bandung gak ada waktu. Jadi inget tayangan Amazing Race tantangannya menyusun angklung :)

    ReplyDelete
  72. Bandung keren....semoga suatu saat bisa jalan ke sini

    ReplyDelete
  73. Ke saung Udjo jadi pilihan yang oke dan beda banget ya mas

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com