Air Gravitasi dari PERPAS

Air Terjun Perpas Sumbawa Barat
Santai Ditepian Kolam Perpas
Air Terjun Perpas Sumbawa – Selalu saja ada yg menarik di setiap tempat yg kita kunjungi #GwAjaLEBAY, salah satunya di Desa Sekongkang Kecamatan Maluk Sumbawa Barat. Selain memiliki banyak deretan pantai yg kece nya “RUAR BINASA”, ternyata sekongkang juga mempunyai air terjun bertingkat-tingkat menyejukan mata dan bikin batin tenang #4L4Y yaitu ”Air Terjun Perpas” atau biasa di sebut dengan “Air Terjun Sekongkang” karna lokasinya memang di Desa Sekongkang #IniMaksa.
Kolam Air Terjun Perpas Sumbawa
Kolam Air Terjun Perpas Bisa Buat Berendem - Rendem Tampan & Keci
Air Terjun Di Sumbawa
Bisa Juga Buat Perosotan Kalo Punya Nyali ... Berani ????
Tau ngak sech sekongkang itu dimana ??? pasti pada binggungkan #KasihTauYeee. Untuk menuju tempat ini gampang2 susah #DibikinGampangAja, cara nya tinggal terbang ke Lombok Nusa Tenggara Barat, lanjut naik travel biasanya Toyota Inova dengan biayanya sekitar 150 ribu menuju Kota Maluk Sumbawa Barat #BedaPulauDenganLombok trus lanjut ngojek menuju desa sekongkang dengan biaya 25 ribuan trus ... ngak pake terus coz dah sampai #Halah #dibahas.
Atau dari kota lombok bisa naik Bus Damri menuju langsung desa sekongkang dengan biaya 90 ribu, lama perjalanan 6 - 8 jam an #LumayanBikinTeposPantat. Sampai di Desa Sekongkang, untuk menuju air terjun nya cukup jalan kaki sejauh 3 km dari jalan raya, patokan nya masuk dari belakang Kantor Polsek Desa Sekongkang.
Perjalanan Menuju AirTerjun Perpas
Mesti Jalan Kaki 3Km Menuju Air Terjun Perpas
Perpas ini beneran bikin tentrem ati, coz di himpit rimbunan pohon dengan suara burung masih nyaring terdengar bersautan + sodara2 kita aka monyet - monyet bergelantungan menemani setiap saat. Dari jalan raya menuju air terjun nya, bakal jalan kaki ngas-ngosan menanjak melewati hutan yang rimbun #BawaMinum #capek. Tapi semua terbayar kalo sudah sampai air terjun nya, melihat ampe terbenggong -benggong kece nya “Air mengalir sampai jauh akhirnya ke laut” #Nyanyi.
Yoga Di Air Terjun
Yoga Ditepian Tebing Air Terjun Perpas
Banyak Aktivitas Di Air Terjun Perpas
Atau Mau Bobo - Bobo TAMPAN IMUT Ditepian Kolam ??????
Tingkatan air terjun sekongkang ini beneran menarik, dengan batuan besar lebar yg bisa buat santai leyeh-leyeh tiduran atau mau olah raga ala2 YOGA ngak jelas juga bisa #Iseng. Trus ada beberapa kolam air yg bisa kita gunakan untuk berendem tampan #SepertiAKU, eh lompat2an terjun ke kolam nya juga menarik seru lho #WajibNyobain coz ada semacam akar2 pohon yg menjutai sehingga bisa buat mengayung kece ala TARZAN trus terjun bebas #PamerBodyKeberanian.
Mandi Air Terjun
Seru - Seruan Bareng Temen Akan Jauh Lebih Menyenangkan
Sejujurnya air terjun ini berada di Lingkar Tambang Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) dan dijadikan sumber mata air bersih buat warga sekitar. Dari nama yang gw bilang “Air Gravitasi” itu ada makna nya, Newmont Nusa Tenggara membangun infra stuktur berupa jaringan pipa dari air terjun perpas ini menuju desa sekongkang dan air didistribusikan kepada masyarakat melalui pipa2 kecil ke rumah2 warga #sekedarInfo
Sebelum sampai ke rumah2 warga, air dari perpas ini diolah sedemikian rupa hingga layak di konsumsi oleh warga. Nah dikarenakan air yg mengalir secara natural dari dataran tinggi menju desa sekongkang yg lebih rendah lah yg menyebabkan di kasih nama “Air Gravitasi” #PanjangDibahas.
Raiyani Muharramah Bertapa Cari Wangsit
Hijaunya Hutan Sekongkang
Dihimpit Rimbunnya Hijau Hutan Sekongkang
Desa Sekongkang juga punya deretan pesona lainya :
  1. Sunyi Sepi di Pantai Lawar : http://www.cumilebay.com/2012/05/pantai-lawar-sekongkang.html
  2. Menanti Senja di Pantai Rantung : http://www.cumilebay.com/2013/05/menanti-senja-di-rantung-beach-bar.html
  3. Ombak Yoyo di Rantung : http://www.cumilebay.com/2012/06/pantai-rantung.html

142 comments:

  1. mz mz ajakin ane ke air terjun perpas lagi dong~ huahaha next batch masih ada kan? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu mau ikutan foto berkancut yaaaa ???? #nanyaSerius

      Delete
    2. Waahhh mz Fahmi mau foto pake kancut jugaaa?!?! Ditunggu yaa #eh ...

      Ati2 Mz Cumi nti ada saingannya *kabuuur* :3

      Delete
    3. Tenang aja kak timo, kalo fahmi bukan saingan. Badan kita market nya beda coz aku lebih montok dan lebih menggoda hahaha

      Delete
    4. aku nggak mau saingan sama kamu mas :P beda level :P

      Delete
    5. Alhamdulillah kalo kamu sadar itu hua hua hua #Kaburrrrr

      Delete
  2. Replies
    1. Knp ??? Pasti ngiler liat kancutku hahaha

      Delete
    2. Lebih baik Pede dari pada minder hahaha

      Delete
  3. kirain bawa rantang. eh ternyata itu dry bag... hohoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa rantang isi bekel buat piknik yaaaa hehe

      Delete
  4. Suka sama alamnya, masih hijau.. pasti sejuk banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap alam nya juara masih asri banget

      Delete
  5. Air terjun pun teracuni sama kancutnya om Cumi... >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssssss .... yg penting air terjun nya bakal makin kece kalo ada kancut cumilebay ;-)

      Delete
  6. seru bgt nih tempatnya, wajib dikunjungi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cusssss berangkat trus pamerkan tubuh langsing mu itu ;-) #kedipMata

      Delete
  7. lokasinya jauh juga ya kalau dari tempat tinggal saya di jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah .. tinggal naik pesawat dong, modal senyum manis gigi putih berseri juga bisa kan ;-)

      Delete
  8. Halloooooo cum... udah lama banget gak buka blog mu... baru buka langsung rindu banget sama tulisanmu.... tulisan-tulisan sebelumnya aku baca cicil ya :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai hai ... kak alfi kemana aja ??? Lagi sibuk belajar mau uan yaaaaa hehehe. Semangat yaaaa .. mesti lulus dan keterima di PTN paporit ;-)

      Delete
  9. Alamnya asri, ijo royo-royo dan pasti sehat paru-paru nih.
    oh, ini rupanya salah satu sumbangsih buat pengundang ya, hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm siapa yg ngundang kakak ??? kan kita lagi ngak kondangan #dibahas

      Delete
    2. wkwkw... malah langsung nyebut kondangan... #diemseketika.. XD

      Delete
  10. Indahnyaaa maaas. Kok bisa aja sih mas dapet yang segerseger gini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah bisa nemu tempat ini meskipun jalan kaki nya gempor hahaha

      Delete
  11. Anonymous12:50:00

    Mas cum ruar binasa juga, selalu pede berkancut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus pede yaaa, jangan minder :-)

      Delete
  12. ini diah tempat yang bikin gua tersesat masuk hutan sialnya tersesatnya bukan sama cowok ganteng hahahahhah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lw tersesat tak tau jalan pulang ama eko yeee ??? gw tahun lalu kan ngak ikutan jalan, malah leyeh2 di bale2 bobo ciang. Maka nya datang lagi, trus hajar gw mesti berenang2 kece hehe

      Delete
  13. ketika smua org pake celan n dikau pake cangcut #sokseksi
    tempatnya keren bgt yah, mas cumi bs asah insing alamiahnya buat manjat ranting pohan dsn, hahaha
    Dedy@Dentist Chef

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh kak ... kalo liat air, gw langsung bawaan nya pingin pake kancut doang tapi aku beneran seksih lho. Sini sini sini kak, kita kancutan bareng :-)

      Delete
  14. Ini keren tp jln 3 km dan ada monyet bs bikin gw panik. Di tawangmangu aja gw ogah krn katanya byk monyet.maklum lah ya,anaknya fobia sm binatang kecuali ikan,:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan 3 km kalo bareng cumilebay mah asyik banget ngak bakal terasa capek nya cuman DHELOSOR aja hahahaha.
      Kamu apa2 takut yeee, anjing takut, monyet takut ... duch galau hidup mu :-)

      Delete
    2. sama pria aku gak takut,beneran looh,:))

      Delete
    3. Ah tapi laki semua nya takut ama kamyu kan ???? #kabur

      Delete
  15. Om cumi memang beda selalu ada adegan/pose seksi... untungnya cowo jadi tidak menggoda iman.. kapan yang dipajang cewe seksi begitu biar yang liat 'agak' berbinar-binar gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... body ku mmg menggoda yaaa :-0
      Kan udah sering aku pamer body2 ce ceksih kakak !!!!

      Delete
  16. Selain elok di kerimbunan alam, air dari air terjun sekongkang jadi berkat air bersih bagi warga.
    Man teman yang menikmati tebing air terjun pastinya jaga kebersihan lingkunganlah. Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mata air ini jadi sumber air bersih, sangat berguna buat warga :-0

      Delete
  17. itu travel inova per orang 150 Ribu atau satu mobil 150 ribu ? murah sekali kayaknya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 mobil travel inova diisi biasanya 5 orang dang masing2 orang bayar 150 ribu jadi bukan 150 untuk 1 mobil hehehehe

      Delete
  18. Aku baca Air Terjun Sekongkang jadi Air Terjun Selangkang cobak, Bang Cum. ._.

    Iss.. Asiknya nyemplung terus berenang kece di sana yak. Pengeeeeeen.. :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaa Allah begitulah kalo dah pisah LDR ama febry, bahasa bener jadi selangkangan #mesum

      Delete
    2. Huahahah.. Apa sih mata ku ini. Demennya liat selangkangan.. nya Kuro! :P

      Delete
    3. Waksss mmg selangkangan kuro ada manis2 nya ??? kayak nya ngak nafsuin dech

      Delete
    4. Abis selangkangannya gembul sik. ._.

      Delete
  19. Om Cumi main ke curug aja jauh amat yak..

    kalo ane masih melipir2 naik turun naik turun trekking cantik di sekitar Bogor ajah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mumpung lagi disana jadi sekalian main2 di curug hahaha

      Delete
  20. biarpn tepos tapi terbayar dengan melihat curugnya

    ReplyDelete
  21. om Cumi, kalo poto selalu pake kancut yaah *salahfokus
    aku mau ikut bertapa seperti mbak rai dongg om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karna pake kancut itu sekseh ahahaha
      Ayuk cusssss ikutan yoga ala2 kayak kak rai :-)

      Delete
  22. On my list ^_^
    Bukan ke mana-nya kk cum tp dg siapa-nya lol...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan ... yang penting dengan siapa nya. Kalo dengan cumilebay mah insya allah bakal bahagia dunia akhirat :-)

      Delete
  23. Ayahhh!!!!
    Ajak akuh ksana😃

    ReplyDelete
    Replies
    1. AYAH ???????? ngak sekalian aja KAKEK ??? hua hua hua

      Delete
    2. mbah, ajak cucumu kesana, hehehe...

      Delete
    3. Hmmmm ... aku malu punya cucu macam kamu, udah jelek ileran meler dekil #kabur

      Delete
    4. itu juga gegara mbah cuek ama cucunya...
      #beruntung saya bukan cucu mbah cumi, wuahaha...

      Delete
    5. Hmm jd mules kalo punya cucu macam kau ini #plak

      Delete
  24. Hahahaha keren banget, pingin ikutan nyebur & #pakekkancut doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk nyebur ... giliran kami pamer kancut kapan ???? #Ditunggu

      Delete
  25. potonya om cumi itu loh, selalu aduhai ahahaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nafsuin unyu2 gimana gitu yaaa hahaha

      Delete
  26. suagar masssss...

    nek jare wong kononan, ciamik soro....

    supeeer kereeen..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih kakak ... mmg seger banget bikin aku mengigil dingin haha

      Delete
  27. ademmm benerr itu yg pake baju pink hahaha..
    mass aku berani perosotan disitu (tapi pake ban) ....xixiixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh bener lucu juga kalo prosotan pake ban macam di waterboom gitu yaaa

      Delete
  28. Mz Cumiii ... coba deh bikin kancut dgn nama sendiri ... kayak Ellen itu lhoooo :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Weleh weleh weleh ... kamu tho yaaa, jd bikin aku bernafsu bikin kancut tali 1 di depan hahaha

      Delete
  29. dan gue belum pernah ke sono ...
    *nangis iri ngeliat foto2nya*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar yaaa kak, cini cini cup cup cup jengkol nanggis :-)

      Delete
  30. Kak Cumi, pose yoga nya kece juga.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pingin nyobain yg lebih extrem nich :-)

      Delete
  31. fiuuuh.. asli mupeng.. mupeeeng....

    ReplyDelete
  32. bener-bener menggiurkan tempatnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kece tempat nya dan seru buat santai2 liburan

      Delete
  33. Godaan iman kalo buka blog ini *tutupin muka* :')))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tutupin bawah puser kak ... masak muka di tutup trus yg bawa gondal gandul hua hua hua

      Delete
  34. bisa bikin awet muda gak nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau awet muda mesti di campur dengan air kembang 7 rupa #halah

      Delete
  35. Anonymous22:57:00

    Keren air terjunnya bang

    ReplyDelete
  36. Oh ini yg pernah diposting sama catperku itu yaaa... Enak kali ya kalau kamar mandinya kayak begini.. Yah, seandainya ada yg ngejual air terjun buat ditaruh di rumah #eh #ngawur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget, kebetulan kami pergi bareng hehehe. Tp di catperku ngak ada edisi kancutkan ????? Haha
      eh lucu kali yaaa kalo rumah kita di tengah kota trus ada air terjun nya ;-) #ngayal

      Delete
  37. aakk, jadi pengen ke siniii :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segera berangkat .. mumpung nichbair terjun blm pindah ke zimbabwe haha

      Delete
  38. Anonymous11:49:00

    Itu mbak rai bogor ya mas ?? beliau yang range tripnya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget mbak rai bogor urang padang haha. Ini kebetulan kita di undang salah satu perusahaan di sana buat liburan kece dan mbak rai juga di undang ;-)

      Delete
  39. beneran ini, sih. Postingan Cumi insaf. Pake kaos semua haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksssss wolesss kak, besok juga koplak lagi hahaha

      Delete
  40. sepertinya asik lompat ke kolamnya ya.. #bukabaju #bukacelana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan telanjang kak ... ntar otong nya di patok uler lho hua hua

      Delete
  41. Mas ajakin aku jalan2 ke sumbawa doonk...kamu mah gituuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss serius kamu blm kesini ??? Aduh menyesal kan ??? Padahal kamu perna tinggal lama di town site nya newmont hahaha

      Delete
    2. Sebelah mananya gate 41 alpha??hahaha

      Delete
    3. Lurus aja ntar arah ke desa sekongkang, cari aja polsek nya. Passsss ada di belakang polsek jalan kaki. Atau kalo dari dalam jalur benete - town site, berhenti aja di gate sekongkang kan ada tuch. Dari situ tinggal jalan kaki

      Delete
  42. Waduh perjuangan bgt nih bangg....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Perjuangan banget ampe lemes tp ngak bikin kurus haha

      Delete
  43. Saking asrinya mas Cum berasa bidadara mandi di telaga :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bidadara .. slendang nya ngak pake ilang kan ??? Paling kancut doang yg di curi hua hua hua

      Delete
  44. aku pikir tadi ini di daerah Cirebon atau Bogor gitu om heheheheheh

    ommmm, ati-ati kancutnya diambil monyet-monyet di pinggiran lohh hahahaha,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kancut nya nempel kok jadi monyet susah narik nya hahaha

      Delete
  45. Di sumbawa selalu banyak air terjun ya kakak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya .. rada2 mirip di jawa barat gitu yaaa behehe. Suka banget ama alam nya sumbawa ;-)

      Delete
  46. Aku jadi ngebayangin kamu merosot pakai kancut gitu, Mas. Ahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Merosot pake kancut doang pasti bikin paha mulus dan body cekcih ku terbaret2 kena batu kali haha

      Delete
  47. Ya elahhh tempat bagus-bagus koq dinodai dengan kehadiran dirimu tho mas?? wkwkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss kehadiranku malah membawa berkah tersendiri lho hahaha

      Delete
  48. cantiiiiik bangeettt ^o^... mas, jalan menuju kesananya sama parah seperti malela ato mendingan :D? 1 org temenku trauma soalnya tiap aku ajak k air terjun ;p.. kapok ikutan gara2 malela doi hihihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh bisa trauma gitu hehehe. Kalo ke perpas ini jalan nya ngak begitu extrem kok, biasa aja ngak capek cuman tarik napas aja agak tinggi hehehe

      Delete
  49. Kolam air terjunnya ketje bangeeeeettttt Om
    8Mendadak pengen nyebur*

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo kak ... Nyebur2 cakep sambil menggigil kedinginan hahaha

      Delete
  50. ya tuhaaan...cantiiiiik..aku kok ngga diajak seeeeh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar kalo dah balik indo, kita jalan2 yaaa mak hehehe

      Delete
  51. Bagus banget pemandanganyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap ... tempat nya masih alami banget dan sepi

      Delete
  52. Wakakaka. Itu kocak amat yang foto cari wangsit. Bang, jalan-jalan mulu. Bikin iri. Sekali-kali ajak gitu. XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk dek ... sini jalan ama abang #eeap hahaha

      Delete
  53. Bang bawa aku kesana Bang, bawa akuuuu

    ReplyDelete
  54. aku pengen banget bisa berendam di air terjun gitu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dingin pake banget lho, bisa mengigil ;-(

      Delete
  55. Asyik nih untuk hunting foto juga senang-senang. Tapi, jalan kaki 3km? Ada porter gendong gak ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tenang kak ... ojek gendong nya cakep2, tinggal pilih aje hehe

      Delete
  56. Indah banget. Tapi jalan kaki 3km?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan kaki nya mmg bikin meringgis ;-)

      Delete
  57. wwkwkwk bang cumiiyy jng" endorsment kancuutt hahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha .. iya di endors kancut, keren yaaaa

      Delete
  58. pose kancutnya kog ndak ada... :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Edisi tobat mau berhijab kak hua hua hua

      Delete
  59. Foto pemandangan air terjunnya sukses bikin saya mupeng, melihat alam yang menghijau bikin adem di mata. Cuma pas liat foto berkancut langsung siwerrr :-)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksssss kancutnya itu yg malah bikin damai hua hua hua

      Delete
  60. wah, gak nyangka kalau di Maluk ada air terjun keren begini, kirain cuma pantai aja yang banyak.
    mampirlah kalau ke Sumbawa lagi, terima kasih infonya hohoho...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku aja juga kaget kalo maluk punya iar terjun, ntar kalo kesana ajak aku yaa kak #AnaknyaMauan hahhaa

      Delete
  61. wew..bagus banget air terjunnya..apalagi bisa maen air bareng temen2.. pasti seru abis.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk datang ke sumbawa

      Delete
    2. iya kak... aku dari dulu juga pingin ke sumbawa :D

      Delete
    3. Ajak2 yaaaa kalo ke sumbawa haha #Ngarep

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com