Tomia Wajib Diving kagak bisa DITAWAR

video
Kece & Indahnya Bawah Laut Wakatobi
Tomia Wakatobi – Pesawat ATR 72-500 yg menerbangkan manusia2 tampan rupawan + kece2 akhirnya menyentuh landasan Bandara Matahora Pulau Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi dan gw yg imut keren gaul ini langsung bersyukur “Alhamdulillah, Tuhan Terima Kasih Impian Sejak 6 Tahun Yang Lalu TERWUJUD, Akhirnya Kau Terbangkan Aku Kesini”. Tahun 2008 sempet di tunjukin foto2 bawah laut Wakatobi dan gw sempet berucap "Sebelum akil baligh mesti bisa ke Wakatobi" #DahTelat #L3B4Y.
Keindahan Bawah Laut Pulau Tomia Wakatobi
Sumpah ... Dibikin Deg2an Sama Bawah Laut Tomia Wakatobi
Bareng Terios 7 Wonders Daihatsu, akhirnya merapat ke wakatobi dan tepat nya di pulau tomia. Wakatobi sendiri merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Tenggara, nama Wakatobi singkatan dari 4 Pulau Besar yang meliputi Pulau Wangi-Wangi, Pulau Kaledupa, Pulau Tomia dan Pulau Binongko. Kehidupan di Pulau tomia rata2 masyarakat nya mengantungkan hidup dari mencari ikan alias nelayan. 
Pulau yg lumayan cukup besar dan terbagi menjadi 2 kecamatan, kita bisa mengelilingi pulau dengan motor atau mobil hanya kurun waktu 1 jam. Disana sudah ada beberapa homestay yg siap menampung para pejalan menikmati indah nya bawah laut wakatobi #IngetBAWAHLAUT coz atas nya alias daratannya yaa gw bilang "Biasa Pake Banget" tapi setiap tempat mmg punya keunikan dan patut kita syukuri #Halah.
Persiapan Diving Di Tomia Wakatobi
Persiapan Sebelum Nyemplung Diving Di Tomia
Di Tomia terdapat beberapa spot dive terkece & memiliki spesies trumbu karang terbanyak di dunia menurut gosip #Seriusan. Spot “Mari Mabuk” menjadi andalan para diver untuk menyelam, jarak nya hanya 20 menit dari dermaga pulau tomia. Disitu kita langsung bisa liat berbagai jenis ikan dan trumbu karang yg WOW Bingitssss, ketemu nemo dan sempet liat rombongan Schooling FISH lagi mau berangkat sekolah #Ngasal. Sekedar info contekan dari blog nya Wira Nurmansyah #SumberDiragukan #Plak #LemparKANCUT kalo "Wakatobi punya 3.000 spesies ikan dan 600 jenis koral dunia. Itu setara dengan 75 persen terumbu karang di dunia" trus knp ??? gw mesti bilang "WOW GITU" #tamparPakeSnorkel.
Diving Di Tomia Wakatobi
Seru-Seruan Bareng Team Terios 7 Wonders Daihatsu Sebelum Nyebur Diving
Yang udah pada jago langsung pada nyebur untuk diving, yg masih ala2 yaa nyobain snorkling dulu trus baru lanjut diving tendem dengan buddy. Dan ... SERIUS KECE alam bawah lautnya bikin deg2an. Padahal pulau nya sendiri menurut gw BIASA banget ngak ada yg menarik, kalo suruh kembali ke tomia dan ngak diving pasti jawaban gw “OGAH” coz menurut gw pribadi yang demen hip hip hura ngak jelas, kalo pulau tomia ini standart banget jadi kalo disuruh milih dan bayarin #dilemparKeLaut maka gw pilih jumpalitan hura2 di BALI atau LOMBOK atau Derawan #NafsuPamerKancut.
Perjalanan Ke Tomia
Menuju Tomia Lumayan Butuh Perjuangan Dana & Keringat Tanpa Air Mata
Terbang Jakarta - Kendari - Wangi2 Lanjut 4 Jam Kapal Rakyat
Kalo punya duit berhamburan, ada yg jual paket wisata perjalanan dari BALI terbang langsung menuju tomia dengan pesawat pribadi #DikuasaiBULE. Kalo duit ala2 cukup, butuh sekitar Rp. 7 jutaan untuk trip ke Tomia #LumayanTapiGokil. Berikut cara menuju tomia wakatobi :
-      Terbang Jakarta – Kendari, kurang lebih 3 jam dengan harga tiket berkisar Rp. 2 juta PP
-      Lanjut penerbangan Kendari – Wangi2 Wakatobi, sekitar 45 menit diatas udara. Harga tiket berkisar Rp. 1.7 juta PP
-      Dari wangi2 menuju tomia, bisa naik kapal rakyat 4 jam dengan biaya Rp. 150 ribu saja atau kalo rame2 bisa sewa kapal selama 3 hari 2 malam dengan biaya sekitar Rp. 5 jutaan bisa menampung sampai 20 orang.
-      Untuk 5x dive + Makan + penginapan dll, dibutuhkan sekitar Rp. 2.9 juta. Dan untuk paket tersebut ada operator diving di tomia wakatobi yang bisa membantu yaitu Tomia Dive Center (Contact person : Dr. Yudi +6282187877752)
Keindahan Bawah Laut wakatobi
Semuanya Terbayar Dengan Keindahan Bawah laut Tomia Wakatobi
Narsis ~ Arisan Ngerumpi ~ Schooling Fish dll, Semua Kita Temukan Di Bawah Laut Tomia 
Tomia benar2 menawarkan keindahan bawah laut yg menajubkan mendebarkan dan menghebohkan. Jadi kalo sampai sudah pergi sejauh itu ke TOMIA trus kagak DIVING itu arti nya kau membuang kesempatan melihat indah nya dunia #HalahBuang duit sia2 kalo sampai kagak diving itu menurut gw karna menuju tomia penuh tetesan duit dan keringat + waktu yg lumayan lama perjalanannya #benerkan
Meskipun sebenarnya bisa ke wakatobi dengan murah, mengunakan kapal laut dari Kota Bau-Bau selama 10-13 jam atau dari kota kendari selama berkisar 18 jam. Dan kalo gw disuruh berangkat dengan kapal laut + NGAK DIVING maka jawaban gw "Ngak Ke Wakatobi Ngak Masalah" titik tanpa koma #CONGKAKtingkatKabupaten.
video
Banyaknya Ikan + Trumbu Karang Di TOMIA Wakatobi

Note : Foto & Video Underwater hasil jepretan Marischka Prudence

130 comments:

  1. Ini impian yang belum tersampaikan, berharap segera kesana. Doakan aku ya mas cum ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. doaku selalu menyertaimu, semoga segera kau kesana Amien

      Delete
    2. Doanya suka dusta, jangan dipercaya

      Delete
    3. Sak karepmu, kamu itu kok ya selalu negatif aja

      Delete
  2. Mantabh. Semogs kami bisa ke sana juga suatu hati nantii..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amien ... Bismillah bisa segera kesana :-)

      Delete
  3. Iiiih.. Ada Bang Wiraaaa.. :D *sok ikrib*

    Bang Cumi bisa diving kah? Ngga nyangka. Kirain demen koloran sambil berjemur doank. Bahahah! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh kenal juga yaaa ama kak wira yg paling caem nomer sekian hahaha #pissWira. Ya ampun, tega banget kau tuduh aku bisa koloran doang hahaha, dari pada kamu bisa nya berenang di hati mantan #susahMoveOn

      Delete
    2. Dia ngga kenal aku pastinya, Bang Cum.. Apalah aku ini.. Hanya bisa mengagumi sambil stalking blognya aja.. Wkwkwk :D Tapi jangan bilang-bilang ya. Aku malu :P

      Huahahah.. Ya abisnya asal ngeposting kan dikau aplot foto koloran mulu.. :P Uda punya sertifikatnya belom, Bang? Aku pengen jugak nih. Tapi entar deh melipir dulu ke Sabang. Itu sih yg deket dari Medan :(

      Delete
    3. Aku dah bilangin wira, kalo dia mau ama kamu trus kamu kira2 mau ninggalin febry demi wira ngak ???? #Ngasal
      Aku ngak koloran dech, cuman demen amat pake kancut hua hua hua. Aku punya banyak lisence, mau lisence apa aja ada lho :-) btw kapan ke sabang ??? ajak lah aku ini yaaaaa

      Delete
    4. Iiiiih.. Kok dibilangiiiin? Jahat amat sih Bang Cumiiii!!! -_-
      Mana lah dia mau sama aku. Uhuk. Jadi aku ngga akan ninggalin Febri weeek! :P

      Kancutnya warna neon lagi. Wkwkwk.. :D
      Aciyeeeeh.. Salut ah sama Abang. Seenggaknya ada yg ku kagumi. Bahahah! :D

      Kapan yaaaa..
      Taun depan ah. Masik lama. :P Ayok ayok Bang, kita mau ke mana aja? :D

      Delete
    5. Jadi kamu mash di butakan oleh kemilau febry yaaa ??? kira2 sampai kapan yaa kemilau itu bersinar ??? secara postingan blog aja masih menyebut nama mantan terindah #eeap.
      Tunggu nanti edisi kancut2 lucu bertebaran di blog ini lagi, dijamin kamu makin tergila2 ama co berkancut hua hua hua.
      Yuk ah tahun depan kita plan, tapi aku gratis yaaaa #ngarep

      Delete
    6. Huahahah.. Ngga tau sampek kapan, Bang Cum. Lagian dia item. Mana ada kemilaunya. Tapi justru itu yg aku syukaaaa :3 Aku ngga ada nyebut nama mantan loh. Kan cumak bilang 'mantan' doank. Wkwkwk.. :P *ngeles yg gagal*

      Cowok emang ada yg ngga pakek kancut? Tragis banget.. Klewer-klewer.. Ngahahahah :D

      Iiiih.. Aku langsung bangkrut pasti. Bang Cumi banyak maunya nih! -_-

      Delete
    7. Menyimak obrolan kalian... :))

      Delete
    8. @beby : Kamu mmg ngak menyebut nama mantan tapi kamu menyebut kata MANTAN berulang2, lelaki mana yg tahan kalo pacar nya masih terobsesi ama mantan2 nya terdahulu. Semoga FEBRY kuat menghadapi cobain ini, semoga saja dia tidak bunuh diri sebelum ketemu kamu hahaha.
      Hahahaha kalo klewer2 ngak enak yeee suka nyelip2, lw dah perna video call klewer2 ama febry yaaa ???? hayo ngaku ngaku

      @KakDitter : Menyimak atau mantan pacar ??? hahahaha

      Delete
    9. Iya.. Katanya aku ngga menjaga perasaan.. :( *malah curhat*
      Ya uda deh mulai sekarang ngga sebut kata terlarang itu lagi.. Kalok inget! Bihihihik.. :P

      Kalok klewer-klewer bisa jadi mereng dia, kan ngga enak, Bang Cum. Maunya yang lurus-lurus aja lah.. Wahahahah.. Ya belom lah. Tapi kalok foto sih uda.. Eh. :P Apa sih ini bahasnya. Absurd banget cobak. -_-

      Bang Ditter : Mayan ada hiburan gretongan yess :D

      Delete
    10. Wakssss kalo inget, tapi lw tipe susah move on masih bangga dengan mantan jadi pasti akan terus menyebut mantan hua hua. Btw mmg yg klewer2 itu ngak enak, paling mantap kalo berdidi kokoh kayak tugu monas bisa nancep makjleb hahahaha.

      Delete
    11. Wkwkwk.. Mantan itu ngga perlu dilupain, Bang Cum. Kan pernah jadi bagian dalam hidup kita. Tsaaaah.. :D

      Yoi dooooongs.. Apalagi pakek gaya WOT. Kaporit bingiiiitz. Muahahahah.. :D

      Delete
  4. Masih belum move on dari lombok ternyata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lombok selalu di hati dan bali selalu di nanti hua hua hua

      Delete
    2. apalagi selalu gratis *ehkeceplosan

      Delete
    3. Waksss kata siapa gratisan mulu, kalo ke lombok bali mah aku selalu keluar duit coz memang demen kesana #TamparKenti

      Delete
  5. terpikat dengan keelokan bawah laut Tomia, trim Mas Cumi yang baik hati tlah berbagi foto2 koral ini.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga suatu saat bisa berkunjung yaa kak ...

      Delete
  6. dan akhirnya tiba di postingan yang gak bikin gw ngiri hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kakak dah perna kesana duluan yaaaa :-)

      Delete
  7. Saya pengen sekali bisa menyelam, tapi saya punya fobia pada laut dalam :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. pobia akan ilang dengan sendiri nya kalo dah sering main ke laut, seru lho dan cakep2 bawah laut indonesia :-) SEMANGAT kakak

      Delete
  8. Cumiiiii gilee udh ke wakatobi aja! Anak bupati gresik udh sampe papua euy hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah anak bupati gresik dah sampai sana, btw wakatobi itu sulawesi tenggara jadi blm masuk papua hahaha

      Delete
  9. Cumi kamu menang 7 WondersDaihatsu yaaa? wah asyikk jalan2 gratis dong :D . Semoga suatu hari aku bisa juga ke Wakatobi. Cakep banget ya alam Indonesia kita :) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah dipercaya bisa join dan menang Terios 7 Wonders, ayo kak, ntar ajak si kecil jalan2 menikmati indonesia yg elok ini :-)

      Delete
  10. Anonymous06:40:00

    TOP bang cum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ... Aku asli nya TOP banget haha

      Delete
  11. Keren bingitt mas cum. Alhamdulillah sebelum akhil balik cita" mu sudah sampai kesana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah banget kak erick, sampai sekarang kan aku juga masih belum akil baligh haha

      Delete
    2. Yaa Allah uda ampe mau Ubanan belum juga Akhil Balik,,,hahahahaha Kaboorrr

      Delete
    3. Aku kan mmg terlahir selalu muda ceria dan panjang umur + sehat selalu #kagakNyambung

      Delete
    4. inget sudah mulai banyak keriput, mesti suntik botok :-/

      Delete
    5. Udah operasi plastik pake ember maspion #puas

      Delete
  12. Biasa aja ah #peress wkwkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksssss ... jadi atas bawah biasa aja ???? #SETOJO #peresssss

      Delete
  13. hihihi gw ke tomia ga diving...kaga bisa bok...ga cucok kyknya gw sama diving, udh blajar tapi ga suka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus ngapain aja di tomia kalo ngak diving ???? duch buang2 duit aja yaaaa #HorangKayah. Eh nginep di resort nya itu yaaaa #keren

      Delete
  14. ah ga keren ga bisa ditawar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa tawar2 dikit lah kak, buat kakak nanti kasih bonus gantungan kunci :-)

      Delete
  15. Sekilas gw kira nama bandaranya manohara...wkwkwkwkw

    btw yg lain pake baju nyelam kok elo ngga ya eh.....ternyata gwe salah lagi!!! abis warna kulit lo sama kaya warna wet suitnya....hahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tapi gw awalnya juga nebak nya manohara waktu baca tiket nya.
      Waksssss yaa ampun lw tega banget yeeee, gw kan ngak item2 banget :-(

      Delete
    2. teletubbies nambah personel ye makjo...hahaha

      Delete
    3. Kejam kejam mmg gw sebuncit itu ???? Bener2 tanpa prasaan kau ini tanchun ;-(

      Delete
  16. Anonymous11:21:00

    Tapi menurut gw nih mas cum, kayaa nya ada yang kurang dengan foto foto ini....kurang gregetan karena masih ada beberapa orang yang tidak ada dalam foto ini. jadi ngga Happening gitu dah. ALIAS DATAR SAJA tidak cetar. Lain kali Kalo DAIHATSU ngajak mas cum harus lengkap dengan GROUPIES nya agar acara nya benar benar cetar dan WOW gitu loh.

    ER



    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kalo gw pergi kemanapun, mesti ngajak "Groupies Cumilebay" ??? Hmmm perlu dipikirkan nich, kalo pergi mesti sepaket yeeee. Eh gw mau boker nich, yuk semua ikutan hua hua hua

      Delete
    2. iya betul,,,kamu kurang cetar klo gag ajak aqoh...xixixixixi

      Delete
    3. Sabar kak intan ... kalo sampai waktu nya, nanti kau akan ikut bersama kami #MariRajinMenabung

      Delete
  17. iya bwah lautnya bagus..
    tp klo menurut mas cumi biasa aja,...ya ksononya nunggu yg murmer pake banget aja deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, gw kembali lagi ntar nunggu kalo Air Asia buka penerbangan ke kendari aja trus beli tiket promo nya :-)

      Delete
    2. cita2 gw sebelom ditiup nyawa ini mah...tapikok liat postingan ini jd gag tertarik lagi ya...tanggung jawab...!!

      Delete
    3. Hahahaha ... mending ora dulu aja. kita mengila berbikini di ora. Kamu siap ??? kamu ready ??? udah sixpack ???

      Delete
  18. impian saya juga sebelum akhil baligh #digamparcumi hahaha saya udah lama banget pingin kesini...fotonya keren-keren cum. dilihat dari daftar biaya perjalanan yang tertulis kok gak bersahabat dengan kantong saya ya... hahahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau di gampar bolak balik ??? sini sini hehehe. Btw lw kan di ternate jadi kalo mau murah, lw naik kapal dari ternate ke kendari trus tomia. Djamin murah meriah jadi tak perlu naik pesawat hehehe

      Delete
  19. Yg penting udah bisa pamer bilang klo udah diving di Wakatobi cummm X)

    ayo dong kita nyilem lagi #brbcarisponsor #sesamagratisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pamer congkak no 1 duluan yg penting eksis, urusan kelelep di laut no 2 hahaha.
      Hayuk kita cari lagi, siapa yg mau ajak kita halan2 gratisan lagi !!!!! #NgarepSangat

      Delete
  20. cusssss brangkat mak....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cusss kemana kak ??? kalo udah cuss ngak boleh pake mual dan pala mumet yaaa #DigilesTruck

      Delete
  21. Aku gak bisa renang :| Apakah nanti diajari diving kah? Duh mas, aku nggawe epek epek ndik sikil ae bingung carane obah kok.

    Pas snorkeling ndik karimun jawa kae sikilku ndlamak gak nggawe epek epek koyok kodok kuwi, soale pas nggawe malah bingung abot hahaha..

    Yo iki mungkin deritaku sih. Numpang curhat yo mas hahahaha...

    Berhadap ada wahana kapal selamnya aja deh, daripada harus diving begitu, duh bulu2 singaku bisa basah kuyub nanti.. #anakleoceritanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku juga ngak bisa berenang lho kalo di kolam renang tapi kalo di laut dah santai bisa jumpalitan dan berenang ala2 mah hajar aja, yakin kalo di laut ngak bakal tenggelam jadi santai :-)
      Butuh ketelanenan dan tenang kalo di laut ntar juga pasti jago dan wolessss

      Delete
  22. Dreamy banget

    Iriiiiiii :'(

    Kapan ya bisa nyelam juga disana...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk kak kesana ... kita nyelem bareng seru2an tapi bayarin yaaa hahaha #ngarep

      Delete
    2. Aku mahasiswa mas..
      duit darimana (-.-)a

      Delete
  23. 7 jutaan dihabisin buat melakukan perjalanan dari Bali ke Tomia...busyet dach......., sakuku bisa jebol tuch,,,,
    keep happy blogging always...salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo 7 juta itu biaya dari jakarta + ngieo di homestay penduduk, dan kalo dari bali paket nya lebih mahal bisa 15 jutaan coz paket ekslusippppppp dari resort di tomia

      Delete
  24. Oooh jadi disana ada daerah yg namanya Bau2, ada jg yg namanya Wangi2 ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa jadi abis bau trus wangi kak, yang penting tetep kece mau bau atau wangi :-)

      Delete
  25. Kaaaak.. Subhanallah aku waktu ke Wakatobi belon berani diving. Cuman berani snorkeling deh tuh di Pulau Hoga. Katanya Makin ke sono makin kece ya? Okeh. Bertekad bener2 ambil laisens daiving dan cussss ke Tomiaaa!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nich katanya kalo TOMIA paling cakep diantara pulau2 yg lain untuk bawah lautnya jadi wajib diving hehehe. Ayuk cusss ambil lisence biar bisa nyelem2 cantik di dalam laut ama ikan paus dll hehehe :-)

      Delete
  26. Masih belon bisa percaya kalo bangcum daiping secara berenang saja tdkbisa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmm ... ada kan foto nya, lw bisa lita sendiri :-)

      Delete
  27. Anonymous20:55:00

    Juara Cum ..................... Salut

    ReplyDelete
  28. Ooooo ATR-nya miliknya Wing tho. Rombongan Cumilebay musti nyobain ATRnya Garuda dong lain kali biar lebih nge-HITS tanpa delay. Tapi itu foto yang ngangkang di antara dua perahu agak gimana gitu hahahaha *tabok* :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh kakak, kita dah perna naik atr nya garuda tapi kan ngak perlu gw gembor2kan kalo ngak cocok dengan tema tulisan nya. Aku kan ngak mau pamer atau sombong tapi kalo congkak yaaa boleh aja hahaha.

      yang ngangkang itu seksih banget yaaa, mulus dan mengairahkan hua hua

      Delete
  29. Cumi diving?? potonya yg manah?? ala2 doang pasti..lu aja baru bisa berenang yg gw ajarin kemaren kan...hih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya kan lw yg ngajarin gw buat tenggelem2 kece itu yaaa #LemparPlampung

      Delete
  30. Keren bingitz n pingin kesana:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan kita kesana ??? Daku siap menemani ;-)

      Delete
  31. aHHH keren banget ya CUmiiii.....

    Wakatobi memang kece sihhh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren pake banget kalo diving hehe. Kalo ngak diving, yaaaaa gitu deh. Ngak sebanding biaya ama yg kita dapat kalo ngak diving tp itu menurut gw pribadi lho yaaa haha

      Delete
  32. aku juga udah diving di tomia dong mas cumi :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah yaaaa kak ... berkah anak sholeh bisa ke tomia trus diving #BenerinKerudung

      Delete
  33. omaigat mihil ya? sama kyk biaya umroh. tapi aku belum pernah diving. *pengakuan yang sangat memalukan didepan publik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia itu cantik dan kaya akan aneka ragam, jadi mmg pantas kalo mesti mahal #SokBijak #DisambitMartil hahaha. Hayuk lah kak, kita diping bareng2 pasti seru hahaha

      Delete
  34. wkwkwkw... bang cumiy kembali ke habitatnya haha hay mantap bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss jadi habitat ku di laut gitu ???? Hmmmmmmm

      Delete
  35. diving nya kece banget sihh.. mau dong di ojek-in diving nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahhaa yuk ojek diving, ntar kita di bajo bikin ala2 ojek2an yeee :-)

      Delete
  36. Replies
    1. Ya Allah kak, inget kan kalo aku cuman anak bupati gresik jadi kalo congkak tingkat propinsi atau negara pasti kalah dong hua hua

      Delete
  37. Setaaan... postingan ini bikin iri!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sabar yaaa kak, yg ikhlasssss hehehehe #Dikeplak. Btw ayo kak, kita jalan2 bareng tapi aku bayarin yaaa #TetepNgarepGratis

      Delete
  38. Keren pemandangan bawah lautnya. Mupeng!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk berangkat biar mupeng nya ilang :-)

      Delete
  39. Kereenn bingitzz ini mah,,tpi di Sumbawa gak kalah kece badai,,hihihi. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Janganlah kau selalu bandingkan dengan sumbawa hua hua hua. Coba kau keluar dari sumbawa dan liat dunia luar, di jamin mata melotot :-)

      Delete
    2. Saya belum mau keluar sebelum menikmati keindahan dari daerah saya sendiri. :D

      Delete
    3. Kalo bisa jalan beriringan seriring sejalan #eeap

      Delete
  40. Indah banget yaaa, tp kalo g jago renang bisa diving ga ya qkqkqkkk...kalo kesana lg ajak saya ya kaka cumi ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diving ngak perlu jago berenang kok, yang pentig relaks dan ngak panikan. Hayuk lah kita jalan bersama #eeap

      Delete
  41. mantap gann...
    thanks infonya sob,, sangat bermanfaat sekali bagi saya.. :)

    kalau ada waktu,,kunjung balik blog baru saya ya sob >> tutorialblogwiky.blogspot.com (^_^)

    terima kasihh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap .. nanti dikunjungi yaaa, tunggu aku disitu :-)

      Delete
  42. ikannyaaaa...Aghhhhhh... lgs kebayang ikan bakar hahaha :D Cakep gila ya mas... nth kpn bisa ke Indonesia Timur sana..Mihiiillll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... ikan bakar bumbu kecap mantap banget yaaa kak. Eh ikan pesmol juga gw doyan tuch :-)
      Indonesia mmg cakep, makin ke timur makin mengila bawah laut nya JUARA dan pantas indonesia dibayar mahal

      Delete
  43. iiih itu kece bangeeeet deh kakak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mmg kece sejak lahir, jadi jangan perna pungkiri itu yaaaa #please

      Delete
  44. dan sampe sekarang gw adalah pecinta pantai yg gak bisa nyelam om... gimana mau nyelam lah berenang aja gak bisa..*gubraaak*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eitsss aku juga ngak bisa berenang lho #Cius tapi nekat aja. Hayuk di coba deh pasti ketagihan :-)

      Delete
  45. Mane foto si tukang baso? Hihihi..
    Berhubung ud 2015, gw baca deh kisah perjalanan ini. Dudududu *singing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmau yg ikhlas yaaa, mesti banyak ikhtifar dan nyebut but but but hahaha

      Delete
  46. Wah aku baru sampai Baubau tapi belum sempet ke Wakatobi :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk lanjut 10 jam lagi bkal sampai wakatobi :-)

      Delete
  47. Wuuuiiih mantabs tenan iki. Yang gak mantap ongkosnya itu loooh...bikin tabungan menjerit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari yang gratisan aja biar ngak jerit2 dompet nya hahaha

      Delete
  48. Eh Seriusan saya baru tau kalo WAKATOBI itu singkatan/akronim mas Cum.
    Ahh, semoga bisa kesana juga

    ReplyDelete
  49. Salam kenal Mas cumi, ane mau tnya nich, ane pngen skali ke wakatobi, tp ane tdk bisa brenang, apakah smpe di wakatobi ane diijinkan utk diving ? Tq be 4

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kalo ngak bisa berenang, nanti gimana bisa diving langsung. Kalo ngak bisa berenang mending ambil lisence diving dulu jadi belajar2 ala2 gitu

      Delete
  50. ViennaIvana11:22:00

    Hai kak salam kenal :)

    Ya ampun baca2 blog kakak jadi pingin banget diving..
    itu kakak klo diving (di wakatobi n menjangan) harus banget wajib punya lisensinya ga sih???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak punya lisence juga ngak papa, asal ada buddy nya

      Delete
    2. ViennaIvana15:29:00

      kakak punya lisence nya gak???

      Delete
    3. Kayaknya ngak perlu di jawab dech #melipir hahaha

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com