{Terios7Wonders} Zulmi ... Gadis Penenun Kain Mandar

Kain Tenun Mandar Sulawesi Barat
Kain Tenun Mandar Masih Dikerjakan Secara Tradisional
Kain Tenun Mandar –  Persinggahan ke 3 perjalanan #Terios7Wonders Daihatsu “Amazing Celebes Heritage” akhirnya sampai di Kota Majene Sulawesi Barat untuk mengexplore indah nya kain tenun sutra mandar, yang sangat terkenal dengan warna2 terang bikin silau tapi tetep kece badai #L3B4Y meskipun begitu tetep terlihat istimewa dan pas dihati pas dikantong & pas dibody weksss. Tenun mandar mmg memiliki warna2 merah, kuning, merah, ungu meskipun pola nya sederhana tapi benang emas & perak nya bikin kain tenun ini terlihat berkilau menawan.
Terios 7 Wonders Daihatsu
Team Terios 7 Wonders Akhirnya Sampai Di Majene Sulawesi Barat
Kedatangan team petualang #Terios7Wonders Daihatsu di Majene disambut dengan Tari Paduppa yang dibawakan oleh gadis2 cantik dengan mengunakan pakaian adat bodo lengkap dengan kalung rantai emas motif bunga, gelang, hiasan rambut atau bando, anting, pergelangan lengan tangan dan semua itu tampak silauuuuu #Glamour weksss. Tari paduppa biasanya dibawakan gadis2 bugis untuk menyambut tamu2 kebesaran atau menyambut pulangnya tentara dari medan perang, hal ini menunjukan bahwa suku bugis sangat menghormati tamu #eeap #HormatGrak.
Tarian Paduppa Suku Bugis
Disambut Dengan Tarian Paduppa ~ Gadis Cantik Penunggang Kuda
Masyarakat mandar masih mempertahankan alat tenun sederhana secara turun temurun dari leluhurnya, meskipun ancaman datang dengan gempuran kain2 dari pabrik textil dengan motif menarik dan harga murah sehingga pekerjaan menenun sudah mulai ditinggalkan karna tenun tradisional rat2 kalah bersaing dengan tenun modern. Tapi ZULMI gadis cantik 20 tahun mahasiswa semester 3 di Universitas Sulawesi Barat jurusan Informatika, masih mau bersusah payah ikut melestarikan warisan leluhur ini #Angkat4Jempol. Sekedar info bahwa kain tenun khas mandar ini biasa dipake untuk sehari2, acara perkawinan, acara adat dll dan biasanya kualitas tenun dan motif melambangkan status sosial pemakainya.
Kain Tenun Sutra Khas Mandar
Warna Perak & Emas Berkilau Sebagai Ciri Khas Kain Tenun Khas Mandar
Harga kain tenun sutra mandar berkisar di 200 ribu sampai 500 ribu rupiah dengan pekerjaan memakan waktu 2-3 minggu #CobaBayangkan. Menurut zulmi upah yg di dapat untuk menenun selembar kain sekitar 75 ribu #MurahBingits, dengan upah nya dia bisa membiayai kuliahnya #Wow. Keahlian zulmi didapat dari orang tua nya yg juga menenun, dia sudah sejak usia kanak2 ikut membantu orang tua nya menenun. Sempet gw tanya “Kenapa kamu mau melanjutkan menenun ??? padahal kan upahnya murah ??” dan jawaban nya cukup simple “Kalo bukan kita, siapa lagi yg mau meneruskan warisan leluhur kita” dengan logat khas mandar yg terdengar santun.... Plak mendengar jawaban nya, serasa di tampar2.
Kain Tenun Mandar
Zulmi ... Gadis Cantik Mandar Yang Masih Mau Ikut Melestarikan Warisan Budaya
Kebanyakan anak muda sekarang biasanya cuman bisa nongkrong di mall atau di cafe2 #KebanyakanYaaa #berdasarkansurveyala2 tanpa memikirkan warisan budaya nenek moyang kita yg harus terus kita jaga, hidup mereka terlalu hedon #eeap tapi ZULMI gadis lugu nan cantik alami asli mandar ini masih memikirkan bahwa harus ada yg ikut bertanggung jawab melestarikan budaya. Perjalanan Terios 7Wonders Daihatsu “Amazing Celebes Heritage” membuka mata saya bahwa harus ada Zulmi Zulmi lain yang mempunyai jiwa besar, hati nurani dan tanggung jawab akan kebudayaan Indonesia #SumpahGwKayakOrangBener #Melipir.   

Note : Beberapa Foto Hasil Jepretan Fahmi Catperku