Martabak HAR ... Hari KIAMAT TUTUP

Adonan Martabak HAR Sedang Diracik
Martabak Har Palembang – Kalo bilang Pelembang hanya punya Mpek-Mpek, Jembatan Ampera, Pindang dan Sungai Musi itu salah besar, karena berdasarkan hasil pandangan mata yg rada burem ini maka palembang juga punya warisan kuliner bernama “Martabak HAR”. Meskipun ini bukan hasil karya putra asli daerah palembang tapi patut kita lestarikan karena google aja merestui Martabak HAR sebagai kuliner wajib Palembang #Maksa.

Menempati Ruko

Bersih, Luas, Nyaman & Free Wifi
Lho kok bukan karya putra asli palembang ??? YAP karena “Martabak Har” merupakan dagangan karya seorang bernama Haji Abdul Rozak, saudagar pria berkebangsaan India yg datang ke palembang sekitar th 1940 an dan menikah dengan wanita asli palembang, kemudian 7 Juli 1947 dengan Bismillah mereka membuka Martabak Har di rumah mereka yaitu di Jl. Jend Sudirman Palembang (sebelah Hotel Jayakarta).
Siap Disajikan
Mie Celor ... Berkuah Kari Kacang Nikmat
Martabak HAR ... Mau ????
Dan pagi ini rombongan Jelajah Kuliner Daihatsu, merapat ke Martabak & Resto Har untuk sarapan martabak dan mie celor. yang kami datangin milik cucu Haji Abdul Rozak yaitu H. Richard yg perna bekerja di Bahrain. Resto yg ini rada2 serem karena Tagline nya terpampang jelas “BUKA TIAP HARI 24 JAM KECUALI HARI KIAMAT” jadi inti nya resto ini kagak mengenal libur alias buka mulu kecuali bumi ini ancur.
Tetap Buka Meskipun Hujan Badai Lebaran
Resto Martabak Har milik H. Richard ini yg paling bersih, mewah dan nyaman + free wifi di bandingkan tempat martabak har lainnya yg kebanyakan mmg mirip warung di ruko2 tua hehehe #Ampun. Dan disini bukan hanya jualan martabak har saja tetapi ada menu lain nya mulai dari khas indonesia atau western atau chinese food.
Oh yaa Haji Abdul Rozak memiliki 8 anak dan semua nya jualan martabak, total cab resmi nya sekitar 10 an tapi di palembang bertabur martabak har di tiap sudut kota, kalo yg itu biasa nya mantan karyawan yg membuka sendiri. Untuk cabang resmi Martabak Har terdapat plang nama warna merah dengan foto Har lagi berdoa.
Ada foto Haji Abdul Rozak
Ini Sarapan ku ... Mana Sarapanmu ???
Untuk harga martabak har di resto ini berkisar antara Rp. 22 ribu – Rp. 31 ribu. Dari segi rasa sech ENAK BERempah india tapi sudah bercita rasa lokal cuman gw ngak sulit membedakan dengan martabak kubang yg biasa gw makan hehe. Kebanyakan martabak har terbuat dari campuran bawang, telor bebek dan daging cincang + bumbu rahasia (ini gw asal aja biar keren). Kalo kalian berminat bikin sendiri, resep martabak har ini bisa “Cek di Google” hahaha.
Yuk .. Bikin Martabaknya
Cumilebay Bantuin Goreng Biar Gratisss
HAR Martabak & Resto
Jl. Jend Sudirman No. 2269 Palembang
(Samping Y.K Madira) Sumatera Selatan
0711 - 315086

115 comments:

  1. Uwooow.. Merinding denger taglinenyah! Hihihi.. Tapi jadi tertarik pengen beli trus nyobain. Itu kulit martabaknya kebayang deh gurih trus kriuk-kriuk nyummy. Hmm.. :q

    Ngegoreng martabak aja pake nyengir, ngga nahan lagi. Hahah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang goreng martabak baju biru cakep banget yaaa hahaha

      Delete
    2. Eh ada Beby. Aku yang orang sumsel pun belum sekalipun nyobain martabak har loh beb. Pengen sih...

      Delete
    3. Waduh sungguh terlalu kalo blm perna nyobain hehee

      Delete
  2. Tutup hari kiamat -_- gimana kalau tiba-tiba gunung meletus tutup gak tuh..? Btw makanannya kelihatan banget rempah india sepertinya banyak ditambahkan jinten...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah itu kan bahasa iklan saja, inti nya buka tiap hari ngak ada libur hehehe

      Delete
  3. Salam Takzim
    ngerih banget dengan plang yang ditulis oleh penerus kuliner ini, seperti seorang yang tidak pernah kenal dengan kiamat kecil, gempa bumi, angin topan dan angin puting beliung, semoga para penjual kuliner dapat mengerem kesombongannya dari iklan yang dibuat. Akang terima kasih ya sudah hadir dan memberi warna di blog batavusqu
    Salam Takzim batavusqu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuman bahasa iklan saja itu tagline nya kang, biar pembaca nya tau kalo kapan aja bisa kesana hehehe. Makasih juga sudah berkunjung kemari :-)

      Delete
  4. Anonymous12:43:00

    Martabak kubang saharjo juga enak mascum

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu juga enak, deket ama apartemen gw tuch. Yuk sini mampirrrr

      Delete
  5. Ampuuuun ada tulisannya .. Martabak Har, Mau? .... itu kelihatannya enak bingit sih. Gmn lo gak cetar membahenol ya klo makannya beginian mulu hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sini sini sini ... aku cuapin biar kakak juga semok molek :-)

      Delete
  6. walau asalnya dari india, tapi sepertinya martabak sudah jadi kuliner khas indonesia...begitu juga dengan martabak har ini....eh...ada bakat juga jadi koki martabak ya....... Keep happy blogging always…salam dari Makassar :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nich asli nya orang india tapi jadi kuliner wajib palembang, tapi saat googling cari martabak india malah ngak nemu hehe

      Delete
  7. Senang berkunjung ke website anda.

    Terimakasih atas informasinya.

    Di tunggu ya informasi selanjutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di tunggu postingan berikutnya weks100x

      Delete
  8. penapsaran bgttt sama martabak har, martabak pake kuah ...tp kok jauh amat mesti nyebrang pulau dulu T_T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar delivery aja kak hehe atau bikin sendiri lebih simple

      Delete
  9. Hahah.... gaya masak martabaknya boljug. Apalagi kalau habis itu dikasih bekal untuk dibawa pulang, ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren kan gaya ku hehehe, yang pasti perjalanan ini gratis bareng para media dan daihatsu

      Delete
  10. Anonymous17:38:00

    Iya tuch gw org lampung tp skrg di papua. Klu ada umur lwt palembang mampir dech. Insya allah puas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mampir atau bikin sendiri aja, di google banyak tuch yg menyebar resep bikin marabak har :-)

      Delete
  11. Ceritanya menarik Bro,
    Bagian yg paling kuat, menurutku, adalah cara bagaimana konsumen dibuat untuk mengenali mana cabang yg resmi, yakni yang terdapat plang nama warna merah dengan foto Har lagi berdoa.
    Aku pikir, itu teknik branding yg kuat sekali. Hahaha ...
    Foto-fotonya juga bagus bro.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, karena martabak har ini banyak KW nya maka selalu di tekan kan sama pemilik kalo yg asli pake plang merah dan berdoa hehehe

      Delete
  12. jadi ngileer nihh..
    kapan ya buka cabang di jogjaa..
    besok deh kalau main ke palembang kudu nyicip :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya banyak juga cabang nya di kota2 besar indonesia hehehe, sempet liat di jakarta bandung. Coba cari di jogja, siapa tau juga ada hehe

      Delete
  13. Paling suka ni martabak begituan.. Biken ngiler coe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hajar kak ... langsung bel hehehe

      Delete
  14. Suka nih sama resto yang siap sedia setiap saat setiap waktu ........ jadi kita bebas lapar kapanpun .... hehhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, kapan pun bisa datang

      Delete
  15. Itu kursus berapa lama sudah bisa ikutan goreng martabak? Hati-hati hangus tuh Mas :D
    Anyway, Martabak HAR memang top lah di Palembang. Salah satu menu wajib kalau lagi di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kursus kilat biar gratisssss hahaha.

      Delete
  16. wah dulu pas ke Palembang ga tahu ada martabak HAR ini. semoga ada kesempatan ke Palembang lagi biar bisa menikmati martabak HAR ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo balik lagi ke palembang hehe. Tp di jakarta bandung juga dah ada lho martabak har ini ;-)

      Delete
  17. ayoo om kesana lagi ama aku ya hihihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi aku gratis yaaaa hahaha

      Delete
  18. Mantab bener kayaknya.

    ReplyDelete
  19. Informasinya sangat menarik sekali.

    terimakasih atas semua informasinya.

    ditunggu informasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  20. Keren banget buka 24 jam :D . Kapan saja pengen martabak Har tinggal datang ya.
    Oh ya buat yg diluar Palembang bisa pesan online ga bro?.
    Tiap resto biasanya punya resep rahasia tersendiri lah, supaya rasa makanannya beda dg resto lain :) .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Delivery dengan hati kak hehehe. Bikin sendiri aja ;-)

      Delete
  21. belum pernah makan..iyalah,,ke palembang aja blm pernah :D
    buka cabang luar jawa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cusssss ke palembang kak, mumpung jembatan ampera nya blm dipindahin ke papua

      Delete
  22. Gak sekalian bantuin nyusi piring tuh kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waks kalo itu ku tak sanggup

      Delete
  23. Baru pertama kali ini dengar kalau ada yang namanya Martabak Har.. dari penampakan di foto nya, saya beranggapan kalau martabak Har ini masih ada hubungan dengan martabak kubang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak nya sama2 tetanggaan hehehe. Kalo kubang yg aku tau dari padang kan yaaa ???

      Delete
  24. baru aja balik dari Palembang, dan menyesal setengah mati karena nggak sempat mampir kesini kemarin.... | *nyari sapu terbang balik ke palembang*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo balik lagi ... Kurang lengkap ke palembang tanpa martabak har hehe

      Delete
  25. hahah...ngeri tuh kalau gituh kalau tutup pas kiamat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha hiperbola bahasa iklan ;-)

      Delete
  26. Informasinya sangat menarik sekali.

    ditunggu ya informasi selanjutnya.

    ReplyDelete
  27. Masuk daftar saat kunjungan Kota Musi, saus kecapnya senada dengan martabak Kubang ya Mas.
    Terampil loh Mas menggorengnya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trampil karna bisa makan gratis kak hehehe

      Delete
  28. wah martabak nya kok beda ya mas dengan martabak di daerah saya hehe Mungkin itu martabak spesial ya :)
    kapan-kapan boleh juga nih dicicipi, pasti maknyus ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ditempatnya mbak, bagaimana martabaknya ?? Penasaran euy

      Delete
  29. Di Bandung udah ada cabangnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, bandung sudah terdaftar

      Delete
  30. Martabak ini emang udah terkenal di seantero Sumsel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ember .... Sangat peri peri pemesss

      Delete
  31. ya kok fotonya pakai baju sih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gw telanjang ntar gw ikutan di goreng

      Delete
  32. Taglinenya mantep, ahahaha...

    Di deket kosku di Jogja, ada outlet martabak Har juga. Aku pernah beli, dan sepertinya yg istimewa itu adalah kuahnya. Kalau martabaknya itu sendiri menurutku biasa aja, hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk bikin martabak sendiri hehe

      Delete
  33. kayaknya enyaaak banget Kak Cum..
    dan tagline nya itu catchy banget... hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak bingit kak, seru buat nganjel perut

      Delete
  34. aduh serem juga tagline nya -_- tapi tempatnya menarik sekali untuk dikunjungi dan wajib deh pokonya kalo ke palembang harus mampir kesana :D

    cuuuuus kita jalan jalan ke palembang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo silahkan mampir kalo ke palembang dan jgn lupa oleh2 yaaa haha

      Delete
  35. Mauuuu. Lapaaaar.
    Pengeeeen

    ReplyDelete
  36. wah .. keren nih Foto yg bantuin goreng martabak :P

    ReplyDelete
  37. wahhh keren ne martabaknya mas cum.....bikin ngiler...tempatnya juga bagus tuh

    ReplyDelete
  38. oalah buka 24 jam ternyata, porsinya pas ya mas untuk di nikmatin sendiri beda ama porsi martabak yg biasa saya makan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi kenyang buanget lumayan gede

      Delete
  39. sering dibawain ama sodara tiap kali dia pulang ke Palembang ;p.. Tapi ttp aja msh pgn bgt bisa nyobain lgs di resto nya ^o^... Itu mie celornya enak mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo ke palembang hehe, mie telor nya lumayan tp gw aja ngak habis hehe

      Delete
  40. jdulnya mantabh banget....
    tutup hari kiamat....
    kayaknya raasanya nendang nii..... buktinya banyak orang.... rame banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tagline nya bener2 bikin nanggis kejerrrrr hahaha

      Delete
  41. Koq saya pingin nyobain moe celornya yaaa. . .
    Pedees kayaknyaa!. Hahaha

    Kamu menang jelajah kuliner kmrn itu, Mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mie telor nya lumayan enak, alhamdulillah bisa gabung jelajah kuliner bareng daihatsu ;-)

      Delete
  42. ooo ... ternyata HAR itu singakatan dari nama pemilikinya yaa??? hihih
    Unik, makanannya juga menundang selera nih kayaknya !!! :)

    ReplyDelete
  43. Duh waktu ke Palembang belum tau ada ini, jadi pengen ke sana nantiii...

    ReplyDelete
  44. jadi lebih enak dari martabak kubang gak mas? aku penasaran

    ReplyDelete
  45. Replies
    1. Sama jadi kangen palembang ;-)

      Delete
  46. laparrrrrrr sangat.......

    ReplyDelete
  47. Hua, tagline jos, selalu menyediakan tiap saat :D. martabaknya gak nahanin. tempatnya juga bersih sekali yah, mas. nyaman lama-lama di sana ada wifinya juga soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lokasi nya strategis dan bikin betah wifi nya, tapi kalo kelamaan bisa bangkrut hehehe. Wajib nyobain nich martabak kalo ke palembang :-)

      Delete
  48. ini sih martabak Ga Har.... kuah karinya , lemaknya :p bikin lipatan perut tambah tebel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha kalo lipatan perutnya kak danan mmg sudah bawaan lahir hehehe

      Delete
  49. Cuman martabak kok mesti jauh2 palembang, dijakarta banyak kali masbro cumiiiiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama kayak kamu, jadi pembantu aja kok jauh2 ke negeri orang. Kan kamu bisa mbabu di rumah ku :-) Wekssss

      Delete
  50. hahaha, pas pertama kali saya ngelihat outlet martabak Har ini di Jogja bikin saya jadi kaget. Saya pikir itu logo Pak Har kok mirip sama (maaf) hantu pocong. Pokoknya kesan pertamanya itu takut dulu deh. Habis itu pas ngicip emang mirip sama martabak Kubang ya, nggak crispy. Mungkin kalau ditambahkan embel-embel "Martabak India" bakal lebih membuat konsumen "waspada: karena ya beda banget sama martabak kaki lima pada umumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener logo nya agak nyeremin hahaha tp kalo di perhatikan lagi yaa kagak lah yaa hehehe. Martabak nya mmg mirip2 martabak kubang, malah gw binggung ngebedain nya

      Delete
  51. Dan setelah aku pindah ke palembang, baru tau kalo tetangga sebelah rumah ortu persis itu adalah salah satu anaknya abdul rozak, hahaha... Jadi udah diwanti-wanti ama si tante untuk nggak usah bayar kalo ke martabak har :D
    Suamiku sampe nyeletuk, "Pantes, dari dulu nggak pernah keliatan sibuk kerja tapi kok mobilnya jaguar, ternyata juragan martabak di palembang." hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Juragan martabak aja kaya raya yaaa ??? Hehehehe. Jadi udah nyobain martabak gratis dong di palembang !!!!

      Delete
  52. Waaah aku kok mampir sini ya waktu ke Plembang, nggak googling sih hihihiii. Di Malioboro Jogja ada juga tp entahlah ada hubungannya atau enggak, belum nyoba juga krn tempatnya susah parkir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak banget cabang nya di kota2 besar tp lebih nikmat kalo makan di kota asli nya hehehe. Ayo ke palembang lagi :-)

      Delete
  53. aaaa..... Maratabak HAR :-D Jajanan wajib kalo pulang ke Palembang. Pun begitu kalo ada keluarga dari palembang yang datang. Ga pernah minta Pempek. Mintanya cuman HAR

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe ... Martabaknya mmg juara banget, mpek2 mungkin dah bosen kali yaaaa :-)

      Delete
  54. wah, bener-bener mantap sob, baru lihat gitu duank apalagi nyobain beneran nya sob pasti enak banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan di coba, banyak cabangnya kok di jakarta bandung jogja dll

      Delete
  55. Men.. Mantep nih, mumpung saya di Palembang nih..
    Menuju Gombyor dah.. hahaha
    Bagi duitnya Om Cumi buat beli martabak Har. hahha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah lho ... knp mesti gw yg bagi2 duit ????? Salah alamat hahaha

      Delete
  56. mantep nian blognyo... salam wong kito galo

    ReplyDelete
  57. Tuhkan bikin laper.
    Di JKT juga banyak yaa, dari tulisan ini akhirnya aku tau yang asli cuma yg ada gambar si empunya lagi berdoa...

    eniwei,,,enakan mana sama roti panggang terakhir kita?? #maksabangettt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang sudah ngak kiamat tutup lho, kayak nya banyak di komplain

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com