Jeram Ratu ATUT di Sungai Ciberang

Satu Dua Tiga ... Terus Dayung
Rafting Ciberang Banten – Hujan terus menguyur tanpa ampun & beberapa daerah sudah banjir. Rombongan cumilebay untuk mengantisipasi evakuasi banjir maka perlu latihan mendayung perahu, yaaa siap2 kalo sewaktu2 dibutuhkan jadi TEAM SAR. Cusssssss akhir nya rombongan sirkus cumilebay berangkat menuju sungai ciberang di lebak banten untuk RAFTING.
Persiapan Sebelum Rafting
Pembagian Kelompok 
Yuk .. Kita Berangkat












Rafting sungai ciberang ini terletak di Kampung Muara, Desa Banjar, Lebak Banten dan dikelola oleh PT. Banten Rafting yang merupakan satu2 nya operator disana jadi hanya mereka yg bisa mengantarkan kalian mendayung disungai nya #ress. Biaya rafting nya ngak mahal sudah termasuk welcome drink, snack + makan siang dan pemandian air panas.
Udah Siap Mengarung Nich ... Gaya Doang Keren
Heboh .... Start Mengarung
Rafting di sungai ciberang mendapat sertifikat riam dari Federasi Arum Jeram Indonesia (FAJI) dengan grade 2-3 tergantung ketinggian air dan arus, jadi masih sangat aman buat para pemula. Trus panjang trek pengarungan nya di bagi 2 yaitu 10 km dengan jarak tempuh 2 jam atau 25 km dengan waktu 5,5 jam.
Ini Yang Rajin Mendayung
Tetep senyum 
Kebetulan kami ambil paket rafting 10 km dengan 15 jeram yang begitu menggoda untuk di lewati. Banyak cerita yang kami dengarkan dari para guide yg memandu, terutama seru nya cerita ttg Ratu Atut (Gubernur Banten) yang sempet nyobain rafting di sungai ciberang, tapi apa yg terjadi ?????? Ternyata oh ternyata Ratu Atut hanya berani sampai di jeram pertama dan teriak2 minta balik tidak mau meneruskan sisa pengarungan. Oleh karena itu riam pertama disebut “RIAM ATUT”
Duch Ibu Atut ini ngak sebanding dengan keberanian ibu buat memimpin banten dan mempermak muka dimeja operasi, eh sekaligus ngak senekat dengan dugaan "suap + korupsi" nya dech #MALUtutupMUKA.
Dikelilingin Hijau nya Pepohonan Kelapa
Nelen Banyak Air Nich
Selain jeram atut, masih banyak lagi jeram yg lain yaitu jeram zig zag, jeram panjang, jeram blunder, jeram brimob, jeram patriot, jeram pelopor, jeram goodbye dll .... Eh ada jeram yg kecil yang tidak ada nama nya, dengan terpaksa dan memaksa kami namai “JERAM CUMILEBAY”. Yaaa lumayan numpang2 tenar nama “cumilebay” deh hahaha, mudah2an mas2 guide nya selalu ingat kalo nama jeram nya cumilebay #RESSSSS.
Terjun Dari Dam 2 Meter
Lanjut .... Melipir Sebentar 
Ada kejadian yg tak terlupakan menggelikan di jeram pelopor saat swarie tiba2 terjungkal kebelakang terjun ke sungai tapi kaki nya tersangkut di tali perahu dan tergeret beberapa puluh meter di deras nya arus sungai. Bukan nya kami nolongin tapi malah kami ketawain geli. Maklum swarie nya selama pengarungan kebanyakan becanda nya dibandingkan mendayung hahaha #MaafKakSwa eh tapi semua nya juga ngak ada yg dayung ding, kita cuman ngobrol cekikikan dan mas guide nya yg dayung #Piss.   
Istirahat di 1/2 Pengarungan
Hai Hai ... Ini Aku

Hajar .... Mari Teriak 

Kami sempet istirahat di setengah pengarungan untuk menikmati hijau nya pepohonan disekitar sungai, bener2 menyejukan mata bikin adem ayem. Lanjut pengarungan lagi dan kami melewati 2 dam yg lumayan besar, perahu kita diterjunkan dengan hati2 agar tidak terguling. Kami sempet liat banyak anak kecil memancing di seputaran sungai dan bapak2 mencari pasir. Eh diseputaran dam nya juga banyak penambang emas dan melakukan pemurnian di seputaran sungai #Tanda2TercemarMerkuri.
Tolong ......
Satu per Satu Terjun Bebas 
Menjelang akhir pengarungan, kami melihat ada air terjun disisi kiri yg sangat cantik + keren cuman sayang arus nya deras jadi kami ngak sempet berhenti untuk foto2 dan yg paling mendebarkan adalah saat perahu kita di balik semua jatuh tertimpah perahu bener2 bikin heboh tapi seru teriak2 minta tolong padahal kita dah sering rafting tapi tetep aja kepo hahaha.
Ada Air Terjun Keren diBelakang
Tetep Senyum Paling Manis Meskipun Terjerembab
Selepas finish kami langsung di suguhin es kelapa muda + tahu goreng panas untuk ganjal perut karena kami akan lanjut ke pemandian air panas. Lumayan badan capek mendayung akhir nya relaksasi dengan berendam air panas, setelah puas kami balik untuk beres2 makan siang dan pulang jakarta.
Kelar Rafting ... Kelapa Muda + Tahu Goreng
Melepas Lelah Rafting, Berendam Air Panas
Oh yaa untuk menuju rafting di sungai ciberang ini ada beberapa alternatif jalur yg bisa di pilih. Yaitu mau lewat rangkas bitung atau serang atau bogor, dan pilihan kami lewat bogor karena kami menginap dulu di Centhini Resort dikawasan gunung bunder. Rute bogor melewati IPB Dramaga – Leuwiliang - Jasinga – Cipanas – Lebak Gedong (Ciberang).
Bubar ... Pulanggggggg
Banten Rafting Sungai Ciberang
Kampung Muara, Desa Banjar Sari
Kecamatan Lebak Gedong, Lebak
Banten

122 comments:

  1. Replies
    1. Jadi weekend depan kemana ???

      Delete
  2. Ternyata ada rafting2an deket rumah. Makasih Mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mmg asli nya mana tho mas ??

      Delete
  3. Anonymous12:02:00

    Biaya rafting saja brp mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah kok, cuman 200 an tp kalo paje ongkos dr jkt yaaa 300 an lah. Banyak paket yg jual dr jkt open trip sekitar 350ribuan

      Delete
  4. Oh jadinya ciberang, kalo tdk salah sempet cerita mau ke cikandang garut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Garut lagi ancur jalanan nya jd yaa ciberang aja, kebetulan ada nginep di guning bunder jd deket ;-)

      Delete
  5. Terjun yang dari dam, serta melewati lintasan batu yang menakjubkan. Menambah suasana petualangan yang sangat indah banget Kang. Awas jangan banyak minum air coklat....... he,, he, he,,, :D


    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru juga lompat2 di rafting ini, meskipun cuman grade 3. Ngak kalah ama yg perna kita lalui di grade 4 dan 5.

      Delete
  6. wahahaha riam atut, jadi atut nih kalo bu atut aja atut #apadeh
    ini arah mau ke sawarna ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Atutttt tp kalo korupsi dll kok yaaa berani yaaa hahaha.
      Kalo aku kesawarna ngak lewat sini, seneng nya lewat pelabuhan ratu

      Delete
  7. Mauuuu.. Hahah :D
    Belom pernah coba nih. Tapi rombongan cumilebay kok pada senyam-senyum cekikikan gitu ya? Ngga takut gitu, Bang? Eyalah anak kecil selo pulak tuh mancingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan kita dah sering rafting dan yg ikut ini rata2 sakit jiwa jd kagak ada takut nya hahaha. Malah kita jebur2 perahu di balikin minta lagi nambah nambah hahaha

      Delete
  8. Wohoooo....seru banget mas bro.
    Ini baru laki banget, tantangannya dapet banget :D
    Ah, pengen banget ngerasin rafting gini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh dipapua bukan nya ada yaaa ??? Kayak nya disana lebih seru deh ;-)

      Delete
  9. wew... mantap banget itu ... Kebetulan aku lagi ketagihan ama rafting ini, gegara di lombok baru buka wahana rafting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh di lombok tuch sungai apa yg buat rafting ?? Ih penasaran jadi pingin nyobain ;-)

      Delete
  10. aihh jadi kangen rafting cummm ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu ngak kangen aku yg tampan ini ???

      Delete
  11. kereen banget, selain arung jeramnya seru banget, kayaknya itu bawa fotografer pribadi yang profesional deh. semoga foto nya keren dan bercerita kuat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak bawa fotografer kok, cuman nyuruh orang motoin hahaha. Kebetulan bawa 3 kamera anti air jd woless buat cebur2an

      Delete
  12. Keren n seruuuu.... Nyoba yg di Lombok Mas cum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas iyus mau bayarin yaaa ??? Asek asek ...

      Delete
  13. Wuih asik banget... cum di beberapa foto elu senyumnya paling manis padah yg lain teriak dan kasihan si guidenya dayung sendiri....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Daku kan sadar kamera jd setiap saat harus selalu pose menawan biar tetep cakep hahaha. Btw itu temen2 teriak juga cuman iseng, kagak ada serem2nya ;-)

      Delete
  14. Dari dulu kalau lihat org arung jeram pengen banget nyoba tapi ngak berani wekekke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak berani knp kakak ??? Ah cemen banget hahahahah #kabur

      Delete
    2. Iya nih aslinya wekekeke...mungkin krn belum pernah datang langsung ke TKP kali ya Mas Cum #alibi dikit :P

      Delete
    3. Cobain aja dulu, gw yakin bakal ketagihan kayak gw. Tiap ke daerah trus ada rafting nya, bawaanya gatel pingin nyoba ;-)

      Delete
  15. Anonymous09:09:00

    Damnya mirip sama rafting telaga waja bali, sudah cobain blm mas cum ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mirip dan alhamdulillah sudah perna nyobain. Ada lho artikel nya ttg telaga waja di cumilebay ini hehee

      Delete
  16. Seru bisa rafting bareng mascum n the genk :)

    ReplyDelete
  17. wah seru tuh, btw dimana ni lokasinya?
    di daerah saya sih ada sungai gede, tapi cuma dibuat mandiin sapi -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di banten kakak, sekitar 3 jam dr kota bogor

      Delete
  18. terlalu banyak gambar yang tak kemuat gan :D tapi lumayan artikelnya menambah wawasan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh .. Disini gambarnya kebuka semua lho.

      Delete
  19. Keren,
    pengalamn rafting masih terasa 1 bulan yang lalu di Sungai serayu Wonosobo.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di serayu juga seru banget lho, gw teriak2 ampe terjatuh2 hahaha dan paling seru saat perahu di puter dengan posisi berdiri

      Delete
  20. mantap... saya seumur2 belum pernah rafting, jadi pengen ngrasain :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak di coba, seru lho dan pasti nya bikin ketagihan

      Delete
  21. Kak Cum, aku ga pernah rafting dan ga berani. Ngeliat post ini makin serem...hiiii :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajak dong kiddos nya biar seru hahah

      Delete
  22. Seerruuuuuuuuuuuuuuu ...
    Walopun ga bs renang, jd pengen ikut arung jeram.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak perlu bisa renang, kan ada life jacket nya yg penting ngak panik aja kalo sampai terjatuh ;-)

      Delete
  23. seru banget tu kang.. seumur-umur aku belum pernah berani nyobain arum jeram gitu. haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo di coba, kalo rame2 bareng temen2 seru banget lho dan saling mendukung akhirnya pasti berani hehe

      Delete
  24. Yg di lombok mau dong cum nyobain...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan kita ke lombok ?? Duch kangen pingin woles di gili ;-)

      Delete
  25. Wuoooh... seru banget, Mas! Acara bareng temen-temen kayak gitu bisa bikin pikiran fresh, hehe....

    Saya baru rafting satu kali. Dulu di kali Elo, Magelang. Rasanya kapan2 pengen lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kalo rame2 bareng temen sahabat pasti seru saling cela dan saling hina kerjaannya hahaha.

      Eh aku pingin nyobain Elo, grade brp yaa disana ??? Pasti seru

      Delete
  26. Anonymous22:39:00

    Berat olah raganya kak cumi tp tidk ada kolor disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini edisi alim, ngak ada pamer aurat haha

      Delete
  27. hi kak cumi, salam kenal.. hehe..
    seru bngt yahh kyknya rafting..
    itu buat pemula aman bngt yah?
    klo kecebur gimana angkat.nya? kyk.nya tinggi juga perahu.nya. ahahah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai salam kenal dan makasih dah melipir ke cumilebay.
      Iya nich lumayan aman karna jeram nya ngak begitu dahsyat tp dah lumayan seru buat pemula. Kl kecebur yaa tinggal kita tarik aja hehehe, tuch yg duduk disebelahku juga kecebur tp woless aja ;-)

      Delete
  28. WAHHHH enak bngt kapan rafting lagi ka?? klo ada dan murmer ikut2 dong hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kakak ... Gimana kabarnya ??? Ntr kl kita jalan lagi, aku kabarin yaaa

      Delete
    2. Pasti tdk dikabari, aku aja tdk pernah dikabari. Mas cum kebanyakan bo'ongnya

      Delete
    3. Males jalan ama lw suka ngak jelas ;-)

      Delete
  29. seru ya mas acaranya, rame rame bgt apalagi berendan rame rame di air panas itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kalo rame2 pasti seru banget ;-)

      Delete
  30. Bener2 hepi n seru.. Makasih tengkiyu tomat loh mas cum.. Brasa gretongan deh ngetrip kali ini! Pokoknya lopyupulllll..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ngomong GRETONG jangan kenceng2 dong, kalo yg lain mau juga gimana ?? Kan daku bisa rugi bandar ;-( hehehehe

      Delete
  31. pas turun dari DAM 2 m nya itu keren...
    aduh jadi pengin arung jeram lagi... Tapi yg menyebalkan abis naik arung jeram itu pas naik mobil bak terbuka untuk balik... jalanannya rusak minta ampun dan kaki jadi sakit karna gludak gluduk pas mobilnya jalan... (>.<;)
    Oh gretongan... :P *ditabok mas cumi *melihat komen diatas :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Naik mobil terbuka nya seru juga kok kalo bareng2 kayak pedagang sayur pagi hari hahaha.
      Gretong khusus warga gresik, ingat coblos no 23 di pemilu nanti bahaha

      Delete
  32. Salam kenal mas... Wuih seru yaa rafting nya next time boleh gabung ga mas..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pretttttt ... Lempar dayung nich.

      Delete
    2. Sekalian lempar perahunya saja

      Delete
    3. Lempar lw aja sekalian biar anyut hilang tak ditemukan ;-(

      Delete
  33. Wih mantap banget ini... bisa jadi rujukan waktu liburan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk liburan dan ajak2 rombongan cumilebay yaaaa

      Delete
  34. wahhh ajak2 dong om cumi, kalau liburan hehehhe.,
    setiap yang diposting seru2 bingitz.,, :D #ngiri_ane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau diajak tp takutnya nolak hehe. Kapan kita jalan bareng ???

      Delete
  35. Hijau sepanjang jalur arung jeramnya meneduhkan ....
    Warna kecoklatan dan arusnya lumayan deras ya Mas, jumpalitan perahu karetnya membuat pembacapun deg-degan.
    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pemandangannya mmg mendamaikan hati. Disini cuman grade 3 tp bener2 seru bikin naik adrenalin ;-)

      Delete
  36. ongkos tiket masuk berapa tu ? tempatnya sungguh asik dan menyenangkan. Lain waktu ajak aku dong ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah kak, banyak yg jual paket dari jakarta all in cuman 350-370 ribu

      Delete
  37. hadewh bang....Atut selain korupsi uang ternyata korupsi arum jeram hahha..peace...akhirnya nongol lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung ngak korupsi hati yg membusuk hahaha

      Delete
  38. Seronok yang amat.. bila kah aku dapat berbuat sebegini :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo di coba, dimalaysia adakah rafting macam ini ????

      Delete
  39. wkwkwk apaan namanya atut gara gara takut nerusin.
    selama ini belom pernah nyobain pas baca tulisan ini jadi pengin nyoba.
    kayanya seru banget lah.

    tapi apa gunanya dikasih sertifikat segala?
    wkwkwk buat ngelamar kerja? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib di coba, tuch sertipikat di pigura dan di pasang didinding ruang tamu

      Delete
    2. Bukan buat warisan ??

      Delete
    3. Hmmm ngemeng aja lw yeee

      Delete
  40. Asyik bener wikennya...
    Hahaaa... aku belum pernah arung jeram ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di coba kak, ajak si kecil juga pasti seru ;-)

      Delete
  41. Weks batal lagi cikandang, pasti lagi tdk punya duit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeh .. duit sech gak masalah tp lagi males aja sibuk banyak projek trilyunan zizizizi

      Delete
    2. Kalo liat cumi ama bram comment, bikin gua mules weks

      Delete
    3. Lw paling demen kan kalo liat orang lagi berantem ;-(

      Delete
  42. Foto-fotonya bikin ngiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk bikin rafting tandingan di madura hehe

      Delete
  43. pengen berendam di air panasnya. Kalo riam wawan ada g ya ? kan adik kakak tuh #ehh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Riam wawan udah ama cathrine wilson, rebbeca, jenifer dunn hahaha

      Delete
  44. Gosipnya minggu depan mau kecitarik, jadi ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm biang gosip aja lw ah ;-)

      Delete
  45. Beneran mau ke citarik ?? Nginep sana kagak ??? ikut dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kasih tau ngak yaaa ??? Lw mending dirumah aja istitahat ntar sakit masuk angin xiziziz

      Delete
    2. Wah pelecehan makjo !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

      Delete
  46. wow asik bangettt nihhhh. semoga airnya gak kering karena ulah penebang liar di hutan. mari jaga kebersihan indonesia kita tercinta. suka pariwisata lihat juga di blog saya ada tempat yang menarik untuk di simak. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih dah melipir, nanti saya mampir kesana. Sediakan makanan dan minuman yaaa xixixixix

      Delete
  47. Akhirnyaaaa bisa baca blogmu lg ^o^……tp baru kebuka dr hp mas.dr laptop ttp blm bs..

    Baca ini jd kgn rafting....itu si atut malu2in bgt takut yg bginian :p korupsi lbh naikin adrenalin kali yaa :p

    Eh hrg per org raftingnya brp mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak .. aku bisa lho buka di laptop ku, knp yaa bisa begitu ??? Eh beneran lho kak atut teriak2 katanya bikin heboh hahaha

      Delete
  48. Aku kok tdk ada potonya ... ih pada jahat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan lw yg motoin, inget ngak sech ???? hua hua hua

      Delete
  49. rame banget ya mas. saya malah takut kalau tenggelam mas hehehe :D
    soalnya saya nggak bisa berenang dan takut arus sungai nya deras banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo rame2 seru kok, kita pake pelampung jd jgn takut tenggelam ;-) trus kan ada guide nya yg siap menolong kita

      Delete
  50. Kalo biaya Rafting 200ribuan itu untuk berapa member nekat mas Cum?
    Oya, nyang moto sapa? Takutnya kalau mau kesana harus bawa2 fotografer :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. 200 an minimal 6 orang kalo ngak salah. Kebetulan kita bawa camera waterproof 3 biji. Jadi saling poto2 sendiri di perahu masing2 hahaha

      Delete
  51. bookmark dulu ah, siapa tau bisa berangkat kesana :malu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo pasti bisa berangkat ;-)

      Delete
  52. Aih, jeram-jeramnya menggoda, dan pengarungannnya juga sudah dengan mengikuti prosedur standar keselamatan.
    Harganya masih masuk akallah itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga nya murah banget, cuman perjalanan kesana nya yg melelahkan :-(

      Delete
  53. namanya aja Atut.. pasti penatut.. *apasih*
    btw seru banget kayaknya kak Cuum, berasa lama ga sih perjalanan rafting 2 jam itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cepet banget 2 jam, ngak sadar langsung hitam panas terbakar ;-)

      Delete
  54. Beugh nyampe juga Om Cumi ke Banten... kayaknya bisa buat wisata keluarga nih lokasinya, trims Om Cumi :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyampe dong kalo cuman banteh mah hehe. Cobain aja rafting bareng keluarga pasti seru ;-)

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com