Kapal Phinisi dari BULUKUMBA

Galangan Kapal Phinisi di Bonto Bahari
Kapal Phinisi Bulukumba – Apa yang yg ada di pikiran kita kalo mendengar kata Sulawesi Selatan ??? Pasti jawaban nya Pantai Losari, Mie Titi, Toraja, Pulau Samalona, Coto Makassar atau Konro Karebosi. Padahal 160km di ujung selatan makassar, ada sebuah kabupaten yaitu BULUKUMBA yang terkenal dengan pusat pembuatan Kapal Phinisi yang sudah di wariskan sejak abad 14 an.
Terdapat Replika Kapal Phinisi Ditengah Kota Bulukumba
Terlihat Menawan Dari Atas
Sepulang dari Takabonerate, kami sempatkan mampir ke Tana Lemo di Kecamatan Bonto Bahari Kab BuluKumba, oh yaa hampir di setiap pesisir pantai Kab. Bulukumba pasti terdapat galangan kapal untuk pembuatan kapal phinisi ini dan yang terkenal mungkin Tana Lemo dan Tana Beru. Disana kami menyaksikan pembuatan kapal phinisi yang pengerjaan nya bisa memakan waktu 3 bulan – 1 tahun  dengan harga yang di patok mencapai antara 1 - 7 milliar dengan keuntungan bisa 10-20% tergantung dari ukuran besar kecil nya.
Beberapa Kapal Lagi Proses Pengerjaan
Para Pekerja Memotong Kayu 
Bahan baku kapal phinisi ini berasal dari kayu bitti dan kayu ulin/kayu besi, pasokan kayu biiti dari hutan sekitar bulukumba sudah menipis jadi perlu di datangkan dari luar bulukumba. Banyak pengusaha kapal phinisi ini mengambil kayu dari Bone, Sinjay sedangkan untuk kayu besi didatangkan dari Buton Kendari. Oh yaaa Kapal Phinisi dari Bulukumba ini tidak hanya terkenal di Indonesia tapi sudah merambah eropa, amerika bahkan afrika. Kapal Phinisi dari Bulukumba ini terbukti kekuatan nya, pada tahun 1986 perna berlayar dari Indonesia ke Vancouver Kanada.
Kayu Bitti Sebagai Bahan Baku Utama
Kayu Ulin/Kayu Besi Didatangkan Dari Buton Kendari
Oh yaa pembuatan kapal phinisi ini selalu diawalin dengan ritual khusus yang di pimpin oleh pemuka agama jadi kesan magis nya masih terlestarikan sampai sekarang. Upacara memilih kayu yg akan di gunakan juga menghitung hari baik yang biasa nya jatuh pada hari ke 5 dan hari ke 7 bulan berjalan, angka 5 arti nya rejeki sudah di tangan sedangkan angka 7 berarti selalu mendapat rejeki.
Dan saat peluncuran kapal dimana phinisi siap di arungkan kelaut juga mengadakan ritual pemotongan kambing untuk kapal 100 ton ke bawah, sedangkan sapi untuk 100 ton ke atas. Kaki sapi atau lutut sapi nanti nya di gantung di anjungan dan buritan phinisi.
Kapal Bobot Diatas 100 ton

Lokasi di Tana Lemo Bonto Bahari
Kapal Phinisi yang bertebaran di Raja Ampat, Bali, Pulau Komodo dll untuk membawa wisatawan berlibur merupakan karya pengrajin dari bulukumba. Dan Lagu “Nenek Moyangku Seorang Pelaut” bisa jadi terinspirasi dari suku bugis di Sulawesi Selatan ini yang mmg gemar mengarungi lautan membelah dunia dengan kapal phinisi nya.
Kapal Phinisi Yang Kami Jumpai di Pulau Samalona
Layar Terkembang (www.wisatasulawesi.wordpress.com)
Baca detail sejarah Kapal Phinisi di : http://id.wikipedia.org/wiki/Pinisi

121 comments:

  1. Keren banget Mas itu proses pembuatan kapalnya. Aih kelihatan kokoh banget.
    dan syenang sekali tahu arti angka 7. Angka kelahiran dan favorit sayah! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ada ritual khusus yg bikin kapal ini makin kokoh hehehe. Waduh semoga angka 7 nya membawa hoki yaa :-)

      Delete
  2. padahal dulu pernah ke Bulukumba menemani artis yang perform disana.. tapi malah gak sempat ke tempat pembuatan kapal phinisi ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siapakah artis itu ???? #kepo. Ayuk kak kembali ke bulukumba dan melipir juga ke takabonerate selayar

      Delete
  3. wah keren mas..
    foto-fotonya bagus-bagus..
    jadi pengen ke sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih makasih, ayo liburan ke tanjung bira

      Delete
  4. Panas beet tempat ini, bikin kulit langsung menghitam kelam. Tapi kita belajar ttg kearifan lokal masyarakat setempat ttg pembuatan kapal phinisi disini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panas nya mmg ngak kuat makjo, gw langsung gosong kayak ikan bakar :-( tapi seru juga liat pengrajin kapal ini

      Delete
  5. Anonymous11:54:00

    Mas, ini yang dekat sama pelabuhan penyebrangan tanjung bira kan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, bener banget. Ini mmg deket sama pelabuhan nya :-)

      Delete
  6. kok tumben gak ada foto narsis sampeyan? :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku takut para pekerja kapal nya terpesona, trus aku di gilir ama mereka waksssss

      Delete
  7. Kapalnya gede banget salut dech buat masyarakat setempat dengan ketrampilannya, pantainya cantik, plus panasnya juara abisss :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap pantai nya bagus banget, sayang waktu kita cuman sebentar disana.

      Delete
  8. pengin naik kapal ginian,belum kesampe an..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah aku udah sempet waktu di bali hahaha. Btw kalo mau liburan pake kapal phinisi ajak2 yaaa :-)

      Delete
  9. Pantesan ya harganya mahal. Uda gede, bahan-bahannya 'ajaib' dan berkualitas, belom lagi lama pengerjaannya yang bisa sampe setahun itu ya, Bang.. Ih, jadi bangga deh karena buatan orang Indonesia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kualitas nya terjamin memuaskan, kayu nya khusus dan itu mahal. Jadi Bangga sebagai bangsa indonesia, meskipun pemimpin2 nya pada kagak bener hahaha

      Delete
  10. Keren foto-fotonya ....

    ReplyDelete
  11. salah satu peninggalan budaya nenek moyang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, warisan yang harus terus dilestarikan meskipun stok kayu dah semakin menipis. Harus dipikirkan cara nya agar ketersediaan kayu nya terus bisa berkesinambungan

      Delete
  12. Semoga bisa segera berbagi tulisan tentang Phinisi dan Bulukumba dalam waktu dekat. Tapi, foto2nya ini emang bagus beudh dan pastinya sehat untuk dibaca adik2 17 tahun ke bawah. You know exactly what I mean hahaha :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo kak, ditunggu tulisan nya. Eh kasih foto yang merangsang yaaa biar hot ;-)

      Btw mmg postingan gw sebelum2 nya ngak cocok yaa buat para abg alay itu ??? Apa kurang berani pose2 nya ?? xixixi #MelipirLemparKancut

      Delete
  13. Dari jaman masih nampang di uang kertas 100rupiah jaman SD saya sudah mengagumi Kapal Pinisi. Melihat postingan ini membayangkan berada di atasnya :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh ada yaa di duit 100 yg kertas merah bukan nyaa ???

      Delete
  14. kmrn pulang dari Selayar ga mampir ke sini , nyesel.... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berarti kak danan mesti kembali lagi karna kunjungan nya ngak lengkap hahaha

      Delete
  15. Penting juga untuk diketahui bahwa para pekerja yang membuat kapal ini tanpa pernah melewati proses pendidikan resmi. Mereka membuat kapal karena turun temurun dari nenek moyang dan salah satu bukti kecerdasan dan kearifan lokal orang bugis khususnya bulukumba.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali, kecerdasan dan kearifan diturun kan temurun. Btw kakak bisa bikin kapal juga ngak ??? Atau hanya bisa berlabuh di hati nya ??? Hahaha

      Delete
    2. Bisalah bikin kapal tapi kapal kertas.
      Berlabuh dihati mana?? ada gak yang bisa

      Delete
    3. Aku perahu kertas nya maudy ayundha aja kakak. Berlabu dihati siapa aja yg biaa memberi kenikmatan tanpa melihat jenis kelamin hua hua hua #eeap

      Delete
  16. keren bro kapalnya ... kpn bisa ikut berlayar ya ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari berlayar tp Aku mau nya berlayar ke samudra cinta kakak

      Delete
  17. eeeeet dah harganya mahal juga yah ternyata..M..M..an..kayaknya lebih mahal dari kapal pesiar yg parkir di ancol ini Mas Cum wekekeke

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kapal pesiar bisa jadi malah lebih mahal lho hahaha tp kallo kapal phinisi ini kan handmade jadi pantas mahal hahaha

      Delete
    2. Atau mungkin krn mahal udah punya brand wekeke..
      Smoga suatu saat bisa nyicipin naik kapal phinisi..masa kapal buat luar kita naiki, buat negeri sendiri malah ngak pernah hehe

      Delete
    3. Yap kayak nya begitu dan juga kan homemade hahaha, Harus di coba seru nya naik kapal phinisi ini. Ntar ajak daku yaaa kak :-)

      Delete
  18. made in Indonesia nih, Cintailah plodhuk plodhuk Indonesia (y) hahaha
    kira kira tingginya berapa cm mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, kita mesti cinta dan banga memakai produk indonesia. Btw ngak ngukur tinggi nya haha tp lumayan tinggi yaa, mungkin di kisaran 30-50 meter

      Delete
  19. Anonymous22:06:00

    Menurut temanku banyak orang kaya disana, para pengusaha kapal memiliki banyak mobil mewah di bontobahari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak nya begitu, karena untung dari pembuatan kapal ini bisa 10-20% lebih lho. Dan kalo diliat disana, banyak kok rumah yg berdiri megah mewah ;-)

      Delete
  20. sepertinya prosesinya ribet banget ya mas...tapi, tetep bangga deh sama Phinisi, terkenal sampai mancanegara kehebatannya tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi prosesi ini yg harus di lestarikan sebagai warisan budaya buat anak cucu kita nanti #halah

      Delete
  21. ihiirrrrr seru sekaligus keren Kapal phinisi Bulukumbanya...bagaimana ngak keren la wong wong udah menjelajaji Eropa yang hanya buatan penduduk Bulukumba...edisi sisi lain Tokabonarate ya mas cumi hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren dan terkenal seantero dunia, kehebatan orang bulukumba dalam membuat kapal.
      Iya nich edisi yg terlupakan, setelah buka2 stok foto ternyata bisa dijadikan tulisan hahaha

      Delete
  22. Sebagai orang bugis makassar, saya bangga dengan hasil karya yang luar biasa ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku bangga menjadi anak indonesia hahaha ;-) mudah2an warisan ini tetap lestari sampai kapan pun

      Delete
  23. wah keren bro foto2nya, kita jadi bisas tau proses pembuatan kapal
    ternyata pembuatan kapal itu cukup sulit juga ya

    Pulau Tidung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, di pulau tidung kan juga ada yg bikin kapal. Bener ngak ???

      Delete
  24. di darah ane sih banyak yang ngebuat kapal.. tapi kagak boleh ama pemiliknya orang luar ngeliyat.. jadi penasaran ane seberapa sulit sih buat kapal itu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh knp ngak boleh liat ??? takut pada ngeganggu pekerja nya kali yaa ahaha

      Delete
  25. keren tuh tempatnya.. jadi pengen kesana.. selain menikmati yang baut kapal.. juga pengen menikmati nuansa pantainya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai nya cakep banget, pasir putih halus ditemanin nyiur kelapa yg melambai2 menambah pesona nya :-)

      Delete
  26. Survey harga yaa kak cum, mau pesan brp unit ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Doain yaaaa, Bismillah biar bisa beli kapal buat liburan. Amien

      Delete
    2. Ah paling juga numpang foto doang

      Delete
    3. Orang kok yaaa negatif mulu pikiran nya, pantes aja jelek :-(

      Delete
  27. Cum, foto disini dari kameranya siapa ?? lumayan juga foto2nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari kamera nya makjo, tapi ngak ada wajah2 kalian nya. Hanya foto kapal2 aja, yg ada wajah busuk kalian di camera nya kak tarsis kayak nya :-)

      Delete
  28. orang bugis emang keren bisa bikin kapal setangguh itu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, aku juga salut ama mereka. Banyak juga yg jadi pelaut

      Delete
  29. Jadi ingat lagu "Nenek moyangku orang pelaut" :-) :-)
    Kerennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lagu itu kayak nya terinspirasi dari suku bugis di sulawesi selatan yg memang melaut ;-)

      Delete
  30. Kapalnya bagus-bagus ya, jujur, saya baru tahu kalo negara kita punya desain kapal macam black pearl begitu, mudah-mudahan, tetep terjaga juga kebersihan alam-nya -- save indonesia from sampah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, yang penting juga kelestarian alam nya juga karena kan ini penebangan pohon juga sebagai bahan baku nya ;-)

      Delete
  31. heri kurnia21:46:00

    Cool ...

    ReplyDelete
  32. Enak banget bro bis lihat langsung pembuatan kalap phinisi di bulukumba. Jadi inagt lgi nenek moyangku seprang pelaut. he,, he, he,,, Menerjang badai........

    Salam

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menerjang badai sudah biasa hahaha. Jadi kangen melaut nich ;-) cuaca nya bikin galau

      Delete
  33. Kok gag ada poto2 mamang2 yg bikin kapalnya?? Pasti mereka lebih sekseh daripada kalian2...xixixixixi...
    #kabuurr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu yaaa selera nya yg begituan, ganti yg licin2 dong ;-)

      Delete
  34. waaaw!
    Nenek moyangku, seorang pelaut....
    *ini lagi nyanyi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Auh auh suara nya merdu banget terdengar di kamar mandi #kabur ;-)

      Delete
  35. Phinisi mengingatkan kita akan tangguhnya bangsa kita jaman dulu, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berati sekarang bangsa kita ngak tangguh yaaa ???? Hahaha

      Delete
  36. kapal kayu kok bisa segede-gede gitu ya..? :O

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kan kayak yacht mewah gitu buat berlibur ;-)

      Delete
  37. Berarti sebenarnya yg punya nenek moyang pelaut itu orang Sulawesi Selatan sana ya... Kayak aku yg hidupnya di pegunungan dari mana jalannya punya nenek moyang pelaut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha .... Trus nenek moyang mu siapa dong ???

      Delete
  38. Waah, itu ya kapal legendaris warisan nenek moyang kita.... Saya belum pernah melihatnya secara langsung. Keren banget pasti, ya.... Dan wow, harganya muahalll... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga nya mmg fantastis tapi ini karya anak bangsa yg harus di lestarikan hahaha

      Delete
  39. sudah lama saya tidak menjejakkan kaki lagi di tana beru bulukumba....mungkin hampir setengah tahunan,
    membaca postingan ini...jadi rindu kembali kesana...
    keep happy blogging always...salam :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo pak berkunjung lagi ke taba beru trus jangan lupa pesen kapal nya yg banyak hahaha pesen kapal kayak beli kacang ;-)

      Delete
  40. Wah sorry ya cum baru bisa comment.. jaringan di Ternate jelek... hebat juga pendapatannya jika dari 10-20% dari beberapa miliar... tapi memang benar kapal ini sudah tersebar di penjuru nusantara... saya pernah melihat yang bentuknya persis di samalona

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendapatan nya sech lumayan banget, tapi ini juga harus memikirkan kondisi hutan yg di tebang buat bahan baku nya jadi dilema kan ??? hahaha

      Delete
    2. Kalau saya pikir bagusnya saat mereka menabang 1 pohon nerekamenanam 10 bibit pohon...

      Delete
    3. Harus nya begitu yaaa, biar kelangsungannya terus berkesinambungan :-)

      Delete
  41. wah..kalau ada tombol LIKE 10 , aku pencet deh tombolnya semua. Bangga melihat Kapal Pinisi ini dan bangga bahwa yang membuatnya adalah bangsa kita.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku juga di LIKE juga yaaaa PLEASE hahaha. Asal kita jangan bangga dengan para pemimpin kita sekarang yang pada kepo masing2 :-(

      Delete
  42. waaaahhhh...pake kamera akuu yaa!!! pantes keren
    trus..trus..kamera cumi di pake aku gitu????
    hahahahaha pisss yeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamera gw di laminating biar awet, puas lw ????

      Delete
  43. ga kebayang ya
    kapal kayu bikinan tangan beratnya bisa berton ton
    harganya juga anjrit banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harga sebanding dengan kualitas nya, bener2 hasil karya anak bangsa yang harus kita banggakan #ress

      Delete
  44. aaakkk dari dulu pengen banget ke Bulukumba liat pembuatan kapal phinisi ini.
    kl dari Tanjung Bira yang pantai wisata nya itu, jaraknya segimana, kl dihitung dengan menit? x)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang ini deket sama pantai tanjung bira kok, paling cuman 10-15 menit, soal nya kami ketempat yg kapal nya gede2 dan di pinggir jalan raya.

      Ada lagi yg masuk gang, deket pusat kota nya tp kita ngak kesana karena waktu nya ngak cukup :-(

      Delete
  45. saya pengin kesana gemana penginapan dan akomodasi disana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak travel yang siap mengantarkan dari makasar, kalo ngak salah ongkos nya cuman 60 ribu. Penginapan banyak banget di tanjung bira, mulai harga miring sampai mahal :-)

      Delete
    2. terima kasih info nya , mohon kalau tidak keberatan kasih referensi orang disana , Makasih

      Delete
    3. Dan Mau tanya nih apa ada kawasan pertokoan khusus untuk sperpart Pembuatan kapal disana / Toko yang menjual alat perkapalan ?

      Delete
    4. Waduh kalo orang lokal kami kurang kenal, kmrn sech nginep di pantai tanjung bira.
      Kalo toko sperpart maaf banget ngk merhatiin hehe

      Delete
  46. Kapal yang sudah dibuat sejak dulu, semoga secara turun temurun pembuatan kapal Phinisi bisa terus dilestarikan dan makin banyakpembelinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, semoga terus lestari dan juga alam nya ikutan di jaga karena komoditi nya ini dari kayu hutan :-)

      Delete
  47. kapal ini ada miniaturnya ga? mau dong kalu ada..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada kak, banyak dijual ditoko souvenir di deretan pantai tanjung bira

      Delete
  48. Nah kalo ini aku udah pernah kaaak ke sini.. Pantainya biruuu bangetttt dengan pasir putiih.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak, pantai nya biru dan pasir nya beneran menggoda tapi rame nya juga juara kayak cendol hahaha. Aku salah hari waktu datang di minggu cerah ceria jadi ruame :-(

      Delete
  49. Salam Untuk refererensi rental mobil / reservasi hotel cp 085342633633 atau email sulawesirentcar@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo yg mau rent mobil silahkan hub diatas

      Delete
  50. Bookmark ini dulu deh... keren mas. Sayang sudah hampir 'punah' sepertinya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nich lama kelamaan akan terganti dengan buatan pabrik tp kita tetep harus optimis melestarikan warisan ini ;-)

      Delete
  51. Tanjpung bira ingat jimmie bule inggris dan daeng amran habis test engine pergi mengail kita dpat ikan cepa,sunu dan banjara memang tanjung bira ngak perna bisa di lupakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah pingin banget mancing disana trus ikan nya kita bikin bbq an rame2 pasti seru ;-)

      Delete
  52. Kalo mau berkunjung ke bulukumba #bira bisa contact saya #promosi hahahaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo yg mau berkunjung bisa dapat layanan plus2 gratiss haha

      Delete
  53. Berita bulukumba, kita hampir kehabisan amunisi karna yang tau mbuat perahunya sudah semakin tua dan anak muda sekarang sudah kurang yg tau krn sibuk dgn pendidikan,,, kita harus bagaimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener yg tua dah makin tua, coba di mulai dari kamu yg belajar membuat kapan phinisi ahahaha
      Kita doakan saja, semoga ada regenerasi

      Delete
  54. assalamua'alaikum mas... kalau mo kesana ada kontaknya ga? saya butuh banyak informasi mulai dari sejarah sampe pembuatan, dll buat tugas akhir saya ... hehhehe... makasih.... kalo boleh tlg d bales k email saya. keithat142@gmail.com .... makasih mas... ^^a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh saya kesana cuman liat2 aja, ngak banyak nanya kecuali banyak foto2. Maaf banget ngak bisa bantu banyak nich

      Delete
  55. Maaf mas saya mau kritik sedikit karna saya orang bulukumba tepatnya di bira saya mau kritik tentang tempat nya itu tempat pembuatan perahu phinisinya bukan di pantai lemo-lemo tapi di pantai panrang luhu di desa bira tempat asli pembuatan phinisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih koreksi nya, nanti saya betulkan artikel ini :-)

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com