Ta'Da ojek Gendong di SEMERU

Padang Rumput di Oro-Oro Omboh
Ranu Kumbolo Semeru – Siapa bilang naik gunung itu ribet dengan perlengkapan dan bawaan yg super duper berat + banyak ???? Kami membuktikan nya kalo naik gunung itu simple dan sangat mudah tapi sangat tidak disarankan untuk di contoh, hanya boleh dilakukan oleh orang yg memiliki ketampanan dan kegantengan khusus. Yap gw ber 7 akhir nya berangkat ke Gunung Semeru (3676 mdpl), eitsssss kita cuman niat sampai RANU KUMBOLO (Rankum) aja sech hahaha, mau ngopi2 ganteng sambil BBQ an + bercengkrama alias ngobrol2 ngak jelas.
Sampai di Desa Ranu Pane
Suasana Tenang Desa Ranu Pani
Setelah melakukan rayuan maut + kecup basah & sangat memohon dari lubuk hati yg paling absurd, akhir nya Bang Ningxxx (CP kita di Ranu Pane) luluh juga dan rela mau menyiapkan semua perlengkapan mulai dari tenda, matras, sleeping bag, perlengkapan masak + juru masak, lampu + senter, perijinan, porter dll, hanya 3 pesan bang ninggot sebelum kami datang yaitu harap bawa Surat Keterangan Sehat + Foto Copy KTP untuk mengurus perijinan + olah raga lari biar fisik nya kuat.
Kami datang dari jakarta ke Ranu Pani Lumajang (Desa Terakhir Sebelum Melakukan Pendakian yang berada di kaki Gunung Semeru) hanya bawa badan dan ransel kecil yang isi nya cuman beberapa pakaian + makanan dan itupun akhir nya di bawah oleh porter so kami tinggal melenggang santai saja.
Bukit Teletabis Bromo dari Desa Jemplang Malang
Mari Kita Mulai Pendakian
Ranu Kumbolo (± 2400 mdpl dengan luas 15 ha) merupakan danau yang menjadi bagian dari Kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru & masuk di 2 wilayah kabupaten yaitu Malang & Lumajang Jawa Timur. Rankum biasa dijadikan tempat istirahat & camping sebelum para pendaki melanjutkan perjalanan menuju puncak MAHAMERU. Kita mesti trekking sejauh 10,5 km dari Ranu Pane menuju Ranu Kumbolo, jalur trek nya sudah tersedia dengan bagus dan lumayan nyaman + ada tanda bendera merah putih yang di ikat di ranting2 pohon yang bisa kita ikutin.
Ranu Kumbolo Memberi Kesan Mistis Ditutup Kabut
Rankum Tertutup Pohon
Ada Kedamaian & Ketenangan
Jujur sebenar nya jalur nya sech biasa saja, jalanan datar, menanjak dikit tapi bisa bikin kami ngos2an. Eits ada deh yg paling parah tanjakan maut dari pos 3 menuju pos 4, tanjakan nya cuman 100 meter tapi curam dan menengangkan. Sepanjang perjalanan di temanin pepohonan yang rimbun, kabut tebal + hawa dingin dan jurang di sebelah kiri jalan setapak jadi mesti ati2. Wajib melakukan persiapan fisik & mental agar perjalanan nya terasa ringan dan ngak ngos2an.
Jalur nya Landai Tapi Bikin Ngos2an
Berpapasan Dengan Para Pendaki
Jarak 10,5 km (Ranu Pani -3kmà Ladengan Dowo -3kmà Watu Rejeng -4,5kmà Ranu Kumbolo) kami tempuh dengan 4,5 jam perjalanan melalui 4 pos peristirahatan, padahal kalo masyarakat setempat atau para pendaki yg sudah pengalaman cuman membutuhkan 2-3 jam saja. Tapi rombongan gw ber 7 + 3 porter + 1 chef milih jalan santai & banyak istirahat. Maklum kami semua bukan anak gunung yg biasa jalan jauh + cepat, sebenar nya kami juga biasa jalan tapi jalan ke mall hehehehe.
Gemporrrrrrrr Istirahat 
Pos 1 Peristirahatan
Para Porter Sedang Istirahat
Sebulan sebelum berangkat kami mmg sudah di ingatkan untuk olah raga minimal jalan kaki ±3km seminggu 3x tapi kami malah milih nongkrong dimall seminggu 3x ngopi2 ganteng hehehe dan hasil nya mmg terjadi ... terkapar selama trekking menuju ranu kumbolo. Nafas ngos2an, dengkul lemes, jantung berdebar dan badan mau rontok. Andaikan ada ojek gendong yg siap memanggul kami, pasti akan kami pake jasanya dan sangat berterima kasih akan kejantanan para ojeker hua3x. Btw ojek gendong kayak nya jadi peluang bisnis menarik nich di semeru hehehe.
Akhir nya Merapat di Ranu Kumbolo
Meratapi Sore Yang Dingin
Begitu sampai Ranu Kumbolo langsung selonjoran capek kaki lemes, sedangkang para porter mendirikan tenda dan menawarkan minuman selamat datang berupa kopi, teh dan jahe hangat, lanjut memasak spaghetti sosis beef buat mengganjal perut yang keroncongan. Nikmat sekali hidup ini, bisa leyeh2 karena semua ada yg urus. Menjelang malam para porter + chef menyajikan makan malam berupa sop jamur, sarden tuna, daging asap & orek teri kacang serta minum bandrek hangat + bir bintang.
Padang Savana di Jalur Ayak-ayak
Bunga Lavender di Tepi Ranu Kumbolo
Makan tinggal bilang kalo lapar, minum di layani, capek di pijitin dan tidur tinggal dikelonin hua hua hua. Pokoke ke gunung ngak serumit yang dibayangkan, semua nya serba simple mudah dan menyenangkan cuman sedikit gempor zizizizi #JangandiContoh. Saat kita mau balik dari ranu kumbolo, urusan beresin tenda, gulung matras, rapiin sleeping bag dll dah di urus sama porter dan kita tinggal meninggalkan tempat dengan wolesssssss. Oh senangnya nikmatnya damainya hidup ini ....... Eh sajian sarapan nya juga lumayan mantap berupa nasi goreng kambing + omelet keju, minum nya susu jahe hangat.
Pagi Mengguning Bikin Merinding 
Selamat Pagi Ranu Kumbolo
Dan beruntung Alhamdulillah perjalanan kesana + balik nya & saat disana pun cuaca sangat bersahabat cerah ceria #halah, padahal kami sempet deg2an kalo bakal turun hujan tapi itu tidak terjadi Alhamdulillah. Selama 2 hari 1 malam kami disana cuman leyeh2 ngak jelas menahan dingin, sempet ngobrol dengan beberapa pendaki yang habis summit di mahameru. Mendengarkan cerita perjuangan mereka untuk bisa sampai puncak mahameru yang sangat menegangkan. Eh menurut Nuniek + Yanni kalo para pendaki2 yg seliweran di Rankum ini cukup GANTENG2 & Laki Banget #prettt.
Pesona Kebesaran Allah di Ranu Kumbolo
Obrolan Santai Menyambut Pagi
Pose Wajib .... Makin Sekseh #Prettt
Pesona Ranu Kumbolo mmg mengagumkan, danau cantik yg konon menurut cerita ada penunggu nya seorang putri cantik yg mirip ikan duyung dalam donggeng, danau ini memiliki luas 15 heaktar dan di kelilingin perbukitan yang sangat dahsyat & pas di hati, kalo beruntung kita bisa melihat sunrise dari celah potongan bukit nya. Kebersihan air danau juga sangat di jaga, dilarang mandi dan mencuci apapun di danau nya karena air danau ini sangat bersih dan bisa di minum, suhu udara disini bisa mencapai 0 derajat bahkan sampai minus 20.
Tanjakan Cinta
Oro-Oro Omboh
Oh yaa kami sempet jalan ke TANJAKAN CINTA dan Oro-Oro Omboh yang lokasi nya di belakang Rankum. Disana terdapat padang lavender yg sangat luas tp sayang lagi ngak berbunga + kita juga bisa melihat puncak MAHAMERU yang terselimuti kabut awan. Jalur dari oro2 ombo ini akan menuju kalimati & arcopodo dan terus muncak sampai mahameru yang terlihat sangat mempesona seperti dalam film 5Cm.
Ranu Kumbolo Yang Hening
Tampak Mahameru di Belakang
Kalo mau lanjut sampai puncak mahameru (3676 mdpl), tinggal ikutin jalur dari Ranu Kumbolo -2,5kmà Cemoro Kandang –3kmà Jambangan –2kmà Kalimati -1,2kmà Arcopodo -1,5kmà Puncak Mahameru. Niat hati sech pingin lanjut sampai puncak semeru tapi karena ngak ada ojek gendong yg bisa membawa kita kesana, maka cukup sekian dan terima kasih di Ranu Kumbolo saja hehehe. Oh yaa bulan Januari – April, kawasan ini ditutup untuk umum di karenakan badai dan proses penghijauan.

Baca sejarah dan cerita ttg semeru di http://id.wikipedia.org/wiki/Semeru
Ranu Kumbolo Terlihat Dari Tanjakan Cinta
Foto Bareng Bang Ningxxx Yang Memfasilitasi Kami di Semeru
Note : Sangat tidak disarankan melakukan kegiatan pendakian seperti kami, usahakan untuk melakukan persiapan fisik dan mental apabila niat mendaki gunung. Segala resiko yang ditimbulkan dari mencontoh pendakian ganteng ala cumilebay menjadi tanggung jawab kalian sendiri.

165 comments:

  1. Suer deh, elo udah mengacak-acak paradigma pendakian yang super ribet dan seolah dramatis. Cuma pesen gw, sampah2nya jangan lupa diangkut turun ya, biar pendaki berikutnya punya hak yang sama menikmati jalur pendakian Semeru yang juga bersih seperti hatinya Om Cumi.

    Btw, caption yang "Pose Wajib" itu mending diganti aja dengan "Lelembut Penunggu Ranu Kumbolo", kayaknya lebih pas deh wkwkwk. :P

    *melipir ganteng*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... Kalo bisa di bikin mudah yaaa knp mesti ribet ;-) btw yg pasti sampah kita dah di bawah pulang oleh porter. Kita hanya meninggalkan jejak ketampanan disana weks100x

      Lelembut nya terlalu ganteng, mau pose telanjang tp dingin nya kagak nahan #prettt

      Delete
    2. apa asiknya pakai porter ? :D

      Delete
    3. Asik nya itu ngak capek dan semua tinggal beres, yaaa begaya ala2 raja hehehe

      Delete
    4. suka bingung dengan pendaki sekarang
      mendaki gunung kaya mau kemping seminggu segala macem dibawa.
      dulu waktu masih suka ke gunung, aku cuma bawa ransel kecil isi makanan dan ponco doang. apalagi yang bisa sprint semalem nyampe semacam gunung slamet atau sindoro sumbing, bekalnya dikit banget cukup dimasukin kantong keresek...
      *maklum pendaki kere, hehe...

      Delete
    5. Iya mas, kmrn sempet ketemu bbrp pendaki dan nngobrol kalo mereka cuman 1 malam aja, ternyata tas nya gede banget.
      Kayak nya itu cobek, rice cooker punya emak nya ikutab di bawah hehehe.

      Btw kalo bawaan nya banyak mungkin terlihat keren & anak gunung banget kali yaaaa hehehehe

      Delete
    6. Aku naik gunung sehari pun tetap bawa carrier 80L. Selain karena memang hanya punya itu, bekal satu kelompok juga digabungkan jadi satu. Jadi bawaannya satu saja, di jalan bisa gantian nentengnya. Dan menurutku sih ga semua orang cocok mendaki berbekal tas kresek dan ponco. Siapa juga yg kuat dng dinginnya angin gunung itu?

      Delete
    7. 80 L itu gede banget yaa, kmrn sempet nyobain punya temen dan beneran tak sanggup, enggap di punggung hehe.

      Ke gunung yg paling berat mungkin tenda, matras ama sleeping bag yaa ???
      Setiap orang punya cara masing2, yg penting sama2 mencintai alam yg bertanggung jawab

      Delete
    8. Betul, gede banget itu yg 80L. Isinya ya tenda kapasitas 4, kompor, nesting, matras, sleeping bag, logistik, dan air.

      Setuju, jadi pecinta alam itu harus bertanggung jawab. Jadi Mas Cumi ga pake nyebur kan ke Ranu Kumbolo?

      Delete
    9. Perlengkapan yg ribet mulai kompor, tenda dll inilah yg bikin gw males ke gunung kayak nya rempong banget trus di gunung gw ngak bisa woless pake kancut doang hahahaha

      Disana kan ngak boleh cebur2 jadi kita cuman membasuh muka aja di tempian danau, biar awet muda tanpa kerutan hahaha

      Delete
  2. asli gak nyangka kalau ke Semeru semudah itu ...
    posenya asli punya 'X-Faktor' ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua nya mudah cuman extra pengeluaran duit aja hehehe.
      Pose yg mana nich ???

      Delete
  3. hahaha.. tetep ya mas pose khasnya biarpun ditempat dingin sekalipun :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini menu wajib yg memperlihatkan ke sekseh an ku hua hua #LemparKolor

      Delete
  4. Betul-betul paradigma naik gunung yang ribet langsung berubah jadi simpel. Setiap orang punya cara sendiri menikmati liburannya, kalo untuk saya sih pribadi gak mau yang serba instan.
    Saya tunggu ceritanya naik ke mahameru dengan metode woles...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kakak, kita kan bukan anak gunung tp pingin ke gunung hehehe. Jadi akhir nya segala cara di halalkan yg penting sampai sana ;-)

      Tunggu cerita kita ke rinjani dengan woless yaaaa xizizizizizizizi

      Delete
  5. Kapan mau naik gunung lagi makcum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Insya Allah tidak dalam waktu dekat hahaha, repot perlengkapan nya mesti jaket, kupluk, sarung tangan dll. Tetep lebih nyaman ke pantai atau nyelem2 bergembira.

      Tp tidak menutup kemungkinan tahun depan akan merapat lagi ke gunung ala2 hehehe

      Delete
  6. Cieee...akhirnya naik gunung juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kakak, Bismillah mudah2an ngak ketagihan. Maklum lah kali ke gunung ribet nya bikin naik darah ;-)

      Delete
  7. dimana pun berada pose lo tetep ya cum yang pake kolor doang heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita kan harus tetep memamerkan kemolekan tubuh yg sekseh ini hahaha.

      Delete
  8. akhirnyaaaa mas cum ngelayap ke gunung juga,....tapi tetep tuh kolor ngak tobat-tobat.....hahahhaa...kabur...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nich, tersesat aliran ranu kombolo membuat kita terdampar kesana ;-) pingin nyobain rinjani tp lagi cari ojek gendong dulu hahaha.

      Kalo urusan kolor mmg wajib kak dari dukun nya biar terus eksis ;-)

      Delete
  9. Mas cum merusak citra para pendaki, tp akhir nya nagih kah buat naik gunung ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apa nya yg rusak ?? Kayak nya OK aja tuch xiziziz. Kalo ketagihan maaih belom, mudah2an aja kagak hehehe mikir persiapan nya aja bikin males ;-)

      Delete
  10. Wah foto " pose wajib " benar-benar gila... emang gak malu sama pendaki lain juga ngak dingin..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh knp mesti malu ???? Mereka malah iri pingin tampil lebih bottom less hua hua hua

      Delete
  11. setuju banget dengan mendaki gaya cantik gini... aku juga kmrn cobain naik gunung bawa porter jadi bawa kamera doank sampai di atas foto2 plus cekak cekikik genit terus makan... bobo... santai2.... dpt porter yg sabar kalo capek berhenti2 utk foto dan makan2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nikmat sekali kan kak danan kalo semua ada yg urus ??? hahaha. Kita serasa cuman pindah tempat nongkrong aja :-)

      Delete
    2. pengen deh ke rinjani mendaki cantik lagi hoohohooho...

      Delete
    3. Kata temen ku yg perna kerinjani, medannya jauh lebih berat karena tanjakan mulu jd perlu fisik dan mental yg prima.

      Delete
  12. Anonymous08:27:00

    Layak dipertimbangan gaya naik gunung ala mas cumi, mahal yaa mas sewa porter dll nya ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan dicoba, tapi saran aja nich mesti kudu tetep olah raga kalo mau naik gunung supaya ngak ngos2an + gempor kayak kita kmrn hehehe. Kalo urusan mahal atau tidak itu relatif kok

      Delete
  13. sewa porter bukan bentuk dari ketidakmandirian, tapi justru berbagi rejeki sama warga setempat.

    mas cumi memang barometer gaya traveling paling 'absurd' tapi tetep nghits.hhaha
    kalo ketemu mau ya diajarin biar bisa ngehits juga ;DD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, mari kita berbagi dengan penduduk setempat #MenghalalkanCara, btw nanti kalo ketemu kita foto bareng + aku kasih tanda tangan yaaa hehehe #SokArtis

      Delete
  14. Ahh.. kirain sampai puncak mahameru.. :P
    Tapi mantap bener ya, bikin pingiin kesana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm sanggup kalo sampai mahameru, kayak nya mesti olah raga yg banyak dulu hehehe. Liat pemandangan ranu kumbolo mmg bikin balik lagi tapi ngebayangin ngos2an nya jadi mikir2 hahaha

      Delete
  15. Setelah ini gunung mana yang akan didaki bersama porter, chef, tukang pijet, hairdo, stylish ????????????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih mikir buat ke rinjani tapi pake seaplane mendarat di segara anak hehehe

      Delete
  16. Perjalanan ke semeru yang asyik dan seru ya, Mas. Waaah...., foto-fotonya bikin saya segera ingin ke sana juga neh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mas segera berangkat, kumpulkan pasukan dan pergi bareng2 lebih seru

      Delete
  17. Mendaki gaya woless ala mas cum, layak dicontoh. Tapi modalnya gede ya mas ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Modal nya ngak jadi gede kalo di shared banyak orang, jadi pergi rame2 akan jauh lebih seru :-)

      Delete
  18. Nge-trip ama mak cum emang hits banget dah. 2014, yux kita daki gunung everest di himalaya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asek di bayarin ama makyus, aku siap2 aja nich kakak yg penting gratisssssss

      Delete
  19. akhirnya mas bro keliat pake clana panjang,.. keep travelling achh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal nya pake celana pendek lho, tapi akhir nya nyerah kagak kuat dingin nya. Lagi2 naik gunung mmg butuh persiapan yg sangat rempong dan itu bikin malesssss hahahaha

      Delete
  20. Jangan2 ini sekuelnya 5 CM ya bro?
    Hahaha.... :))
    Ah, jadi kangen mendaki gunung nih :D
    Btw, nggak kebayang dinginnya seperti apa disana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skuel nya cuman kurang raline syah nya aja nich hahaha.

      Kmrn itu ngak terlalu dingin kata para portet nya meskipun membuat gw gemeteran ampe pala pusing. Diperkirakan cuman 8 derajat

      Delete
  21. Anonymous12:34:00

    Cum, transportasi dari jakarta sampai ke ranu pane bagaimana ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari jakarta kmrn kita naik pesawat turun juanda sby, trus di jemput mobil langsung di antar ke tumpang malang.

      Kami menginap semalam di tumpang, trus baru sewa truk mengantarkan kita dari tumpang menuju ranu pane.

      Delete
  22. saluuuut! gw malah belum pernah ke sini..

    btw apa rasanya itu bandrek dicampur bintang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enakan bintang kakak, kalo dioplos bisa terbang ke awan hahaah

      Delete
  23. Ahhhh mas cumiiii... tetaaappp saja kau dilayaniii... ahahahahaha dasaaarrr! Lumayanlah sdh sampe di ranu kumbolo... pose wajib tetep yaah... haduuuhh...! Tetep ai lop yuuu dehh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maklum lah anak bupati kan harus mendapat pelayanan plus plus #Kaburrr.

      Lumayan banget bisa sampai rankum lho, meskipun capek nya bikin nyesek nafas hahaha

      Delete
  24. ayo dipraktekkan di Rinjani....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rinjani kata nya ngak bisa wolesss yaa kak ??? Medan nya terlalu berat. Tapi akan dipikirkan buat kesana ;-)

      Delete
  25. tulisannya mengingatkan waktu saya kuliah. Sy juga suka naik gunung walau sbatas gunung2 yang ada di Jabar, ga pernah kel luar Jabar :(
    Perjalanana naik gunung emang sangat menyenangkan, capek sih biasa, pastinya akan terpuaskan jika udah sampe tujuan & bisa menikmati pemandangan yang super....

    Salam Piss
    dedekusn.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di jabar banyak gunung yg ok lho, aku sempet ke papandayan. Pingin nyobain gede pangrango nich hehehe.

      Capek nya terbayar dengan view yg keren dan kepuasan nya sangat beda

      Delete
  26. iri .. iri .. sungguh terlalu pamer Foto Foto di atas hihihi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe ... Udah sampai kampung halaman kakak ??? Jalan2 kemana rencana nya ???

      Delete
  27. Waaah... kayaknya asyik banget ya naik gunung. Apalagi kalau sampai puncak mahameru tuh, pasti lebih puas, hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm sanggup kalo sampai puncak nya, kayak nya mesti latihan fisik yg serius hehehe

      Delete
  28. Perjalanan yg panjang dan melelahkan utk 1 cerita ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi puas kan kak yanni ??? Masih mau naik gunung lagi ???

      Delete
    2. puas bner....capeknya dibayar lunas liat pemandangan di semeru

      Delete
    3. Alhamdulillah kalo semua puas ampe orgasme :-0

      Delete
  29. iih..tadi komentarku kemana ya?
    Ngebayanginnya...aku pasti butuh counterpain deh..* kakiku suka kramp kalo kecapean+ udara dingin*.. Tapi pengen sih bisa ke sana..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kmrn kita bawa perlengkapan obat2an super lengkap. Tp alhamdulillah ngak terjadi apa2 dan aman jaya.

      Wajib di coba kesana, beneran kerennnn

      Delete
  30. mas cumi, iku mendaki gunung opo nang cafe mas ? menu makanannya kok semacam menu restaurant gitu, kwkwkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita mendaki ala2 selebritis mas, maklum anak pantai malah iseng ke gunung jadi nya yaa begitulah hahaha

      Delete
  31. Ah meski udah berkali-kali liat org posting tentang semeru, tapi tetap aja ngak jemu2 pandang foto2nya...
    Untung ada air di ranu kumbolo jadi bisa pose wajib wekekeek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi ada pose mas cumi yg sexy ini pasti ngaj bakalan bosen kan ??? Hahahah

      Delete
    2. Asli mas Cum wkwkwkwk
      Lihat body bohai mas Cum ngak ada bosannya :P

      Delete
    3. Omg .... Aku takut kamu jatuh hati sama akuuuuu. Kalo liat body ku, jgn lupa baca istighfar yaaa ;-)

      Delete
  32. Ahhhh....udah ngiler aja kepengennn kesini....tapi kalo jalannya sampe 5 jam...sihhh mikir2 dulu dehhhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. 5 jam kalo jalan rame2 pasti ngak terasa. Yaaa paling gempor2 dikit hehehe

      Delete
  33. Wuopooo iki rek!
    Tetep ya, pose kolor..... hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak dimassss, pake kolor kan sekseh. Jangan ngiler yaaa

      Delete
  34. Mantap. tetap ada pose wajib yah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pose nya itu keharusan dari dukun nya hahaha

      Delete
  35. wihhh... ranu kumbolo...
    pengen kesana juga... kapan2 kesana ah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk berangkat, ajak temen2 sekelurahan biar seru hehehe

      Delete
  36. Tadinya ekspektasi gue, mas Cum gak bakal brani pose wajib seperti di liputan sebelum - sebelumnya.
    Walah ternyataaaa...
    Trus yang di film 5cm itu bukan mandi di Ranu Kumbolo ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pose wajib itu harus biar tetep awet muda & ganteng ;-)

      Iya seingatku yg adegan mandi di film 5cm itu rankum tp menurut cerita para porter kl disitu di larang mandi biar terus bersih air nya

      Delete
  37. Cakep banget oom danau nya....

    itu pake sendal jepit juga....? bener2 ga bisa dicontoh.... blog apa inih... hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sandal jepit ala2 gunung kakak hahaha, ini blog absurd khusus buat orang2 ngak jelas kok xixixiix #PemiliknyaGila ;-)

      Delete
  38. Waaah mantap ini Kak Cum, patut dicontoh sekali-kali, kalo bawa kiddos bisa ga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sampai rankum, bawa kiddos pasti bisa meski extra sabar. Jalanan nya ngam begitu parah kok.

      Sebelum brkt, aku sempet browsing dan nemu beberapa foto suami istri + anak umur 6th an di rankum.
      Sewa porter lagi aja, khusus buat kiddos, biar bisa gendong ;-)

      Delete
  39. andaikan belum punya anak aku tak melu cum...hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah punya anak juga ngak papa lho, cuss berangkat :-)

      Delete
  40. ketahuan nafas tua, nanjak segitu saja sudah ngos-ngosan :D
    Tapi sayang ya tidak boleh mandi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hua hua hua ... Bukan tua tp senior citizen itu lebih bijak menyebut nya hahaha.

      Mandi pun pasti ngak kuat, air nya dingin bangey

      Delete
  41. Anonymous20:32:00

    Alhamdulillah perjalanan yg begitu seruuuu, dan asyik walaupun habis keluar dr rumah sakit 1hari sblm keberangkatan. Thx for all team.



    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah, meskipun akhir nya gw yg jackpot sebelum brpkt tp semua nya aman lancar jaya.

      Alhamdulillah, makasih Yaa Allah

      Delete
  42. aaaaawwww...ga kedinginan tuh "berpose sekseeeh" di RaKum..?? btw congrat mas cuuum :D

    yuk aah, naik gunung yang lain *melipir*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli nya dingin buanget tp demi eksis yaa boleh lah hua hua hua.
      Eh naik gunung yg lain itu apa yaa ??? #BelagakBego

      Delete
    2. maunya gunung apa mas cum...?? hehe...maksud saya yuk nik rinjani, ga afdol loooh kalo ga pernah nyoba

      Delete
    3. Blm sanggup, kmrn dah dari lombok. Jatah nya ketempat lain dulu tp rinjani masuk dalam daftar tunggu ;-)

      Delete
  43. ARRGGHHH MY EYESSS!!!

    MAS CUMI INI KERJAANNYA APA SIH KOK JALAN-JALAN MULU? *capslock jebol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kamu kayak nya yg lebih sering jalan deh, kamu suka merendah begitu hahaha.

      Kerjaan nya mensyukuri nikmat Allah ;-)

      Delete
  44. lagi ganti desain / theme blog ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. lagi utak-atik nich, blm nemu yg passssssss. Bosen pake template yg ini hehehe biar ada penyegaran

      Delete
  45. indah banget kak...pingin ke semeru...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk segera berangkat, mumpung masih di jatim lho. Rencana mau di pindahin ke timor leste hahaha

      Delete
  46. Jadi pengen naek gunung lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk ... Kita mendaki ala artis yeee, pake porter & chef hahaha.

      Delete
  47. dari tadi cari yang ganteng kayak yang digembar-gemborin di awal gak dapet-dapet...lain kali tolong obyek gantengnya beneran ya kakak..jangan hoax...hahahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeh ... Coba liat baik2, pasti kau terpesona ketampanan ku hahaha

      Delete
  48. Cum, jangan mengajarkan naik gunung dengan metode tidak jelas begini. Bahaya ajaran cumi hua3x, nanti banyak yang mencontoh dan kalo terjadi apa2kan bisa berabe ?? Intinya mesti ada persiapan yang jelas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku tidak mengajarkan tp cuman berbagi cerita aja hehehe. Eh aku juga dah kasih note penting kan, jd inti nya mesti ada persiapan yg matang baik fisik mental maupun finansial hua hua hua

      Delete
  49. Cummm, mbok ya ajak2 toh. Aku udah lama pengen kesini tapi ga ada yang temenin. Pemandangannya cakep yah disana. Kayak damai banget :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah ngak tau kalo kakak mau juga hehe. Ntar kalo ada lagi, pasti dikabar2i.

      Btw pemandangan nya mmg cakep dan bikin hati damai tp dingin nya bikin body meriang hahaha

      Delete
  50. wow, keren mas...
    btw, foto pemandangannya dibanyakin n digedein mas....
    klo bs wajah mas cumi jarang2 aja tampilnya, hahaha #kidding

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kakak ... aku kan pingin eksis jadi wajah ku yg tampan ini mesti ada di postingan hahaha

      Delete
  51. Ini asli atau buka ya?? he ee. Keren Om.
    Eh salam kenal, thi is komment perdana ke blog om cumi, yang katanya agak kontrovesional,,eh, terkenal karena aksi nyentriknya berpetualang ding,,hee. Salam dari blogger Merauke,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh siapa yg bilang kl gw kontroversial dan terkenal ??? Pasti lagi mabuk tuch yg bilang hahahaha

      Btw makasih dah mampir di mari ;-)

      Delete
  52. aku jg g bisa naik gunung krn fisik g kuat
    apa aku ikutin caramu aja ya, mas
    hahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nich fisik gw juga ngak jelas tapi penasaran banget ama keindahan ranu kumbolo dan akhir nya kita pake cara begini biar mudah dan praktis :-)

      Delete
  53. Aihhhh indah bet.
    Pengen ke sana ah, tar pakai porter aja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkan mbak, lumayan beban nya ngak berat hahaha

      Delete
  54. wow, tanpa efek2 foto, fotonya udah bagus ya, pemandangannya keren banget,,kapan yaa bisa kesana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alam nya mmg dah kueren buanget jd hasil foto tanpa edit pun pasti OK hahah

      Delete
  55. Uasyeeeemmmm, ilang tuh dramatisnya naek gunung.. tapi bagus deh, berarti kapan2 ajak orang yang udah parno naik gunung, syaratnya baca tulisan blog ini hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maafkan aku kakak, bukan anak gunung tp maksa kesana jd nya versi inilah yang kami terapkan demi eksistensi diri hahaha.

      Delete
  56. tetep peduli lingkungan yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus itu buat anak cucu kita kelak ;-)

      Delete
  57. Gunung Semeru seperti yang ada di film 5 cm ya hehe. Btw, kok gak ada GFC ya? biar makin update berita mengenai blognya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... Kalo di film 5cm berarti aku yg jadi herjunot ali aja deh ;-)

      Aku ngeblog nya ngak begitu pintar nich, asal posting aja jd ngak ngerti GFC #Jujur

      Delete
    2. GFC : Google Friend Connect Mas, aku mau jadi follower blogmu *habisnya blognya ngelupas traveling dan kuliner*.

      Keren dah !

      Delete
    3. Makasih banget nich info & pujian nya hahaha. Ntar coba aku pelajari GFC nya, eh gabung yaaa ama "Cumilicius" khusus untuk fans nya cumilebay #Melipir

      Delete
    4. hahhaha.... keren banget sih Cumilicius....jd pengen makan leleciyus ajaah d

      Delete
    5. Kakak kan udah member cumilicius hahaha, kapan kita makan lele makyus lagi ???

      Delete
  58. aaaah, seruuuu :D...ini masih masuk bucket wih list saya..hmm, kebayang kalau bawa anak-anak..rempong yaah :D..TFS btw...dan itu fotoh sekseeehnya mana tahaaan :D...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bawa anak ngak susah kok, ikutin cara cumilebay.com aja haha tp sebelum nya mesti olah raga lari atau jalan tiap hari nya agar fisik nya kuat ;-)

      Foto sekseh nya itu wajib dari dukun nya biar ngetop hahaha

      Delete
  59. iiihhh benran bisa sewa porter ya??? aku jg mau kalo gituuuu ^o^ Sumpah mas, itu porter kuat bener ya bawa barag segitu bnyak ;p. hihihihi... tp kyknya aku memang hrs latihan fisik dulu sblm kesana... gile, puncak sikunir aja mw pingsan wkwkwkwkw...apalagi yg ini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius kak, kita jalan ber 7 tp sewa 3 porter + 1 juru masak. Pokok nya hidup ini jadi lebih simple hahaha.

      Btw mesti olah raga dulu biar ngak ngos2an kayak kita kemarin, maklum anak mall diajak ke gunung jd langsung tumbang ;-)

      Delete
  60. mantabs...semuanya pasti indah klo kita bersyukuuur...
    jd next nanjak kmn kitah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ... Semua nya disyukuri & ikhlass aja yaaa :-)
      Btw untuk sementara kita tobat dulu naik gunung, nanti 2014 kita kelayapan lagi yeeee

      Delete
  61. Baru baca nih aku... wahhh durhaka sama mas cummmm... kebayang kl aku mau hairdrayer rambut dimana ya mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... kalo disana ngak ada listrik bakal ngak ngeHITZ deh :-) ayo dek swa kapan jalan lagi ??? kangen mengila gila weks100x

      Delete
  62. Wah, jadi kebayang seolah ada disana, sambil seperti menerjemahkan novel 5 cm dalam gambar - gambar yang ada di sini, salam kenal sebelumnya mas, makasih udah mampir :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mudah2an liat muka gw jadi mirip2 herjunot ali yaaa hahaha, btw salam kenal juga makasih dah melipir kemari :-)

      Delete
  63. Ooom cuum.. posemu as always ya. Trus piye apakah ada ojek juga ga sampe puncak mahameru? Mksdnya gendongin orang sampe keatas, pokok e tau beres udah nyampe dipuncak. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pose nya itu dah wajib dari dukun nya biar tetep eksis hahaha. Dan tetep disana ngak ada ojek gendong jd males gemporrrrr kalo sampai puncak ;-(

      Delete
  64. seindah itukan aslinya? wahhh kalau iya, jadi semakin pengen kesana :) :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asli nya jauh lebih mantap banget, pokok nya puas lah ;-)

      Delete
  65. waaaah, aku lho belom sampe sanaaa ==" itu pose wajib enggak bikin para lelembut ranu kumbolo pada kabur semua? hahaaa XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hua hua hua ... ayuk ke rankum, gw pingin balik lagi nich tapi mau sampai puncak :-)

      Delete
  66. enggak sampai puncak saja bangga, diragukan ke jantanannya eits maksudnya gantengnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wolesss masbro, niat nya mmg ngak muncak. Kita cukup di puncak kenikmatan aja sampa multi orgasme hahaha

      Delete
  67. yaammpunn, aku aja sampe segede ini dan kotanya tetanggaan, belum pernah ke semeru. kemana aja ya daku ini *mikir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah kau memalukan kota mu itu hahaha #Kidding, yo wes segera cusss merapat ke semeru :-)

      Delete
  68. Ahh pengen banget ke ranu gara2 foto om cumi..
    kayanya seru n yg penting ga perlu ribet gitu
    hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seriusan ngak ribet, woles banget dech pokok nya. Wajib kesana yeeee :-)

      Delete
  69. Wah porter nih menggoda buat inspirasi haha, bayar brp PP utk 1 porter mas cum? udah ke kawah ijen blm liat bluefire? cm 2jam jalan aja..viewnya kereenn bingiitt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buat porter kalo ngak salah 200/hari jadi kalo 2 hari 1 malam yaaa 400 ribu/porter.

      Kalo ke ijen itu dah cerita 5th yang lalu kalo ngak salah, kita dah kesana dan brkt nanjak jam 1 pagi mengigil hanya buat liat bluefire, cek aja postingan kawah ijen di cumilebay pasti ada hehehe

      Delete
  70. Hmmmm.... Okay I confess! :D Next challenge from me, lakukan ritual wajib itu di altitude yang lebih tinggi mas Cumi :D Di Kalimati :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk sementara gunung di tiadakan, ngak sanggup jalan kaki nya hahaha. kecuali ada yg berani bayar mahal baru deh gw jabanin haha

      Delete
  71. asik bener.. kemping gak perlu repot... palagi saya pengen bawa 2 anak saya ke ranu kumbolo
    mas cumi boleh minta no cp bang ningxxx yang di ranu pane.. ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Langsung email ke aku aja yaaaa toro2305@gmail.com

      Delete
    2. saya sudah email mas toro

      Delete
  72. Om cumiii, ayok ke Gede Pangrango (dengan maskud biar dapet tebengan dan nggak gendong keril). Semeru aku udah juga sih, dan belum ada niat kesana lagi biarpun yang kemarin cuma sampai Jambangan. Tapi om, foto 'Tampak Mahameru di Belakang' itu mana Mahamerunya? Itu mah bukan kayaknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku lalgi lelah, ngak mau capek naik gunung dulu hehehe

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com