di GRESIK, ini bukan bubur tapi SEGO RUMO

Ini Bukan Bubur Lhoooooo
Sego Rumo GresikMakanan ini sudah tidak asing lagi di lidah saya, zaman masih kecil, ini merupakan menu favorit untuk sarapan. Yap itulah SEGO RUMO atau LONTONG RUMO. Yang memang selalu ada dipagi hari mulai 05.30 sampai sekitar pukul 10.00 pagi. Harga nya pun murah meriah, zaman th 90’an cuman Rp. 250,- dan itu dah bikin kenyang + bikin ganteng seperti saya hahahaha.
Selalu Rame & Ngantri

Diemperan Depan Toko















Sebagai orang keren + ganteng yg mmg di lahir kan di Gresik, rasa nya saya wajib ikut melestarikan warisan kuliner daerah asal. Ya kalo bukan kita, mau siapa lagi !!!!!!!! Masak kalah ama Johanez Jonas yang asli Surabaya tapi mau menulis tentang Lontong Rumo atau Sego Rumo diblog nya (http://johanesjonaz.wordpress.com/2013/03/13/kuliner-nusantara-lontong-romo-gresik) bahkan sampai dibela2in ujan2an hehehe J. Dan tulisan saya ttg sego rumo ini pun terinspirasi karena dia hahahaha #ThanksJo.
Sambelnya Juara

Koya nya Guruh + Asin








Sego Rumo sesuai nama asal nya merupakan makanan khas warga Desa ROOMO atau dibaca RUMO Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik, sekitar 5km dari pusat kota gresik ke arah manyar. Dahulu nya desa ini banyak sekali tambak bandeng dan tambak garam tapi sekarang desa rumo sudah menjadi kawasan pabrik, antara lain ada PT. Smelting, PT Petrokimia dll. Tapi mencari Sego Rumo di desa asal nya, seperti mencari jarum di tumpukan jerami alias sudah langka. Semoga makanan tradisional ini tetep lestari meskipun penjual nya sekarang bisa di hitung dengan jari di Kota Gresik.
Mirip Bumbu Sate Padang tp Ini Lebih Kental
Makanan Sego Rumo ini bisa di bilang mirip bubur tapi bukan bubur, karena bisa disajikan dengan lontong atau nasi. Kalo saya pribadi bilang, ini mirip sate padang tapi tanpa sate nya dan kuah nya lebih kental dan bertekstur halus lembut. Untuk rasa nya gurih, agak sedikit pedas dan terasa sangat lembut saat masuk di mulut #lebayyyyy. Biasa nya disajikan dengan sayur yang pohonnya kebanyakan tumbuh di seputaran tambak bandeng atau tambak garam, trus di tambah koya (srundeng kelapa yang gurih & agak asin) + krupuk + sambal.
Mantap + Krupukkkk 
Lontong Rumo
Harga nya sekarang 1 porsi cukup Rp. 4.000,- lumayan murah kan ?????? rasa nya wajib  kan kalo mengunjungi Kota Gresik untuk mencicipin kuliner ini selain murah juga bisa bikin keren hahaha.
Oh yaaa untuk mencicipi Sego Rumo ini, silahkan datang di belakang Pasar Gresik. Tepat nya di Desa Sukodono KaliTutup Pasar Gresik Kota. Tanya saja sama masyarakat sekitar, dimana penjual Sego Rumo ????? pasti akan di tunjukan yg di pinggir jalan KaliTutup ini. Oh yaa yang saya tau sech selian di Kalitutup, ada juga di Gang Sekolahan NU Sukodono dan di Tratee (sebrang pasar gresik). 
Btw jangan berharap menemukan sebuah bentuk warung penjual sego rumo yaaa, karena sego rumo di jajakan di pinggir jalan, lesehan didepan selasar toko atau di ujung gang.
Tampilan Seutuhnya + Kaki Penjual nya 

49 comments:

  1. jadi laper deh~~ kirimin ke bali sebungkus doong~~ :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mahal paketan kiriman nya dari pada harga makanan nya hahaha. Ayuk kapan ke jatim, kita janjian. Biar aku sekalian mudik :)

      Delete
  2. masak kalah sama pak Bondan.. kita harus melestarikan makanan daerah ini.. :)
    Kalau ditanya makanan khas Gresik apa? Jangan jawab Sego Krawu, karena makanan ini asalnya dari pendatang asal Madura. Jawaban yg benar ya ini... Lontong Romo yg asli Gresik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahahaha ..... tapi sego krawu iku onoke yo nang gresik lho. Jadi serba salah kan ????

      Delete
  3. haduhhh favoritku ini...kebetulan ini yg jual ibunya OB dikantorku jd hampir tiap hari nitip tanpa harus antri.....

    aku juga pernah tulis ttg sego roomo tapi beda tempat tp emang yg ini the best deh rasanya (y)

    http://ulasankuliner.com/2011/10/lontong-roomo-makanan-khas-gresik-yang-semakin-langkah/

    ReplyDelete
    Replies
    1. harus kita lestarikan nich, sebelum tergilas oleh makanan junk food yang semakin cetar di gresik

      Delete
  4. keliatannya kurang menggoda tapi tampilan pasti menipu..and it must taste so damn good ;) tak percuma anda adalah anak bupati gresik yang memang cinta kampung halaman hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kurang mengoda, ntar goda aku aja hahaha.
      Sebagai anak bupati gresik, mmg wajib ikut mempromosikan daerahnya.

      Delete
  5. mantab bener makanan asal suroboyo ini....

    ReplyDelete
  6. aih...penasaran euy...
    di jakarta sama sekali ngga ada yang jual mas? penasaran sayah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku jualan di jakarta, ntar harga 1 porsi nya 100ribu kira2 laku ngak ??? :)

      Delete
  7. ke gresiknya aja belom pernahh T___T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk lah main ke gresik, banyak yg menarik. Terutama wisata kuliner nya hahaha

      Delete
  8. Oh ya ampun, sebagai anak bupati coba ya diusahakan simbok penjualnya dibikinin warung permanen. Amanah rakyat ini...hahahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh ... kalo simbok nya dibikinin warung, ntar penjual2 yg lain minta juga. Mereka cukup kita kasih kail saja biar memancing bersama jadi sama2 maju #resssssssss hahahaha

      Delete
  9. Ishh...mantab!
    Memang begini seharusnya profil anak pejabat yang bersahaja dan cinta budaya lokal.
    Btw aku blm pernah tau ini makanan, ... pudak dan legen nggak dibahas sekalian cum?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa sebagai anak pejabat, aku lagi mencoba membumi. Maklum kan aku lama tinggal di luar jadi masih belajar hahaha

      Pudak + legen ntar ada episode lain nya, sabar yaaaa :)

      Delete
  10. Replies
    1. Mari makannnnn ..... Makyus lhooo

      Delete
  11. Kapan aku diajak ke gresik, sowan ke bupati gresik ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Males ngajak orang ngak jelas macem kau ini #prettttt :)

      Delete
    2. Jahat kali nich abang cumi, tak baiklah bang. Ayolah ajak aku ini !!!!!

      Delete
    3. Kagakkkkkkkkkkkk ..... ntar lw bikin rusuh di pendopo kabupaten gresik

      Delete
    4. Aku akan jadi anak baik, demi ketemu bupati gresik :-)

      Delete
    5. Hmmmmmmm ... tetep KAGAKKKKKK

      Delete
  12. Kalo aku ke gresik, jangan lupa di suguhin ini yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut .. kita sowan ke bupati gresik

      Delete
    2. @nuniek : pastinya, jgn lupa cium tangan ama bupati gresik yaa
      @makjo : kamu di luar pendopo kabupaten aja yaaa

      Delete
  13. aku sudah perna cobain nivch cum, rasa nya lumayan kok enak gurih

    ReplyDelete
  14. kamu nama benernya sama sih? masa kalu mo mampir ke pendopo gresik, cari mas cumi? *dibalang penjaga pintu.. ntar disuruh ke pasar sono beli cumi..

    jadi makanan asli gresik itu apa toh? ga cuma terasi ya.. ini mirip kuahnya sate padang, disajikan dengan unik..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... kalo ke pendopo gresik, ntar manggil nya raden cumi :)
      Ini salah satu desa di gresik, dan yakin ngak ada yg bisa buat mirip ini kecuali orang sana asli :(

      Delete
  15. Ajak saya makan d sego rumo dong...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk, minggu depan aku balik kampung nich. Kalo mau ayuk lah berangkat bersama :-)

      Delete
  16. Anonymous11:24:00

    Kalo saya biasanya yg di gang seberang pasar gresik, di depan musholla abadi
    sekarang sih yg jual anaknya, tapi rasa g berubah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh di karangpoh yaaa ??? Btw ini siapakah gerangan ??? manusia asal gresik sebutkan jatidirimu hahaha

      Delete
    2. Anonymous15:23:00

      Yup bener mas cum. hehe kebetulan saya lahir di karangpoh juga tapi sekarang menetap di surabaya....weekend doank biasanya kuliner ke gresik, hehe

      Delete
    3. Oh begitu cerita nya, kok bisa nemu blog cumilebay gimana tuch ??? jarang banget anak gresik berkeliaran di blog2 hahaha

      Delete
    4. Anonymous10:08:00

      Klo Blog yang ada kulinernya pasti saya datangi...hehe

      Delete
    5. Oh begono .. Sippo deh kakak

      Delete
  17. Anonymous08:10:00

    Ada yg kurang, poya sego roomo terbuat dari kulit ari daging kelapa, bukan daging kelapa yg bisa diperas jadi santan, juga sayurnya dari daun api-api (bakau) yg biasa tumbuh di tepi laut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih info tambahan nya, semoga bermanfaat hehe

      Delete
  18. kalitutup sudah tidak ada kalinya mas bro sekarang jadi jalan buat kuliner aja tian pagi ( ditentukan hari apa) seluruh kuliner gresik keluar bisa menarik wisata

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sekarang kali nya dah di tutup jadi beneran kalitutup hehehehe. Jan 2015 kmrn sudah mudik ke kalitutup kok hahaha

      Delete
  19. Aku dulu nggak doyan sama Bubur Romo. pingin muntah. Laaa kok sekarang malah ketagihan. Eh, tapi aku nggak pernah nyocol sama krupuk gitu. Coba ah kalau pas pulang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rata2 yang suka sego rumo ini orang2 gresik, sukodono dan sekitar nya

      Delete
  20. Aku mau nulis tentang ini juga, tapi kok yaaa waktu beli kemarin orangnya kehabisan sayur. langgananku yang di tratee itu seberang pasar Gresik, aku mau incip incip yang di kalitutup ah... Semoga nggak kehabisan sayur.

    Eh bukannya pagi sekali ya jam 5.30... kirain mulai jam 7. Insyaallah besok pagi, klo bisa bangun pagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya jualan sampai jam 11 an juga masih ada kok
      Btw awakmu dhurung moleh tha ??? suwe banget neng kampung hahaha

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com