Mual trus Muntah di PASAR Tomohon

Kayak nya Lezat !!!!  he3x
Pasar Beriman Tomohon – Saat Bu Jen dari PT. Newmont Nusa Tenggara telp dan kasih kabar kalo kita jadi terbang ke Manado untuk berkunjung ke lokasi bekas tambang PT. Newmont Minahasa Raya. Gw langsung conform kalo mau extend, tujuan utama extend hanya pingin melihat PASAR TEREXTREM di Indonesia. Penasaran banget ama nich pasar, apakah bener menjual berbagai jenis binatang yang tak lazim ????
Kasihan Nich Anjing
Note : Kucing Juga Di Jual Di Tomohon *KlikBacaDisini

Jam 4 pagi, kami (Cumi, Iyus, Swarie) sudah keluar dari Hotel Aston Manado untuk berangkat menuju Pasar Beriman Tomohon, karna kalo kesiangan dikit saja maka keextreman dari pasar tersebut akan lenyap dan berubah jadi pasar biasa hehehe. Jantung berdetak tak menentu saat sampai di lokasi, kira2 apa yang akan terjadi, mudah2an kuat iman ngak pingsan J. Dan begitu masuk pasar yang bagian aneh2 langsung pala pusing dan mual, padahal baru melihat kelelawar dan babi saja. Sedangkan yang lain masih blm tersedia karna kita terlalu pagi.
Ikan Cakalang

Ada Penjual Ikan 
Pasar Beriman Tomohon di Sulawesi Utara menyandang gelar sebagai pasar paling extrem. Karena menjual berbagai macam rupa binatang yang tak lazim untuk di makan oleh masyarakat. Pasar Beriman Tomohon ini lokasi nya tidak begitu jauh, sekitar ±60km dari pusat kota manado atau 1 jam perjalanan, kalo sudah sampai di Tomohon banyak petunjuk jalan menuju pasar ini atau tanya ke warga sekitar juga dah tau semua. Pasar ini tidak cocok buat kalian yang pecinta binatang, karna pasti akan protes dan bisa marah2 kalo berkunjung ke Pasar Beriman Tomohon L.
Tikus Sawah Ekor Putih
Paniki atau Kelelawar
Pasar ini sebenar nya tak ubah nya seperti pasar2 lain yang ada di indonesia, menjual berbagai macam kebutuhan antara lain sembako, sayur mayur, ikan, daging dll. Akan tetapi ada 1 blok yg khusus menjual Babi, Anjing, Tikus, Kelelawar/Paniki, Kucing, Ular dll. Dan binatang2 itulah yang terlihat lucu dan imut2, dijadikan olahan santapan makanan oleh sebagian Warga Tomohon ...... TRAGISSSSS.
Kelelawar Sebelum Dibakar
Paniki Dijual Paket Beserta Sayap nya
Note : Ada Kucing Dimakan Di Tomohon *KlikBacaDisini

Akhir nya gue muntah juga setelah mual2 melihat kelelawar di bakar, anjing dah kaku terbakar dan di gletakin diatas meja jadi bahan dagangan, ular terbelah jadi 2 dan siap dimasak, babi berserakan di kios2, tikus sawah ekor putih tersenyum manis menunggu pembeli. Tetapi saya tak melihat kucing di dagangin karna menurut penjual nya, hanya hari sabtu terdapat kucing. Hadehhhhhhh rasa nya mau pingsan melihat semua itu secara umum tersaji didalam kios2 di pasar.
Ular Siap Dimasak
Masyarakat mungkin sudah terbiasa memakan anjing dan babi tapi ini kelelawar bahkan kucing pun di makan. Apapun alasan nya kayak nya ngak perkebinatangan dech kalo sampai kucing pun di makan, yaa tapi inilah TOMOHON.

Untuk kelelawar di jual 10k-30k tergantung besar kecil ukuran nya dan itu termasuk sayap nya J, Kepala Babi hanya 160k, Daging Ular 40k/kg, Tikus 15-20k/ekor, Daging Anjing 25k/kg sedangkan Kucing di jual 75-100k/ekor.
Kalo berminat silahkan datang ke Pasar Beriman Tomohon ...


Note : Baca kisah Cumilebay kembali lagi ke Pasar Tomohon dan ketemu kucing - kucing lucu imut gemesin yang akhirnya juga meregang nyawa, baca di kisahnya http://www.cumilebay.com/2016/01/sedih-kejam-ngak-tega-di-pasar-tomohon.html *KlikAjaLinknya

248 comments:

  1. aduh mas itu yg dijual aneh aneh semua x_x

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aneh dan menjijikan jadi nya :(

      Delete
    2. untuk bisa difoto2in mas, klo saya sih udah enek dluan sebelum masuk

      Delete
    3. hahahha ... moto nya sambil merem :)

      Delete
    4. raveld09:59:00

      Iblis aja kalau udah pake rica-rica, udah jadi makanan tuch kalau di Tomohon... Apalagi cuma ular, tikus, hehehhehehe

      Delete
    5. Waksss kejam nich comment nya aahahaha

      Delete
  2. haiishhhh ini liat di blog aja dah eneggg2 mo muntah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... sukses kok muntah nya disana

      Delete
    2. Muntahnya jual lagi lumayan hoho...

      Delete
  3. eeeewwww jijiikk banget liatnya. wkt itu ud pnh liat juga di tv.. hoekkk..
    gmn liat langsung ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo wajib di datangin, biar langsung tau reaksi disana hehehe

      Delete
  4. tikus sawah ekor putihnya lucu banget...babi2 nya juga nggemesin...
    kapan kesana lagi mas cuumm?? aku ikuutt....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk aja, beliin tiket yaaaa :) ..... pokok nya aku ikut aja hehehhe

      Delete
  5. klo ge kesono bukan muntah2 lagi neh mascum, tapi ampe kuning2nya (asam lambung keluar dari mulut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... gw mual nahan muntah

      Delete
  6. babinya unyu unyu banget....hahahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tapi masih untuan pak jafar kan ??? hahahaha

      Delete
  7. beli oleh2 apa dari Tomohon mau dooong :P

    ReplyDelete
  8. hadeuuuh.... tuch b2 enak olahannye...liat utuhnya mah bikin eneg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha .... Jadi makin yakin nich gw ngak mau makan B2 lagi :(

      Delete
  9. enggak kuat liatnya :( kasian...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat paniki dengan mulut terbuka menjerit saja rasa nya ngak tega

      Delete
  10. Bener Bner bikin mual gan.... mendingan gak usah main kesitu deh :O
    dikasih aja gak mau kok disuruh beli... hahaha kabur dulu.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp wajib dikunjungin lho, biar kita juga tau bahwa sodara2 kita di tomohon mengkonsumsi nya.

      It's about journey, not destination :)

      Delete
  11. oh wow.... :(
    mungkin saya pun akan muntah disana :D
    apalagi melihat anjing2 kaku gosong tersebut...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku punya lho foto anjing yg lagi di cincang, pasti lgs muntah liat nya hahahaha

      Delete
  12. Tempting to try....
    Kita kan harus menghormati khasanah kuliner Nusantara, itu kearifan lokal
    hehehehe
    except the RW(doggy), i'll gonna try to make it a fancy dish....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menghormati kearifan lokal tapi juga menghormati kebinatangan juga dong hahaha. Jangan ame kucing jadi santapan olahan hehehehe

      Delete
  13. Beneran keren dan sangar ya...:) Mas cum, ada program apa lagi tahun ini dan tahun depan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw program apaan dulu nich ??? hahaha. Kalo program kelayapan sech banyak banget tp tergantung isi kantong hahaha

      Delete
  14. oh my god....ewwww...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe .... ayo di nikmati :)

      Delete
  15. kemaren sempet ke tomohon..dan pas maen ke pasar itu..yaahh..u knowlah..harusnya ada yang nyediain kresek buat para turis kali ya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ..... Aku menahan mual sepanjang di pasar itu. Setiap habis motret langsung keluar cari hawa segar trus masuk lagi, keluar lagi, masuk lagi :)

      Delete
  16. aduh cum, tdk sangup kalo melihat beginian pasti pingsan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi wajib di kunjungin makyan, biar eksisssss :C

      Delete
    2. gua pasti kesini :>

      Delete
  17. Sungguh tega mereka itu... :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe .... tega ngak tega tapi tetep dimakan lho :)

      Delete
    2. Kalau di Tano Batak sana, paling Anjing sama Babi aja yg banyak, itu juga ga pake dipajang begitu yg masih utuh. Kucing mungkin ada tapi jarang.

      Delete
    3. yap .... jadi pingin makan di LAPO :)

      Delete
  18. weeddeeewwww.....langsung gak kolu mangannn.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pdahal ape tak trakter mangan sego krawu Bu Tiban lho xixiixix

      Delete
  19. hedeh ... meni mual jadinya :D ...
    Bener2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo jangan sampe muntah yaaa hehehe

      Delete
  20. Wajib di datengin nih cum, semoga kekejar waktu nya besok kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berangkat subuh kayak gw kmrn, pasti bisa kok. Ayuk semangat :)

      Delete
  21. saya kasihan dg binatang2 itu.. tapi penasaran juga dg rasanya... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rasa nya pasti mual hahaha

      Delete
  22. Merinding gw liatnya,itu manusia udh kea ƍά  ada lgi mknan yg layak ape
    -_-'

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... kalo gw bukan merinding lagi, tapi dah muntah2 :)

      Delete
  23. Aaargh.. aku bisa digebukin kali ya kalo masuk ke sana.. secara pasti akan menggila.. Jahat2 banget sih..
    Aku sih bukan masalah makan apa.. tapi lebih ke cara membunuhnya..:(( sadis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku aja serem liat nya, dan setelah itu di makan ama mereka :(

      Delete
  24. Dirimu nyobain nda?? aku yang baca aj miris..:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Liat aja mula, apalagi nyobain. Mungkin gw pingsan kalo nyobain hahaha

      Delete
  25. silahkan berkunjung..
    http://danandiahtraveler.blogspot.com/

    ReplyDelete
  26. Looks like a cool pasar! :)

    ReplyDelete
  27. Wah ini serem pake banget gan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem ampe mual2 nich, kalo ke inget tuch pembantaian nya jadi lgs mual :(

      Delete
  28. ternyata orang beriman juga makan begituan... hehehe...
    Saya pasti ga kuat dateng ke sana.. Jangankan melihat, nyium dari radius 10 meter nya aja pasti dah pengen muntah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw awal nya rada2 parno, tp demi membuktikan kalo mmg begini ada nya. Akhir nya nekat dan muntah juga hahaha

      Delete
  29. gundex3@gmail.com17:07:00

    W pernah stay di manado 3 bulan tepatna di winangun…
    Liat pemuda2 lagi garden party di bulan desember…
    Wuiiihhhhw
    Babi/anj!ng di cincang(di beteti ckckk)
    Di campur kelapa kayakna..di aduk pake tangan… di campur lagi darahnya di aduk2 lagi(di cicipi ga ya)
    Trus dimasukin ke bambu.. dibakar… yummyyy.. ga nahan liatnya.. lagsung lari pulang masuk kamar tutupan selimut.. hiiiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Omg makin mual aja nich perut gw, bisa langsung muntah di tempat :)

      Delete
  30. bukan cuma pasar tomohon saja yg extreme,hampir semua pasar di seluruh minahasa semuanya menjual daging2 yg tak extreme,cuma karena selalu terupdate,pasar tomohon aja yg trkenal extreme di minahasa. . .
    Mengapa saya tau?karena saya org minahasa. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh ada orang minahasa hehehe, lain waktu kita akan mengunjungi pasar2 yg lain. Mudah2an bisa segera kembali ke SuLut

      Delete
  31. kalau masih penasaran ttg daging2 di pasar2 di minahasa,jangan lupa kunjungi:Pasar Langowan,Pasar Amurang,Pasar Kawangkoan,Pasar Tumpaan,Pasar Tareran. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap di catet ... makasih info nya :)

      Delete
    2. kalau sudah dtg,jangan lupa ya bilangin aku,nanti dianterin. . .
      Hehehe. . . :D

      Delete
    3. Serius yaa dianterin sekalian di traktir yaaa hahaha

      Delete
  32. hehe. . .
    Nanti makan di rumahku. . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asyik asyik asyik .... dabu2, sambel roa, ikan cakalang bakar bikin ngiler :)

      Delete
  33. gua bakal nangis kayaknya kalo kesini.... kucing kok dimakan :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gw aja binggung, kok mereka tega yaa makan kucing :)

      Delete
  34. ijin copas gan
    kunjungi blog ane juga y http://khadlelnadhief.blogspot.com/

    ReplyDelete
  35. Anonymous22:30:00

    Lebih baik emang kl bisa ya vegetarian,krn semua yg mengeluarkan darah itu rasanya sakit,spt kita kl tertusuk paku aja sakit,gmn di sembelih.Kl makan dagingpun sebisanya jangan anjing n kucing,karena mereka binatang piaraan,alias sahabat manusia :( tp bgm pun saya menghormati budaya n tradisi orang lain.Semoga semua makhluk hidup berbahagia...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali, aku aja ngak perna kebayang untuk makan kucing + anjing ;-)

      Delete
  36. bacanya aja udh mual2... apalgi liatnya yah...
    hadooohhhh... bener bener lebay nih cumi
    ckck ck ckckckckckck

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan muntah disini yaaa, jorok hehe. Btw niar lebay tp keren kan ;-)

      Delete
  37. Ekstrim banget makanan penduduk setempat uweeeeek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi enak lho rasa nya, kapan2 lw mesti nyobain ;-)

      Delete
  38. ..dan sempat2nya survey harga ya, kak -__-'

    Btw daging kelelawar enak lho, apalagi sayapnya, crunchy kenyal gitu *pernah cicip dulu waktu masih kecil*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Survey harga buat buka lapak di sebelah hahaha.
      Meskipun enak tuch kelelawar, tp denger nama nya aja dah bikin gw mual hahaha

      Delete
  39. Nggilani.....bacanya aja sambil toleh toleh karena jijiknya...mas cumi pilih menu apaan tuh hehe?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hua hua ... Kagak ada yg dipilih lah. Mual duluan ;-)

      Delete
  40. Mengerikan banget bro..
    Itu ular langka juga ampe dijual lah..
    Orang macam mana yang tega makan anjing..
    Hikz..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ular nya gede banget di jual, mantap banget mualnya begitu liat ada yg beginian

      Delete
    2. Anonymous23:03:00

      ya macam itu bah,..1 langkah lagi menjadi kanibal..

      Delete
  41. duh, aku baca postingannya aja udah mual mas cumi :'(

    ReplyDelete
  42. Anonymous19:55:00

    hanya ada di indonesia

    ReplyDelete
  43. Anonymous13:39:00

    hehe..masih mending liat anjing sama babi kalo udah dimasak rica2 hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeh .. Kalo itu mah nikmat sekali hahaha

      Delete
  44. Astaghfirullah ... lihatnya aja udah mau muntah .... apalagi kalau di TKP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awas jangan pingsan yaaa, takut nya ntar ikutan dipotong2 trus di dagangin hahaha

      Delete
  45. Radentayuethombhoypecintamusic12:37:00

    .. woooy ularnya gede beutz . pasti dging.nya enak bgt tuch . . ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh mmg enak yaaa daging ular ??? Aku blm perna nyobain haha

      Delete
  46. Radentauethombhoypecintamusic12:43:00

    .. jdi pengent ke stu niech . . !

    ReplyDelete
  47. Bagi mereka.itu merupakan pemandangan biasa. Lain dg yg tidak biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bagi mereka itu wajar, tp buat gw mah mual haha

      Delete
  48. Ya ampun... benar ya, manusia itu pemakan segala....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp aku bukan pemakan segala lho hehehe

      Delete
  49. Anonymous12:18:00

    Bukan hanya pasar Tomohon yang terkenal dengan pasar terextrem, di pasar Langowan dan Tondano juga menjual hal yang serupa. Sudah tidak aneh lagi bagi orang suku Minahasa untuk memakan hal2 serupa, karena orang Minahasa dari pada jaman dahulu sudah seperti itu. Bahkan burung hantupun ikut disantap, ular piton, belatung, monyet, kelelawar, dll. Ada istilah dari orang Minahasa, "Kalau So dibumbu, Apa Ley Yang Nimbole Torang Makang", yang artinya kalau sudah dibumbuhin semuanya kita bisa makan".

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waks banyak juga yaaaa ... Mesti disamperin nich kalo ke manado lagi tp apakah seramai tomohon ???

      Eh kalo apa aja di bumbui dimakan, bisa2 sepatu sandal dll yg di bumbui jg dimakan hahahaha

      Delete
  50. Anonymous09:35:00

    Ya ampun.. segalanya dimakan..hampir semua jenis hewan dikonsumsi.. ckckck.. serem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo perlu daun pintu di cabein juga pasti dimakan hahaha #melipirrrr

      Delete
  51. Anonymous15:21:00

    Itu sih namanya budaya, sudah jadi budaya kuliner orang minahasa klo makan hewan2 di atas. Hal tersebut jd extrim krn mayoritas dinegara ini muslim. Klo mau lebih extrim dan serem lagi di china sampe daging manusia dikonsumsi. Klo katanya menghargai kebinatangan berarti ayam, kambing, sapi, ikan jangan dimakan donk jd vegan aja mas bro...Saling menghargailah budaya yg lain yang penting hal tersebut gak merugikan qt.. open up ur mind, and dont judge each others.

    ReplyDelete
  52. ya allah, apa enaknya yah. padahal kucing engga boleh dimakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurut mereka pasti enak kayak makan daging sapi kali yaaa hahaha

      Delete
  53. That's why pas di Manadopun nggak berani blusukan di pasar tradisionalnya. Udah diceritain suami yang pernah ke pasar Tomohon, plus cerita2 dari temen2 yang nonton liputan di sebuah TV nasional soal apa2 yang dijual di sana :D Tapi liat gambarnya ya baru di blog inilah hihihi. Kayaknya bakal mual juga kalau lihat langsung. Yah pada kenyataannya memang bukan makanan yang dimakan sebagian besar orang Indonesia. Pastinya jadi eneg...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi harusnya di kunjungi juga kak, biar tau rasanya mual disana hahahaha. Aku aja muntah2 di parkiran mobil :-)

      Delete
  54. Anonymous14:17:00

    sadisx orang2 sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ngak sadis kak, tp sudah menjadi budaya mereka

      Delete
  55. Anonymous00:49:00

    Yang makan itu mukanya sama kaya yg dimakan. Makan anjing muka kaya anjing, makan babi muka kaya babi.. buktikan aja muka muka orangnya dipasar itu. Wkwkwkwk.. haram bin huekkkkkk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waks tega tega ... ntar orang minahasa marah lho hehehe

      Delete
    2. Kamu makan Kambing? Mukamu kyk kambing,,makan ayam? Mukamu kyk ayam..makan udang,kepiting?wkwk...
      makan jagung?mukamu kyk jagung,..kentang?? Mukamu kyk kentang boLong2...
      sLm dri org tomohon...

      Delete
    3. Jadi kalo makan anjing maka muka nya mirip anjing ???? hahahhaha #kabur
      Hai hai salam dari jakarta :-)

      Delete
  56. mas kerja di newmont?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak, kami hanya berkunjung untuk berwisata hahaha

      Delete
  57. anjingnya kasiaaaaan :(

    ReplyDelete
  58. Anonymous22:30:00

    Wow informasinya seru bikin mual, tapi jadi penasaran pengen lihat dari dekat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo berangkat ke ke manado :-)

      Delete
  59. Menjijikan, tapi kenapa saya masih punya keinginan ya ke sana? *mikir***

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib kesana melihat kearifan lokal :-) meskipun ntar muntah juga hahaha

      Delete
  60. huahahahahaaa...waktu gue ke tomohon, kagaaak sanggup mau foto2...tmen2 semuaaa hiiiks..berasa tarzaaan :)..tapi tuh pasar memang luaaar biasaa yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap pasarnya luar biasa juara, gw nahan mual beneran kayak orang hamil. Begitu keluar pasar langsung muntah beneran :-9

      Delete
  61. Iiiiiiiiiiiiiiiiih pasar yang sangat mengerikan.Bagaimana perasaan mereka saat memotong hewan seperti kucing lalu memakannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah jangan lah kau tanyakan aku, ntar aku bisa muntah lagi ngebayangin nya ihik ihik ihik

      Delete
  62. Yah kadang kita juga harus menghargai adat istiadat orang lain.Walaupun apa yang kita lihat di foto-foto
    tersebut sungguh sangat luar biasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo sudah membicarakan adat istiadat dah susah dan bakal panjang pembahasanya hehehehe

      Delete
  63. Itu, yang dijual kok begitu-begitu banget ya hewannya :' ada yang mau beli juga bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget yg beli, kan masyarakat sana makan nya begituan :-)

      Delete
    2. ngeri banget ya masyarakat sana ._. ..Bang Cumi nggak beli kah disana? wkwkwkw ._.

      Delete
    3. Aku liat aja muntah, gimana kalo beli ... pasti pingsan :-(

      Delete
  64. Replies
    1. Hmmmm ... kalo kamu mental apa ???

      Delete
  65. Mau liat kepala manusia di potong" di jadiin makanan , balik aja ke minahasa

    'bale ulang nga ka minahasa pemai qta beking tola" nga p kepala pendo'

    ReplyDelete
  66. Orang minahasa itu kasar2 ya. Ga cocok jadi manusia. Bermental binatang makanya ga tega juga bunuh binatang2 yang lucu kaya kucing dan anjing

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ish ngak boleh ngomong gitu #JewerNich hehehe. Setiap daerah punya keunikan masing2 yg patut kita hargai :-) #sokBijak

      Delete
  67. Aku liat fotonya aja udah huek apalagi kalau kesana langsung. Pengsan!

    ReplyDelete
  68. babi ngepet ada g bang cumi hahahaha.....fotonya lolos sensor maz bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hua hua hua hua ... kalo ngepet ada di rumah, ntar malem beredar dan gw jaga lilin hahaha

      Delete
  69. Huekk... Ampun Bang
    Untung sampeyan sudah memberikan pandangan mata langsung dari TKP. Kalo ane.. pasti udah mual duluan dah.

    Salam kenal bang Cumi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai hai hai salam kenal juga dan makasih sudah berkunjung ke cumilebay.

      Btw gw juga muntah2 di pasar tomohoh haha

      Delete
  70. hadeeeeeuh lihat gambarnya ajah pengen muntah mas cum :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo liat langsung pasti berhasil muntah di tempat hehehe

      Delete
  71. ini namanya wisata kulieuuurrr...tapi penasaran juga nih yang eskrim-eskrim =, kalo cumi ada ga disitu? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cumi ada dong, ini kan sebenar nya pasar biasa cuman ada beberapa lapak yg jual aneh2 macam itu hehehe

      Delete
  72. Waduh, serem amat, takutnya kalo masuk pasr gituan jadi ikut dimutilasi
    Untung gak ada yang jualan daging Cumi hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh yg jualan cumi juga ada kok, ini kan sebenarnya pasar biasa

      Delete
  73. pengen muntah
    merinding lihat ular -___-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe sama, aku juga akhir nya muntah

      Delete
  74. ngeliatnya aja aku udah pusing2 gimana gitu.. klo muter2 di situ ntar berapa hari nafsu makanku akan hilang. oh tuhan. tak ada binatang yang tak berguna di sini.. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mual dan muntah tp sukses masih nafsu makan. Pulang dari pasar, kami langsung makan hahaha

      Delete
  75. Aduh mas, boro-boro datang kesini, baru lihat di blog ini aja aku udah "ginggiapeun" kalau istilah sundanya, alias bergidik.

    Btw, itu ularnya ular phyton yaaaa? Gede bangeeet ....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tp seru sensasi nya kalo liat langsung hahaha.
      Iya ular phyton gede banget ;-(

      Delete
  76. B2 udah, B1 udah, Ular udah, kucing udah (dan gak akan lagi), paniki udah tinggal tikus sawah yang belum... jadi makin besar niat pergi ke sana...

    hahahahaha...

    trims informasi nya mas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh gimana rasa nya daging kucing ??? #LangsungMual

      Delete
  77. Ya begitulah daerah minahasa, mungkin klo daerah lain babi hutan, tikus adalah hama. Tapi tidak di minahasa semua itu menjadi binatang langka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap daerah punya akar keunikan masing2 yang patut kita hargai yaaa hehehe :-)

      Delete
  78. Kalo ke sana ? gw mikir 2x :
    1.Cium bau daging Babi itu Haram,Cium anjing Haram Apalagi msk Pasarnya :v Bisa2 Mandi Sama Tanah Merah
    2.Disana Mungkin Mayoritasnya Non Islam
    Jadi Apa pun Makanya Pasti dimakan :v
    Bisa2 Sendal di bmbuin Juga bisa dimkn :v

    gw mah mkn Ckp Nasi sama sayur Ajh Gak yg Aneh2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serius cuman nyium bau nya aja haram ??? #LangsungNanyaPakUstads

      Delete
  79. Itulah unik nya orang minahasa .
    Jadi kalau adam dan hawa itu orang minahasa , manusia pasti ngga akan jatuh ke dalam dosa . krna yng akan di makan ularnya , bukan buahnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hua hua hua hua seriusan bikin gw ngakak

      Delete
  80. Nanty kalau balik ke manado lagi kita jalan bersama yah mas toro, gue juga orang manado nih. siapa tahu bisa saling share kan :)
    Btw gue belum pernah ke pasar beriman Tomohon padahal orang manado juga, yah mungkin gue juga bakalan ada reaksi mual dan muntah kaya lo mas. Hehehe

    dianexploredaily.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaa bulan kmrn aku baru balik dari manado hehehe, yo wes ntar berkabar kalo aku kesana lagi

      Delete
    2. ok mas nanty hubungin gue via BBM 76a6db8f atau ID Line : Dianeato. Gue tunggu kabarnya yah mas :)

      Delete
  81. saya mikir dulu ah kalau mau menikmati extreem kuliner

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehjee... Mikir mual muntah nya yaaaa

      Delete
  82. Aku baru baca yg ini, berasa betah karena tidak ada hastag alay dan warna-warninya. Tapi jadi ga betah karena gambarnya ngerik2.. kasihan itu binatang imut dimakan .. duh. serem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waksssss berwarna malah makin kece, btw tunggu bulan depan. Bakal aku posting lagi ttg pasar tomohon ini, dijamin makin muntah

      Delete
    2. Topik mantap πŸ‘πŸ‘πŸ™ˆBanyak orang yg bukan asli minahasa pastinya bakalan ngerasa gimana gitu pas liat ni pasar.
      Bahkan ada org asli minahasa yang gak kuat kepasar tomohon. Contohnya saya nih πŸ˜‚, lewat aja gak kuat.

      Delete
    3. Weksss serius orang minahasa tapi ngak kuat ke pasar tomohon ??? duch duch duch jangan bikin malu deh hahaha #PISS #kabur

      Delete
  83. Daging extreme semuanya kayaknya yang di jual di pasar tomohon ini? Itu tikus juga... hadoooh... :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ada tikus nya lho, eh kucing juga ada

      Delete
  84. gilaaa bang cumiyyy namanya aja pasar beriman tapiiiiii hadeeehhhhh ... saya jadi ikutan mualll ada toh kayak gini di indonesia aku jadi seidh T.t... uhh makin iman jdinya thx bang cumiy kini aku tlh melihat kebiadaban manusia tseehhh....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi itulah indonesia, mari kita hargai budaya masing2 hahaha

      Delete
  85. Namanya pasar beriman, hahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali, pasar beriman tomohon :-)

      Delete
    2. Beriman itu sebenarnya singkatan aja, bersih, indah sama apa lain2nya. Itu slogan kota tomohon lalu,, hehehe.

      Delete
  86. Ya ampunnnn!!! Itu kok aku kasian ya lihat yang dibakar2 utuh gitu? Teganya teganya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serem tapi itulah indonesia hahaha

      Delete
  87. Hueeekkk, langsung mual ka :(:(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe aku mau posting lagi yg lebih serem dari pasar ini tp nunggu bulan depan aja ;-)

      Delete
  88. muall lihatnya,tapi asek juga itu kalo dimakan hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hadeh liat aja muntah, gimana mau makan hehehehe

      Delete
  89. Karena saya pecinta binatang, Pasar Ekstrem ini ga jadi saya kunjungi, thanks to you Mas cumilebay :( daripada saya nangis-nangis disana udah jauh-jauh dateng malah ga berani masuk, untungnya lihat blog ini..Foto-fotonya detail dan jelas... beneran mas, thanks banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haru sdi cobain kalo ke manado, biar mencoba kearifan lokal nya hehehe

      Delete
  90. gak seru, laporan cuma berdasar pandangan mata doang.
    laporan kuliner harusnya berdasar lidah dan perut dong

    ReplyDelete
  91. jgnkan kalian org luar daerah, aku aja yg org minahasa ga kuat liat binatang utuh udah 1 kompleks gitu, tapi kalo udah biasa liat dari kecil mungkin masy disana udah terbiasa. Kalo di pasar aku Pasar Airmadidi yg masih utuh cuma babi ama ayam aja, anjing jg ada 1 atw 2 ekor, kadang2 ada tikus sedikit jg ular, cm sapi aja yg udah ga kliatan sapi coz cm bbrpa kilo yg dijual,, hehehe..Tapi ttp aja k pasar ga mau lewat d t4 anjing ama ular utuh,,
    Ingat yg lalu aku ama kk ku smpe brantem ama teman gara2 dia nembak kucing kami bwt d makan n smpe skr ga mau mkn rw (anjing) gara2 liat org matiin anjing,, hikss sedih..

    ReplyDelete
  92. Bikin merinding, mual, tapi ngeri mas pasarnya..hahah...
    apa lagi ada uler segede itu digantung..haha... ditambah tikus lagi...lengkap udah kayak kebun binatang :D

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com