Mual trus Muntah di PASAR Tomohon

Kayak nya Lezat !!!!  he3x
Pasar Beriman Tomohon – Saat Bu Jen dari PT. Newmont Nusa Tenggara telp dan kasih kabar kalo kita jadi terbang ke Manado untuk berkunjung ke lokasi bekas tambang PT. Newmont Minahasa Raya. Gw langsung conform kalo mau extend, tujuan utama extend hanya pingin melihat PASAR TEREXTREM di Indonesia. Penasaran banget ama nich pasar, apakah bener menjual berbagai jenis binatang yang tak lazim ????
Kasihan Nich Anjing
Jam 4 pagi, kami (Cumi, Iyus, Swarie) sudah keluar dari Hotel Aston Manado untuk berangkat menuju Pasar Beriman Tomohon, karna kalo kesiangan dikit saja maka keextreman dari pasar tersebut akan lenyap dan berubah jadi pasar biasa hehehe. Jantung berdetak tak menentu saat sampai di lokasi, kira2 apa yang akan terjadi, mudah2an kuat iman ngak pingsan J. Dan begitu masuk pasar yang bagian aneh2 langsung pala pusing dan mual, padahal baru melihat kelelawar dan babi saja. Sedangkan yang lain masih blm tersedia karna kita terlalu pagi.
Ikan Cakalang

Ada Penjual Ikan 
Pasar Beriman Tomohon di Sulawesi Utara menyandang gelar sebagai pasar paling extrem. Karena menjual berbagai macam rupa binatang yang tak lazim untuk di makan oleh masyarakat. Pasar Beriman Tomohon ini lokasi nya tidak begitu jauh, sekitar ±60km dari pusat kota manado atau 1 jam perjalanan, kalo sudah sampai di Tomohon banyak petunjuk jalan menuju pasar ini atau tanya ke warga sekitar juga dah tau semua. Pasar ini tidak cocok buat kalian yang pecinta binatang, karna pasti akan protes dan bisa marah2 kalo berkunjung ke Pasar Beriman Tomohon L.
Tikus Sawah Ekor Putih
Paniki atau Kelelawar
Pasar ini sebenar nya tak ubah nya seperti pasar2 lain yang ada di indonesia, menjual berbagai macam kebutuhan antara lain sembako, sayur mayur, ikan, daging dll. Akan tetapi ada 1 blok yg khusus menjual Babi, Anjing, Tikus, Kelelawar/Paniki, Kucing, Ular dll. Dan binatang2 itulah yang terlihat lucu dan imut2, dijadikan olahan santapan makanan oleh sebagian Warga Tomohon ...... TRAGISSSSS.
Kelelawar Sebelum Dibakar
Paniki Dijual Paket Beserta Sayap nya
Akhir nya gue muntah juga setelah mual2 melihat kelelawar di bakar, anjing dah kaku terbakar dan di gletakin diatas meja jadi bahan dagangan, ular terbelah jadi 2 dan siap dimasak, babi berserakan di kios2, tikus sawah ekor putih tersenyum manis menunggu pembeli. Tetapi saya tak melihat kucing di dagangin karna menurut penjual nya, hanya hari sabtu terdapat kucing. Hadehhhhhhh rasa nya mau pingsan melihat semua itu secara umum tersaji didalam kios2 di pasar.
Ular Siap Dimasak
Masyarakat mungkin sudah terbiasa memakan anjing dan babi tapi ini kelelawar bahkan kucing pun di makan. Apapun alasan nya kayak nya ngak perkebinatangan dech kalo sampai kucing pun di makan, yaa tapi inilah TOMOHON.

Untuk kelelawar di jual 10k-30k tergantung besar kecil ukuran nya dan itu termasuk sayap nya J, Kepala Babi hanya 160k, Daging Ular 40k/kg, Tikus 15-20k/ekor, Daging Anjing 25k/kg sedangkan Kucing di jual 75-100k/ekor.
Kalo berminat silahkan datang ke Pasar Beriman Tomohon ...

119 komentar:

  1. aduh mas itu yg dijual aneh aneh semua x_x

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aneh dan menjijikan jadi nya :(

      Hapus
    2. untuk bisa difoto2in mas, klo saya sih udah enek dluan sebelum masuk

      Hapus
    3. hahahha ... moto nya sambil merem :)

      Hapus
  2. haiishhhh ini liat di blog aja dah eneggg2 mo muntah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha ... sukses kok muntah nya disana

      Hapus
  3. eeeewwww jijiikk banget liatnya. wkt itu ud pnh liat juga di tv.. hoekkk..
    gmn liat langsung ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo wajib di datangin, biar langsung tau reaksi disana hehehe

      Hapus
  4. tikus sawah ekor putihnya lucu banget...babi2 nya juga nggemesin...
    kapan kesana lagi mas cuumm?? aku ikuutt....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayuk aja, beliin tiket yaaaa :) ..... pokok nya aku ikut aja hehehhe

      Hapus
  5. klo ge kesono bukan muntah2 lagi neh mascum, tapi ampe kuning2nya (asam lambung keluar dari mulut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha ... gw mual nahan muntah

      Hapus
  6. babinya unyu unyu banget....hahahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi masih untuan pak jafar kan ??? hahahaha

      Hapus
  7. beli oleh2 apa dari Tomohon mau dooong :P

    BalasHapus
  8. hadeuuuh.... tuch b2 enak olahannye...liat utuhnya mah bikin eneg...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha .... Jadi makin yakin nich gw ngak mau makan B2 lagi :(

      Hapus
  9. enggak kuat liatnya :( kasian...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liat paniki dengan mulut terbuka menjerit saja rasa nya ngak tega

      Hapus
  10. Bener Bner bikin mual gan.... mendingan gak usah main kesitu deh :O
    dikasih aja gak mau kok disuruh beli... hahaha kabur dulu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp wajib dikunjungin lho, biar kita juga tau bahwa sodara2 kita di tomohon mengkonsumsi nya.

      It's about journey, not destination :)

      Hapus
  11. oh wow.... :(
    mungkin saya pun akan muntah disana :D
    apalagi melihat anjing2 kaku gosong tersebut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh aku punya lho foto anjing yg lagi di cincang, pasti lgs muntah liat nya hahahaha

      Hapus
  12. Tempting to try....
    Kita kan harus menghormati khasanah kuliner Nusantara, itu kearifan lokal
    hehehehe
    except the RW(doggy), i'll gonna try to make it a fancy dish....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menghormati kearifan lokal tapi juga menghormati kebinatangan juga dong hahaha. Jangan ame kucing jadi santapan olahan hehehehe

      Hapus
  13. Beneran keren dan sangar ya...:) Mas cum, ada program apa lagi tahun ini dan tahun depan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Btw program apaan dulu nich ??? hahaha. Kalo program kelayapan sech banyak banget tp tergantung isi kantong hahaha

      Hapus
  14. oh my god....ewwww...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe .... ayo di nikmati :)

      Hapus
  15. kemaren sempet ke tomohon..dan pas maen ke pasar itu..yaahh..u knowlah..harusnya ada yang nyediain kresek buat para turis kali ya.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahaha ..... Aku menahan mual sepanjang di pasar itu. Setiap habis motret langsung keluar cari hawa segar trus masuk lagi, keluar lagi, masuk lagi :)

      Hapus
  16. aduh cum, tdk sangup kalo melihat beginian pasti pingsan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi wajib di kunjungin makyan, biar eksisssss :C

      Hapus
    2. gua pasti kesini :>

      Hapus
  17. Sungguh tega mereka itu... :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehehe .... tega ngak tega tapi tetep dimakan lho :)

      Hapus
    2. Kalau di Tano Batak sana, paling Anjing sama Babi aja yg banyak, itu juga ga pake dipajang begitu yg masih utuh. Kucing mungkin ada tapi jarang.

      Hapus
    3. yap .... jadi pingin makan di LAPO :)

      Hapus
  18. weeddeeewwww.....langsung gak kolu mangannn.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pdahal ape tak trakter mangan sego krawu Bu Tiban lho xixiixix

      Hapus
  19. hedeh ... meni mual jadinya :D ...
    Bener2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo jangan sampe muntah yaaa hehehe

      Hapus
  20. Wajib di datengin nih cum, semoga kekejar waktu nya besok kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berangkat subuh kayak gw kmrn, pasti bisa kok. Ayuk semangat :)

      Hapus
  21. saya kasihan dg binatang2 itu.. tapi penasaran juga dg rasanya... hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasa nya pasti mual hahaha

      Hapus
  22. Merinding gw liatnya,itu manusia udh kea ƍά  ada lgi mknan yg layak ape
    -_-'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha ... kalo gw bukan merinding lagi, tapi dah muntah2 :)

      Hapus
  23. Aaargh.. aku bisa digebukin kali ya kalo masuk ke sana.. secara pasti akan menggila.. Jahat2 banget sih..
    Aku sih bukan masalah makan apa.. tapi lebih ke cara membunuhnya..:(( sadis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku aja serem liat nya, dan setelah itu di makan ama mereka :(

      Hapus
  24. Dirimu nyobain nda?? aku yang baca aj miris..:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Liat aja mula, apalagi nyobain. Mungkin gw pingsan kalo nyobain hahaha

      Hapus
  25. silahkan berkunjung..
    http://danandiahtraveler.blogspot.com/

    BalasHapus
  26. Looks like a cool pasar! :)

    BalasHapus
  27. Wah ini serem pake banget gan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Serem ampe mual2 nich, kalo ke inget tuch pembantaian nya jadi lgs mual :(

      Hapus
  28. ternyata orang beriman juga makan begituan... hehehe...
    Saya pasti ga kuat dateng ke sana.. Jangankan melihat, nyium dari radius 10 meter nya aja pasti dah pengen muntah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw awal nya rada2 parno, tp demi membuktikan kalo mmg begini ada nya. Akhir nya nekat dan muntah juga hahaha

      Hapus
  29. gundex3@gmail.com17.07.00

    W pernah stay di manado 3 bulan tepatna di winangun…
    Liat pemuda2 lagi garden party di bulan desember…
    Wuiiihhhhw
    Babi/anj!ng di cincang(di beteti ckckk)
    Di campur kelapa kayakna..di aduk pake tangan… di campur lagi darahnya di aduk2 lagi(di cicipi ga ya)
    Trus dimasukin ke bambu.. dibakar… yummyyy.. ga nahan liatnya.. lagsung lari pulang masuk kamar tutupan selimut.. hiiiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Omg makin mual aja nich perut gw, bisa langsung muntah di tempat :)

      Hapus
  30. bukan cuma pasar tomohon saja yg extreme,hampir semua pasar di seluruh minahasa semuanya menjual daging2 yg tak extreme,cuma karena selalu terupdate,pasar tomohon aja yg trkenal extreme di minahasa. . .
    Mengapa saya tau?karena saya org minahasa. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh ada orang minahasa hehehe, lain waktu kita akan mengunjungi pasar2 yg lain. Mudah2an bisa segera kembali ke SuLut

      Hapus
  31. kalau masih penasaran ttg daging2 di pasar2 di minahasa,jangan lupa kunjungi:Pasar Langowan,Pasar Amurang,Pasar Kawangkoan,Pasar Tumpaan,Pasar Tareran. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap di catet ... makasih info nya :)

      Hapus
    2. kalau sudah dtg,jangan lupa ya bilangin aku,nanti dianterin. . .
      Hehehe. . . :D

      Hapus
    3. Serius yaa dianterin sekalian di traktir yaaa hahaha

      Hapus
  32. hehe. . .
    Nanti makan di rumahku. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik asyik asyik .... dabu2, sambel roa, ikan cakalang bakar bikin ngiler :)

      Hapus
  33. gua bakal nangis kayaknya kalo kesini.... kucing kok dimakan :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gw aja binggung, kok mereka tega yaa makan kucing :)

      Hapus
  34. ijin copas gan
    kunjungi blog ane juga y http://khadlelnadhief.blogspot.com/

    BalasHapus
  35. Anonim22.30.00

    Lebih baik emang kl bisa ya vegetarian,krn semua yg mengeluarkan darah itu rasanya sakit,spt kita kl tertusuk paku aja sakit,gmn di sembelih.Kl makan dagingpun sebisanya jangan anjing n kucing,karena mereka binatang piaraan,alias sahabat manusia :( tp bgm pun saya menghormati budaya n tradisi orang lain.Semoga semua makhluk hidup berbahagia...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju sekali, aku aja ngak perna kebayang untuk makan kucing + anjing ;-)

      Hapus
  36. bacanya aja udh mual2... apalgi liatnya yah...
    hadooohhhh... bener bener lebay nih cumi
    ckck ck ckckckckckck

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan muntah disini yaaa, jorok hehe. Btw niar lebay tp keren kan ;-)

      Hapus
  37. Ekstrim banget makanan penduduk setempat uweeeeek

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi enak lho rasa nya, kapan2 lw mesti nyobain ;-)

      Hapus
  38. ..dan sempat2nya survey harga ya, kak -__-'

    Btw daging kelelawar enak lho, apalagi sayapnya, crunchy kenyal gitu *pernah cicip dulu waktu masih kecil*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Survey harga buat buka lapak di sebelah hahaha.
      Meskipun enak tuch kelelawar, tp denger nama nya aja dah bikin gw mual hahaha

      Hapus
  39. Nggilani.....bacanya aja sambil toleh toleh karena jijiknya...mas cumi pilih menu apaan tuh hehe?????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hua hua ... Kagak ada yg dipilih lah. Mual duluan ;-)

      Hapus
  40. Mengerikan banget bro..
    Itu ular langka juga ampe dijual lah..
    Orang macam mana yang tega makan anjing..
    Hikz..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ular nya gede banget di jual, mantap banget mualnya begitu liat ada yg beginian

      Hapus
  41. duh, aku baca postingannya aja udah mual mas cumi :'(

    BalasHapus
  42. Anonim19.55.00

    hanya ada di indonesia

    BalasHapus
  43. Anonim13.39.00

    hehe..masih mending liat anjing sama babi kalo udah dimasak rica2 hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hadeh .. Kalo itu mah nikmat sekali hahaha

      Hapus
  44. Astaghfirullah ... lihatnya aja udah mau muntah .... apalagi kalau di TKP.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awas jangan pingsan yaaa, takut nya ntar ikutan dipotong2 trus di dagangin hahaha

      Hapus
  45. Radentayuethombhoypecintamusic12.37.00

    .. woooy ularnya gede beutz . pasti dging.nya enak bgt tuch . . ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh mmg enak yaaa daging ular ??? Aku blm perna nyobain haha

      Hapus
  46. Radentauethombhoypecintamusic12.43.00

    .. jdi pengent ke stu niech . . !

    BalasHapus
  47. Bagi mereka.itu merupakan pemandangan biasa. Lain dg yg tidak biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap bagi mereka itu wajar, tp buat gw mah mual haha

      Hapus
  48. Ya ampun... benar ya, manusia itu pemakan segala....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tp aku bukan pemakan segala lho hehehe

      Hapus
  49. Anonim12.18.00

    Bukan hanya pasar Tomohon yang terkenal dengan pasar terextrem, di pasar Langowan dan Tondano juga menjual hal yang serupa. Sudah tidak aneh lagi bagi orang suku Minahasa untuk memakan hal2 serupa, karena orang Minahasa dari pada jaman dahulu sudah seperti itu. Bahkan burung hantupun ikut disantap, ular piton, belatung, monyet, kelelawar, dll. Ada istilah dari orang Minahasa, "Kalau So dibumbu, Apa Ley Yang Nimbole Torang Makang", yang artinya kalau sudah dibumbuhin semuanya kita bisa makan".

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waks banyak juga yaaaa ... Mesti disamperin nich kalo ke manado lagi tp apakah seramai tomohon ???

      Eh kalo apa aja di bumbui dimakan, bisa2 sepatu sandal dll yg di bumbui jg dimakan hahahaha

      Hapus
  50. Anonim09.35.00

    Ya ampun.. segalanya dimakan..hampir semua jenis hewan dikonsumsi.. ckckck.. serem

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo perlu daun pintu di cabein juga pasti dimakan hahaha #melipirrrr

      Hapus
  51. Anonim15.21.00

    Itu sih namanya budaya, sudah jadi budaya kuliner orang minahasa klo makan hewan2 di atas. Hal tersebut jd extrim krn mayoritas dinegara ini muslim. Klo mau lebih extrim dan serem lagi di china sampe daging manusia dikonsumsi. Klo katanya menghargai kebinatangan berarti ayam, kambing, sapi, ikan jangan dimakan donk jd vegan aja mas bro...Saling menghargailah budaya yg lain yang penting hal tersebut gak merugikan qt.. open up ur mind, and dont judge each others.

    BalasHapus
  52. ya allah, apa enaknya yah. padahal kucing engga boleh dimakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo menurut mereka pasti enak kayak makan daging sapi kali yaaa hahaha

      Hapus
  53. That's why pas di Manadopun nggak berani blusukan di pasar tradisionalnya. Udah diceritain suami yang pernah ke pasar Tomohon, plus cerita2 dari temen2 yang nonton liputan di sebuah TV nasional soal apa2 yang dijual di sana :D Tapi liat gambarnya ya baru di blog inilah hihihi. Kayaknya bakal mual juga kalau lihat langsung. Yah pada kenyataannya memang bukan makanan yang dimakan sebagian besar orang Indonesia. Pastinya jadi eneg...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi harusnya di kunjungi juga kak, biar tau rasanya mual disana hahahaha. Aku aja muntah2 di parkiran mobil :-)

      Hapus
  54. Anonim14.17.00

    sadisx orang2 sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu ngak sadis kak, tp sudah menjadi budaya mereka

      Hapus
  55. Anonim00.49.00

    Yang makan itu mukanya sama kaya yg dimakan. Makan anjing muka kaya anjing, makan babi muka kaya babi.. buktikan aja muka muka orangnya dipasar itu. Wkwkwkwk.. haram bin huekkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waks tega tega ... ntar orang minahasa marah lho hehehe

      Hapus
  56. mas kerja di newmont?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak, kami hanya berkunjung untuk berwisata hahaha

      Hapus

Pembaca Yang Baik, Pasti Meninggalkan Jejak "COMMENT" Yang Menggoda. Thanks