Jujur ... Aku KECEWA di BUNAKEN

Aku Tau Tangan Siapa Itu Yang Bikin Rusuh !!!!
Taman Nasional Bunaken – Ngak tau mesti bagaimana perasaan ini mengungkapkan saat kelayapan ke Bunaken .....  Marah, Kesel, Gondok, Jengkel atau bahkan merasa Ditipu, Tertipu atau Kami Yang Bodoh. Semua nya bercampur jadi satu tp yaa mencoba dinikmati aja. Kami berangkat ber 12 (Cumi, Mas Arie, Rere, Swa, Christ, Rohib, Ridwan, Tia, Dian, Diah, Iyus, Patrik), btw makasih buat PTNMR & PTNNT yang memfasilitasi kami ke Bunaken. Meskipun sebenarnya niat awal selain ke Pulau Bunaken, kami juga mau ke Pulau Siladen tapi GAGAL cuaca ngak mendukung.
Pelabuhan Pemberangkatan
Diatas Kapal Sebelum Gerimis
Jam 7 pagi, kami sudah sampai di pelabuhan yang lokasi nya di belakang komplek Mega Mas Jl. Boulevard 2 Manado. Sudah siap dengan kapal sewaan yg telah di booking tapi saat diperjalanan ternyata cuaca berubah jadi mendung gelap dan gerimis (KESEL), tp kami tetep hajar ke bunaken. Oh yaa wajib bayar asuransi nich sebelum nyebrang ke bunaken. Perjalanan dari pelabuhan ini ke bunaken cukup ±45 menit saja. Pulau Bunaken  bagian dari kota Manado dan terlihat jelas dari pelabuhan ini karena jarak nya memang hanya sekitar 1,8 km dari Manado serta memiliki luas 8.08 km². Oh yaaa jangan berharap menemukan pasir putih disini, karena bunaken pasir nya rada2 kehitaman. Kalo di lihat sech rada-rada mirip gili trawangan meskipun trawangan jauh lebih hidup dan menyenangkan hehehe.
Akhirnya UJAN ......
Tetep Eksissss
Merapat Disambut Ujan 
Sampai Bunaken disambut hujan, hadehhhhh runyam juga dech (GONDOK). Untuk masuk kawasan Pulau Bunaken dikenakan biaya Rp. 50.000,- Wisatan Asing, Rp. 2.500,- Domestik, Rp. 1.000,- Pelajar. Secara keseluruhan Taman Laut Bunaken meliputi area 75.265 hektar dengan lima pulau di dalam nya yaitu Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladen, Pulau Mantehage dan Pulau Naen. Taman Nasional Bunaken didirikan 1991 dan merupakan Taman Laut Pertama di Dunia dan pada 2005 menjadi situs warisan dunia setelah di daftarkan Indonesia ke UNESCO.
Gunung di Pulau Manado Tua
Saat kami bilang mau snorkling, kami langsung disuruh sama pegawai kapal yang kami sewa untuk ambil alat snorkling + wetsuit di tempat penyewaan tanpa kami sempet bertanya dulu, rada2 di paksa dan mereka bilang ini sudah paket nya, kami beranggapan ini termasuk paket dengan kapal yang kami sewa. Dan ternyata harga sewa alat snorkling nya Rp. 100.000,- dan wetsuit nya Rp. 50.000,- (ini kami merasa ditipu atau tertipu atau kami yang bodoh ???) ditagih belakangan setelah kami mengembalikan alat. Oh yaaa rencana diving gagal karena cuaca dan waktu yang mepet banget karena sebagian dari kami sore ini harus balik kejakarta.
Ayo ... Dipilih Alat nya
Saat semua kembali ke kapal dengan wetsuit + alat snorkling, tiba2 pegawai kapal yang mengantar kita bilang karena kami ber 12 maka wajib pake 3 pemandu/guide dan tarif pemandu Rp. 250.000/orang (Jengkel). Kami bilang kalo sebagian dari kami punya lisence diving jadi ngak perlu pake guide, tunjukan saja mana spot untuk snorkling. Tapi mereka tidak mau karena ini sudah aturan dan mereka akhir nya kasih pilihan (Pingin Nonjok), cukup sewain alat snorkling dan wetsuit aja untuk mereka ber 3 yang merangkap sebagai guide. Ini arti nya kami harus keluar uang Rp. 150.000 x 3 = Rp. 450.000,- (Marah), meski akhir nya nego dan mereka mau cuman sewa 2 alat aja.
Ngepasin Fin
Siap Snorkling
Sebelum turun snorkling, kami diajak keliling diatas kepal melihat Taman Laut Bunaken yang tersohor dengan keindahan nya, akan tetapi yang kami lihat karang-karang sudah patah (KECEWA), ancur berantakan tetapi ikan nya banyak banget. Dan saat kami snorkling juga yang kami lihat hanya serakan karang-karang yang patah, tidak nemu soft coral yang menari (KECEWA) tapi lagi2 ikan nya juara banget, bertebaran ikan-ikan yang lucu dan berbagai macam variasi. Menurut nahkoda kapal, bawah karang2 ini ancur karena saat laut rada surut maka karang ini banyak tersapu ombak.  
Snorkling
Rusuh ... Kasih Makan Ikan Dengan Biskuit
Karena kebetulan hujan makin deras kami putuskan hanya 1 spot snorkling saja (PASRAH) dan itu tidak memuaskan, keindahan yang kami dapat tak seindah nama nya yang tersohor itu. Menurut nahkoda nya ada spot bagus buat snorkling di balik pulau bunaken ini tetapi harus nambah biaya Rp. 400.000,- (Duit lagi, TEPU ATAU BENER ??). Tapi makasih buat bapak-bapak nahkoda dan temen2 nya yang menemani kita selama di Bunaken, kalian baik banget ternyata meskipun rada bikin jengkel diawal2 hihihi.
@Iyus ...... Dicari Pak Jafar !!!!!!!!
Tapi kalo saumpama diving, mungkin kami menemukan keindahan nya karena diwilayah ini terdapat underwater great walls yang di sebut hanging walls atau dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Kami sempat melihat dinding tebing yang curam ditumbuhin karang-karang cantik dan soft coral yang mengagumkan dari kejauhan mata.

Bunaken oh Bunaken .... Jadi pelajaran buat kami kalo datang lagi, semua nya mesti jelas dari awal.
Kita Pulang Dan Masih Gerimis

121 comments:

  1. judulnya digetok di bunaken..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Serba salah kakak .... Aku selalu berfikir disetiap tempat harus membantu ekonomi warga sekitar tp kok yaaa kebangetan ihik3x

      Delete
  2. haissshhh2,....ga bersahabat yaa itu hargaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sewa alat di trawangan 50k aja dah mahal, eh ini 150. Masih mending trawangan tp tiap tempat pasti punya keunikan yaaa kan ??? Dinikmati aja meski gondok

      Delete
  3. Replies
    1. Peras aku, peras kakak hahahaha. Untung di fasilitasi ama NMR + NNT :) makasih

      Delete
  4. gila sewa alat snorklingnya mahal bener kak -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, mungkin karna warisan UNESCO jd mahal. Kan sertifikasi nya biaya nya juga mahal hahahaha

      Delete
  5. kapan ke manadonya? kok gak ngabarin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru kmrn 13-20 feb 2013, setelah 10th akhir nya kembali lagi ke manado hehe :)

      Delete
  6. waduhhhhhhh itu si dipalak dgn cara halus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe .... Mereka kayak nya dah pengalaman seperti itu :)

      Delete
  7. turut berduka om mendengar pengalamannya keselnya di bunaken.. hehee..
    kata temen, kalo ke bunaken gak boleh moto pake kamera sendiri, harus sewa kamera disana, bener gak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. berduka sekali mas ihik3x, kalo kamera kami kmrn bawa sendiri. Kalo sewa seinget ku Rp. 350k. Semua nya serba uang disana. mmg sech kita harus mendukung penduduk lokal, tp harga nya itu lho keterlaluan.

      Biskuit yang buat makan ikan, kalo kita beli di toko2 mungkin 1500 tp disana 5000, kami tawar 20k dapat 5 biji kagak boleh ihik5x :(

      Delete
  8. Ow jadi begini ceritanya. Kok raga syerem gitu ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mereka baik2 kok asli nya, cuman pandai merayu saja hehehe.

      Delete
    2. Berarti harus masang jaket antirayuan pas ke Manado nanti ya...

      Delete
    3. Sekalian bulu mata anti ujan, biar ngak kayak gw kmrn ujan disana hehehe

      Delete
    4. Oke deh, berarti sudah dapat dua perbekalan yg harus dibawa pas ke Manado nih :D

      Delete
    5. Ayo semangat .... :D

      Delete
  9. "Semua mesti jelas dari awal" --> Jleeebbb! :D
    duit lagi duit lagi, baca aja dah gemes nih, gimana kalau ngalamin beneran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duit itu sensitif, jadi kalo bisa semua mmg transparan dari awal sebelum berangkat dan memulai perjalanan hehehe :D

      Jadi pelajaran buat kita semua nich

      Delete
  10. Anonymous10:15:00

    kepengin kesituuuu kapannn yahhh gak ada waktu....
    tapi kalo di tutuk kaya gitu ya mending renang aja ke bunakennya mas hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kalo renang ampe bunaken .... Tak sanggup lah amboy :)

      Delete
  11. nahlo...
    lumayan menohok ye.
    pengalaman...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... Jadi pembelajaran buat kita semua :)

      Delete
  12. Maunya memang membantu perekonomian daerah setempat, tapi kalau "digetok" serupa itu ya gondok juga pastinya.

    Selamat ya untuk awardnya.

    -@p49it-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener sekali, gondok nya minta mapun hehehe.
      Makasih yaaa, salam kenal juga

      thanks

      Delete
  13. next time ke bunaken harus hati - hati ya kalo begitu :|, ini sama sodara sebangsa sendiri kok ya tega bener, malak terang2an gitu. oknum - oknum kayak gini nih, yang ngerusak citra pariwisata indonesia ==

    ReplyDelete
    Replies
    1. heheheh .... akhir nya banyak belajar dari kasus ini. Semoga jadi pelajaran buat kita semua :)

      Delete
  14. wah..wah..pemerasan secara halus.bunaken tak seindah iklanmu hehehe....kunjungan balasan dari Jogja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi wajib di datangin lho, ayo kebunaken :)
      Btw makasih dah hadir hehehe

      Delete
  15. Berarti besok gua mesti diving nih, tp kalo mahal bisa bangkrut :<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mending diving sekalian, karena kalo snorkling yg kautemukan hanya kehancuran karang.
      Kalo diving kayak nya bagus ada tebing2 vertikal

      Delete
  16. Siap-siap duit berlebih kalo ke bunaken

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajak aku, nanti aku yg nawar disana hehehe

      Delete
  17. Itulah mental Indonesia yg sesungguhnya.....
    gmn mau maju ya pariwisatanya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha ... harus ada yg memberi arahan dan membimbing mereka menuju jalan yg benar hahahaha :)

      Delete
  18. yang begini membuat jadi orang malas buat jalan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halah .... Alasan aja pinter :)

      Delete
  19. Sedih bacanya...
    kalo ke sana harus bareng orang yang berpengalaman sama harga2 di sana nih biar ga digetok...
    ajak saya dong kalo mau ke sana lagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk kita jalan keliling menikmati indonesia :) kabar2i aja kalo dah balik indo

      Delete
  20. Sempet pengen ke Bunaken awal Juli lalu tapi jadinya ke Belitung. Tipikal destinasi wisata yang udah terkenal dan banyak pengujung manca negaranya ya begini, apa2x jadi duit dan nggak sedikit pula. Di Belitung nyewa alat2x cuma RP 20 ribu, jauh bener ya. Moga2x Belitung nggak jadi komersial 10 tahun lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya di belitung blm begitu terkenal banget, meskipun laskar pelangi dah bikin naik daun tempat itu. Tapi semoga tetep harga nya murah meriah dengan kualitas yg OK

      Delete
  21. Sama gann, abis dr bunaken jg ini,,, yg ada cuma kesel + gondok, udah mahal2 sewa alat + bot, eh spot yg dikasih biasa aja, ng bisa nawar pula,.. Bunaken sadis, pemerintah ng berperan deh keknya disana, dikuasain ama penduduk lokal + mata duitan!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emmmmm ... jadi agak males mau mengulang kesana.

      Delete
  22. kalo pengen murah,hub saya 081340093333 tapi dg mengikuti aturan saya,kecewa uang kembali,paket snorkling,di 3 spot dive,yg karangnya masih utuh dan indah,max 7org.tdk ada tipu tipuan.kalo perlu hitam diatas putih.he hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo di coba uang kembali hehehe

      Delete
  23. Emang gitu sih di sana, mahaaaal ~

    ReplyDelete
  24. seru nih baca postingannya.
    untuk wisata bawah laut sumatera barat silahkan kunjungi balik ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap .... Makasih sudah berkunjung

      Delete
  25. Waduh ... Baru mau rencana ke sana bulan depan sama suami. Jadi maju mundur NIH .... Kalau punya alat snorkelling sendiri apa masih di tembak ya ? 😪

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maju terus kak, inti nya kita mesti jeli dan pinter. Jangan sampai di begoin kayak kami hahahaha. Kalo dah ke bunaken maka wajib ke siladen dan itu bawah lautnya jauh lebih bagus

      Delete
  26. Taman Nasional Bunaken adalah taman laut yang terletak di Sulawesi Utara, Indonesia. Taman ini terletak di Segitiga Terumbu Karang, menjadi habitat bagi 390 spesies terumbu karang dan juga berbagai spesies ikan, moluska, reptil dan mamalia laut. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Pariwisata yang bisa anda kunjungi di Pariwisata Indonesia

    ReplyDelete
  27. akuuuuuuuu mauu kesanaaa
    ajaaak aku pleaseee.............

    ReplyDelete
  28. Ada yang bilang, kita ini mau maju pariwisata tapi infrastruktur dan sumber dayanya belum siap. Tapi denger2 teman saya diver katanya memang terumbu karang di Bunaken ada yang sudah mulai rusak ya? Mending ke Wakatobi atau Komodo ya om hehe. Sabar ya, pukpuk :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita mesti sabar dan ngelus dada, banyak yg udah goyang2 rusak trumbu karang. Tapi yaaa disyukuri aja lah, cuman kalo di suruh balik ke bunaken jadi mikir2 hahaha

      Delete
  29. haha... nyari2 yg nasibnya hampir sama kayak aku waktu ke sini akhir taon kmaren, eh, nemu deh blog ini. bener banget bang cumi, beberapa oknum tukang perahu di Bunaken ini nyebelin. padahal ada beberapa yang recomended. kalo dilihat gambar2nya, sepertinya ini di pantai Barat Bunaken. sayang banget yaa nggak ke pantai Timur-nya. di situ banyak soft coral menari2 lho. cukup snorkeling aja, udah bisa liat hamparan terumbu karang sehat membentang luas.
    berdasarkan surveyku di beberapa tukang perahu, rata2 tarif standard itu sudah dapet 2 spot snorkeling lho... bukan mau komporin, tapi kayaknya rombongan bang cumi kena' lagi tuh. hehehehe..
    btw, thanks ceritanya. seruuu.. hehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mesti balik lagi ke sana. Kmrn itu cuaca juga lagi ngak bersahabat jadi yaaa ngak berharap banyak. Mudah2an bisa kesana lagi dalam waktu dekat, bulan kmrn kemanado tp jadwal.padat jd ngak kesana

      Delete
  30. waduuuuh sepertinya harus bawa uang yang banyak kalau ingin main - main kesana hehe tapi sepertinya keren banget :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tempatnya lumayan keren tapi yaaa gitu dech, Kalo kesana mending nanya dari awal dari pada di tepu tepu hahaha #Pissssss

      Delete
  31. bagus juga tempat wisatanya

    ReplyDelete
  32. kira2 haruz nyiapin budget berapa kalo dari JKT?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiket PP jkt-manado aja sekarang 2,7 jt. Untuk bisa woles2 disana paling 4-5 jutaan

      Delete
  33. cpek lah saketek da ah, tabali tiket ny bko lai,, :D abih bara kiro2 Tu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wakssss apaan ini lagi bahasa nya, langsung roaming

      Delete
  34. kota gw tuh bang hehehe tapi itulah kritik agar menjadi lebih baek kan ..
    salam kenal mas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari kita kritik membangun, buat kemajuan bersama :-)

      Delete
    2. bener mas mkanya ane kaget pas baca judulnya tadi tapi pas baca artikel secara keseluruhan ternyata baik juga mas...

      Delete
  35. Kalau begitu beneran kata beberapa orang yang pernah ke Bunaken, spot di ntt lebih kecil tapi view terumbu karangnya aje gile, cakep2 bahkan di beberapa spot malah ditandingin sama raja ampat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mau di ajak ke NTT, ntar ajak aku muter2 yaaa kak #ngarep

      Delete
  36. Menurut Saya Pesona snorkeling dan diving taman laut bunaken adalah referensi liburan yang sangat bagus dan merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan seumur hidup. Makasih infonya bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus nya sech begitu, tapi aku sedikit kecewa waktu kesana

      Delete
  37. sekalian ikut paket tour aja mas cum kalo mo kesana lagi, udah terinci mo kemana aja n brapa duit.. add aja Fbnya ada jd bisa liat2 tracknya hehehe.. nih aku kasih: Tour Lihaga namanya Ko' Heri, 1 lagi: Jefri Kalangit http://www.manadotourguide.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh aku masih penasaran lihaga, pengen kesana. Ntar kalo balik ke manado, bakal ke lihaga

      Delete
  38. Berarti ga sebagus yg di iklan ya taman laut bunaken,masih bagusan mana sama gili trawangan lombok,sya lg nyari view buat acara liburan...tlong infonya thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gw mah jelas pilih gili trawangan. Bunaken jadi pilihan terakhir hehehe

      Delete
  39. Bukan nya ketipu gays..mang tarif nya segitu..kita juga pernah kok kebunaken..kalau dibilang mahal ya sih..sebab dimanado serba mahal..jadi jgn kaget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kami ketipu bukan masalah harga nya tapi coba baca paragraf ini :
      Saat kami bilang mau snorkling, kami langsung disuruh sama pegawai kapal yang kami sewa untuk ambil alat snorkling + wetsuit di tempat penyewaan tanpa kami sempet bertanya dulu, rada2 di paksa dan mereka bilang ini sudah paket nya, kami beranggapan ini termasuk paket dengan kapal yang kami sewa. Dan ternyata harga sewa alat snorkling nya Rp. 100.000,- dan wetsuit nya Rp. 50.000,- (ini kami merasa ditipu atau tertipu atau kami yang bodoh ???) ditagih belakangan setelah kami mengembalikan alat.

      Kami pikir ini termasuk sewa kapal, karna di bilang sudah paket nya. Jadi kami beranggapan termasuk biaya sewa kapal diawal yg telah kami bayarkan. Karna mereka tanpa babibu kasih tau sewa nya berapa

      Delete
  40. Baru baru .. kebunaken.
    Ancur .. duit terus... dikit2 duit.
    Waktu itu kami cuma bertiga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan ... semoga mereka sadar hahaha

      Delete
  41. saya asli manado
    dan cuma mau bilang selamat datang di Manado yg artinya Mana doi (mana duit)
    hahaa
    disini tuuh jangan kageet apa2 mahal dan apa2 harus bayar.. tapi warga kami santun dan baik semua.. hehehe

    dan mgkn karena kakak2 logatnya beda ketauan dr kota lain jd semuanya dipatok harga Wow.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, kita kan bahasa indonesia gaul jd di pikir banyak duit hahaha

      Delete
  42. Mas cumi...nice post...selalu nyimak article Dr Mas.
    Aku Ada recant ke takabonerate. Menurut mas untuk keindahan bawah laut... Bagusan Bunaken atau takabonerate?
    Karena aku mau ke takabonerate, tp ga bs diving mas. Untuk snorkeling Udah dpt view underwater yg Juara ga Mas?

    Terima kasih infonya ya :D
    Keep writing the awesome blog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo aku jujur lebih milik takabone, disana karang nya bagus2 dengan snorkling aja dah biza nikmati manjah2 gitu. Cuman takbon jauh nya minta ampun hahaha

      Delete
  43. Ok dee Mas Cumi,,,thank you buat sarannya ya....

    ReplyDelete
  44. emang bikin gondok tuh, kalo kebanyakan bayar ini itunya...mungkin karena cuaca ya kak...jadinya keindahan bunaken tak seperti yang sering terlihat di sosmed..

    ReplyDelete
    Replies
    1. di socmed kebanyakan pencitraan doang hehehe

      Delete
  45. Mantab, laut bunaken keren banget untuk di kunjungi, baik bersama keluarga maupun orang" tersayang... keren. salam wisata...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih wasapada kalo kesana, jangan sampai seperti kita yaaa hahaha #Trauma

      Delete
  46. Kebanyakan wisatawan yang nggak disiplin jadi taman lautnya keliatan kotor....klo lihat di gambar lbh bgs Bali, Derawan, Raja Ampat..... Kasihaaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setiap tempat pasti punya keunikan masing2 yaa, jadi ngak ada salah nya ikutan ke bunaken asal jangan ikutan ketepu2 manja hahaha

      Delete
  47. Orang Bunaken / Manado belum nyadar kalau sekarang menjamur wisata snorkeling dan diving di Indonesia. Mereka terbuai kejayan masa lampau tanpa berbenah dan evaluasi . Banding-banding harga dong kalau mau jualan sama produk sejenis ada Trawangan, Komodo, Pahawang, Belitung, Derawan. Lama-lama kalau tidak mau berubah bisa good bye Bunaken.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju banget, sekarang sudah banyak pilihan dengan pelayanan lebih baik. Kalo mereka ngak berubah pasti akan di tinggal kan

      Delete
  48. jangan kapok dulu kak.... next time ajak slah satu temen org manado...spy gak di*begoin* ama oknum kayak gini....minimal infonya udah jelas dari awal....bahkan sekarang lagi trend buat tour beberapa pulau cm bayar Rp 150K-200K udah snorkling, keliling beberapa pulau, dapat lunch/snack box lagi.... tenang deh manado & bunaken gak sejahat itu hahahahhah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua itu ulah oknum kok, ngak semua orang manado jahat hehehe. Aku berulang kalo ke manado aman2 aja dan seneng cuman yg bunaken ini aja kena sial hehehe
      Semoga pariwisata bunaken makin berjaya

      Delete
  49. cantik banget bawah lautnyaa.... postingan jalan2 kak cumi bikin iri iri manjaaaaah hahaha aku di sulawesi kak tpi belom pernah ke bunaken

    ReplyDelete
    Replies
    1. Capcusss deh berangkat ke bunaken, jangan bikin malu orang sulawesi hahaha

      Delete
  50. Anonymous01:03:00

    Terimaksih sudah berkunjung dan membuat blog ttg bunaken. Sebagai seorang guide di sulawesi utara, saya kecewa dengan pendapat para traveler, menurut saya kalian hanya memilih biro perjalanan yang salah. Dan kalian tidak berminat menyewa guide lokal dari sulawesi utara. Biasanya kami mampu mengatasi hal" embelan dari para awak kapal juga orang pulau. Saran saya lain kali saat berkunjung ke sulawesi utara, gunakanlah jasa perjalanan yang berkualaitas, cek kapal kalian sebaiknya kapal dari daerah marina plasa atau cilaca. Dan sewalah guide lokal yang telah memiliki lisensi dari HPI. Salam dari tanah lumimuut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga ini jadi pelajaran buat kita semua

      Delete
  51. Bisa bangkrutt kalau begitu biayanya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ish kamu lebay dech, ngak bangkrut juga kali hahaha

      Delete
  52. wah pasti berkenang nan keceh ya mas ini mantap dah....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kapan kamu mau main ke bunaken ???

      Delete
  53. Well, jujur waktu ke Bunaken aku juga merasa tempat itu gak sebagus yang dikabarkan dan gak seindah yang aku bayangkan. Karang-karangnya masih kalah jauh dengan coral garden di Gili Air dan juga Pulau Menjangan di TNBB. Cuma memang Bunaken punya keunikan bentuk wall nya yang berlekuk-lekuk.

    Tapi yang membuat aku cukup terhibur waktu itu sempat diving di satu spot wreck ship yang cukup dalam gitu dan melihat ikan-ikan yang ukurannya cukup raksasa. Plus juga ketemu hiu. Cuma sayang masih anakan sih hiu nya, jadi kurang puas :-D

    Yang membuat aku senang diving di sana sih makanan di atas kapalnya. Nasi Kuning Manado yang ngangenin. Pengen sih suatu saat diving di Bunaken lagi, cuma mungkin harus belajar dari pengalaman mas Cumi nih, supaya gak kena 'palak' kaya gitu. So far sih waktu itu pengalaman divingku di sana smooth lah, gak ada yang aneh-aneh. Kecuali aku sempat kehabisan udara waktu di bawah, jadi harus ikutan teman lain yang napasnya agak-agak hemat :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duch jadi kangen nasi kuning sama sambel roa nya ihik ihik

      Delete
  54. padahal aku pengen bngt lah kesana, bunaken wisata air yang menakjubkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk berangkat datang dan buktikan sendiri

      Delete
  55. yang jelas harus banyak duit dulu gan..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak juga melulu soal duit lah hehehe

      Delete
    2. harus pinter pinter cari yang gratisan atau promo :D juga cari secret flying

      Delete
  56. alexa udah ramping, backlink gak pelit, mantap deh kang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga rejeki nya juga mengalir deras amien

      Delete
  57. sebenarnya sih untuk sewa kapal di sana memang exclude alat snorkeling... jdi jgn heran kalau ada biaya tambahan.

    knp harus tidak sekeren namanya tersohor?? karena bunaken di kenal dengan alam bawah lautnya mba... itu ada di 20M plus kalau mau nikmati taman lautnya... kalau untuk snorkeling yah seadanya.. tpi snorkeling lbh mantap di siladen...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Awal nya bilang kalo itu semua include lho ihik ihik ihik.

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com