Tengkorak Berserakan di Kete Kesu

It's About The Journey, Not The Destination
Kete Kesu lebih dikenal sebagai objek wisata rumah adat masyarakat Tana Toraja atau yg lebih dikenal dengan sebutan Tongkonan. Tetapi di Kete Kesu sebenar nya terdapat pula makam/kuburan kuno masyarakat sekitar yg lokasi nya ada di belakang sekitar 100 meter dari Tongkonan2 tersebut.
Tongkonan
Lakasi nya sangat mudah di jangkau karna jarak nya mmg tidak terlalu jauh dari kota rantepao, terletak di Kampung Bonoran, Kelurahan Tikunna Malenong, Kecamatan Sanggalangi, Kabupaten Tana Toraja Sulawesi Selatan Indonesia.
Tongkonan-tongkonan disini lengkap dengan ornamen2 khas tana toraja, serta tanduk kerbau yg di susun rapi meningkat ke atas di depan rumah adat nya. Semakin tinggi tanduk kerbau yg terpasang di depan rumah, menunjukan semakin tinggi pula status sosial sang pemilik rumah.
Tanduk Kerbau Menunjukan Status Sosial
Tongkonan di Kete Kesu di didirikan oleh Puang Ri Kesu serta diwariskan secara turun temurun ke kerabat nya. Tongkonan di Kete Kesu ini sekarang sudah tidak di tinggali tetapi masih terawat dan di jadikan tempat pertemuan serta tempat upacara adat. Oh yaa keturunan Puang Ri Kesu masih ada hingga sekarang dan merawat tempat ini menjadi cagar budaya.
Kete Kesu ini berada di Toraja bagian selatan, kalo waktu kunjungan kita hanya 1 hari bisa ke Londa, Lemo, Kete Kesu & Suaya (Kuburan Raja2 Sanggala). Toraja mmg terkenal dengan wisata makam alias hampir semua yg menjadi objek wisata berupa kuburan peti2 mati hahaha. Jadi jgn heran kalo kita berkunjung ke tengkorak dan peti mati melulu.
Menyimpan Banyak Jenazah Didalam Lingkaran Peti
Patung2 Didalam Ini Bernilai Tinggi
Tengkorak Di Dalam Peti Yang Terbuka
Di Kete Kesu juga terdapat peti2 mati yg umur nya sudah ratusan tahun, ada yg hanya di letakan di tanah, ada yg di gantung diatas tebing, ada pula yg di masukan di dalam gua. Disini kami juga melihat banyak patung2 orang2 yg sudah meninggal yg di letakan di dalam lubang tebing semacam gua dan di tutup pagar dan di beri gembok. Disini kita banyak melihat tengkorak2 berserakan dimana-mana, saya membayangkan kalo malam mungkin tengkorak2 ini saling bercengkrama xixiixixiix.
Banyak Peti Mati Digantung Didinding Tebing
Menurut penduduk setempat, banyak sekali pencurian patung2 tersebut dan di jual yg harga nya bisa mencapai ratusan juta. Patung2 ini memiliki nilai magis dan juga nilai sejarah yg sangat tinggi bagi masyarakat Tana Toraja. Banyak sekali peminat dari patung2 tersebut, sehingga makin tinggi pula kasus pencurian nya.
Peti Mati Tersimpan Di Gua
Tongkonan yg terkenal di Toraja sebenar nya ada lagi selain Kete Kesu yaitu Pallawa, disana juga terdapat pengrajin tenun khas toraja. Tetapi kami tidak sempat kesana karna keterbatasan waktu jadi cukup ke Kete Kesu saja.
Dikete kesu juga terdapat penjual cindramata dan warung jual makanan dan minuman jadi kita bisa berbelanja disini.

Thanks buat Nuniek, Iyus, Sheilla, Jopit, Asnie, Yanni, Delisa ......

6 comments:

  1. Anonymous18:42:00

    bulan lalu (09 s/d 10 oktober 2014) aku baru klayapan kesana juga mas. nginap di rantepao (luna resort) kamar tanpa ac tapi tidur malamku sambil menggigil, hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku awal okt juga abis dari toraja, nginep tongkonan milik warga di londa dan juga menggigil kedinginan :-)

      Delete
  2. kak aku gk berani photoin yang patung di dalam jeruji

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kenapa ngak berani ??? kan mereka dah pada mati hehehe

      Delete
  3. salam kenal jika berkenan kunbal http://www.traveluxion.web.id/

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com