500 ribu mampir ke SAMALONA

Berpasir Putih Bersih
Pulau Samalona - Samalona nama yg terdengar indah di telinga. Yap samalona merupakan sebuah pulau kecil yg sangat indah, memiliki banyak pesona bawah laut yg cukup keren serta berpasir putih bersih di sebelah barat Makasar Sulawesi Selatan Indonesia, atau sekitar 2 km dari Pantai Losari yang sangat terkenal itu.
Dermaga Depan Fort Rotterdam
Di Pulau Samalona kita bisa bersantai menikmati kelapa muda sambil berjemur atau hanya sekedar bermain pasir. Tetapi yg menjadi andalan samalona adalah alam bawah laut nya, banyak trumbu karang serta ikan2 yg sangat cantik + indah untuk dinikmati dan direkam dengan mata kita.
Oh yaa sebelum singgah ke samalona perjalanan kita terlebih dulu ke Pulau Kodingareng Keke jarak nya hanya sekitar 15-20 menit dari pulau samalona atau 13,6 km dari Pantai Losari Makassar. Untuk bisa ke Samalona dan Kodingareng Keke kita bisa carter boat dari Dermaga Kayu Bangkoa atau Dermaga depan Benteng Fort Rotterdam, sewa boat disini sekitar 500 ribu. Kalo rame2 lumayan bisa sharing jadi murah meriah tapi kalo cuman ber 2 aja yaaa mahal hehehe, di samalona ada juga penyewaan alat snorkling yg harga nya Rp. 40 ribu/paket bisa di pake sepuas nya.
Setelah puas di Pulau Kodingareng Keke perjalanan kami baru ke Pulau Samalona. Pulau Samalona semakin menyusut setiap tahun nya, dulu nya pulau ini sekitar 6,7 hektar tapi sekarang sudah menjadi 2,3 heaktar dan di perkirakan tahun 2020 akan hilang. Serem juga nich kalo hilang hehehehe tapi beruntung kita bisa berkunjung kesana jadi bisa cerita ke anak cucu kalo di makassar terdapat pulau cantik bernama samalona.
Pulau ini sebenar nya milik beberapa orang, ada papan pengumuman disini yg menyebutkan siapa saja pemilik nya. Disini juga terdapat rumah penduduk, kita bisa numpang mandi setelah bermain air atau bermain pasir tarif nya Rp. 10.000,- untuk sekali mandi. Terdapat beberapa warung yg menjual makanan minuman ringan.
Segerombolan Ikan Kecil Berwarna Unggu
Kutemukan Nemo

Perjalanan saya ke Samalona + Kodingareng Keke tergolong aneh kalo kata temen2, soal nya biasa nya seneng banget jumpalitan berenang di laut, tapi kali ini saya sama sekali ngak mau berenang ataupun menyentuh air laut hehehehe. Hanya duduk2 di pasir dan ngobrol ngak jelas bareng beberapa temen, sedangkan yg lain asyik berenang.
Phinisi
Rasa nya wajib di kunjungin apabila kita sudah berada di makassar untuk mampir ke Pulau Samalona dan Pulau Kodingareng Keke karna jarak nya yg memang tidak terlalu jauh. Dan lebih seru kalo perjalanan kita rame2 karna bisa sharing sewa perahu nya sehingga biaya yg dikeluarkan akan terasa murah hehehe.

Thanks buat รจ Iyus, Jopit, Delisa, Yanni, Sheilla, Nuniek, Asnie ...... Kapan mau kelayapan lagi ????? Ayo kita cari tiket promo lagi hehehehe.
Snorkling
It's About The Journey, Not The Destination
WAJIB & HARUS ke Pulau Tetangga nya Yang Jarak nya Tidak Terlalu Jauh, yaitu Pulau Kodingareng Keke. Baca cerita nya di http://www.cumilebay.com/2012/10/pulau-kodingareng-keke.html

57 comments:

  1. Anonymous20:22:00

    Mantap Mas Cum

    ReplyDelete
  2. cumiiiiiiiiiii knp tdk ada foto gue di sini !!!!!!!!!!!!!!! CURANGGGGG

    ReplyDelete
  3. hahahaha sabar yaa mbak nuniek

    ReplyDelete
  4. Yuk kita beli pulau ini, kita buat party kayak di trawangan hua1000x

    ReplyDelete
  5. ih pesta mulu yaa, inget dosa hahaha

    ReplyDelete
  6. dosa kan kagak keliatan mas cum

    ReplyDelete
  7. iye tapi dosaa bejendol gimana ???

    ReplyDelete
  8. aaah, pas dulu kesitu kok gak sebagus ini ya *gigit pasir* :| kena badai pula balik ke makassarnya ==

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo di ulang lagi ke samalona :)

      Delete
  9. Wow.. sharing menarik dan bikin kepengen... terus berbagi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo ke Samalona, ajak2 yeee :)
      Makasih dah mampirrrr

      Delete
  10. wah baru tau kalo samalona sebagus ituu :O

    http://febrinasilalahi-piakacangitem.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo berangkat ke Makassar :)

      Delete
  11. samalona keren asli boss...juni 2012 kesana terasa indah banget eheheheh luas nya udah jadi 2 hektar koma sekian , spikspik bahasa makassar ane bisa sewa perahu 300rb ,,sayangnya ane cuma ber 4 gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samalona mmg keren banget, sayang aja kalo pulau ini harus hilang di telan abrasi hahaha.

      Kmrn itu kita dah nawar pake urat nadi dapat nya segitu, tapi seru juga di kodingareng keke nya :)

      Delete
  12. pulau samalona itu dimana? letaknya dimana?,makassarya dimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 2km dari kota makassar

      Delete
  13. bagusssss. kerennn

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ... ayo berkunjung ke samalona :)

      Delete
  14. Anonymous02:18:00

    Penginapan disana ada gak, terus tarif nya berapa, n model penginapan nya kayak gmn??
    Hehe.. Pengen kesana nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kami ngak liat penginapan, hanya liat beberapa rumah penduduk dan beberapa cafe. Tapi kayak nya tuch rumah bisa di sewa

      Delete
  15. Kalo 500 ribu dan pergi sendirian berarti mahal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamu ngak mampu kalo 500k hahahaha

      Delete
  16. Anonymous17:22:00

    boleh tau jadwal kapalnya ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kebetulan kami rental kapal nya. Jadi kapan aja bisa jalan hehehe, kalo kapal reguler biasa sayakurang tau yaaaa tp rata2 wisayawan kebanyakan rental giti ;-)

      Delete
  17. Wah seru juga, mumpung saya masih di makasar besok mampir dulu ah sebelum pulag.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib kesini, tp jangan lupa sekalian mampir ke kodingareng keke ;-)

      Delete
  18. alternatif tujuan menarik kalo ke makasar nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, jarak nya cuman selemparan kolor dari pantai losari haha

      Delete
  19. beberapa bulan lalu saya ke samalona juga, harga makanan disana mahal buangett :( snorklingnya di pulau ga berpenghuni, bagus abiss lautnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya disitu lumayan mahal, untung kmrn kita bawa makanan belanja di indomaret depan losari ;-)

      Snorkling nya di pulau kodingareng keke yaa ??? Kami juga kesana

      Delete
  20. iya kali ya nama pulaunya kodingareng keke, saya kesulitan nginget n baca nama-nama yg berbau makassar hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa pulau nya mmg bagus dan sepi, ah jadi kangen pingin kesana lagi ;-) btw nama khas berbau sulsel mmg rada2 susah, aku juga susar mengapal nama nya hehe

      Delete
  21. pulao itu milik 7 orang ya.. lucu aja namanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, nama nya tertera dalam papan pengumuman nya hehe

      Delete
  22. Lumayan dekat kalo hanya 2km dari losari, sayang waktu itu tdk sempat mampir kemari

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berenang dari losari juga bisa kok hahaha, cuzzz balik ke makasar ;-)

      Delete
  23. Iya, pulau Samalona dulunya emang luas tapi tiap tahun mengalami penyusutan.
    Semoga pemerintah memperhatikan samalona dengan membangun pembatas abrasi pantai, karena salah satu alasan orang berkunjung ke Makassar pengen liat samalona.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nich, harus ada campur tangan pemerintah untuk bikin pembatas yg biaya nya ngak murah agar pulau ini juga tetep ada dan tetep jadi daya tarik wisata kedepan nya

      Delete
  24. Mas Cumi kenapa kaget di bawah papan pengumuman pemilik pulau? Ada nama yg dulu niat mau bagi gono-gini rupanya ingkar janji ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... aku udah di cerai ama mereka tapi blm dapat warisan nya :-)

      Delete
  25. Minggu depan saya ke Makassar, jadi pengen ke sana setelah ngeliat poto poto nya bang cumi, hehhee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dah sampai makasar wajib hukumnya ke samalona. Jangan lupa bikin pose foto tersexy yaaa hahaha

      Delete
  26. kalau dari dermaga masih berapa jam kah?thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling lama seingetku 45 menit

      Delete
  27. jika ingin kepulau hubungi : 081355305229

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tuch siapa yg mau jalan kesana ???

      Delete
    2. saya besok mau jalan kesana bertiga. mau sharing gak mas?

      Delete
  28. seru banget kakak cumilebay... semoga aku kesampaian ya kesini.. amin..

    ReplyDelete
  29. Anonymous17:11:00

    hello, im from malaysia. i really interested wanna go here but i want to know how much cost that i need to spent out at there. can u reply this because i to sure about the budget if want to there. thankyou for share :)

    ReplyDelete
  30. sy kan bertiga nih mau jalan kesana besok. itu 500rb sudah pergi pulang blom? dan apakah biasa ada wisatawan yg kbtulan mau sharing jd bs bareng sewanya? thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di jawab yaaaa kmrn hehe

      Delete
  31. Gan kalo dari pantai loseari ke pulau samalona lewat dermaga sebelah mana yah,plis saran.a

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari depan benteng ford rotterdam

      Delete
  32. Replies
    1. Bukan villla tp penginapan sederhana milik penduduk setempat

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com