Lokomata dan Lubang2 Mayat

Lokomata Toraja - Lokomata mempunyai arti lubang, yang berarti kuburan di sebuah batu besar. Jadi ada sebuah batu besar sekali di pinggir jalan yg dilubangi berbentuk kotak2  untuk penempatan jenazah orang yg meninggal. Dalam 1 batu besar ini terdapat banyak lubang tempat menaruh jenazah, biasa nya 1 lubang buat 1 keluarga yang berarti bisa berisi lebih dari 1 jenazah. Dan inilah indonesia dengan berbagai keunikan warisan budaya nya.
Pemandangan Selama Perjalanan
Lokomata
Terletak di sekitar 30 km dari kota Rantepao, dimana 10 km terakhir jalanan akan ancur jadi mesti extra hati2 kalo kesana tetapi sepanjang perjalanan akan di suguhkan pemandangan yg sangat menarik berupa sawah2 serta puluhan kubur batu. Meskipun jalan nya sempit dan banyak lubang tetapi ada kepuasan di mata karna melihat banyak keunikan sepanjang jalan. Lokomata berada di wilayah lereng Gunung Sesean, di Desa Pangden.
Banyak Tongkonan Disepanjang Jalan Menuju Lokomata
Batu Dipinggir Jalan Juga Dijadikan Lubang Menaruh Mayat
Lokomata berada di ketinggian, sebelum sampai di lokasi batu besar nya, kita terlebih dahulu akan melewati puncak rantepao yg nama nya Batu Tumonga. Jadi Batu Tumongga ini merupakan sebuah daerah yg menjadi puncak tertinggi di Rantepao kita bisa melihat ibu kota Tana Toraja ini dari ketinggian yg dikelilingin sawah menghijau + pohon2  asri yg rindang. Paling bagus berkunjung di sini saat menjelang sore, tapi sayang kunjungan kami disiang bolong yg panas hehehehe.
It's About The Journey, Not The Destination
Lokomata terletak di bagian utara Toraja, di bagian ini selain lokomata, kita juga bisa berkunjung ke Pallawa, Bori, Batu Tumongga. Disepanjang jalan menuju Loomata banyak terdapat Tongkonan milik warga, kita bisa numpang foto2 sekedar narsis biar eksis.
Yaaa rasa nya wajib kalo datang ke Toraja untuk mampir ke objek wisata lokomata dan menyaksikan pemandangan kota rantepao dari ketinggian di Batu Tumonga, tapi jgn heran yaa kalo kita lagi2 melihat kuburan batu karna mmg ditoraja hampir semua objek wisata nya berupa kuburan hehehehe.

Batu Tumongga


17 comments:

  1. Anonymous14:06:00

    Perjalanan berat takkan terasa berat bila bersama teman2 yang mengerti qta ... indahnya suatu tempat akan lebih berarti bila ada orang untuk berbagi .. dan berbagi kebahagiaan dengan kalian adalah priceless...

    ReplyDelete
  2. thanks dah menjadi bagian dari sebuah persahabatan yg indah ini.
    It's about the journey, not the destination

    ReplyDelete
  3. duh kalian pada lebay kata-kata nya, jadi mulesssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar lebay tp kan eksis ya mak !!! he4x

      Delete
  4. hahaha sabar yeeeee :)

    ReplyDelete
  5. indahnya kebersamaan itu.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm .... Lebih indah lagi kalo ikut ke woo bar hahahaha

      Delete
  6. haaa...ngelubanginnya gimana tu mas???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dipahat jadi mereka sebelum meninggal sudah menyiapkan kuburan nya jauh2 hari

      Delete
  7. Mampir... Cari rute ke lokomata dan minim info lengkap nih. Huhuj

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara nya gampang kak, semua orang dah tau kok arah kesana. Cuman ada 1 jalan aja jadi ngak mungkin nyasar. Kmrn aku nyetir sendiri dan cuman nanya sekali doang trus langsung ketemu

      Delete
  8. Itu orang yang meninggal di masukkan kedalam puncak atau batu ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap, dimasukin ke dalam lubang batu

      Delete
  9. wahh wah.. itu kuburan kok kecil. berisi mayat atau cuma abu nya saja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mayat dong, kan di masukin ke dalam

      Delete
  10. Bisa-bisanya liburan ke kuburan. Haha. Tapi Lokomata emang terkenal bgt sih. Btw berasa angker nggak om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak angker kok, karena lokasi nya di pinggir jalan

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com