Gunung Padang, 3x Lebih Besar Dari Borobudur

Batu Berserakan Ini Mengandung Berjuta Makna
Situs Gunung Padang terletak diperbatasan Dusun Gunung Padang & Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur Jawa Barat Indonesia. Situs prasejarah megalitikum ini diperkirakan seluas 900 m² dan terletak di ketinggian 885m diatas permukaan laut. Dengan areal situs ini sekitar 3 Ha, menjadikannya sebagai komplek pundan berundak terbesar di Asia Tenggara, dengan desain arsitektur kontruksi canggih yg setara dengan kontruksi bangunan Michu-Pichu di Peru.

Gerbang Masuk Parkiran
Berita yg beredar setiap hari di TV National ttg situs megalitikum gunung padang akhir2 ini, membuat rasa penasaran saya bersama teman2 untuk bisa mengunjungi dan melihat seperti apa sech Situs Gunung Padang ini yg berdasarkan penemuan baru diperkirakan luas stus gunung padang ini mencapai ±15 ha dan 10x lipat lebih besar dari Candi Borobudur. Wow banget kalo mmg sampai lebih besar dari Borobudur, secara itu candi menurut gw dah gede banget lho.
It's About The Journey, Not The Destination
Menjawab rasa penasaran itu, Jum’at pukul 23.00 kami akhir nya berangkat ber 7 manusia penasaran hehehe. Perjalanan Jakarta-Cianjur kami tempuh lancar jaya sekitar 2,5 jam melewati Puncak Bogor. Selepas Puncak akan sampai di perempatan cianjur kita belok kanan di SuperMall Cianjur kearah kantor DPRD Cianjur, nanti lurus aja ambil arah ke sukabumi. Jarak nya ±15 km dari Gedung DPRD menuju pertigaan yg mengarah ke situs. Dari pertigaan itu belok kiri, nanti ada petunjuk jalan nya, sekitar 20km dari jalan raya untuk menuju situs nya.
Tangga Ziarah Menuju Situs



Oh yaa sepanjang 20 km ini kami disuguhkan perkampungan warga, perkebunan teh. Situs Gunung Padang terletak di balik perkebunan teh. Sekitar pukul 3.30 pagi kami sudah sampai di parkiran Situs. Numpang istirahat di warung warga yg awal nya blm buka, akan tetapi karna kita numpang nanya + pingin makan indomie akhir nya warung itu di buka.
Tepat 05.30 kami akhir nya jalan kaki menuju gerbang situs jarak nya sekitar 300 meter. Loket situs blm terbuka karna jam operasional nya mulai 08.00 – 16.00, akan tetapi kami diperbolehkan masuk ama penjaga situs. Alhamdulillah kami akhir nya bisa menikmati sunrise di atas Situs Gunung Padang dan bener2 sepi hanya ada rombongan kami ber 7 (pantas lah sepi, orang blm buka hahaha).
Halaman Belakang, Ada Menara Pandang
Kita mesti menaikin anak2 tangga yg lumayan curam & terjal sebelum sampai ke situs nya. Oh yaa tangga menuju situs ini di bagi 2, ada tangga ziarah dan tangga wisata. Kalo tangga ziarah merupakan tangga yg terbangun sejak dahulu kala peninggalan situs ini sedangkan tangga wisata merupakan tangga yg di bangun sebagai penunjang wisata agar masyarakat tidak terlalu capek untuk naik keatas karna tangga nya pendek2 dan landai. Kami memilih brkt melalui tangga ziarah dan turun melalui tangga wisata.
Laporan pertama mengenai kebradaan situs ini di muat pada Rapporten Van De Oudheidkundige (ROD, “Buletin Dinas Kepurbakalaan”) tahun 1914. Dan oleh sejarawan Belanda N.J Krom sempat disinggung juga di tahun 1949 tapi akhir nya terbengkalai juga tanpa ada tindak lanjut.
Batu Panjang Ini Bisa Mengeluarkan Bunyi Seperti Gamelan
Fungsi situs gunung padang diperkirakan adalah tempat pemujaan bagi masyarakat yg bermukim disana sekitar ±2000 th sebelum masehi. Hal ini juga masih berlangsung sampai sekarang, banyak masyarakat yg berziarah untuk memohon pada yg diatas melalui situs ini. Di tangga sebelum naik ke situs, ada sumur kehidupan yg di percaya sebagian masyarakat bisa membawa berkah. Kami sempat juga iseng2 cuci muka dengan air sumur ini yaa mudah2an bisa awet muda, keren & gaul pisssssssss.

Menurut tim riset bahwa di gunung pasang juga terdapat geometri-kontruksi bangunan berupa ruang2 besar sekitar 15 meter dibawah puncak Gunung Padang dengan emngunakan metode Geolistrik, Georadar dan Geomagnet. Bagian kecil dari salah satu ruang yg berada di teras lima, bagian selatan situs sudah dibuktikan dengan pemboran.











Kami berharap situs ini bisa terselesaikan dengan cepat penelitian nya dan dijadikan peninggalan yg bersejarah yg patut di banggakan layak nya Candi Borobudur.
Thanks buat temen2 seperjuangan & sepenasaran yg tak lelah kelayapan meski tanpa tidur => Novel, Anggie, Sheilla, Shan2, Juju, She2. Oh yaaa perjalanan kami lanjutkan menuju Curug Cikondang yang jarak nya ±7km dari Situs Gunung Padang.


40 comments:

  1. salam kenal bro, ga sengaja nemu blog ente pas nyari info soal cikondang n situs megalith.. tks info nya, clear,.. btw yg cikondang, parah bgt ya jeleknya jalan? bsok ngedadakan pengen ksana ah.. hehehehe.. mdh2an smooth..
    salam buat sheilla.. spt nya dia dulu adek kelas gw di univ advent.. if im not mistaken..
    gw follow blog nya yak.. tq/

    ReplyDelete
  2. Btw makasih dah mampir di blog cumi, jalanan nya dari situs - curug cikondang lumayan agak sedikit parah karna hanya pecahan batu2 besar + tanah merah. Ati2 aja bawa kendaraan nya, takut nya selip.

    Oh iya bener itu sheilla pinem .... Salam disampaikan

    ReplyDelete
  3. heyyy bener saia Sheilla dulu kuliah di Univ Advent ;)

    ReplyDelete
  4. Astaga! hello Sheilla.. hahahaha, gw dah rada2 curig ni si sheilla.. hihihihi... ternyata bener.. makin yakin pas namamu disebut sama brader cumi.. gw ang' 94 btw...

    bro cumi, again.. thks a bunch! gw tetep ksana daripada ga bisa tidur nanti hahahaha.. hopefully smooth..!

    ReplyDelete
  5. Ayo Cemungut Eeap hahahaha, paling kalo selip yaa ngedongkrak kayak gw kmrn.

    Ban bocor ketancap batu kayak nya atau mmg ban nya yg tipis hahahaha

    ReplyDelete
  6. Mumet gw baca TR TR lu kaka cumi.. Bikin ngecesss cesss... Pas pula ktemu team jln yg solid.. Duuhh.. Berguru ah ama dirimu..

    ReplyDelete
  7. Kalo mumet coba pegangan hehehe. Btw coba berguru ama sheilla pinem, dia jago nya urusan ngepet hahahaha.

    Ayuk bergabung sama cumi dugong kelayapan, siapa tau menemukan travelmate hahahaha

    ReplyDelete
  8. Kaka ncum.. Sukseess gw ke situs gn padang, tapi grombolan sirkus termasuk gw , nyeraah pas mau ke curug cikonde (gw nanyanya ini mlulu ke org2, mereka slalu koreksi klo nama yg bener curug cikondang hahaha), ancurr gila itu sih jalan, kasian fiona ah (panggilan sayang ke boil gua)...

    ReplyDelete
  9. Gubrax .... Knp aye di pangil abang ??? Hua3x. Sheilla tolong nich temen lw, manggil gw abang xixixiix.

    Btw jadi ngak ke cikondang dong ??? Dah sempet liat jalanan nya ??? Tetep cemungut eeaap

    ReplyDelete
  10. Wakakakaka... Lhaa lu kan cumi, naah gw masih ikan julung2.. Hihihi, wajar gw panggil abang wakakaka...

    Iyee gw dah liat jalannya, malah udh masuk k jln gilingan itu kira2 100mt, pas gw liat putri2 keraton yg duduk dibelakang gw, mukanya dah kaga indah lagi, tak seindah waktu sukses ke situs megalith.. Gw lgsung minta pendapat publik, mrka cuma bisa triak "balik arah cepetannn!!!" Huakakaka..

    ReplyDelete
  11. aduh ... mau dong dikenalin ama fiona ?????? sayang sekali kalo dah sampai gunung padang ngak ke cikondang. Istilah kata itu lw dah ke jakarta tp ngak ke Plaza Indonesia

    ReplyDelete
  12. jangan skrg bro, fiona lagi dapet.. judes bgt.. hihihihihi...

    iyee.. abis bijimane yee.. hiks, dan ibarat kata.. gw pup tapi lupa cebok... *kok jadi jorok begene.. wakakakakak

    ReplyDelete
  13. Btw sheilla ajiibbb mampuss hasil jepretannya !!!!! Keep up the good work sis !!

    ReplyDelete
  14. Kalau memang nantinya hasil penelitian dll menyimpulkan bahwa situs ini lebih besar dari pada Borobudur, mantab banget gan, bisa masuk destinasi 7 keajaiban dunia tuh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bismillah mudah2an aja cepet selesai nich situs

      Delete
  15. Anonymous19:40:00

    rencana mau di eskavasi september 2012 sampai sekarang sudah 2013 tida ada kabar beritanya lagi mungkin pemerintah tida serius menanggapinya kecuali bila keberadaan situsnya ada di pulau bali atau di jogya karta baru serius menanggapinya

    ReplyDelete
  16. Klao diprediksi pasti kelar nya nanti 50th atau 100 th lagi, karena ini INDONESIA. Sedih banget sebenar nya jadi bangsa yg kurang menghargai sejarah dan budaya. Petinggi kita hanya memikirkan isi perut nya saja :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... tapi itulah indonesia yg sangat tersohor itu. Pejabat nya sibuk memperkaya diri sendiri dan tidak memikirkan rakyat nya :)

      Delete
  17. saya foto nomor dua #halah, eh salah fokus nih saya ngelihatnya bang :)
    sumur kehidupan, ini nih bikin saya pengen ikutan cuci muka disitu, biar makin ganteng hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan salah fokus beneran , maksudnya foto no 3 , wkwkwkwkwk

      Delete
    2. Ah ngak keren lw, masak gitu aja gagal fokus. Gimana ntar liat asli nya ??? hahahaha

      Delete
  18. Aduh jadi keduluan si abang nih... aku blom kesampaian kesini :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk bunda cusss berangkat, ini aku dah lama lho kesini nya :-)

      Delete
  19. Keren juga yah, jadi penasaran nih bro... Padahal gak jauh2 amat harusnya dari Bogor

    ReplyDelete
  20. mas ceweknya bertato sesuatu banget ya #gagal fokuuuus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mau di kenalin ?? ntar aku ajak kalo karaokean hahaha

      Delete
  21. traveling memang mengasyikan ya mas, beruntung sekali mas punya banyak waktu bisa traveling terus melihat keindahan alam.saya sendiri belum pernah traveling ke tempat-tempat yang terlalu jauh.paling masih sekitaran jawa barat.itu pun kalo ada waktu senggang atau libur kerja.
    saya juga jadi pengen nih kesini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Travelling kan ngak perlu jauh2, yang penting bagaimana kita mengambil makna dariperjalanan itu #Halah hehehe.
      Ayuk kita travelling bareng :-)

      Delete
    2. iya mas kalo ada waktu senggang atau libur kerja kadang saya nyempetin traveling, tapi masih sekitaran jawa barat.hehe

      Delete
    3. Ngak papa, yg penting jalan2 yesssss :-)

      Delete
  22. Oooh ini yang ribut2 itu ya? Jadi pengin lihat. Btw itu pake sesajen apa ya? Tukang mie & yg jaga tiket kok manut aja belum buka pun?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa sajen anak bupati gresik, semua orang takut :-)

      Delete
  23. Wow bingit yaaa....Indonesia memang kaya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Indonesia kaya pake banget ;-)

      Delete
  24. Indonesia indah banget :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beneran indah nya keterlaluan hehehe

      Delete
  25. Ajak-ajak dong mas kalo jalan, hehe
    Salam jalan jalan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai ... salam kenal kembali:-)

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com