Madakaripura & Gajah Mada

Madakaripura dikenal sebagai air terjun atau curug dalam bahasa sunda tempat pertapaan Patih Gajah Mada. Lokasi Madakaripura berada di 620 meter diatas permukaan laut di kawasan Tengger tidak jauh dari Bromo, tepat nya di Desa Sapih, Kecamatan Lumbang, Kab Probolinggo Jawa Timur Indonesia.
Patung Gajah Mada
Mesti Trekking 800 meter
Nama Madakaripura konon terkait erat dengan sejarah panjang Kerajaan Majapahit. Dimasa jaya nya Hayam Wuruk & Gajah Mada berhasil menyatukan bumi nusantara yang membentang dari Wanin hingga Madagaskar.















Madakaripura dipilih oleh Gajah Mada sebagai tempat bertapa karena keyakinan bahwa ini bukan tempat sembarangan. Dan terbukti, Gajah Mada memperoleh kesaktian & kepercayaan untuk mempersatukan tanah nusantara. Dan Gajah Mada juga menghabiskan sisa usia nya dan akhir nya muksa (meninggalkan dunia beserta raganya) menuju nirwana juga di Madakaripura.
Madakaripura berasal dari kata Mada Kari Pura yang memiliki arti sebagai “Tempat Tinggal Terakhir”. Nama ini disematkan dari kepercayaan masyarakat sekitar yg mengatakan disinilah Gajah Mada melewati masa akhir hidupnya.
















Setelah puas menikmati keindahan alam Gunung Bromo rasa nya wajib berkunjung ke Air Terjun Madakaripura, untuk menyegarkan badan kita setelah lelah menanjak di bromo. Cara nya pun cukup mudah, dari bromo kita balik menuju arah Probolinggo, akan tetapi nanti setelah Pasar Sukapura akan terdapat pertigaan, maka kita ambil kiri menuju Pasuruan/Surabaya. Ikutin saja jalan nya nanti ada petunjuk jalan belok kanan menuju Madakaripura.
Dari pintu gerbang Madakaripura, kita harus berjalan sejauh 800 meter untuk mencapai air terjun nya. Perjalanan ini menyusuri sungai tetapi sudah tersedia jalan mulus bersemen yg lumayan nyaman. Di 100 meter terakhir kita kan terkena serpihan2 air yg turun membasahi tubuh kita.
It's About The Journey, Not The Destination



Oh yaa air terjun utama nya berada didalam ruangan berbentuk bulat yg cukup lebar. Sehingga agak terasa gelap tapi mengambarkan suasana mistis yg sangat terasa.

Ngak terasa sudah 4x berkunjung kesana, thanks buat temen2 yg sempet jalan bareng รจ Dewi, Ajenk, Belinda, Ditta, Jopit, Iyus, Yanni, Tikka, Lisa, Lukman, Gandhi, Emy.
Air Terjun Utama Dalam Sebuah Ruangan Bulat

53 comments:

  1. Anonymous11:49:00

    perna kesini tp waktu itu air meluap, jadi ngak sampai ujung nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh sayang sekali ....

      Delete
  2. Woooowww... indonesiaku yang indah n menakjubkan!!

    ReplyDelete
  3. Anonymous14:28:00

    sepertinya asik bwt d kunjungi....
    ada area campingnya gk gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seinget ku kalo di seputaran air terjun nya sech ngak ada spot camping, tp kalo di gerbang nya ada tanah kosong bisa buat camping kayak nya :)

      Delete
  4. Jadi inget, heboh sendiri pas ngelihat pelangi karena tempias cucuran air terjun tirainya. norak sih! tapi emang madakaripuranya bagus ya mau gimana lagi hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Madakaripura mmg JUARA, selalu kangen tempat ini :)

      Delete
  5. trekkkingnya berapa jam dari bawah sampe ke atas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jalan kaki dari parkiran sampai ke air terjun nya paling 15-25 menit. Udah ada jalur nya jd gampang banget ;-)

      Delete
  6. Artikelnya manteb banget gan...thanks..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih ... jaga terus kelestarian alam sekitar yaaa hehehe

      Delete
    2. Enak ya kalo punya temen sehobi...hikzzz

      Delete
    3. Iya, ini temen2 dulu ketemunya juga di jalan. Ada yg kenal di airport, ada yg kenal di air terjun dll

      Delete
  7. jumat ini mau ngebolang ke jawa timur nih, thanks artikelnya.....setiap mau jalan2 aku selalu buka blog ini....suka bingit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih yoooo udah sering kemari, ayo di tingkatkan comment nya hahahaha. Selamat berliburrrrr

      Delete
  8. Mantap, pasti dari kejauhan saja udah kena cipratan air terjun itu.
    Keren mas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah basah kuyup dari jauh :-)

      Delete
  9. Air terjunnya sangat memikat banged.. Jadi pengen main ksana juga. :)

    ReplyDelete
  10. Waduh... pasti seger banget itu mas.
    Mantap mas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger pake banget mandi air terjun

      Delete
  11. kondisi jalan dari probolinggo ke situ gmn om, naik turun ato turun naik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. jalan nya mulus biasa aja, ngak ada yg susah kok :-)

      Delete
  12. Wah... patung gajah madanya keren banget mas, tampak tegas banget. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap ... gajah mada mmg tegas memimpin negeri nya

      Delete
  13. Itu air terjunnya berapa meter mas?
    Kayaknya tinggi banget deh. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh ngak tau brp meter, tp lumayan tinggi :-)

      Delete
  14. bagus banget kak, saya sampai dua kali kesana dan masih pengen kesana lagi.. apalagi sekarang sudah ada jembatan keren berwarna merah yang bagus untuk foto2.. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah jadi pingin kesana lagi hahaha

      Delete
  15. keren banget bro air terjunnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cumilebay nya juga keren kan ??? hahaha #maksa

      Delete
  16. mantpe gan air terjunnya kapan saya bisa kesana

    ReplyDelete
  17. Saya sudah pernah nyampai ke lokasi madakalipura.


    Salam #Probolinggo sob

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam2 semoga madakaripura makin berjaya :-0

      Delete
  18. Ini tempat deket bnget sama daerah saya :D Probolinggo

    ReplyDelete
  19. wih...air terjunnya bagus banget...indah ciptaan tuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus selalu di syukuri semua nikmat Tuhan yaaa hahaha

      Delete
  20. wah, indah banget :D

    ReplyDelete
  21. Waktu ke bromo gak sempet kesini. Letaknya lumayan jauh iya dari Bromo?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ngak begitu jauh kok, paling cuman 45 menitan gitu

      Delete
  22. wah jadi insiprasi nih mas tak lihat-lihat kok bagus, rencana nyari tempat kayak gitu mau ngetrip bareng temen rame-rame, aman kan tempatnya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aman kok tapi ati2 kalo longsor yaaa

      Delete
  23. Pengen banget jln2 ke sana sayangnya temen2 udh pada merantau jadi susah dan gk rame klo gk ada temen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cari temen yg lain, atau jalan sendiri nanti dapat temen disana

      Delete
  24. situs Cumilebay ini seluruh artikelnya sangat informatif,, good job bro sukses selalu

    ReplyDelete
  25. Lg pengen ke Madakaripura, nyasar kesini. thk info nya om

    ReplyDelete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com