Lingkar Tambang Newmont Nusa Tenggara

Gerbang Desa Tongo
Lingkar tambang merupakan kawasan/daerah di sekitar tambang, yang sangat merasakan ada nya dampak dari petambangan itu baik secara ekonomi, sosial, pendidikan, kesehatan dsb. Semacam di Newmont Nusa Tenggara (NNT) yg antara lain meliputi Desa Maluk, Desa Tongo, Desa Ai’ Kangkung, Desa Sekongkang dsb.
Tahun 1996 Maluk merupakan sebuah desa yg sangat sepi dengan hanya sekitar 200 KK tetapi perubahan sangat drastis dengan ada nya NNT mulai melakukan pembangunan infra struktur  sampai beroperasi th 2000 – sekarang, maluk menjelma menjadi sebuah kota dengan berbagai fasilitas dari mulai supermarket, tempat hiburan, rumah2 yg berdiri mewah, mobil berseliweran, jalanan yg beraspal dll.
Persawahan di desa tongo
Membuat irigasi dari air bendungan yg di bangun oleh NNT
Bukan hanya perubahan yg sangat signifikan yg terjadi di lingkar tambang, tetapi berbagai isu dan polemik juga menyertai nya. Selama 4 hari kami merasakan tinggal di lingkungan lingkar tambang, banyak sekali yg kami dapatkan bisikan2 dari masyarakat dan ini merupakan tugas bersama antara NNT & pemerintah.

Saat kami di Desa Ai’ Kangkung sempet kami denger dari warga bahwa harus nya NNT memberi gaji secara cuma2 ke semua masyarakat lingkar tambang, karna yg di tambang ini adalah tanah mereka. Waduh kalo semacam ini bisa berabe nich ??????? hahahaha. Tapi ada blog jeritan hati kepala desa ai' kangkung dan layak buat kita baca juga http://desaaikkangkung.blogspot.com/ . Semoga kita bisa menyikapi ini juga dengan dewasa.
Bercengkrama dengan warga tatar, rata2 mereka memiliki 3-4 anak.
NNT banyak sekali membantu kehidupan lingkar tambang baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan dll. Antara lain ada nya program yang disebut Community Development (Comdev), Tugas Comdev ini sebagai penyambung tangan antara NNT dan masyarakat lingkar tambang.
Mereka Ingin Jadi Pemain Bola
Infrastruktur sekolahan ini sebagian dibantu oleh NNT
Kegiatan comdev antara lain di bidang pertanian : memberi penyuluhan ttg pertanian, membangun 7 bendungan di  7 desa lingkar tambang sebagai wadah cadangan air apabila musim kemarau sehingga mereka tetap bisa bertani, dulu nya masyarakat sekitar hanya bisa 1x panen dalam 1 tahun tapi sekarang bisa 3x panen.
NNT bekerja sama dengan SOS Medika, melakukan penyemprotan anti malaria 
Di bidang pendidikan : Membantu membangun sekolah2, memberi pelatihan guru2, ada nya perpustakaan keliling dll. Kami sempat bertatap muka langsung dengan murid2 SD Negeri Tonggo di dekat tambang newmont. 
Kami sempet bertanya apakah cita2 mereka ???? dan jawaban nya hanya pingin keliling dunia atau jadi pemain sepak bola hehehehe, tp itulah anak2 yang masih polos. Padahal di dekat desa nya ada tambang besar yg menghasilkan jutaan $.
Dibidang kesehatan : Dibangun nya 3 puskesmas dan 6 puskesmas pembantu serta 10 posyandu. Tapi lagi2 segala fasilitas yg ada tidak di rawat dengan baik jadi akhir nya rusak sana sini.
Dibidang ekonomi : NNT membantu mensupport home industri untuk masyarakat sekitar antara lain ada nya usaha Aloe Vera yg di kelola oleh ibu2 setempat untuk di oleh menjadi minuman, dodol dll. Trus NNT juga membantu industri batako dengan memberi bantuan mesin cetak batako.
Perkebunan aloe vera
Aloe Vera ini diolah menjadi dodol, minuman dll
Kalo mau di paparkan banyak sekali apa yg telah di berikan oleh NNT sebagai wujud kepedulian nya terhadap masyarakat lingkar tambang. Tetapi pertambangan ini kan ada masa nya, dimana saat cadangan batu nya sudah habis dan NNT akan pindah lokasi penambangan maka apakah siap masyarakat sekitar yg selama ini di manja oleh NNT ????????

Hampir bisa di bilang seluruh masyarakat lingkar tambang pasti punya cita2 untuk bekerja di NNT, hal ini karna terlihat jelas perbedaan ekonomi antara pekerja NNT dengan yg tidak bekerja disana. Bangunan rumah sangat mentereng dengan motor, mobil sedangkan masyarakat biasa rumah nya masih bentuk panggung dari kayu dan keseerhanaan.
Mesin pembuat paving block bantuan NNT
Hal ini lah yg membawa kecemburuan dan menimbulkan banyak konflik, banyak nya demo, banyak nya tuntutan dll. Semoga NNT bisa menyikapi hal ini dengan jauh lebih baik & bijaksana, sebenar nya pembangunan di lingkar tambang bukan hanya menjadi tanggung jawab seutuh nya tapi juga tugas pemerintah.
Postu Bantuan NNT
“Memupuk kesatuan demi kemajuan bersama, walau suku dan bahasa berbeda namun hati bersatu menuju masyarakat mandiri”. Semoga syair lagu ini bisa benar2 di wujudkan di Sumbawa Barat.

Makasih banget buat Newmont Nusa Tenggara, Markplus, Christ Sagala (foto2 nya megang), Mas Ardho, Mas Arie, Mas Molet.
Ada penjual makanan keliling
Foto bareng masyarakat sekitar

13 comments:

  1. Pertambangan, tidak selamanya hanya merugikan tetapi meingkatkan kesejahteraan masyarakat. Hanya saja, perlu ada perlakuan secara adil, baik terhadap manusianya maupun terhadap alamnya, yang telah memberikan sumbangan bagi kesejahteraan masyarakat dan perusahaan pengelola.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju sekali, jadi tugas kita bersama untuk memantau mengawasi

      Delete
    2. setuja mas ,dulu saya pernah di sana ,waktu itu keadaan masyarakat sekitar sangat tragis,belom adanya pasokan listrik,jalan aja masih belom di aspal......

      Delete
    3. Nov 2012 sempet kembali lagi kesana dan keadaan membaik, meskipun yang nama nya manusia tetep tidak perna ada kata puas, selalu menuntut dan menuntut tapi setidak nya newmont telah berperan besar dalam pembanguan sumbawa.

      Delete
  2. Setuju. Hanya saja, masih ada perusahaan yang tidak menempuh usaha pengelolaan tambang melalui prosedur yang ada. Ijin yang berbelit-belit, juga menyebabkan banyak sekali dana yang harus dikeluarkan sebelum produksi. Dari sekian dana tersebut, sebagian besar biaya keluar untuk biaya-biaya perjalanan dan entertainment untuk mereka yang terlibat dalam proses pengurusan ijin tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap bener sekali, konon menurut cerita sampai sekarang pun banyak oknum2 yang tak bertanggung jawab masih meminta jatah dll :) tapi ya itulah unik nya indonesia hahaha

      Delete
  3. ini sama aja kayak di Aceh. Perusahaan gas alam di sana karyawannya hidup makmur sejahtera, penduduk di luar itu, jauh dari kata cukup. Makanya timbul GAM yang memberontak , dan akhirnya karyawan juga yg jadi sasaran target dibunuh dan culik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah yang kayak gini ini bikin miris, rada2 serem. Mungkin sama kayak kejadian di freeport kali yaaa

      Delete
  4. Terimakasih atas artikelnya , sangat menarik sekali :) sukses selalu, semoga kita semua Slalu ada dalam lindungannya :)
    http://goo.gl/dhvhjc

    ReplyDelete
  5. Sekali-sekali memang perlu dibahas tentang kehidupan masyakarat di daerah pertambangan seperti ini agar masyarakat di daerah lain tahu.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yap adaliputan khusus nya yaaa

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com