Desa Penglipuran

 "Culture & Heritage"
Desa Adat Penglipuran - Desa Penglipuran merupakan desa adat di Pulau Dewata Bali Indonesia yg masih terjaga kelestarian nya. Desa ini dapat di capai melalui jalan yg menghubungkan Bangli – Kintamani. Dari Bangli ke utara sampai daerah Kubu kira2 5km lanjut belok kiri, maka sampailah di Desa Penglipuran. Jarak tempuh sekitar 60 km kalo dari Kuta.
It's About The Journey, Not The Destination
Menurut sejarah dan sesepuh kata “Panglipuran” berasal dari kata ‘Pengeling Pura’ yg arti nya Tempat Suci Mengenang Para Leluhur. Tetapi ada pendapat lain yg menerangkan bahwa “Penglipuran” berasal dari kata ‘Penglipur’ yg arti nya “Penghibur” karena pada jaman kerajaan dulu, tempat ini dijadikan tempat peristirahatan.
Masyarakat Desa Penglipuran percaya bahwa leluhur nya berasal dari Desa Bayung Gede Kintamani. Menyusuri jalan utama desa ke arah selatan, dapat kita jumpai Tugu Pahlawan yg tertata dengan rapi. Tugu ini di bangun untuk mengenang jasa kepahlawanan Anak Agung Gede Anom Mudika yg gugur melawan belanda pd tgl 20 Nov 1947.
Dapur yg masih tradisional
Rumah ini sebagai bangunan dapur
Masyarakat Desa Penglipuran menganut falsafah TRI HITA KARANA. Sebuah falsafah hindu yg selalu menjaga keharmonisan hubungan antara manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungan serta manusia dengan Tuhan. Hal inilah yg membuat masyarakat desa penglipuran tetap rukun, harmonis dalam bermasyarakat.
Monumen Pahlawan
Perjalanan kami ke desa ini secara tidak sengaja, saat kami selesai rafting di Telaga Waja, dan rencana balik ke arah ubud. Ternyata dapat info ada desa adat yg layak di kunjungi. Ternyata benar desa ini bisa menjadi alternatif liburan bila anda ke Bali.

Thanks buat Nuniek, Keke, Iyus, Nova, Titi, Memey, Monic.
Selalu ada lorong menuju rumah utama

18 comments:

  1. Anonymous15:16:00

    Keren ! Biasa dipakai utk shooting sinetron FTV. Thanks for sharing photos :)

    -alf-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih dah mampir ..... tempat nya mmg keren + bersih terawat :)

      Delete
  2. ini zaman masih akur sama keke yaaaaa #kaburdisambitpalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tau aja lw cerita itu #lemparsendal

      Delete
  3. om itu yang bener tri hita karana om :/

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ... makasih koreksi nya, langsung aku ganti dech :)

      Delete
  4. desanya asri ya mas
    kayaknya adem di sana
    dan tenanggg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Adem dan terasa damai dari hiruk pikuk + masyarakat nya ramah banget mungkin sudah sadar wisata hehehe

      Delete
  5. ketinggalan satu infonya gan, disana juga ada hutan bambu yang cukup luas dan rimbun.hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya kelupaan, makasih banget tambahan nya :-)

      Delete
  6. dari kuta berapa jam?
    ada tiket masuk gak ke desan itu?
    makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitar 2-3 jam dari kuta, ini arah ke kintamani.

      Kalo ngak salah ada tiket masuk nya tp murah kok, kalo ngak salah 7000/orang

      Delete
  7. Anonymous20:18:00

    Sya mau kesana kamis ini infonya utk desa ini please

    ReplyDelete
    Replies
    1. Info apa lagi yg diinginkan ???? Langsung email aja biar detail

      Delete
  8. keren keren gambarnya...

    ReplyDelete
  9. Keren bgt ya desanya..belom kesampean kesini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tennag dan asri desa nya trus masyarakat nya juga ramah2

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com