Bertemu Orang2 Hebat di Curug Cibeureum

Curug Cibeureum (ciberem) terletak di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Indonesia masuk dari pintu cibodas. Lokasi nya sangat mudah di jangkau, bila kita dari arah jakarta cukup mengarahkan kendaraan kita ke puncak menuju Kebun Raya Cibodas. Posisi persis nya berada di belakang Kebun Raya Cibodas (Desa Sindang laya, Kec Pacet, Kab Cianjur, Jawa Barat Indonesia) tetapi di tambah jalan kaki menyusuri hutan sejauh 2,7 km.
It's About The Journey, Not The Destination
Perjalanan iseng bareng nuniek, saat long weekend karna galau mau kemana ???? akhir nya memutuskan ke puncak dan naik angkot umum tergolong ngak banget dech hehehe. Setelah mengunjungi curug cilember, kita binggung mau lanjut kemana lagi ...... mau balik jakarta males, akhir nya lanjut ke curug cibeureum.
Canopy Trail 
Sampai di Taman Nasional Gede Pangrango sekitar jam 17.00, ternyata kita ngak boleh lgs menuju air terjun nya karna posisi dah gelap. So cari akal, kenalan ama penjaga gunung gede, eh akhir nya keberuntungan berpihak. Ditawarin nginep di basecamp nya para pendaki di sana dan menuju curug nya besok pagi. Thanks buat mas bowo yg membolehkan kita nginep + berkenalan dengan orang2 hebat para pendaki + peneliti LIPI yg mau berbagi cerita ttg perjalan2 yg sangat menajubkan. Membuat kita makin bersemangat untuk terus kelayapan menikmati kebesaran Tuhan. Banyak hikmah yang kita ambil dari obrolan malam itu. Mereka berjuang dengan cara mereka, melestarikan alam, mengunjungi daerah2 terpencil untuk membantu masyarakat tertinggal. Salut buat mereka .....
Telaga Biru
Di kawasan Curug Cibeureum ini ada 3 air terjun yaitu Curug Cibeureum sebagi curug utama yg debit air nya deras, Curug Cidendeng serta Curug Cikundul. Tapi 2 curug terakhir ini memiliki debit air yg lebih kecil tetapi memiliki ketinggian lebih.
Ketiga curug tsb memiliki ketinggian rata2 40-50 meter dan berada di ketinggian 1675 daripermukaan laut. Nama Curug Cibeureum sendiri berasal dari bahasa sunda (Ci = Air, Beureum = Merah). Konon dulu air yg dialirkan berwarna merah, hal ini di karenakan dinding curug yg ditumbuhn lumut merah. Konon menurut cerita di curug cibeureum ini dulu nya ada seorang yg bertapa sakti, karna terlalu lama dia bertapa akhir nya berubah menjadi batu besar di tengah curug.
Jembatan Kayu
Keunikan perjalanan menuju curug ini yaitu ada nya Telaga Biru (0,25 ha) serta jembatan kayu sekitar 700 meter terakhir mendekati curug (dibangun diatas rawa gayonggong). Oh yaa di kawasan Gede Pangrango ini juga di bangun Canopy Trail setinggi 100 meter menjadi daya tarik tersendiri.




















Disekitar Kebun Raya Cibodas, banyak terdapat warung makanan serta penjual souvenir beruba kaos, jajanan ringan, bunga edelwis dll. Jadi selain berkunjung ke Curug Cibeureum, kita bisa menikmati Kebun Raya Cibodas + beli oleh2 juga yaa untuk membantu perekonomian warga sekitar hahaha.
Curug2 disekitar nya
Perjalanan yg lumayan melelahkan karna sepulang dari Curug Cibeureum ini, kami terpaksa jalan kaki dari Puncak Pass sampai ke pertigaan Cisarua lumayan jauh banget. Hal ini karna jalanan puncak – ciawi sedang mengalami buka tutup, dan macet banget sedangkan gw + nuniek merasa kegerahan jadi turun angkot & tanpa terasa jalan kaki sampai Cisarua.
Ada Pelangi
Aliran air nya jernih

19 comments:

  1. Jadi inget ama si bowo :-> kapan kesana lagi makcum ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayuk berangkat .... Tapi bawa makanan lah kalo kesana, kagak enak kalo disediain mereka hahahha

      Delete
  2. BANG CUMI,,,,aku anak PA..
    cobaa dech main kegunung sampee puncak..keindahannyaa bisa terbayar dengan kelelahannya koq,,gunung gede,pangrango,cidahu,semeru,lawu,rinjani dst
    selamaat mencobaaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih belum sanggup main ke gunung ..... capekkkk hahaha

      Delete
  3. Anonymous20:50:00

    yaaa ampun indah bangetttt... jadi terinsiprasi ke sana.. thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo segera di laksanakan :)

      Delete
  4. @cumilebay : Keren bgt, Mas Fotonya.... Pake Samsung NX2000 mu yg baru itu ya? (hehehehe)... Asli keren....!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih nich kunjungan nya.btw ini blm pake nx2000 karena masih make camera lama nixxx hahaha

      Delete
  5. target utk ngedatangin curug2 cantik disekitar Jakarta kok batal2 melulu yaaa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku cuman iseng2 jalan yg deket2 kalo waktu mepet dan duit cekak, yg penting jalan aja dr pada bosen ke mall hehe

      Delete
  6. Kok tumben ga rame2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan ngak selalu harus rame2, ini kelayapan demi persahabatan xixixixi ;-)

      Delete
  7. Bang cumi...jalan ma cewe ga dimarahin polda?
    Xixixi...kabooor...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hua hua hua polda metro ??? Yg ada malah disuruh ;-)

      Delete
    2. Hua hua hua polda metro ??? Yg ada malah disuruh ;-)

      Delete
  8. di sekitar sana apa ada penginapan seperti homestay om ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di depan nya, banyak kok yg nyewain penginapan

      Delete
  9. kalau weekend canopi trailnya ramai gak ya om? keliatannya lebih asik kalau sepi ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak nya sepi karena jarang orang kesini

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com