Main Tebak2an di Krakatau

Foto Keluarga "Cumi Dugong Kelayapan"
Krakatau adalah sebuah kepulauan vulkanik yang masih aktif di selat sunda yaitu antara pulau jawa dan pulau sumatra. Krakatau sendiri sebenar nya adalah nama sebuah gunung yaitu Gunung Krakatau yang perna meletus sangat dahsyat pada 26-27 Agustus 1883. Letusan ini mengakibatkan awan panas & tsunami yg menewaskan sekitar 36.000 jiwa. Sampai sebelum 26 Desember 2004, tsunami dari krakatau ini merupakan yg terdahsyat di samudera hindia.

Letusan Krakatau Juli 2011
Suara letusan nya ini terdengan sampai Alice Springs, Australia dan Pulau Rodrigues deket Africa sekitar 4,653 km dari Krakatau. Serta daya ledak nya sekitar 30.000 kali lebih dahsyat dari bom yg di ledakan di Hiroshima & Nagasaki.
Letusan ini juga mengakibatkan perubahan iklim global, dunia sempet gelap selama 2 ½ hari akibat debu letusan menutup atmosfer. Serta matahari bersinar redup sampai setahun berikut nya dan hamburan debu nya mencapai Norwegia sampai New York.
Pulau Umang-umang
Pulau Sebesi Dibelakang Kita
Akibat ledakan dahsyat ini mengakibatkan krakatau hancur dan menyisahkan 3 bagian yaitu Pulau Panjang, Pulau Rakata serta Pulau Sertung. Pulau2 ini lah yg sampai sekarang masid berdiri kokoh di selat sunda. Sekitar tahun 1927 atau 40 th setelah Gunung Krakatau meletus, muncul lah Gunung Api yang disebut sebagai Anak Krakatau. Dimana anak krakatau ini setiap tahun nya mengalami kenaikan ketinggian yg rata2 4cm setiap tahun. Sekarang ini mencapai 273 meter dari permukaan laut.
Turun ditengah laut trus berenang menuju pulau umang-umang
Anak Krakatau inilah yg banyak di kunjungi wisatawan. Perjalanan kami ke krakatau ini juga mengunjungi pulau anak krakatau yg berpasir hitam. Untuk mendaki sampai puncak anak krakatau. Ini perjalanan saya yang ke 3 ke krakatau, sengaja mengumpulkan temen2 biar biaya nya makin murah untuk sharing cost. Terkumpul 25 temen yg bersedia mengila bareng ke krakatau.
Merapat di Anak Krakatau
Pemandangan Dari Patok 5 Anak Krakatau
Perjalanan kami mulai saat kumpul di Slipi Jaya untuk lanjut dengan bus umum menuju pelabuhan merak. Sampai di merak kami langsung siap2 menyebrang ke bakaheni dengan kapal ASDP. Perjalanan 2 jam dikapal penyebrangan kami manfaatkan untuk tidur. Sekitar pukul 03.00 pagi kami sudah bertengger dengan keren nya di pelabuhan bakaheni.
Kebetulan kami sudah menghubungi Pak Hayun sang penguasa pulau, untuk menyediakan catering makanan, penginapan serta sewa kapal + guide. Dan kebetulan pula pak chandra nahkoda kapal yg tahun lalu kami pake memberi contact untuk sewa mobil dari dari pelabuhan bakaheni menuju pelabuhan canti.
Pasir Hitam Di Anak Krakatau
Santai diKrakatau
Dari pelabuhan Bakaheni Lampung kami sewa 2 mikrolet untuk mengantar kami ke pelabuhan canti, karna dari pelabuhan inilah petualangan di mulai. Sekitar pukul 04.15 subuh, kami sudah berada di pelabuhan canti. Dan tepat jam 05.00 kami melakukan perjalanan laut mengunakan kapal sewaan untuk menuju pulau sebesi, pulau ini lah yg akan kami gunakan sebaga base camp untuk menginap. Sepanjang perjalanan pagi itu gelombang sangat tenang, kami lanjutkan untuk tidur. Lumayan 1 ½ jam buat tidur hahahahaha.
Kapal dari pelabuhan canti ke krakatau rata2 tidak memiliki life jacket ataupun kalo ada pasti sedikit jadi di harapkan untuk sewa aja melalui pak hayun, biar nanti disediakan di kapal nya, harga sewa nya Rp. 10.000,- disana juga tidak ada penyewaan alat snorkeling, so di harapkan dari jakarta sudah membawa perlengkapan ini.
Perjalanan kami ini akan menikmati beberapa pulau antara lain : Pulau Sebesi (Pulau berpenduduk, disini ada penginapan yg disewakan), Pulau Umang-umang, Anak Krakatau, Lagoon Cabe untuk snorkling serta pulau sebuku.
Pulau Rakata Dibelakang Kita
Puncak Krakatau
Letusan Krakatau Saat Menjelang Malam 
Sekitar pukul 06.40 kami sudah merapat di pulau sebesi, langsung menuju penginapan untuk taruh barang, mandi, ganti baju dan sarapan serta menikmati suasana pagi di tepi pantai. Setelah semua beres dan siap maka kami lanjutkan perjalanan menyebrang ke pulau umang2 yg jarak nya hanya 1 km. Pulau ini pulau kosong yg sangat kecil tapi berpasir putih halus, disini kami foto2 serta main pasir.
Sekitar pukul 10.00 perjalanan selama 2 jam menyebrangin lautan kami lakukan menuju anak krakatau. Kebetulan kedatangan saya yg ke 3 ini Juli 2011, anak krakatau sedang bergemuruh, batuk2 kecil sehingga kami tidak bisa sampai di atas puncak patok 9, kami hanya di patok 5. Tapi seru juga melihat semburan2 batu dari letusan kecil anak krakatau.
Meninggalkan Krakatau Menuju Lagoon Cabe
Saat keadaan batuk ini, anak krakatau sangat indah kalo bisa di lihat malam hari, akan terlihat kilatan2 api serta lelehan lahar panas. Tapi kalo siang hari hanya terlihat semburan debu dan batu. Suara dentuman berkali2 terdengan saat kami berada disana. Hal ini bukan membuat kami takut, malah jadi bahan tebak2an kira2 berapa kali dentuman hahahahaha.
Dari anak krakatau kami lanjut perjalanan berperahu menuju lagoon cabe untuk bersnorkling, lokasi nya cukup tenang dengan trumbu karang yg bisa di katakan masih bagus dan ikan2 yg cukup beraneka ragam. Di lagoon ini juga kami lompat2an terjun dari atas kapal.
Snorkeling Di Lagoon Cabe
Terjun Bebas Dari Atap Kapal
Santai ............
Menjelang sore kami putuskan untuk kembali ke pulau sebesi, dan saat melintas di anak krakatau terlihat lah kilatan2 batuk2 nya anak krakatau, sungguh menajubkan.
Jam 18.30 kami sudah sampai di pulau sebesi, beres2 mandi serta makan malam, dilanjut acara santai menikmati malam yg dingin sambil bercerita ttg pengalaman perjalanan yg perna di lakukan atau sekdar becanda2. Kebetulan di depan penginapan ada warung kecil menjual minuman, indomie, tempe goreng dll jadi asyik buat nongkrong.
Bawah Laut Lagoon Cabe
Sebagian Sudah Rusak
Malam ini kami lewat kan dengan sejuta mimpi ttg keindahan krakatau, badan remuk karna padat nya acara tapi puas. Dan membayangkan besok pagi masih harus berjuang untuk ke pulau sebuku dan kembali ke jakarta.
Pagi menyingsing sekitar 05.30 kami dah bangun untuk jalan2 mengelilingin pedesaan di pulau sebesi, menyapa penduduk sekitar serta menikmati indah nya karunia Tuhan alam yg begitu indah. Sunrise yg mengoda membuat kami banyak bersyukur di beri waktu, sehat untuk bisa menikmati smeua karunia Nya.
Dermaga Pulau Sebesi
Numpang Foto
Jam 8 pagi, kami sarapan bersama dan bersiap2 meninggalkan pulau sebesi untuk menuju pulau sebuku. Di pulau sebuku kami hanya santai2 berfoto2. Dan jam 12 siang, kami sudah berada di pelabuhan canti, perjalanan kami berakhir dengan sejuta kenangan bersama 25 manusia2 yg ½ error hahahaha. Semoga perjalanan ini membawa berkah.
Pulau Sebuku

10 comments:

  1. Anonymous12:03:00

    cumiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii kangen gila2an ama lw

    ReplyDelete
  2. Tapi aku ngak kangen hahaha, kapan ketemuan ???

    ReplyDelete
  3. Knp poto aku yg nunging dipasang ... jahat wk6x

    ReplyDelete
  4. bukan nya kamu yg request untuk di pasang di blog ????

    ReplyDelete
  5. Anonymous14:23:00

    biaya trip ke krakatau habis berapa ya per orang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa nya antara 300-400 ribu kalo pergi rame2 sekitar 20 orangan

      Delete
  6. merinding liat foto gunungnya yg pas malam...klihatan lelehan lahar... kdg pgn bisa balik k masa dulu utk tau sehebat apa ledakannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo baca cerita nya sech dahsyat banget. Kmrn aja yg batuk2 kecil, terasa lemparan batu nya

      Delete
  7. keren banget yaaah semua objek photonya top abisss mas cum ;-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku mmg selalu keren, makasih kakak

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com