Ada Ratu Pantai Selatan di Vihara Nam Hai

Vihara Nam Hai - Lepas dari Curug Pareang, akhir nya kita lanjut ke Vihara Nam Hai Kwan Se Im Pu Sa lebih terkenal dengan sebutan Vihara Nam Hai, lokasi nya di Desa Cibutun Citaringgul, Desa Kertajaya/Loji, Kec Simpenan, Sukabumi Jawa Barat Indonesia. Merupakan Vihara terlengkap di indonesia. Vihara ini didirikan 8 Agustus 2000 oleh seorang wanita thailand bernama   Anothai Kamonwathin atau yang lebih dikenal  masyarakat dengan sebutan "Mama Airin".

Selamat Datang di Nam Hai
Asal usul berdiri nya vihara ini berawal dari mimpi mama airin yg mendapat wangsit untuk mendirikan semacam tempat peribadatan dipesisir laut. Melalu petunjuk mimpi inilah dilakukan pencarian di sejumlah wilayah antara lain Gunung Batu Malang, Gunung Kidul Jogja tapi semua nya itu tidak sesuai dengan gambar yg ada dalam mimpi nya. Setelah melalui perjalanan panjang akhir nya mama airin dapat info kalo di daerah sukabumi ada tanah yg mau di jual, mungkin lokasi nya sesuai dengan yg ada dalam mimpi nya.
Akhir nya mama airin mengunjungi tempat itu dan merasa kalo tempat ini cocok dengan gambaran dalam mimpi nya. Dari situ mulai lah proses jual beli tanah dll di laksanakan sampai akhir nya terwujud sebuah Vihara Nam Hai. Proses panjang itu akhir nya berlabuh di Pelabuhan Ratu, Sukabumi Indonesia.
Dilingkungan Vihara ini terdapat banyak fasilitas peribadatan yg antara lain : Dewi Bumi, Dewa Bumi, Julehut, Dewi Kwan Im, Padepokan Eyang Semar, Padepokan Prabu Siliwangi, Budha Four Face, dan yg menarik dari vihara ini ada nya Padepokan khusus untuk Ratu Pantai Selatan (Nyi Roro Kidul). Nah apa hubungan nya antara vihara dan ratu selatan ????? mungkin karna lokasi nya yg di pantai selatan ini maka dibuat persembahan untuk Sang Ratu.
View dari Atas Vihara Nam Hai
Ada Nyi Roro Kidul
Yang menarik dari sana ada nya cerita kalo sebenar nya Nyi Roro Kidul itu adalah Putri dari Raja Thailand yg ke IV. Oleh karena itu di Padepokan Ratu Pantai Selatan ini terdapat foto raja + ratu Thailand sebagai orang tua nya. Tapi dari mana pun asal mu kau tetap ada di pantai selatan dengan berbagai cerita mistis nya yg melekat.
Petilasan Ratu Pantai Selatan

Perjalanan kami ke Vihara Nam Hai ini serangkaian perjalanan setelah dari curug pareang yg lokasi  dikisaran pelabuhan ratu. Untuk mencapai Vihara ini cukup mudah, dari jakarta ambil arah ke cibadak sukabumi, belok kanan menuju pelabuhan ratu ikutin jalan ini sekitar 30 km sampai nanti ada pertigaan besar yg sebelum nya terdapat SPBU. Nanti belok kiri arah ke surade ujung genteng. Sekitar 4 km dari pertigaan itu nanti belok kanan ambil arah Pantai Loji.
Yang membikin takjub dari perjalanan ini adalah kita melihat ada sawah yg persis disebalah laut, jadi langsung berkhayal bego "apakah nanti padi nya rasa nya asin seperti air laut ????" hehehehe.
Trus harus melewati jembatan yg sudah rusak belum diperbaikin, jembatan nya hanya di tutup dengan kayu2. Sempet mikir apakah kayu tsb kuat menahan mobil kami yg penumpangan ukuran jumbo ....... tapi alhamdulillah semua nya aman. Dan juga ada tanah longsor sehingga mobil harus berhati2, karna posisi jalan nya pas untuk 1 mobil, tidak ada space lagi. Sampai2 makjo harus turun untuk mengukur antara jalan dan mobil.
Budha Four Face Yang Melambangkan Keselamatan, Jodoh , Rejeki, Kesehatan
Oh yaa di deket Vihara terdapat juga Hotel Cipunaga dengan rate sekitar 300-350 ribu/malam, jadi yg mau menginap di sekitar vihara tidak perlu repot2 bingung cari penginapan. Tapi di vihara juga disediakan penginapan. lho, yang bisa kita gunakan asal kita reserve dulu dan tarif nya juga lebih murah. 

Pemandangan dari atas vihara sungguh keren, kita bisa memandang luas laut selatan beserta ombak nya yg dahyat. Yaaa bisa bengong2 menikmati karunia Allah yg begitu hebat nya menciptakan alam ini. 

43 komentar:

  1. tidur depan mesjid cum ...

    BalasHapus
  2. hahahah di temenin hujan dan petir, bener2 perjuangan ketempat ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, cari mesjid lagi buat tiduran hua4x

      Hapus
    2. Anonim12.43.00

      mesjid bukan buat tdr cuy? tpi buat ibsah ?

      Hapus
    3. Hahahaha .. Ngak lah. Kita tidur depan mesjid di mobil. Trus subuh nya kita ikutan sholat berjamaan dengan warga sekitar

      Hapus
  3. @nuniek : jadi inget diusir ama ibu yg punya warung hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi mmg sudah jam 2 pagi, eh knp itu warung tdk buka 24 jam aja !!

      Hapus
  4. iya, pdhl dah beli rokok + indomie. Nasib mmg tragis hahaha

    BalasHapus
  5. Papi cumi, mau ikut

    BalasHapus
  6. jangan ajak shan2 yeee, nanti dia makan nya banyak hee3x

    BalasHapus
  7. hahaha... lagi diet kata nya

    BalasHapus
  8. Agak gimana gitu pas liat petilasan Nyi Roro Kidul...
    Setelah zoom foto...Itu serius ada ranjang khusus buat tidur si Ratu? Hehe...

    BalasHapus
  9. Suasana ruangan nya magis banget, aku buru2 keluar. Takut dia jatuh hati padaku hehehe. Makasih dah berkunjung

    BalasHapus
  10. keren ini tempatnya!!
    baru tahu ada vihara ginian di Sukabumi:)

    BalasHapus
  11. pemandangannya menajubkan, wajib di kunjungin hehehe

    BalasHapus
  12. wah ada yang menyebut Gunungkidul....
    kayaknya tempatnya adem ayem damai menyejukkan hati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adem ayem dan tentrem mbake, keren tempat nya lho hehehe

      Hapus
  13. Kemarin aku dari sini cum tapi hujan juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuk, jalan bareng lagi ....

      Hapus
  14. Serem kalo ada petilasan nyi roro kidul ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ati2 lho di datangin ama dia :)

      Hapus
  15. Balasan
    1. Yap, tempat nya mmg keren :)

      Hapus
  16. Anonim15.18.00

    ya tempat nya bagus, aku juga sering kesana dulu,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tempat nya keren bisa langsung liat laut selatan

      Hapus
  17. suka bgt ngeliat tangga warna biru yg diapit naga ^o^ Keren mas !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren mbak, asli perjalanan kesana nya juga seru trus diatas vihara nya itu pemandangan laut selatan yg sangat juara

      Hapus
  18. Ada Nyi Roro Kidulnya juga ya.. tapi apa tidak masalah tu di Vihara ini ada Nyi Roro Kidulnya. Takutnya ada penampakan tu, ngeriii....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ada penampakan malah seru hahaha

      Hapus
  19. widih.... keren.... viewnya... klo ada penampakan pasti seru pas mainnya mlm hari..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hua hua hua ... Yang ada pada kaborrr

      Hapus
  20. colourful banget... ! ini perjalanan tanggal kapan om cumi... !?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lupa tepat nya tp kalo ngak salah 4th yg lalu

      Hapus
  21. Nam Hai
    Emg Kerennn,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, keren banget dan pemandangan nya itu bener2 mengagumkan :-)

      Hapus
  22. kerennn sob viewnya ..di tambah ada petilasan Ratu Pantai Selatan waahh seruu
    hhhhe :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. View nya mmg juara banget, bisa memandang pantai selatan dari ketinggian :-)

      Hapus
  23. Halo gan... Itu bukan buddha 4 face gan.. melainkan Brahma (Hindu god)

    BalasHapus

Pembaca Yang Baik, Pasti Meninggalkan Jejak "COMMENT" Yang Menggoda. Thanks