Jungkir Balik di Palayangan

Rafting Palayangan - Rafting Palayangan terletak di daerah Pengalengan Bandung Jawa Barat Indonesia. Tepat nya di Situ Cileunca, sebuah sungai yg pengairan nya berasal dari danau cileunca. Lokasi nya sangat mudah di capai dari bandung sekitar 1,5 jam. Ambil arah ke banjaran lanjut Pengalengan, sampai di Pengalengan tinggal nanya lokasi situ cileunca. Ada beberapa operator yg bisa memfasilitasi untuk rafting disini.
Makjo Sibuk Dengan Helm
Situ Cileunca
7 manusia galau (Gw, Jopit, Diva, Swa, Ella, Lisa, Nova) yg haus akan liburan bersatu buat menaklukan weekend kali ini yg ngak jelas mau ngapain. Sebelum nya sudah janjian dengan pihak operator nya (Mas Triana) kalo kita akan sampai di Pengalengan sekitar jam 9 pagi. Kebetulan posisi kami mmg sudah di bandung dari 1 hari sebelum nya. Setelah kemarin nya kami mengulang mengunjungi Kawah Putih + Situ Patengan.
Aliran Air Sungai Berasal Dari Pintu Dam 
Udah berkali2 nich ke kawah putih + situ patengan. Tapi ada temen kami Makjo (Jopit) yang baru pulang ke Indonesia setelah lama tinggal di italy memaksa kami kesana. Merenggek n memohon2 dianter kesana karna sampai usia dah udzur begini blm ke Kawah Putih padahal dah keliling dunia meskipun lewat Globe Maps hahahha (Piss Makjo).
Makjo Saking Takut nya Sampai Ngengkang
Pagi ini kami ber 5 (kecuali swa + diva) keluar dari penginapan Wisma PLN (Thanks buat Swa yg bersedia mengantarkan kesana dan bernego dengan bapak penjaga wisma. Lumayan semalam cuman Rp. 150.000. Pake AC, kamar mandi dalam, 2 bed King Size) jam 6 pagi menuju ke rumah sodara nya jopit di  buah batu, numpang sarapan (lumayan gratis) serta menghabiskan semua isi dapur. Sekitar jam 7an swa + diva datang menyusul. 
Menu pagi ini dari gratisan berupa Nasi Uduk, Telor Balado, Ayam Tangkap, Orek Tempe + Kacang, Emping beserta lalapan habis ludes tanpa sisa terutama setelah diva datang dan menyapu bersih.
Untuk Kak Swa + mama nya makasih yaa dah boleh main ke rumah nya hahahah plus dapat sajian Tekwan, Kerupuk Palembang, Mangga, Air Mineral dll .... Numpang ketoilet sampai berbagi obat kurus meskipun kagak ada yg berhasil kurus dikarenakan makan nya banyak.
Oh yaaaa hampir lupa, Makan siang hari sebelum nya juga di sponsori oleh sodara nya makjo. Kata nya penyambutan karna makjo mau datang ke rumah nya setelah hampir 10 th di itali tanpa kabar berita dan sempat dipikir dah hilang dimakan bule xixixiixix.
Perjalanan ke Pengalengan memakan waktu 1 jam an dari buah batu, lumayan kali ini gw jadi anak baik karna ngak nyetir. Makasih kak diva yg rela membawa mobil + jadi sopir xixixiixixix. Selama diva berkendara maka semua manusia lain nya terlelap tidur. 

Jam 9.15 an kami dah sampai di pengalengan dan ketemu mas triana selaku operator nya. Sempet di briefing bentar ttg gimana nanti rafting nya, tapi kebetulan kami dah beberapa kali rafting jadi yaa begitu2 aja.
Rafting Palayangan ini tergolong pendek sekitar 5 Km, beda dengan tempat rafting lain nya yg perna kami coba rata2 sekitar 12 Km seperti Telaga Waja, Cicatih, Citarik, Ayung dll. Tapi meskipun pendek tapi tergolong di Grade III - IV. Di karenakan debit air yg deras ditambah bentuk sungai yg banyak jeram2 nya.
Aliran air nya sendiri dari DAM Situ Cileunca yg dibuka sehingga mengalir ke sungai palayangan ini. Sepanjang lintasan rafting kita disuguhkan pemandangan yg menajubkan berupa hutan2 pohon karet, perkebunan teh yg menghijau.
Terdapat banyak jeram yg bikin adrenalin naik turun, mulai dari jeram selamat datang, jeram blunder. Saat melewati jeram blunder ini sangat mendebar kan, karna posisi nya yg menukik tajam ke bawah. Sampai2 Makjo terjungkal tengkurap. Sepanjang perjalanan dinikmati sambil teriak2 kegirangan macam anak TK yg lagi berlibur padahal sebenarnya ketakuan terutama Makjo. Bener2 kita di buat jungkir balik nyungsep ngangkang sampai ngejungkal melewati jeram2 nya.
Oh yaaa kami bersyukur dapat operator yg lumayan bagus pelayanan nya, guide nya semua nya baik. Kami di fotoin sepanjang perjalanan rafting. Dan dapat makan siang yg menu nya ajaib + tergolong murah. Salut buat Telor Laba2 nya yg enak serta jadi favorit nya Makjo. Trus Empal nya segede2 telapaka tangan tapi empuk banget. Sampai2 minta resep buat di bawah ke Italy mau buka warung sunda. 

So buat yg mencari alternatif liburan dibandung bisa mencoba Rafting di Palayangan. 

26 comments:

  1. Anonymous11:12:00

    two thumb up deh ceritanya lengkap plus lebay sesuai sama judulnya...(puas lo yee)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf kakak .... Kan sesuai kejadian asli nya. Tetep semangat menjelajah yaaa hahaha

      Delete
  2. keren2 fotonya
    mau tanya nih operator yg di pengalengan apa
    nama nya ya? supaya saya bisa contact langsung ke operator nya bukan ke travel agen.

    makasih sebelumnya
    @aa_bule

    ReplyDelete
  3. kita kemarin sama mas triana sebagai operatornya, cuman aku cari no telp nya blm kagak nemu nich, kayak nya kehapus. Coba langsung datang juga bisa kayak nya

    ReplyDelete
  4. bagusan mana dengan rafting citarik? makanannya paketan dengan raftingnya ya?

    ReplyDelete
  5. Semua tempat punya keunikan masing2. Tinggal bagaimana kita mensyukuri perjalanan itu.

    Wajib di coba lah kalo ada waktu main ke bandung

    ReplyDelete
  6. Mantep mas, bisa sampai nyungsep begitu. Paket nya bayar brp ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Murah meriah saja, cuman 150k dah dapat makan siang yg sangat nikmat :)

      Delete
  7. Pencemaran thd hak intelektual individu yg bukan kapitalis *haaayyyaahh ga jelas!!
    Intinya kenapa foto gw yg ngangkang terjengkang jd konsumsi publik yak...but anw tks ya udah mau diajak ke kawah putih..hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... foto mu yg ngangkang itu lah yg paling menarik :0 Kapan kita jadi atlet rafting lagi ??? cikandang garut menanti lho.

      Delete
  8. wuihhh asyikkknya...thx info infonya mas, bisa jadi alternatif rafting...bravo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo balik jakarta sekalian mampir bandung yaaa :)

      Delete
  9. Berangggkaaatt...
    Hampir semua tmpt rafting dah disambangi...
    Ehmm...jgn2 dirimu ga pernah rafting di dufan nih? Ngakuuuu???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha ... kalo duan mah, gw dah cobain 12 th yg lalu hehehe

      Delete
  10. Anonymous15:16:00

    adrenalinku juga naik turun yah walau cuma baca ceritanya ... prikitiuw dah ....... apalagi liat pose2 mak jo ..... mupeng sangat lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha ... pose nya makjo merangsang yaaa ???

      Delete
  11. Anonymous20:19:00

    Wow ker yen ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, kamu tau banget kalo aku mmg keyen haha

      Delete
  12. Anonymous16:58:00

    150K itu ada minimal jumlah orgx gak?
    Klo cm berdua segitu jg hrgax?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasa nya minim ber 4, karena di sesuaikan dengan kapasitas muat perahu nya.

      Delete
  13. aagghhhhh aku baru 1x rafting..dan lgs nagihh!! tp pgn nyari yg extrem..ini kyknya lumayan ya mas...lgs hubungin temen2 deh utk kesini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo mau super extrem mesti cobain cikandang di garut :)

      Delete
  14. Omcum... 150k udah sama dokumentasi kan ya???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Blm dong, foto sendiri lah.

      Delete
  15. Di desa saya masih banyak sungai besar, tapi masih berbahaya .
    banyak yang suka gigit

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo yg gigit siapa ??? pasti kamu gigitin dedek gemesh yaaa hahaha

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com