Pramuka di Kepulauan Seribu

Pulau Semak Daun
Pulau Pramuka ini merupakan pusat pemerintahan kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu Jakarta Indonesia. Jarak nya sekitar 2,5 jam dari Pelabuhan Muara Angke Jakarta mengunakan transportasi kapal rakyat dengan biaya Rp. 30.000,- sekali jalan. Kepulauan Seribu sendiri sebenar nya terdiri dari banyak pulau2 antara lain Pulau Bira, Pulau Tidung, Pulau Untung Jawa, Pulau Macan, Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Pari, Pulau Semak Daun, Pulau Sepa, Pulau Air dan masih banyak lagi.

Pulau Pramuka merupakan pulau berpenduduk yg lagi berkembang pesat menjadi pulau pariwisata. Hal ini di karenakan alam nya yg indah serta bawah laut nya yg keren. Sehingga menarik banyak wisatawan untuk datang. Dan juga ada nya fasilitas berupa homestay, penyewaan kapal, penyewaan alat snorkling, diving dll. Serta lokasi nya yg tidak begitu jauh dari Jakarta.
Dermaga Pulau Bira
Di Pulau ini juga terdapat penangkaran penyu sisik yg di kepalai oleh Pak Salim, Penyu2 ini di kembang biakan di suatu tempat dan apabila sudah cukup umur maka akan di lepas ke laut. Ini merupakan konservasi untuk mempertahankan kelangsungan penyu sisik yang makin lama semakin berkurang habitat nya.
Pulau Kuburan Cina
Perjalanan kami ke Pulau Pramuka ini awal nya karna penasaran dengan Pulau Bira, dimana Pulau bira ini merupakan pulau yg dulu nya mempunyai lapangan golf 9 hole. Penasaran itulah yg membawa kita mengunjungi kepulauan seribu. Sebelum berangkat, kami hub pak mail selaku penguasa pulau pramuka hahahahaha. Beliau ini punya home stay, kapal, catering dll.
Berenang Di Pulau Pamagaran
Sabtu, jam 6 pagi kami beserta rombongan sudah sampai di Pelabuhan Muara Angke. Langsung cari kapal jurusan Pulau Pramuka. Sekitar pukul 7 kapal mulai berangkat, gw lanjutkan tidur di dalam kapal, lumayan perjalanan 2 jam an. Sekitar pukul 9.30 kami merapat di Pulau Pramuka dan di sambut oleh pak mail.
Nusa Karamba
Kami di antar menuju Homestay yg lokasi nya tepat di depan dermaga Pulau Pramuka. Homestay nya terdiri dari 2 kamar, 1 ruang tamu, 2 kamar mandi. Dilengkapi 2 AC, TV dan 2 kipas angin. Oh yaa listrik disini hanya menyala mulai sore sampai pagi hari.
Pulau Kayu Angin Genteng
Setelah istirahat sebentar di homestay, kami lalu bersiap2 untuk snorkling + hopping island dengan mengunakan perahu yg telah kami sewa dengan tujuan mengunjungi Pulau Bira, Pulau Pamagaran, Pulau Kayu Angin Genteng serta Pulau Kuburan Cina. Seharian kami menikmati indah nya pulau2 itu sambil berenang bersama ikan2. Oh yaa kami menikmati lunch box di pulau bira.
Terbayar sudah perjalanan ini, Pulau Bira yg dulu nya resort sekarang terbengkalai. Tapi kami cukup puas menikmati dermaga dan trumbu karang yg masih begitu indah nya. Yaa membikin puas lagi adalah pulau kayu angin genteng, pulau ini kosong berpasir putih dengan gundukan pasir yg begitu menawan serta banyak bule berjemur hahahaha.
Pulau Semak Daun
It's About The Journey, Not The Destination
Menjelang sore kami kembali ke pulau pramuka untuk istirahat karna hari minggu nya kami masih mempunyai acara yg lumayan padat. Malam itu angin berhembus dengan kencang sehingga bener2 terasa dingin. Kami sempat nongkrong di dermaga tp tak kuat lama2 karna dingin. Akhir nya kami putuskan untuk masuk home stay dan tidur.
Minggu, jam 5 pagi kami sudah bangun sholat subuh trus jalan kaki menuju sisi belakang Pulau Seribu untuk menikmati sunrise dan menuju penangkaran penyu sisik. Setelah puas bermain dengan penyu2 kami kembali ke home stay untuk sarapan.
Sekitar pukul 8, kami segera menaiki perahu lagi untuk melihat + foto2 narsis di Pulau Aer, Pulau Semak Daun. Trus menuju Nusa Keramba untuk makan siang. Tepat Jam 1 siang, kamu balik ke jakarta mengunakan kapal.
Thanks buat è Novie, Mantika, Hendra, Echa, Marlina, Ubith, Ika, Eva
Sunrise Pulau Pramuka
Lorong Pulau Aer

47 comments:

  1. Replies
    1. knp dengan kamu ????

      Delete
    2. Sunrise pulau pramuka e kereen kak.. itu beneran warna ungu yaa? bukan editan?

      Delete


  2. thanks for the info very useful

    ReplyDelete
    Replies
    1. weww kisaran biaya kesana berapa ya mas??

      Delete

  3. bagus dan sabgat berman faat sekali infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih, semoga banyak membantu hehehe :)

      Delete
  4. Anonymous00:35:00

    wah thank you reviewnya, boleh share ga cp pak mailnya? :)

    ada rencana mau ksana cuma masih galau antara pramuka atau harapan, any advice?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pulau Pramuka lebih nyaman, penginapan nya AC dan air nya tawar. Trus warung banyak. Dan kita juga bisa jalan2 hopping island sampai ke pulau bira, harapan dll dari pulau pramuka ini.

      Untuk contact nya coba telp di 08176405654

      Delete
    2. maaf mas, aku coba hubungi nomer diatas tapi kok ga bisa di hubungi ya? makasih mas

      Delete
    3. Waduh berarti no nya dah ganti, maaf saya ngak update lagi co dah lama ngak kesana ;-)

      Delete
  5. bro,,ada rencana pengen kesana bulan mei ini..tp bingung antara pramuka, tidung, sama pari..enakan mana kira2??maklum dari daerah jd belum pernah kesana..klo mau petualangan kyk yg situ alamin budget brp??biar nabung dlu skrg mei tinggal jalan..hehehe thanx..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk pertama kali, mungkin ke Tidung aja dulu. Menikmati jembatan cinta, biar makin cinta sama kepulauan seribu hahaha.

      budget sech kalo dari jakarta, paling mahal juga 300ribu, dah all ini makan dll. Ikut paket tour banyak kok yg menawarkan, tinggal gabung aja.

      Delete
    2. Yakinn 300 ribu??

      Delete
    3. itu yang kelompok an bang andri

      Delete
  6. mau donk ikut.. kapan ke sana lagi?? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk join, akhir bulan ini mau ke pulau seribu lagi.

      Delete
    2. Carany bgmana saya mau ikut...

      Delete
    3. Waksss telat, kami dah balik minggu kemarin

      Delete
    4. mas toro yuk join ke batu

      Delete
  7. useful. Thankyou so much :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 mudah2an blog ini membawa manfaat buat semua hehehe

      Delete
  8. minta nomornya pak mail dong hehe siapa tau nanti saya mau kesana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca contact cumi yaaa, ntar pasti di kasih :)

      Delete
  9. Trim.s atas infonya... Sangat bermanfaat... sy ingin sekali liburan ke Pulau seribu... Tapi bingung karena pulau nya banyak... Pulau apa yg paling 'exotic' yaach Pak... ? Boleh minta no.HP Pak Mail ƍäª ? Ini HP sy, Chairul : 0813 823 173 06

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kakak makasih dah berkunjung ke cumilebay. Kalo mau cp email ke aku aja atau baca contact cumilebay dulu yaaaa

      Delete
  10. Hai kakak, mau tanya kalau Pak mail bisa bantu sediain tour guide & kapal buat keliling k pulau-pulau lainnya jg ga kak?

    ReplyDelete
  11. Seru dan fotonya bagus bagus, btw saya sedang ada penelitian mengenai pengalaman berkunjung ke pulau Pramuka. Jika berkenan luangkan waktunya untuk mengisi kuesioner saya ya di:

    http://goo.gl/forms/AZ5CM6hTcc

    Terimakasih banyak

    ReplyDelete
  12. Nice artikel.....support banget buat wisata jakarta

    ReplyDelete
  13. pulau seribu memang mulai menjadi wisata favorit warga jakarta

    ReplyDelete
    Replies
    1. Angkat jempol buat pulau seribu

      Delete
  14. Pulau Pramuka memang salah satu pulau yang asyik untuk dikunjungi kalau lagi liburan & ga mau jauh2 dari Jakarta :D

    ReplyDelete
  15. Aku pernah kemping di Pulau Tidung Kecil, tapi nggak terlalu suka. Soalnya kalo malem gerah banget kakcumi kalo kemping di Pulau. Kalo digunung kan kayak ada dingin-dinginnya gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gerah coba kamu lari sambil telanjang hahahaha

      Delete
  16. Anonymous20:24:00

    Maz Toro, Kalo mau minta telpnya pak mail boleh ngga ya?? Aku rencana pengen pergi ntar bulan Mei gitu. tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kirim email aja yaaaa, baca di contact cumilebay

      Delete
  17. di pulau pramuka untuk homestay tersebut brp sewanya? dan untuk sewa kapal ke pulau semak daun dan pulau air brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Homestay rata2 700 - 1 jutaan tergantung kapasitas. Ada juga yang 300 tp max ber 4.

      Sewa perahu pramuka ke semak daun sekitar 300 - 500 pp bisa di pake seharian sekalian snorkling

      Delete
  18. Mas minta nmernya pak.mail dong...eemail ke aku ya..sibuearohana@gmail.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca dulu contact cumilebay yeeee

      Delete

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke toro2305@gmail.com


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
toro2305@gmail.com