Perjalanan Tak Berujung: Ngak Cukup ½ Hari Keliling Nusa Penida




































Ngak Cukup ½ Hari Keliling Nusa Penida


Crystal+Bay+Nusa+Penida
Menanti Sunset Di Crystal Bay Nusa Penida
Nusa Penida Bali – Hai hai ... Uh Lala Lala Piknik Lagi Liburan Lagi dan Mas Cumi yang tampan rupawan ini sudah melenggang manja lagi di Bali, ngak terasa beli tiket pesawat promo dengan harga termurah terendah awal tahun kemarin dan sekarang sudah terbang saja #PecintaPromo #PenikmatPiknik #LiburanManja

Dan sekarang waktu menunjukan pukul 11.30 Wita, saat gw yang ganteng ini bareng “Groupies Cumilebay” sampai di Penginapan/Hotel aka Resort lah yaaaa dikawasan Nusa Ceningan Bali, selama 3 hari 2 malam kami bakal menghabiskan hari berpiknik manja di Nusa Lembongan Ceningan & Penida #AlhamdulillahPiknik #PriaMandiriNginepnyaDiResort. Ngeliat penginapan/resort yg asyik buat berjemur manja sambil leyeh - leyeh hasil hunting promo, tiba2 muncul kegalauan kalo keliling Nusa Penida nya mending hari ini aja, toch masih ada sisa ½ hari buat bisa muterin nusa penida karena 2 hari ke depan nya mending tidur – tiduran manja menikmati resort yang kami sudah booking aja (Kami datang ke Bali, niat nya mau explore Nusa Penida #SeriusNiatSuci). 

Jembatan+Kuning+Nusa+Lembongan+Nusa+Ceningan
Jembatan Kuning aka Yellow Bridge Nusa Lembongan - Nusa Ceningan 
Jembatan+Kuning+Nusa+Lembongan+Nusa Ceningan
Jembatan Kuning Penghubung Antara Nusa Lembongan & Nusa Ceningan
Setelah 1 ½ jam berkutat dengan kegalauan antara pilih hari ini atau besok atau sekalian tahun depan saja ke Nusa Penida nya ..... Akhirnya kami putuskan hari ini saja #BiarCepetKelarPenida #BiarTerbebasBebanDerita. Tepat pukul 13.00 wita, gw bareng Groupies Cumilebay keluar penginapan menuju Jembatan Kuning (Icon dari Nusa Lembongan Ceningan)

Dari Pelabuhan Jembatan Kuning aka Yellow Bridge, kami sewa perahu Rp. 400.000,- untuk antar jemput dari lembongan ke penida #IniMurah #NgakUsahNawar #PriaMandiriBanyakDuit #JanganKayakOrangSusah. Kalo ngak mau ngeluarin duit segede itu, bisa naik ojek perahu Rp. 20.000,-/orang tapi butuh waktu lama karena mesti menunggu perahu penuh 10 orang #KaesangTakSanggup #PriaMandiriBanyakDuit #MenungguMembosankan.
Pelabuhan+Nusa+Penida
Pelabuhan Nusa Penida Menjelang Senja
Nusa Penida
Senja Mulai Tampak Di Nusa Penida
Setelah hampir 20 menit an naik perahu dari nusa lembongan, akhir nya sampai di Pelabuhan Nusa Penida ... Dan Gila Gila Gila PANASSSSSSSS #KaesangNgakSanggup. Niat awal nya mau keliling Penida dengan sewa motor tapi terpaksa gw batalin (Sewa motor di nusa penida Rp. 70.000,-/Hari, jasa guide penunjuk jalan Rp. 250.000,-) dan akhirnya milih rental mobil aja beserta sopirnya #PriaMandiriMauSantai #PriaMandiriLelahPanas

Ternyata untung banget ngak naik motor karna jalanan di penida naik turun dan kontur aspal jalanannya ngak rata pasti bikin lelah nyetirnya #BersyukurAlhamdulillah dan jarak dari pelabuhan ke berbagai spot menarik di penida memakan waktu lama dan melelahkan #DijaminLelah. Target mengunjungi 5 spot, terpaksa hanya 3 spot dan itu pun agak terburu2 karna hari menjelang sore dan groupies cumilebay akhirnya hanya bisa ke :
Pasih Uug  atau Broken Beach
Pasig+Uug+Nusa+Penida+Bali
Inilah Pasih Uug - Karna Ada Lubang Besar Yang Melubangi Tebing
Butuh waktu 1 ½ jam untuk sampai ke pasih uug dari pelabuhan nusa penida #DijaminLelah, karna lokasi nya mmg jauh dari pemukiman penduduk dan masih banyak jalanan tanah berbatu #KaloUjanBecek. Untung kami rental mobil jadi tinggal duduk manis sambil tiduran manja tapi tetep aja terasa kalo jalanan beneran ancur belok berbelok naik turun #PalaPucing. Pasih Uug dalam bahasa bali diartikan sebagai Pantai Yang Rusak, sedangkan dalam bahasa lebay nya di sebut Broken Beach #Dikeplak.
Pasih+Uug+Nusa+Penida
Airnya Bening Dengan Deburan Ombak
Pasih+Uug+Nusa+Penida
Bertebing Di Pasih Uug - Kalo Beruntung Bisa Ketemu Manta atau Penyu
Kenapa dinamakan broken beach atau pantai rusak ??? dikarenakan pantai ini memiliki sebuah tebing yang berlubang pada bagian tegahnya dengan ketinggian 50-200 meter, sehingga membentuk seperti sebuah terowongan raksasa yang berada di tengah laut #CobaTenggokFotonya. Sekilas sech mirip uluwatu, karna memang penuh tebing – tebing menghadap laut lepas dan di pasih uug kalo beruntung, kita bakal ketemu ikan pari manta atau penyu #SemogaBeruntungSelalu. Kita ngak lama di tempat ini, cuman foto – foto manja buat upload ke path & instagram #WajibPamer trus lanjut menuju Angel’s Billabong.
Angel’s Billabong
Angels+Billabong+Nusa+Penida+Bali
Angel's Billabong - Di Genangan Air Ini Bisa Berenang Manja Di Temani Deburan Ombak
Lokasi nya ngak jauh dari Pasig Uug, cukup jalan kaki 10 menit dah sampai ke Angel’s Billabong #LumayanDeketTapiPanas. Angel’s Billabong merupakan sebuah kubangan atau genangan air di tepian laut yang terbendung/terbentuk oleh batu – batu karang, saat air pasang maka kubangan itu terisi air laut jadi tempat pemandian yang kece banget #Sumpah. Nikmati sensasi berenang di genangan air tepian laut dengan deburan ombak yang terhempas menemani manja #MestiAti2.
Angels+Billabong+Bali
Berendam Manja di Angels Billabong
Angels Billabong
Duch Pose Ala - Ala Ngak Jelas #Abaikan
Liat bening nya air di angel’s billabong langsung bikin gw, iyus ama nuniek nafsu untuk turun berenang #AirnyaBerkilau, manja – manja terapung di air yg warna nya ijo tosca terkena panas matahari bikin puas banget #OrgasmeTakTertahan. Mengapung di temani alunan deburan ombak, ini benaran nikmat surga mana yang akan kudustakan #Alhamdulillah. Beruntung banget Swarie ngak mau basah dan ngak mau turun jadi dia yg mengabadikan kecentilan gw, iyus & nuniek selama berenang manja di angel’s billabong #MakasihSwa.
Angels+Billabong+Nusa+Penida+Bali
Mengapung Manja Di Angel's Billabong
Untuk turun ke genangan air/kolam nya mesti ati2 karna batu – batu karang yang mengelilinginya bener2 tajam, kalo kepleset dan terkena karang di jamin bakal robek2 tuch kulit #Amit2, liat kondisi ombak dan ketinggian air juga kalo terlalu besar maka lebih baik urungkan niat karna berbahaya #pilihSelamat. Angel’s Billabong merupakan bidadarinya Pulau Nusa Penida, sedangkan kata Billabong yang memiliki arti “Ujung Dari Sebuah Sungai Yang Buntu” #IniMaksa #NgasalAja.
Crystal Bay
Crystal+Bay+Nusa+Penida+Bali
Termenung Menatap Senja Yang Malu - Malu
Waktu sudah menunjukan pukul 17.30 wita saat kami sampai di Crystal Bay, ini saat yang tepat menanti senja alias sunset, kalo di liat sech crystal bay ini semacam teluk dan mirip banget kayak Tanah Lot karna agak menjorok ke laut sedikit ada sebuah pulau kecil dan di pulau tersebut di bangun pura oleh masyarakat setempat.
Pantai di Crystal Bay ngak terlalu panjang, hanya berkisar 1 km dan tertutup tebing di kanan kiri nya. Kalo mau nikmati sunset paling kece, kita mesti naik ke atas bukit di belakang crystal bay karna dari sana akan terlihat cantik nya sunset yg merona #Halah #KaesangLelah. Tapi yang paling cetar dari crystal bay ini tentu nya spot diving & snorkeling nya karna di sini kita bisa melihat ikan mola – mola, penyu, manta, nudibranch, belut moray dll tapi mesti hati2 karna arus nya yg kuat banyak memakan korban #Amit2.
Crystal+Bay+Nusa+Penida+Bali
Crystal Bay - Terhimpit Tebing Di Kanan Kiri nya
Crystal+Bay+Nusa+Penida+Bali
Di Crystal Bay Ada Pulau Dengan Pura Seperti Di Tanah Lot
Di Crystal Bay, gw ama Groupies Cumilebay cuman nongkrong di warung sambil menikmati indomie & kelapa muda dan berjalan menyusuri pantai sambil pamer aurat #HalahDibahas. Sekilas menjelang senja ini banyak anak muda setempat yang melakukan aktifitas olah raga semacam sepak bola & volly pantai di tepian pantai.
Nusa+Penida+Bali
Pantai Di Nusa Penida Dengan Perahu Nelayan
Nusa+Penida
Nusa Penida Di Kelilingin Tebing - Tebing Seperti Di Uluwatu
Oh yaaa Nusa Lembongan, Nusa Ceningan dan Nusa Penida ini merupakan 3 pulau berderet berjajar, untuk lembongan & ceningan terhubung dengan jembatan kuning sedangkan penida merupakan pulau yang paling besar berada di belakang ceningan #PenidaSepi #KehidupanJarang. Banyak banget pesona yang di tawarkan nusa penida tapi yang paling ngetop sech WISATA BAWAH LAUT nya alias wajib diving atau snorkeling di penida, banyak spot kece antara lain Manta Point, Mola – Mola Sightings di Crystal Bay. 

Selain 3 spot yang akhir nya gw kunjungi tsb, penida juga punya tempat2 menarik lain nya yang ngak cukup di kunjungi hanya ½ har saja,  seperti : Pasih Andus atau Smoke Beach, Banah Beach, Atuh Beach #IniJuara, Pantai Kelingking atau Karang Dawa #DijaminKece, Pantai Suwehan, Mata Air Temeling, Bukit Teletabbies, Pura Dalem Ped dll.
Pantai+Atuh+Nusa+Penida
Pantai Atuh Nusa Penida - Konon Katanya Mirip Raja Ampat #IniMaksa
Foto : www.balimediainfo.com
Untuk bisa keliling Nusa Penida atau santai - santai manja di Nusa Lembongan & Nusa Ceningan, cara nya gampang banget dan dijamin ngak bikin lelah #KaesangMudahLelah #MaklumLajangJalang. Nich cara menuju Nusa Lembongan : Naik Speedboat dari Pelabuhan Pantai Sanur (Lokasi dibelakang Warung Makbeng *KlikBacaDisini) biaya speedboat nya Rp. 200.000,- pp untuk domestik dan Rp. 350.000,- untuk turis mancanegara #Bule

Perjalanan speedboat selama 30 menit dari sanur menuju nusa lembongan, ada 2 pilihan pelabuhan tujuan di lembongan yaitu mushroom bay atau jungut batu bay #ManaAjaSama. Dari ke 2 pelabuhan tersebut, bisa naik angkutan umum (mobil pick up dengan atap tertutup & ada bangku nya lumayan nyaman, biaya Rp. 10.000,- sampai Rp. 20.000,- tergantung tujuan seberapa jauh dari pelabuhan). Kalo sampai di penginapan, tinggal sewa motor Rp. 70.000,-/hari untuk  bisa di gunakan keliling2 di lembongan sampai ceningan #SelamatBerlibur.
Kelingking+Beach+Nusa+Penida+Bali
Kelingking Beach Atau Orang Nusa Penida Menyebutnya Karang Dawa
Foto : www.indonesiatourism.com 

PS :artikel ini telah di draft oleh mas cumi sebelum beliau meninggal, kami groupies cumilebay.com memutuskan untuk memposting semua draft yang telah dibuat oleh mas cum sesuai jadwal yang telah dibuat..mudah-mudahan bermanfaat....



273 comments:

Ada banyak spam di komentar ini. Saya menghapusnya. Maaf