Perjalanan Tak Berujung: Berenang di Bening nya Gua Haji Mangku

Berenang di Bening nya Gua Haji Mangku

Gua+Haji+Mangku
Ini Mulut Gua Haji Mangku - Air nya Bening Biru Berkilau
Foto : Wira Nurmasnyah
Gua Haji Mangku Maratua – Lagi enak leyeh – leyeh manjah sambil ngelamun jorok di Maratua Paradise Resort #OtakGwSelaluMesum, trus tiba2 ada yang nyamperin dan nawarin senang – senang bergembira #NgakBakalNolak “Mas Cum ... Mau ikutan diving atau berenang ke Gua Haji Mangku ???”. Dan sumpai ini pilihan yang sangat sulit coz gw lagi nafsu - nafsu nya pake banget untuk bisa diving di derawan, mumpung ada yg ngajakin gratisan #AlhamdulillahRejekiKaesang

Tapi gw kok penasaran sama Gua Haji Mangku ini apaan ??? Gw kok baru denger, padahal sudah 4x ini ke Derawan tapi ngak ada yg pernah kasih tau ttg Pak Mangku ini #GwGagal #GwLemot. Karna penasaran pengen di pangku sama Haji Mangku, maka gw milih sorak - sorak manja di GOA Haji Mangku saja #BismillahNgakSalahPilih.
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Inilah Gua Haji Mangku - Lebih Tepatnya Sech Jurang Atau Danau Kecil
Kenapa dinamakan Gua Haji Mangku ??? pasti karena penemu pertama kalinya Pak Haji Cumilebay #UpsSalah #NgasalNgakMikir ditemukan diawal tahun 2000 an yaa tentu oleh Pak Haji Mangku #MakasihPakMangku. Ada 2 akses untuk mencapai Gua Haji Mangku, yaitu lewat darat melalui Desa Payung – Payung Kecamatan Maratua Kabupaten Berau Kalimantan Timur lalu disambung jalan kaki selama ± 5 – 7 jam #LelahGila dan dijamin ngak bakal ada yg mau lewat jalur darat ini #KaesangCapek atau lewat jalur laut seperti yang akhir nya rombongan kami lakukan #IniNgakCapek.
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Cari Tanda Kain Putih Atau Life Jacket Orange - Disitulah Gua Haji Mangku
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Karna Laut Surut - Terpaksa Turun Ditengah Laut Trus Jalan Kaki Menuju Pantai
Kami akhir nya berangkat ber 14 mengunakan 1 speedboat, dari Maratua Paradise Resort membutuhkan waktu cuman sekitar 15 menit perjalanan laut melewati dermaga payung – payung #MajuDikitAgakKesonoan. Dari dermaga payung – payung perhatikan secara perlahan, nanti ada pantai kecil berpasir putih yang memiliki tanda atau patokan berupa kain putih & life jacket warna orange di gantung diatas pohon #IniTandanya. Kalo sudah terlihat maka disitulah lokasi nya, palingan tinggal jalan masuk ke hutan bersemak – semak sejauh ±100 meter an #AlhamdulillahNgakJauh.
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Akhirnya Sampai Di Pantai Haji Mangku - Setelah Ini Jalan Kaki 5 Menit Masuk Hutan
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Menggila Bareng Marischka Pruedence
Tapi ternyata kapal kami ngak bisa sandar sampai pantai karna air terlalu surut dan takut ngerusak karang, terpaksa kami turun agak di tengah laut lalu berenang sedikit lanjut jalan kaki menuju pantai nya #IniAla2Banget. Dari pantai yang ada tanda kain putih tsb, di lanjutkan jalan kaki masuk kedalam hutan sekitar 5 menit melewati tajam nya batu karang (Daratan hutan semak2 yang kami lalui berupa batu2 karang yang runcing, disarankan memakai alas kaki yg tebal #JanganSandalJepit) dan akhir nya sampailah kita di sebuah jurang yang posisi nya memanjang dengan kedalaman sekitar 5 - 7 meter dan terisi air atau semacam danau kecil tapi cukup dalam #InilahGuaHajiMangku.
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Akhirnya Prue Lompat Terjun Bebas di Gua Haji Mangku
Goa+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Di Dalam Hutan Haji Mangku - Daratan nya Berkarang Tajam Jadi Pake Alas Kaki 
Dinamakan gua karena untuk masuk ke dalam jurang atau danau kecil ini mesti melewati sebuah celah sempit semacam pintu gua pada umum nya, tapi rombongan kami pilih nekat #NyaliGedeSemua. Dipelopori Marischka Pruendence yang langsung lompat nyebur masuk ke jurang yang air nya biru berkilauan, lalu dia teriak “Ayo pada lompat, enak dingin air nya seger banget” melihat aksi nyata Prue yang berani lompat, bikin gerombolan pria mapan tampan rupawan yang awal nya ngak bernyali jadi tertantang manja untuk ikutan lompat masuk ke gua haji mangku #SumpahGara2Prue.
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Lompat Atau Kabur Lompat Kabur Lompat Kabur Lompat Kabut !!!!!
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Karena Ngak Mau Dibilang "CEMEN" Akhirnya Lompat Dari Ketinggian 5 - 7 Meter
“Cumi, Lompat dong cepetan jangan cemen” Teriak Prue dari dalam jurang sambil berenang manja sambil sesekali freedive menyusuri bening biru nya air gua haji mangku, sedangkan gw cuman bisa melihat dari atas nya sambil mikir lompat kagak lompat kagak lompat #NgitungNyawa. Yo wes lah BISMILLAH atas berkat rahmat Allah yang maha pengasih lagi maha penyayang #MulaiNgacoGw, akhirnya sambil teriak “Kak Prue Tunggu Aku PELUKKK” dan gw pun lompat kedalam jurang jeburrrrrrrrrrrrrrrrrr Gila Gila Gila Gila air nya seger banget dingin sampai ke tulang meskipun terasa agak payau karna tercampur rembesan air laut tapi seriusan bikin seger dan awet muda #TambahNgaco.
Goa+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Berenang Di Beningnya Air Haji Mangku
Foto : Wira Nurmasnyah
Goa+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Ini Pose Terapung Manja Di Mulut Goa Haji Mangku
Foto : Wira Nurmansyah
Berenang di Gua Haji Mangku ada baik nya mengunakan alat snorkeling, sehingga kita bisa menikmati beningnya air danau ini sampai dasar nya #DasarHatiTerlaluDalam. Meskipun akhirnya gw parno rada – rada ketakutan setelah liat kedalaman nya, ternyata jurang ini makin kebawah makin menyempit dan gelap ... Yang gw takutin sech, tau – tau muncul monster dari dasar jurang ini kan bisa berabe, gw ngak mau mati sia – sia dalam kondisi masih perjaka #JadiBaruDipakeBuatKencingDoang.
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Ada 2 Sisi Jurang Yang Bisa Diselami
Foto : Wira Nurmasnyah
Gua+Haji+Mangku+Maratua+Derawan
Akhirnya Semua Terjun Bebas - Berenang Manja Di Goa Haji Mangku
Foto : Wira Nurmansyah
Diperkirakan kedalam Gua Haji Mangku ini mencapai antara  ± 20 - 30 an meter, kalo punya nyali lebih bisa diving menyusuri dinding – dinding jurang sampai dalam dan ini akhirnya sempet di lakukan sama rombongan Daihatsu Terios 7 Wonder keesokan harinya #MerekaNekat. Konon tempat ini banyak cerita – cerita mistis misteri nya #DuchMakinPenasaran tapi ya sudahlah ngak usah di bahas dari pada terkencing2.
Gua+Haji+Mangku+Pulau+Maratua+Derawan
Airnya Makin Berkilau Beningnya Kalo Terkena Sinar Matahari
Foto : Wira Nurmansyah
Goa+Haji+Mangku+Pulau+Maratua+Derawan
Jangan Lupa Bawa Alat Snorkeling - Biar Bisa Melihat Dasarnya Goa Haji Mangku
Foto : Wira Nurmansyah
Selama ini yang gw tau tentang Derawan cuman ada Penyu, Ubur – Ubur Tak Menyengat *KlikBacaDisini, MantaRay *KlikBacaDisini dan Maratua Paradise Resort yang kesohor seantero jagat itu *KlikBacaDisini ... Tapi ternyata ada juga pesona daya tarik dari Pulau Maratua ini yaitu Gua Haji Mangku, dan konon di Maratua ada sekitar 40 an gua lagi yg bisa di explore dengan nyali & nyawa #MasihBelumTerexpose
Eh info tambahan di Derawan sekarang ini ada lagi yang ngehits ampe semua orang heboh yaitu berenang sama Whale Shark di Talisayan sekitar 3 jam mengunakan speedboat dari Derawan #YowesLupakan #LainKaliKesana




343 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]