Perjalanan Tak Berujung: Cobain Segernya Dawet Telasih Pasar Gede Solo

Cobain Segernya Dawet Telasih Pasar Gede Solo

Dawet+Telasih+Pasar+Gede+Solo
Mencicipi Kuliner Khas Nusantara Dawet Telasih Pasar Gede Solo
Dawet Telasih Solo – Tiba - tiba mention di twiter rame, begitu tau kalo gw lagi di solo #MaklumCumilebayArtes #LaluDigampar. Berbagai mention berseliweran, inti nya sech suruh nyobain ini itu alias nyobain kuliner tradisional khas solo yang antara lain : "Mas Cum, Wajib cobain Tengkleng Klewer" atau "Udah Nyusu Si Jack ???" atau "Selat Mbak Lies Enak Lho" atau "Ke Pasar Gede Dong Cobain Dawet Telasih" atau "Sate Bundel Bu Bejo Rasanya Gurih Nikmat" dan masih banyak lagi petuah - petuah eh info - info manja seputar kuliner solo #KaesangLelah.

Lalu kejadian yang ada gw bingung sendiri mau nyobain yang mana dulu ??? Kalo urusan makanan alias icip - icip kuliner khas suatu daerah, memang gw selalu bernafsu membakar birahi meskipun ngak begitu doyan makan alias porsi makan ngak banyak – banyak amat #DietKetat #JagaBodi #BoongDing  tapi demen banget kalo disuruh cobain segala rasa meski kadang ujung - ujung nya nanti bakal gw cela juga #AmpunTobat. Hari ke 2 piknik manja bareng Dinas Pariwisata Solo, agenda nya adalah bersepeda onthel menyusuri kawasan Heritage Kota Solo dan salah satu tempat yang mesti di singgahi adalah PASAR GEDE Hardjonagoro Solo Jawa Tengah itu berarti mesti nyamperin minunan tradisional khas solo yaitu DAWET TELASIH atau dawet selasih yang sudah sangat legendaris dan menyegarkan #HasekKuliner.
Pasar+Gede+Solo+Jawa+Tengah
Ini Penampakan Pasar Gedhe Hardjonagoro Solo Jawa Tengah
Dawet+Selasih+Pasar+Gede+Solo
Senyum Manis Mereka Penuh Modus Sedang Menikmati Dawet Telasih Pasar Gede
Begitu sepeda onthel kami parkir di depan pasar gede, langsung rombongan piknik menyerbu ke dalam pasar mencari pedagang penjual dawet telasih, sejujurnya sech gw antara penasaran dan kagak karena kalo di inget - ingat lagi kayak nya dah pernah nyobain beberapa tahun lalu saat ke solo ama dedek - dedek gemesh #DedekYangMana #JanganKepo

Dan akhirnya kami berhenti di penjual dawet telasih pertama yang kita jumpai yaitu Dawet Ibu Siswo atau Sipon, langsung pesen 5 mangkok dan setelah di perhatiin ternyata bener gw dah pernah nongkrong di dawet telasih tapi bukan di tempat ibu sipon. Ada beberapa penjual dawet selasih di Pasar Gede ini antara lain ibu wiji, ibu siswo dan bu dermi, nah ibu dermi inilah yang paling ngehits seantero pasar gede dan konon dawet bu dermi ini jadi langganan Presiden Jokowi, pak presiden sering banget terlihat berdiri nongkrong menikmati segarnya semangkok dawet bu dermi #OhPresidenku.  
Dawet+Telasih+Pasar+Gede+Solo
Ibu Sipon Melayani Pembeli Dawet Telasih
Dawet+Selasih+Solo
Inilah Penampakan Es Dawet Telasih Khas Pasar Gede Solo
Semangkok es dawet selasih di Ibu Dermi di hargai Rp. 9000 sedangkan di Ibu Siswo cuman Rp. 6000, jadi kamu bisa pilih mau yg murah atau murahan ??? #Kabur. Yaa Bu dermi memang lebih mahal, mungkin karena pak jokowi sering kongkow – kongkow manja disitu kali yeeeeee #BerharapBertemu. Dalam se mangkok dawet selasih terdiri dari Tape Ketan Hitam, Jenang/Bubur Sumsum, Biji Selasih, Cairan Gula + Irisan Nangka dan tentu nya Santan. Biji selasih ini lah yang bikin beda, coba kalian cek di toko sebelah adakah dawet yang mengunakan biji selasih ??? setau ku dawet dengan campuran biji selasih sebagai pelengkapnya cuman ada di solo doang.

Dan yang paling aku suka sech karena santan nya ngak terlalu begitu kental jadi rasa nya ngak magteh atau ngak bikin eneg trus Dawet Selasih Pasar Gedhe ini berbeda dengan dawet – dawet yang ada di negara lain eitss daerah lain maksudnya, kalo di tempat lain kebanyakan memakai gula jawa merah yang kental maka di pasar gede mengunakan gula cair biasa meskipun warna nya agak coklat tapi tidak terlalu berani dan ngak moncreng jadi rasa yang di hasil kan begitu ringan segar dan tidak terlalu tajam #AkuSukaIni.
Dawet+Ibu+Dermi+Pasar+Gede+Solo
Bu Uut - Generasi Ke 3 dari Dawet Ibu Dermi
Dawet_Telasih_Solo
Mas Cumi Jualan Dawet Selasih Di Pasar Gede Solo
Yang bikin seru nyobain seger nya dawet selasih pasar gede ini karena memang tempat duduk yang disediakan nya itu sedikit alias minim kapasitas #KaloMauGedeKeStadionAja jadi banyak pembeli yang terpaksa mencicipi segar nya dawet sambil berdiri tapi itulah nikmat nya #Alhamdulillah, jadi kalian harus nyobain perbedaan rasa antara minum dawet sambil berdiri dan nyeruput dawet sambil duduk, nanti akan tau perbedaan nya #IniNgaco, tapi seperti yang sudah2 melegenda kalo enak di makan/minum di tempat pasti nya kagak enak alias kurang manja kalo di bawah pulang dan itu berlaku juga buat dawet telasih ini juga #KononKatanya #AkuDahPernahBuktikan. Eitsss selain dawet telasih, juga ada gempol pleret yang terbuat dari tepung beras, tepung sagu dan santan ... sekilas sech hampir mirip sajian nya.

Ok urusan Dawet Telasih dah kelar beres, saat nya lanjut lagi nyobain tengkleng, sate buntel, selat mbak lis dan yang lain nya ...Mariiiiiiii
Gempol+Pleret+Solo
Selain Dawet Telasih - Juga Ada Gempol Pleret




316 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]