Perjalanan Tak Berujung: Wajah Bahagia Anak - Anak Suku Bajo

Wajah Bahagia Anak - Anak Suku Bajo

Suku+Bajo+Togean
Bercengkrama Bersama Anak - Anak Suku Bajo Pulau Papan Togean
Suku Bajo Pulau Papan Togean - Makna dari sebuah Perjalanan Tak Berujung versi cumilebay terletak bukan dari cantik nya sebuah destinasi atau tempat tujuan #LagiBener. Tapi arti perjalanan sesungguhnya adalah bagaimana kita berbagi dengan sesama, mensyukuri setiap peluh keringat yg jatuh, belajar kesederhanaan kejujuran tanggung jawab dan pastinya banyak belajar ttg arti sebuah kehidupan dengan penduduk lokal disuatu tempat yang kita kunjungi #KearifanLokal

Kalo hidup kita lebih baik berarti kita mesti banyak bersyukur, kalo mereka lebih beruntung maka kita mesti bekerja keras lagi #EpisodeBener. Perjalanan manja cumilebay bareng Om Tije Tukang Jalan kali ini merapat ke sebuah pulau kecil di seputaran Kepulaun Togean Sulawesi Tengah, yaaa kita berada di Pulau Papan atau Desa Papan tempat masyarakat bajo tinggal #GipsiLaut.
Pulau+Papan+Kepulauan+Togean
Merapat Di Pulau Papan Togean
Suku+Bajo+Togean
Rumah Suku Bajo Mengapung Diatas Air
Sore menjelang dan matahari sudah hampir meninggalkan peraduan, kami akhirnya merapat pada sebuah dermaga kayu Pulau Papan Kecamatan Walea Kepulauan Kabupaten Tojo Una Una Togean, pulau ini diisi sekitar 162 Kepala Keluarga yg terdaftar #BerdasarkanSensus. Sebagian ibu - ibu berkumpul melakukan transaksi jual beli kebutuhan pokok dan anak - anak kecil sedang asyik bermain di seputaran dermaga, ada yang mandi jungkir balik dilaut, lari – larian, main gundu, petak umpet dan juga ada yang cuman bengong #PolaTingkahAnak2

Dan tiba – tiba rombongan kami datang, anak – anak tersebut langsung memburu mengerubuti perahu kami, anak2 ini langsung menyambut riang kedatangan artesss ibu kota beserta rombongan Tukang Jalan ... Yaaaa artess paling kesohor seibu kota akhirnya nya turun gunung, dia adalah cumilebay #LaluGwDiSambitDayung. Wajah - wajah bahagia terpancar dengan senyum ramah khas anak2, mereka adalah anak - anak suku bajo. Anak - anak dengan berjuta pesona, anak - anak dengan keriangan, anak - anak dengan kebahagiaan dari hati #OhSenangnyaJadiAnak.
Suku+Bajo+Desa+Papan+Togean
Dermaga Pulau Papan Togean
Pulau+Papan+Togean
Para Mamak Berjualan Di Dermaga Pulau Papan
Sekilas info, banyak yg masih mempertanyakan asal usul dari mana suku bajo atau bajau, tapi kita bikin singkat aja yeee hasil googling menyebutkan kalo nenek moyang mereka berasal dari Kepulauan Sulu Filipina Selatan yang hidup nya nomaden alias berpindah - pindah diatas laut sehingga mendapat julukan gipsi laut

Sejak ratusan tahun lalu gipsi laut aka gypsy sea ini menyebar ke negeri sabah malaysia dan berbagai penjuru Tanah Air Indonesia khususnya di bagian timur, suku bajo lebih dulu hadir di indonesia di bandingkan rumpun bugis yang menganut ajaran islam #MakassarDanSekitarnya. Oh yaaa gw yg artes ibu kota & anak bupati gresik ini pernah singgah berkunjung ke beberapa kampung bajo #IniPengumuman, antara lain di Torosiaje Gorontalo *KlikBacaDisini, Desa Mola Wakatobi, Kampung Bajo Taman Nasional Komodo.
Pulau+Papan+Togean+Sulawesi
Setiap Rumah Dijamin Pasti Punya Perahu - Karna Pencaharian Mereka Adalah Nelayan
Desa+Bajo+Togean
Perkampungan Suku Bajo Pulau Papan - Dilihat Dari Atas Bukit
Jauh2 hari sebelum kami berangkat ke Togean, Om Tije Tukang Jalan selaku operator trip paling kesohor sejagat raya sudah mengingatkan kalo kita akan bermain dengan anak2 suku bajo saat di Togean nanti. Beliau berpesan agar kami saling akur dan mendoakan nya agar arwah nya tenang di sisi Nya AMIEN #IniDoaKematian #SudahLupakan, om tije cuman bilang “Kalo bisa #Wajib bawa cindramata buah tangan atau oleh - oleh buat anak2 disana. Boleh makanan, alat tulis, buku cerita atau apa aja yang bisa kita kasih ke anak – anak suku bajo” #SungguhMuliaHatiOmTije.
Suku+Bajo
Anak2 Suku Bajo Bermain Salto
Mesjid Di Pulau Papan - 100 % Penduduknya Muslim 
Suku+Bajo+Pulau+Papan+Togean
Senyum Bahagia Mereka - Masa Depan Bangsa Indonesia
Kembali lagi ke anak2 suku bajo pulau papan togean, mereka sangat antusias menyambut setiap orang/wisatawan yg datang, desa mereka merupakan pulau kecil dengan 1 bukit yg cantik dan dari atas bukit ini bisa melihat pemandangan pulau - pulau sekitar nya, rumah - rumah mereka terbuat dari kayu dan berdiri diatas air mengelilingi pulau tersebut. Ada jembatan panjang sekitar ± 800 meter yang menghubungkan pulau papan dengan pulau di seberang nya yaitu pulau malenge, dimana pulau malenge ini menjadi pusat kelurahan dan terdapat sekolah dasar jadi anak2 ini setiap hari menyebrang pulau hanya untuk sekolah #Salut.
Jembatan+Pulau+Papan+Pulau+Malenge
Para Pemuda Nongkrong Manja Di Jembatan Penghubung Pulau Papan & Pulau Malenge
Rumah+Suku+Bajo
Rumah Suku Bajo - Terapung Berdiri Diatas Air - Halaman Mereka Yaaa Lautan Luas
Selama kita berada di pulau papan, anak2 kecil suku bajo ini selalu mengekor mengikuti kemana kita melangkah #MaklumArtes, sampai akhirnya kami kumpulkan semua anak – anak ini di atas bukit #BukanMauDieksekusi. Kami menikmati sore yang syahdu bersama mereka sambil memandang bentangan alam yg mempesono, melihat rumah – rumah dari kayu tertata rapi berdiri diatas air, melihat jembatan kayu meliuk menyatukan pulau papan dan pulau malenge. 

Bercanda bersama mereka, bermain bersama mereka, melihat wajah2 penuh antusias, tanpa gadget, tanpa mall, tanpa derama membuat hati kami tenang #CumilebayPenuhDerama #LaluDigampar ... Dari wajah mereka ada kebahagiaan yang jujur, ada kebahagiaan yang sederhana dan yang pasti ada kepolosan dalam mengartikan kebahagiaan.
Anak+Anak+Suku+Bajo+Togean
Anak - Anak Suku Bajo Melihat Penerbangan Drone
Anak+Anak+Suku+Bajo
Wajah Bahagia Mereka Penuh Kesederhanaan
Oleh – oleh yang kita bawa berupa alat tulis, makanan, buku cerita dll akhir nya kami bagi – bagikan buat mereka sambil ala – ala kuis – kuis manja bersama anak2 suku bajo, yang bisa menjawab pertanyaan pasti langsung dapat hadiah #TanyaKapanNikah #Digampar. Melihat mereka dengan kesederhanaan, membuat gw secara pribadi harus semakin berlajar bersyukur akan hidup yang telah Tuhan beri, mengajarkan gw untuk bisa menerima kondisi apapun yg terjadi dengan tetap tersenyum #PelukAnak2SukuBajo

Perjalanan Tak Berujung ke Pulau Papan bareng Tukang Jalan ini banyak banget pelajaran yang bisa gw ambil .... Tertarik bisa bercengkrama bersama anak – anak suku bajo dan menikmati keindahan lain nya ??? Bisa ikutan trip ke Togean bareng Tukang Jalan, yuk capcus hubungi saja  Tukang Jalan atau kalo mau bertanya manja bisa email ke [email protected] atau telp di nomer 0813 1589 0191 #LangsungSamaOMTIJEkesayangan.
Jembatan+Suku+Bajo+Togean
Jembatan Penghubung Pulau Papan Dengan Pulau Malenge
Di Pulau Malenge Inilah Anak Suku Bajo Bersekolah
Rumah_Suku_Bajo
Rumah Suku Bajo Penuh Keserhanaan Tapi Mereka Bahagia




306 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]