Perjalanan Tak Berujung: Mampir Ke Curug Sodong tapi Gagal Ke Curug Cikanteh

Mampir Ke Curug Sodong tapi Gagal Ke Curug Cikanteh

Curug+Sodong+Geopark+Ciletuh
Curug Sodong aka Curug Kembar alias Curug Penganten
Curug Sodong Geopark Ciletuh - Akhirnya setelah 2 jam berputar - putar dan sempat ketemu lumba – lumba, perahu yang kami tumpangi kembali lagi merapat memasuki pelabuhan palangpang teluk ciletuh, tapi dari kejauhan terlihat 2 air terjun yang sangat indah menggoda nan manja #CumilebayJugaManja, yaaaaa 2 air terjun itu bernama Curug Cimarinjung & Curug Cikanteh ... Pokoknya gw yang ganteng menawan dan merangsang ini wajib kesana, bagaimanapun caranya #NafsuFotoManja.

Eh barusan kami naik perahu tadi abis susur laut ciletuh yang panas #HatikuSelaluPanas, mengunakan perahu kayu tanpa atap jadi matahari nya langsung membakar diatas kepala sambil terombang - ambing ganas nya ombak laut selatan #HatikuJugaTersapuGelombang. Peserta Famtrip #ExploreWestJava dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat menyusuri tepian laut teluk ciletuh untuk melihat bebatuan yg tersebar di sepanjang garis pantai ciletuh, batu - batu ini adalah penemuan ahli geologi yang membuktikan bahwa Ciletuh memangg pantas di jadikan GEOPARK karena batuan - batuan yang di temukan mmg sangat unik, seperti Batu Batik, Batu Kodok, Batu Punggung Naga dan batuan ini berumur lebih dari 65 juta tahun (Salah satu indikasi sebuah daerah bisa dijadikan GEOPARK karena memiliki beberapa aspek yang antara lain Geologi, Eco Tourism, Budaya, Kelestarian dll)
Geopark+Ciletuh+Sukabumi
Air Terjun Yang Tampak Dari Laut Teluk Ciletuh
Curug+Cikanteh+Sukabumi
Curug Cikanteh Yang Terlihat Dari Lautan - Dan Ini Yang Kumau Tapi Gagal #Sedih
Foto IG @AmazingWestJava
Curug+Cimarinjung+Sukabumi
Curug Cimarinjung Juga Terlihat Dari Lautan Teluk Ciletuh

Kawasan Geopark Ciletuh berada di Kecamatan Ciemas Sukabumi ini memang memiliki banyak air terjun atau orang sunda menyebut nya CURUG, kalo ngak salah berjumlah sekitar 9 air terjun di sekitaran kawasan ciletuh geopark yang antara lain Curug Cimarinjung, Curug Cikaret, Curug Awang, Curug Luhur – Cigangsa, Curug Cikanteh, Curug Sodong, Curug PuncakManik, Curug Tengah, Curug Luhur dll #BanyakBanget. Tapi untuk sementara gw penasarannya sama Curug Cikanteh yang anggun keren kece badai terlihat manja mempesona dari lautan tadi, eh curug cimarinjung juga terlihat yesss tapi aku dah pernah kesana 4 tahun lalu *KlikBacaDisini #JadiLupakanCimarinjung

Curug Cikanteh sebenarnya terdiri dari 3 tingkat yang manja menggoda dan merangsang #SemuaManja, untuk tingkat pertama dinamai Curug Cikanteh, tingkat ke 2 disebut Curug Ngelai atau alay dan paling bawah disebut curug sodong atau curug kembar atau curug penganten atau curug sejodoh karena bentuk nya yang terdiri dari 2 air terjun yang berpasangan berdampingan layak nya sepasang kekasih yang berjodoh dalam pernikahan #AkuJombloSendiri.
Curug+Sodong+Sukabumi
Curug Sodong - Lokasinya Mudah Dijangkau Hanya Jalan Kaki Manja
Curug+Sodong+Sukabumi+Jawa+Barat
Damainya Curug Sodong Sukabumi
Sebelum sampai ke Curug Cikanteh, kita mesti melewati curug sodong dulu lalu berjalan menanjak sekitar 15 menit kalo versi orang lokal tapi gw yakin dan percaya kalo gw yang jalan bisa 30 menitan #MudahLelah #FaktorUsia. Setelah makan siang, akhir nya kami sampai di curug sodong, bermanja sebentar menikmati hembusan angin bercampur butiran air terjun memberi ketenangan syahdu #AlhamdulillahYaaa. Oh yaa suka sama curug sodong ini karena ngak perlu pake perjuangan untuk sampai kelokasi nya, tinggal turun di parkiran dan jalan kaki 2 menit pun sampai karena curugnya nyata terlihat dari parkiran motor atau mobil #ManjaBanget.

Curug sodong memiliki ketinggian sekitar ± 25 meter dengan debit air yang lumayan cukup deras dan tertampung pada sebuah kolam lalu mengalir mengikuti aliran sungai, konon katanya curug ini sempet menelan korban jiwa sepasang kekasih yang tenggelam .... Karena curug ini kembar, mungkin minta nya korban nya juga sepasang jadi kalo ke curug ini jangan ama pasangan yesss, mending jomblo aja biar selamat dari pada punya pacar tapi akhirnya tenggelam bersama #AmitAmit #IniGwNgarangSendiri.
Curug+Cikanteh+Ciletuh+Sukabumi
Curug Kembar aka Curug Sejodoh - Tampak Di Kejauhan Curug Cikanteh Ditingkat Paling Atas
Geopark+Ciletuh+Sukabumi
Didalam Gua Dibalik Curug Sodong
Ada yang gw suka dari curug sodong ini, karena memiliki keunikan yaitu di balik deras nya air mengalir ternyata di belakang nya ada ruang kosong semacam gua jadi kita bisa berdiri di balik air terjun nya #UhManjaDiSodong #BukanDiSodomi. Lagi asyik main air cipak cipuk basah dan foto pun belum begitu manja untuk eksis diupload di socmed tapi ternyata sudah di teriakin kalo kita disuruh segera balik ke mobil untuk kembali ke penginapan karena hari sudah mulai gelap alias waktu nya ngak keburu kalo masih tetep lanjut ke cikanteh #SebenarnyaAdaAlasanYangTerselubung #BiarkanJadiRahasia (Penginapan kita jauh di Ujung Genteng, sekitar 2 jam dari ciletuh. Saran saja kalo mmg mau Explore Geopark Ciletuh maka carilah homestay diseputaran desa ciwaru ciletuh sukabumi).
Kaesang Lelah, Kaesang Ngak Bisa Diginiin, Kaesang Capek #MulaiDerama dan semua nya akhir nya batal ke cikanteh, lupakan cikanteh lupakan pamer foto manja di cikanteh padahal dah niat banget mau pamer aurat di cikanteh #KaesangKecewa.

Curug+Kembar+Ciletuh
Jangan Berpasangan Seperti Ini Yaaa, Nanti Kamu Hanyut #NgakakKayang
Curug+Geopark+Ciletuh
Aliran Air Dari Curug Sodong Bening & Seger Banget
Bagaimana cara menuju kawasan geopark ciletuh ???? nah kalo untuk rute perjalanan menuju geopark ciletuh ini sebenarnya sangat mudah meskipun lelah pake sangat karena perjalanan bisa mencapai 8 jam dari jakarta #KaesangCapekKalo mau naik angkutan umum : Dari terminal baranangsiang bogor naik bus 3/4 jurusan pelabuhan ratu dan dari pelabuhan ratu ganti naik elf jurusan ciwaru ciemas ciletuh. Nanti di pemberhentian terakhir bisa sewa ojek menuju homestay dan keliling2 dikawasan geopark. 

Sedangkan kalo membawa kendaraan pribadi, arah kan kendaraan menuju sukabumi, nanti di pertigaan cibadak ambil belok kanan ke arah pelabuhan ratu tapi begitu sampai di kawasan pertigaan cimanggu belok kiri dan ikutin jalan menuju ujung genteng, saat memasuki kawasan jampang surade cari pertigaan ke kanan dan baca petunjuk jalan menuju ciletuh.







259 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]