Perjalanan Tak Berujung: Bergaya Ala MINANG di Istana Pagaruyung

Bergaya Ala MINANG di Istana Pagaruyung

Istano+Pagaruyung+Sumatera+Barat
Pendekar Ala Minang Bergaya Di Depan Istano Pagaruyung
Istano Basa Pagaruyung - Kembali ke Padang Sumatera Barat untuk yang ke 16x nya #PamerCongkak #IniMudik #MencariGadisMinang dan berarti pasti kembali juga berkunjung ke Istana Basa Pagaruyung atau banyak orang menyebutnya hanya Istana Pagaruyung #EhAkuDatangLagi. Yaa setiap wisatawan baik dalam negeri atau luar negeri yang berlibur ke Sumatera Barat pasti punya agenda khusus untuk mengunjungi Istana Pagaruyung untuk mengagumi kemegahan budaya Istana Khas Minangkabau dengan rumah gadang nya yang berukir kayu menawan. Dan kali ini Istana Basa Pagaruyung dijadikan tempat Finish lomba balap sepeda tour de singkarak 2016 etape 2 (Tour de Singkarak, 6 – 14 Agustus 2016).
Tour+De+Singkarak+2016
Para Peserta Balap Sepeda Tour De Singkarak 2016 - Memasuki Kota Batu Sangkar Sumatera Barat
Tour+De+Singkarak+2016
Pengumuman Pemenang Etape Ke 2 Tour De Singkarak
Istano Basa Pagaruyung
Minggu, 7 Agustus 2016 Perjalanan Tour De Singkarak 2016 memasuki etape 2 dan ini merupakan penyelenggaraan yang ke 8 (Pertama kali diadakan tahun 2009). Pada etape ke 2 ini bakal dimulai start di Lembah Harau Kabupaten 50 Koto dan berakhir finish di Istana Baso Pagaruyung, Kota Batusangkar Kabupaten Tanah Datar yang menempuh jarak 119,5 km #DuchLelah #SelangkaganBerdenyut. Yaaa Tour De Singkarak 2016 ini merupakan hajatan balap sepeda international yang diselengarakan di Sumatera Barat, di ikuti oleh 25 tim (9 Tim Luar Negeri & 6 Tim Dalam Negeri/Indonesia) menempuh 8 etape dengan total rute sejauh 1100 Km

Yang menarik di Istano Pagaruyung ini, semua peserta Tour De Singkarak beserta para official nya di jamu dengan berbagai sajian, yang antara lain tarian khas minang dan makan bersama atau banyak yang menyebutnya Makan BAJAMBA (tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Minangkabau dengan cara duduk bersama-sama di dalam suatu ruangan atau tempat yang telah ditentukan. Tradisi ini umumnya dilangsungkan di hari-hari besar agama Islam dan dalam berbagai upacara adat, pesta adat, dan pertemuan penting lainnya) tradisi makan bajamba ini mempunyai makna yang sangat dalam yaitu tentang makna arti sebuah kebersamaan tanpa melihat perbedaan. Sekilas info saja kalo nama MAKAN BAJAMBA diambil dari penggunaan JAMBA (wadah besar yang berbentuk piring. biasanya terbuat dari bahan seng dan berdiameter sekitar 50 cm jadi lumayan besar buat makan rame2 sama kamuuuuu #Eeap).
Pakaian+Adat+Minangkabau+Istana+Pagaruyung
Urang Awak Mengunakan Pakaian Adat Minang Di Istana Pagaruyung
Baju+Khas+Minangkabau
Mas Cumi ... Sudah Pantaskah Jadi Uda Urang Awak ?????
#Ada Batu Yang Bisa Mewujudkan Keinginan & Impian  Di Dekat Istana Pagaruyung *KlikBacaDisini

Ada yang selalu bikin happy dan jatuh hati kalo berkunjung ke istano pagaruyung ini, tentu saja selain bisa foto – foto eksis, belajar budaya tentang minangkabau dan pasti nya mencicipi memakai baju pengantin adat khas minang alias bergaya macam urang awak #IniGwBanget. Yaa di bawah rumah gadang istana pagaruyung, terdapat sekumpulan ibu – ibu minang yang menyewakan baju minang lengkap dengan segala aksesoriesnya tanpa terkecuali #DariUjungRambutSampaiUjungKaki, dengan pilihan warna – warna baju yang menyolok mata alias warna – warna terang khas minang banget #IjoLonte #MerahPekcun #KuningJablay #LaluGwDigampar #BecandaYeee. Baju Adat minang lengkap dengan suntiang untuk wanita, dengan biaya sewa cukup dengan mengeluarkan uang Rp, 35.000,-  bisa di gunakan sepuasnya selama masih di lokasi Istana Basa Pagaruyung #JanganDibawahPulang.
Istana Pagaruyung
Wisatawan Bisa Menyewa Baju Adat Minang Di Istana Pagaruyung
Baju+Khas+Minang+Istano+Pagaruyung
Hanya Dengan Rp. 35.000,- Bisa Menyewa Baju Khas Minang Untuk Foto - Foto Manja
Istana+Pagaruyung
Pengunjung Sedang Berdandan Ala Gadis Minang
Baju – baju adat MinangKabau yang biasanya adalah semacam baju kurung yang longgar (tidak ketat), tebal (tidak transparan, tidak menerawang, tidak tembus pandang), sopan, tertutup mulai dari leher sampai ke mata kaki dan dihiasi dengan tutup kepala yang bentuknya beraneka ragam sesuai dengan daerah asal yang lebih spesifik #Padang #Pariaman #Painan #Solok. 

Oleh karena baju adat minangkabau yang cenderung tertutup, longgar dan tidak transparan, maka sangat mudah memadukannya dengan jilbab meskipun tetap mengunakan suntiang tanpa menghilangkan unsur budaya aslinya #Islami. Sedangkan untuk pria nya mengunakan pakaian marapulai yang biasanya merupakan “Pakaian Kebesaran Adat” yang terdiri dari baju gadang basiba, sarawa (celana) guntiang ampek dan deta atau hiasan kepala dilengkapi dengan serong serta karih (keris).
Pakaian+Adat+Minangkabau
Gadis Minang Bergaya Di Pelaminan Khas Minangkabau
Baju+Adat+Di+Istana+Pagaruyung
Foto Keluarga Dengan Baju Khas Minangkabau Di Depan Istano Pagaruyung
Ngomongin Istana Pagaruyung pasti sangat menarik kalo di lihat dari sisi kelam duka nya #EhBusyet, karena berkali – kali istana pagaruyung ini mengalami kebakaran #SialKaliNichIstana. Istana yang sekarang ada ini merupakan replika dari yang asli, karena letak istano asli nya berada di Bukit Patu Patah dan telah terbakar habis akibat kerusuhan berdarah pada tahun 1804 kemudian istana pagaruyung di bangun kembali tapi terbakar lagi tahun 1966 #KanciangBanar

Dan akhir nya 27 Desember 1976 di lakukan pembangunan kembali Istana Pagaruyung tapi mengambil lokasi di sebelah selatan istana lama, tapi nasib sial kembali terjadi 27 Februari 2007 istano basa pagaruyung mengalami kebakaran akibat sambaran petir yang menyambar puncak istana dan luluh lantak semua habis terbakar #SialBener tapi sekarang sudah kembali normal, di bangun lagi lebih megah lebih keren lebih manja dan lebih kokoh #PakeSemen3Roda #KokohLuarDalam.
Istana+Pagaruyung
Ada 72 Tonggak Yang Menopang Istana Pagaruyung
Istana+Pagaruyung
Istana Pagaruyung
Istana Pagaruyung terletak di Nagari Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar, sekitar ± 106 Km dari Pusat Kota Padang atau ± 2 jam perjalanan, kalo dari Bukkittinggi berjarak ± 45 km atau membutuhkan waktu 1 jam 15 menit berdasarkan mbah google #IsengNgitungJalanan. Bangunan terbaru Istana Pagaruyung yang kita bikmati sekarang ini menghabiskan biaya hampir ± 20 milliar rupiah untuk pembangunan kembali yang terdiri dari 11 Gonjong, 72 Tonggak dan memiliki 3 lantai.

Tertarik buat bergaya Khas ala Minang ??? Silahkan datang ke Istana Pagaruyung Tanah Datar atau bisa juga ke Pusat Kebudayaan & Informasi Kebudayaan Minangkabau Padang Panjang.
Gadis+Minangkabau+Pakaian+Adat+Khas+Minang
Gadis Minang Tersenyum Malu Dibalik Jendela Rumah Gadang





189 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]