Perjalanan Tak Berujung: Ternyata Garut Juga Punya BATIK GARUTAN

Ternyata Garut Juga Punya BATIK GARUTAN

Batik+Garut+Jawa+Barat
Belajar Membatik Garutan Di Rasya Batik Gallery
Batik Garut – Ngomongin masalah batik, selama ini yg gw tau cuman Batik Pekalongan, Batik Cirebon, Batik Solo, Batik Jogja #BukanPecintaBatik #TapiDemenLiatBatik. Tapi ternyata ngak hanya itu, GARUT juga punya batik yang patut untuk di perhitungkan dengan ciri khas nya tersendiri yaitu “GARUTAN”. Kali ini Rombongan Blogger West Java Tourism Board mengunjungi Rasya Batik Gallery yang beralamat di Jl. Otto Iskandardinata – Komplek PLN No. 1 Garut Jawa Barat (Sebelah Bank BRI Paseban). Yessss yuk cussss kita belanja batik sambil belajar bikin batik tulis langsung sama ahli nya #AntusiasEksis.
Batik+Garut+Jawa+Barat
Warna - Warna Terang Mendominasi Batik Garut
Batik+Garut+Jawa+Barat
Rasya Batik Gallery Garut
Batik memang sudah terkenal di mana – mana dan jadi ciri khas Indonesia, bahkan sampai mancanegara karna banyak di minati & sudah di ekspor kebeberapa negara semisal Singapore, Malaysia, Belanda, Prancis dll #Bangga #HebatBudayaIndonesia. 
Dan batik khas garut atau garutan ini memiliki ciri khas warna yang cerah & penuh disetiap desain kain nya dengan dominasi warna dasar krem atau gading (gadingan), biru, soga agak merah serta adanya warna ungu pada corak atau desain batik garutan #CerahCeria. Sedangkan untuk motif nya sendiri kebanyakan mencerminkan kekhasan Flora & Fauna semisal Merak Ngibing, Domba Garut, Kembang & Kalajengking, Rotan Matahari dll. Akan tetapi ada juga pengaruh dari batik solo & jogja yaitu motif lereng atau parang.
Batik+Garut+Jawa+Barat
Ayo Diborong Batik Garut nya
Batik+Garut+Jawa+Barat
Proses Pembuatan Batik Cap
Batik+Garut+Jawa+Barat
Membatik Mengunakan Canting
Yang seru dari kunjungan para blogger ke Rasya Batik Gallery ini adalah kita bisa ikut terlibat langsung proses pembuatan batik tulis maupun batik cap + belajar menenun #TenunHati. Proses membuat batik tulis memakan waktu yang sangat lama proses nya bisa sampai 1 bulan untuk 1 lembar kain batik #LelahJiwaRaga, ini adalah proses sederhana pembuatan batik tulis (membatik) yang kami lihat di Rasya Batik Gallery :
-      Menorehkan cairan malam mengunakan canting pada selembar kain yg akan di batik sesuai desain yang telah di tentukan.
-      Proses pewarnaan dengan mencelupkan kain yang telah di lukis dengan malam/lilin kedalam cairan pewarna, setelah itu jemur dan keringkan.
-      Setelah kering, kain di rendam kedalam air panas mendidih yang telah diberi soda abu untuk melepaskan lilin atau malam nya tadi.
-      Proses yang terakhir adalah mencuci dengan merendam mengunakan air dingin setelah itu di jemur dikeringkan.
Batik+Garut+Jawa+Barat
Setelah Selesai Di Gambar - Batik Siap Di Celup Pewarna
Proses Mencuci Mengunakan Air Dingin
Pewarnaan Batik Dengan Dicelup
Proses panjang pembuatan batik ini, akhir nya terbayar dengan harga nya yg fantastis #NgintipDompet. Harga 1 kain batik sutera bisa mencapai puluhan juta rupiah bahkan ada yg sampai ratusan juta, tergantung bahan dan kualitas #Wajar, sedangkan batik cap paling murah sekitar puluhan ribu saja di karenakan proses pembuatan nya yg ngak terlalu ribet #AdaRupaAdaHarga. Jadi kalo lagi jalan – jalan ke garut, jangan lupa untuk mampir ke sentra batik dan membeli oleh – oleh kain batik GARUTAN untuk menambah koleksi batik yg sudah ada #NumpangIklan ... Ayo bangga mengunakan BATIK & ikut Lestarikan Budaya Indonesia.  
Batik+Garut+Jawa+Barat
Tenun Garut
Batik+Garut+Jawa+Barat
Motif Batik Garut - Flora & Fauna
Batik Garut Jawa Barat
Proses Akhir Pembuatan Batik Yaitu Menjemur Kain
Note :




164 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]