Perjalanan Tak Berujung: Mana Yang Berikan Harga Termurah ?????

Mana Yang Berikan Harga Termurah ?????

GH Universal Bandung
Foto : GH Universal
Agoda & Traveloka - Pusing pala barbie pala barbie, hadeh dunia dunia kenapa makin banyak aja persaingan dan ini kita ngomongin banyak nya Online Travel Agent (OTA) yang makin menjamur & bersaing menawarkan hotel dengan harga alamak jang kompetitif & mengklaim kali si A paling murah, si B paling banyak bonusnya #GwDemenGratisan. Dan akhirnya sebagai traveller ala2 ngak jelas demen yg murah tapi ngak murahan, demen yg mursid tapi berkelas dan karna ngak ada kerjaan juga sech akhirnya gw iseng mau bandingin OTA. Kebetulan kalo gw sering make aplikasi dari Agoda & Traveloka #KalianPilihMana??
Kamar Duluxe Double Queen Di GH Universal
Foto : GH Universal
Eh sebenarnya ini cerita masa lalu, saat mau long weekend 14 – 16 Agustus 2015 alias 4 bulan lalu #PemalasMauPosting. Kebetulan mau santai2 kece di bandung & pilihan hotel nya GH Universal #NgehitKarnaVideoKlipSyahrini. Sejujurnya bandinginnya banyak OTA, mulai booking.com trus GoIndonesia dll tapi banyak yg ngak tersedia untuk tgl sbt tapi yg muncul malah Agoda & Traveloka #Lagi2Mereka #TepukTangan. Jadi coba kita bandingkan antara Agoda & Traveloka sajo, cusss tenggok nich hasil mata batin saya :

1. Agoda
Ini OTA kece banget coz punya 38 bahasa berbeda dan sudah diakui seluruh dunia #Keren, Tampilan homepage Agoda simple dan memudahkan pengunjung dalam melakukan pencarian #PraktisNgakRibet. Halaman hasil pencarian nya juga simpel banget, kita bisa langsung tenggok foto2 hotel nya, lokasi, kelengkapan fasilitas serta review dari pengunjung yg sudah pernah menginap disana #IniYangPenting.
Homepage Agoda Yang Sangat User Friendly
Dan hasil pencarian kamar di G.H. Universal Hotel untuk tanggal 14-16 Agustus muncul dua pilihan #HarusnyaKauPilihAku, keduanya menunjukkan ketersediaan kamar Superior dengan sarapan, tapi dengan dua harga berbeda : harga domestic dan harga non-domestik #LaluAkuLelah. Dan akhir nya gw binun alias galau dengan label “Tarif Domestik” #AkuMauInterlokal #Penasaran
Eitsss gw telusuri apa beda nya domesti ama non domestik ini dan akhirnya ketemu jawabannya saat mengisi formulir pemesanan #EdisiNgangur. Harga domestic berarti harga yang diberikan pada penduduk lokal. Jika sipenduduk tidak dapat menunjukkan kartu tanda penduduknya, maka ia akan dikenakan biaya tambahan #IniMahDiskiriminasi.
Hasil Search Agoda Hanya Menampilkan 2 Hasil Pencarian 
Kalo menurut gw sech dengan adanya tarif Domesik, ini sangat merugikan gw kalo mau jalan2 ke luar negeri coz pasti kena biaya tambahan #MacamTelpInterlokalKaliYaaaa. Apalagi jika kita traveling ala Gembel duit pas2an #BukanGw #CumanCurcol yang sangat memperhitungkan biaya perjalanan, karena tarif hostel/hotel otomatis menjadi lebih mahal dari tarif normal yang semestinya kita dapatkan #MakinGalau.
Penjelasan "Tarif Domestik" Muncul Saat Kita Mengisi Formulir Pemesanan
Sekaligus Ketauan Harga Total Yang Harus Dibayar Setelah Pajak
Pake Agoda, G.H. Universal Hotel yang termurahnya Rp1.520.661, kalo 2 malem berarti Rp3.041.322. Eh tapi tapi ternyata harga belum termasuk pajak, jd kalo udah semua nya bisa  Rp 3.680.000. Setelah dihitung, selisih harga sebelum dan sesudah pajak mencapai Rp 638.678 #WhatLumayanBuatBeliBakso1Gerobak #AkuMerasaTertipu, duh kenapa pajak nya ngak disebutin diawal, kan aku lelah mesti terkejut melihat harga setelah pajak #CapekLebay
Untuk masalah pembayaran Agoda mmg simpel cuman menerapkan kartu kredit & paypall tapi kebanyakan penduduk indonesia tercinta ini lebih seneng tranfer atau bayar di minimarket hahaha #GwBanget. Kita cek yuk siapa yg bisa bayar tranfer & mini market ... kita tenggok tetangga sebelah Agoda yaitu Traveloka dulu #Ngintip.

2. Traveloka
Nama Traveloka lagi NgeHITZ buanget dan ngak bisa dipandang sebelah mata di kancah per OTA an, iklan ttg Traveloka mondar mandir di tipi tipi nasional #GwJarangNontonTipi. Kayaknya nich Traveloka mmg lagi nafsu banget melesat di kancah perhotelan & pertiketan pesawat #GwDemenKaloAdaYangBersaing #PastiMurah #UntungKonsumen. Kalo dilihat dari homepagenya sech udah tersedia bahasa inggris juga #BahasaJawaKapan??? Halaman yang sudah di-customized untuk Malaysia dan Singapura juga tersedia, berikut pula mata uang masing-masing #TravelokaGoInternational. 

Tampilan homepage-nya tidak otomatis menunjukkan halaman pencarian hotel. Kita harus mengeklik tombol “Hotel” untuk memindahkan halaman, baru setelah itu kita bisa memulai pencarian.
Homepage Traveloka di-default Untuk Pencarian Tiket Pesawat, Jadi Tidak Bisa Langsung Mencari Hotel 
Kalo Agoda hanya menampilkan dua hasil pencarian, Traveloka menampilkan lebih banyak hasil sehingga customer bisa lebih leluasa memilih kamar hotel yang diinginkannya #DemenDeh. Soal jumlah kamar yang tersedia, kedua OTA ini sama-sama menampilkan jumlah kamar yang masih tersedia untuk dipesan melalui mereka #CumilebayJugaBisaDibooking.

Yang bikin seru & seneng adalah Traveloka menampilkan harga yang sama, tidak peduli sipemesan penduduk local atau bukan #AkuSechCintaProdukLokal. Harga kamar Superior dengan sarapan yang ditampilkan sejak awal di Traveloka juga lebih murah Rp 86.563 dibanding harga yang ditampilkan Agoda #CusssTenggokDanBandingkanSendiri.
Hasil Pencarian Traveloka - Menampilkan Banyak Pilihan Dibandingkan Agoda
Dan yang bikin ngak deg2an dari Traveloka adalah harga nya sudah termasuk pajak, jadi ngak perlu klik sana sini untuk tau harga akhir nya #AngkatJempol. Namun akan tetapi #Halah yang bikin terkaget2, eh gw Kaget - Kaget Senang” yaaaa, bukan “kaget-kaget kesal” harga final dari traveloka ternyata lebih murah Rp 638.678 dari harga OTA No. 1 diatas #TuchKan #JadiPilihSiapa
Tampilan Rincian Pemesanan Hotel di Traveloka
Sebenarnya agak bingung sewaktu melihat “Biaya Pemulihan Pajak” #IstitalahApalagi yang tertera di Rincian Pembayaran dan jumlahnya mencapai Rp 497.786. Namun setelah dihitung bolak-balik mengecek harga awalnya #Cermati&Pahami, ternyata jumlah tersebut sudah termasuk dalam harga awal tadi. Bisa dibilang, kalau harga awal di Traveloka adalah harga finalnya juga karena sama sekali tidak ada perubahan.    

Selain itu kelebihan traveloka ini masalah pembayarannya banyak pilihan antara lain transfer ATM, internet/mobile banking, sampai pembayaran melalui Indomaret #SebelahRumahIndomaret. Pembayaran dengan kartu kredit juga tersedia & bisa cicilan 0% selama tiga bulan #LumanyunBanget.
Mau Foto Ala2 Model di GH Universal ???? Silahkan Booking Hotelnya Dulu
Foto : GH Universal
Dari hasil perbandingan di atas, setelah di hitung2  #PacarkeAda5 #MalahNyanyi kalo traveloka lebih murah di bandingkan tetangga nya & jauh lebih menguntungkan kalo untuk travelling ke luar negeri coz traveloka ngak ada perbedaan domestik atau non domestik #AkuNgakSukaDibeda2kan (Traveloka juga punya inventori di Singapore, Jepang, Malaysia, Thailand dll). Akhirnya gw harus setia dengan 1 OTA yaitu Traveloka #IklanBerbayar yang mmg harga nya lebih murah tapi ngak murahan dan tetep memberi pelayanan yg mudah saat bertransaksi #IklanBerbayarLagi #LaluDikepruk

Nah ... semoga artikel ini yang gw bikin karna gw lagi ngak ada kerjaan ini bisa membantu kalian umat yg suka murah2 untuk menjadi smart traveler dengan memilih OTA yang paling bersahabat. Selamat merencanakan liburan long weekend NATAL & Tahun Baru. 




211 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]