Perjalanan Tak Berujung: Berkawan Rintik Kabut di Ramang – Ramang

Berkawan Rintik Kabut di Ramang – Ramang

Ramang - Ramang Makassar
Gerimis Berkabut di Ramang - Ramang
Rammang Rammang Sulawesi Selatan - Mengeluarkan rayuan maut, membelai manja, menjilat nafsu & meremas sange Bobby Virus Traveling agar mau dengan segera meninggalkan Kota Rantepao Toraja untuk ikut bersamaku balik ke Makassar #Dah4xKeTorajaBosan. Demi membujuk Bobby Virus Travelling akhirnya kujanjikan untuk berkunjung ke Ramang - Ramang bukan Remang - Remang atau Remas - Remas ... Eitsss apa yang menarik dari Ramang - Ramang ???
Akhirnya Bobby Virus Traveling Tak Berdaya Akan Rayuan Maut Cumilebay - Pasrah Ke Ramang - Ramang
Rammang rammang berada tengah2 gugusan pegunungan batu kapur (Karst) yang membentang sepanjang wilayah Maros sampai Pangkep dengan luas sekitar 40 ribu heaktar #IniLuasBanget, lokasi nya sekitar 1,5 jam atau 40 km dari kota Makassar. Mau kesana ??? Patokan nya gampang banget, dari makassar cusss arah kan kendaraan menuju Maros, nanti tanya dimana pabrik semen bosowa karna lokasi nya mmg bersebelahan dengan semen bosowa. Gw sech berharap jangan sampai "Pengusaha Ituuuu" iseng2 happy mengeruk semua gunung2 kapur termasuk ramang2 trus dijadikan bahan baku semen #Plak #GwKutukKaloKejadian.
Ramang - Ramang Makassar Sulawesi
Dermaga Ramang - Ramang -- Sewa Perahu Rp. 250.000,-/Perahu
Kami datang sampai di dermaga rammang rammang sudah terlalu sore, sekitar jam 4 an dan gerimis + awan tebal menemani, seperti hatiku yg lagi berkawan kabut karna tetep merasa jomblo #Ngenes. Ngak menunggu terlalu lama, langsung cuss sewa perahu (Rp. 250.000/perahu/6orang pp) perjalanan selama 30 menit menyusuri sungai puthe menuju desa berau, sebuah desa yg sangat dramatis seperti di film2 legenda zaman bahula yg tertutup pegunungan kapur karst berteman gerimis & berkabut #MistisGerimis.
Ramang - Ramang Makassar Sulawesi
Rumah - Rumah Di Sepanjang Sungai Puthe 
Ramang - Ramang Makassar Sulawesi
Menyusuri Sungai Puthe
Cuman kasih tau aja nich, kalo ramang menurut bahasa lokal setempat mempunyai arti awan atau kabut #HatikuJugaBerkabut. Seputaran ramang - ramang memang selalu di tutupi awan kabut saat pagi atau hujan #IniFakta. Jadi kalo kalian datang ke ramang2 dan kondisi nya panas dengan langit membiru, berarti itu bukan ramang2 sebenar nya #GwNgeles #GwDatangGerimis #Maksa. Eh kelupaan bilangin, kalo ramang ramang ini masih 1 kawasan cakupan dengan Taman Nasional Batimurung #Lumayan30MenitJalanMuter jadi di seputaran nya bakal ketemu banyak objek wisata yang ala2 meskipun jarak nya agak jauh #TerjemahkanSendiri.
Ramang Ramang Makassar Sulawesi
Dermaga Desa Berau Rammang Rammang
Ramang Ramang Makassar Sulawesi
Batu Besar Mengantung Menyerupai Gua di Rammang Rammang
Di desa berua hanya ada 1 dermaga kecil, dengan batu karang besar mengantung menyerupai gua menyambut kita #SelamatDatangDiBerau. Sebuah lembah tertutup deretan bukit2 kapur, dan hanya ada beberapa rumah + 1 mushola yg jarak nya saling berjauhan. Sejujurnya kalo ngak buru2 dan punya waktu, ada baiknya menginap di salah satu rumah penduduk di desa berau, nikmati kearifan lokal, membeku saat pagi datang yg berkawan kabut #MaunyaPelukanBiarHangat.
Ramang Ramang Makassar Sulawesi
Mendekati Desa Berua - Sungainya Ada Petunjuk Arahnya
Ramang Ramang Makassar Sulawesi
Desa Berua Yang Hijau Asri & Damai
Ramang - Ramang memang surga banget buat para fotografer yang suka foto landscape, kalo gw ??? yaaaaaaa yg penting dah pernah kesana aja ngak ngarep banyak #Ramang2Contreng #PlakTampar. Kalo suka mancing, bisa juga nikmati hari sambil memancing di empang2 yg tersebar di seputaran ramang2, kalo gw pasti nangis coz mancing hati aja gagal apalagi mancing ikan #Curcol. Eh ramang ramang ini termasuk keajaiban alam dunia dan merupakan pegunungan kapur terbesar ke 2 di dunia setelah pegunungan karst yunnan cina selatan.
Desa Berau Ramang Ramang Makassar Sulawesi
Jangan Buang Sampah - Buang Hati Aja Silahkan 
Desa Berau Ramang Ramang Makassar Sulawesi
Berkawan Gerimis & Awan Hitam




230 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]