Perjalanan Tak Berujung: {Terios 7 Wonders} Menari Dengan Ubur2 di Kakaban

{Terios 7 Wonders} Menari Dengan Ubur2 di Kakaban

Menikmati Indahnya Danau Kakaban
Foto Barry Kusuma
Danau Kakaban – Sedih yang tak berujung akhir nya menghampiri #AkuButuhSandaran, ini destinasi terakhir perjalanan Terios 7 Wonders “Borneo Wild Adventure” #AkuTakIKhlasBerakhir. Setelah melewati 2058 km perjalanan darat  mengunakan 7 unit Daihatsu Terios dari Palangkaraya Kalimantan Tengah menuju Pulau Maratua Kalimantan Timur dan telah mengunjungi 6 destinasi alam liar kalimantan antara lain Orang Utan, Bekantan, Anggrek Hutan, Kerbau Rawa, Buaya, Kayu Ulin. Dan ini adalah persinggahan terakhir alias destinasi ke 7 yaitu Ubur – Ubur di Pulau Kakaban Derawan #KnpBerakhir??
Dermaga Panjang Pulau Kakaban
Pulau Kakaban
Team Terios 7 Wonders di Pulau Kakaban
Kakaban hanyalah satu dari 31 pulau di Kepulauan Derawan yang terletak di Kabupaten Berau Kaltim dengan luas mencapai 774.2 Hektare. Pulau ini menyimpan harta karun yg sangat sangat berharga, bahkan lebih berharga di bandingkan emas atau permata #Halah. Kakaban menyimpan biota yg sangat langka yaitu Ubur Ubur Tak Menyengat yang hanya kita jumpai di 2 tempat di dunia yaitu Pulau Kakaban & Pulau Palau bagian Kepulauan Mikronesia Samudra Pasific. Tapi di kakaban lebih kece coz menyimpan 4 jenis ubur2 sedangkan di palau hanya 1 jenis #KakabanMenang3Biji.
Jalan Menyusuri Jembatan Kayu Menuju Danau Kakaban
Di dalam Pulau Kakaban terdapat danau seluas 390 ha, danau ini terbentuk dari campuran air hujan dan rembesan air laut melalui pori2 tanah sehingga menjadikan unik dan berbeda dari danau2 lain di dunia #KakabanJuara. Danau ini memiliki kedalaman max 11 meter, eh ke 4 jenis ubur2 yg mendiami kakaban antara lain : Aurelia Aurita (Ubur2 Emas), Mastigias Cf Papua (Ubur2 Totol), Tripedalia Cystophora (Ubur2 Kotak) dan Cassiopea Ornata (Ubur2 Terbalik). Dan yang terbanyak adalah ubur2 totol dan terbalik yg bisa kita jumpai di kakaban.
Dermaga Danau Kakaban
Berenang & Menari-Nari Bareng Ubur2 Kakaban
Berdasarkan penelitian oleh para ahli, sengat ubur2 ini tidak sepenuh nya hilang, namun sengat nya melemah #AsalJanganLemahSyahwat setelah berevolusi jutaan tahun, konon karena tidak ada predator yg mengancam ubur2 yg berada di danau air asin tsb. Alhasil “Senjata” ubur2 ini tidak segahar sodara mereka yg di laut, jadi kesan nya kurang binal dan kurang mesum gitu yaaa hahaha.
Inget ... Boleh Berkancut Berenang Tapi Jangan Sentuh Ubur2nya 
Ah senang nya kalo bisa main dengan ubur2 di danau kakaban ini, tinggal cusss nyemplung dan berenang menari bareng para ubur2. Tapi jangan lupa yeeee, ada banyak aturan yg harus di taati saat berada di kakaban. Antara lain :
  • Usahakan dulu berenang di danau baru di laut, karna biota2 laut yg terbawa masuk ke danau bisa menjadi pesaing hidup ubur2 di habitatnya sendiri. 
  • Jangan memakai tabir surya saat berenang di danau. Zat kimia dari tabir surya bisa mencemari air danau
  • Jangan menangkap atau membawa ubur – ubur keluar dari habitatnya
  • Jangan berenang di danau kakaban mengunakan FIN aka kaki katak , karna ayunan fin bisa melukai ubur-ubur #HatikuTerlukaNasibJomblo
  • Jangan mengangkat atau memegang ubur2 terlalu tinggi atau bahkan keluar dari air. Usahakan hanya di liat tanpa menyentuh #KasihanMereka
  • Buang sampah pada tempat nya atau bawa kembali sampah ke tempat asal #IniWAJIB
Ubur2 Tak Menyengat Pulau Kakaban
Foto Fahmi Catperku
Pilihan Team Terios 7 Wonders ngak perna salah untuk mengakhiri perjalanan panjang 2058 km ini di Kepulauan Derawan, setelah capek lelah jalan darat di temani asap pembakaran lahan #SumpahPedih. Akhirnya kita bisa santai2 menikmati indah nya kepulauan derawan, salah satu nya yaitu berenang bersama ubur2 yang tak menyengat ini .... Ah kenapa harus berakhir ????? aku ngak ridho ihik ihik #NanggisKejer.
Simak Perjalanan Team Terios 7 Wonders 
Video Ala2 Versi Cumilebay Yang Mempesona
Note : Groupies Cumilebay Juga Pernah Ke Kakaban, Baca Lengkap nya di Klik Disini http://www.cumilebay.com/2015/02/danau-kakaban-karna-atol-terangkat.html




207 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke [email protected]


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]