Perjalanan Tak Berujung: {Terios 7 Wonders} Menyusuri Hutan Menanti Orang Utan

{Terios 7 Wonders} Menyusuri Hutan Menanti Orang Utan

Basecamp Danau Punggu Alas - Taman Nasinal Sebangau
Terios 7 Wonders – Perjalanan etape 1 Terios 7 Wonders 2015 menempuh jarak 170,5 km dari kota Palangkaraya menuju Desa Keruing Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan yang masuk di kawasan Taman Nasional Sebangau Kalimantan Tengah  #EtapePemanasan. Kali ini tujuan wonder 1 adalah menenggok flora & fauna hutan lebat sebangau khusus nya kehidupan liar orang utan di alam asli nya #IniLiarBeneranLho.
Daihatsu Terios Handal Tangguh Jalanan di Kalimantan Yang Berdebu & Berkabut Asap
7 Daihatsu Terios (3 Matic, 4 Manual) sukses menyusuri jalur lintas kalimantan dengan wolessss tanpa hambatan sama sekali #SempetBoboNyenyakDalamTerios. Jalanan berkelok dan berdebu mulai dari beraspal hingga berpasir licin lancar jaya di babat cekatan oleh terios. Kalimantan terkenal dengan kontur jalanan yang aslinya dari tanah gambut, membuat jalanan mulus menjadi bergelombang bikin kendaraan di pacu kencang agak sedikit ajrut2an tapi untungnya suspensi terios di desain begitu nyaman dengan peredam sehingga penumpang tetep ngerasa damai & tentram dalam kendaraan SUV ini.
Menyusuri Sungai Katingan - Menuju Desa Keruing TN. Sebangau
Setelah 4 jam perjalanan darat mengunakan Daihatsu Terios, akhirnya sampai didesa terakhir menuju Taman Nasional Sebangau, yaitu Desa Bahun Bango & mari kita lanjut perjalanan 30 menit mengunakan perahu boat menyusuri Sungai Katingan. Dan ..... Perjalanan seru menengangkan akan segera di mulai, kita bakal trekking 5 km (ditempuh 3 jam perjalanan) masuk hutan Kalimantan yang terkenal ganas #Lebay menuju PUNGGU ALAS (Masuk dalam wilayah Desa Keruing Kecamatan Kamipang Kabupaten Katingan) yg menjadi tempat pantau & penelitian kehidupan alam liar di kawasan ini.  Dan yg bikin tegang nya adalah matahari dah beranjak hendak pergi alias dah mulai gelap #Bayangkan #TrekkingHutanDalamGelap.
Trekking Sekitar 3 - 4 Jam Menuju Punggu Alas Untuk Menginap Di Basecamp
Malam ini kami menginap di tengah hutan, seru2an di basecamp pantau & informasi punggu alas. Untuk urusan makan mah nikmat banget, ada yg masakin dan cita rasa juara mampus #KenyangNambah. Kami sempet ngobrol2 dengan beberapa pegawai taman nasional yg mendampingi kami, mereka bercerita ttg kehidupan orang utan di sini.

Pagi dan matahari mulai bersinar, saat nya trekking masuk hutan lebih dalam (Perjalanan memakan waktu 1 jam) buat menyaksikan langsung orang hutan liar di habitat asli nya. Dan akhirnya setalah menunggu lebih dari 1 jam .... Ketemu pasangan ibu anak yaitu julian & julian, mereka bertengger diatas pohon sekitar 30 meter diatas tanah, sayang banget mau di foto agak susah #lensaCameraStandart #Malu coz mereka rada2 takut dengan manusia dan merasa ngak nyaman untuk turun dahan.
Team Terios 7 Wonders Menanti Orang Utan
Jumpa Burung Paruh Kodok
Mata Lensa Tetap Menanti Orang Utan
Di sekitar Punggu Alas ada 30 orang hutan yg sudah di teliti berdasarkan bentuk wajah prilaku dll. Mereka di beri nama untuk memudahkan pantauan, ada Tama 30th, Lola 4th, Lisa 20th, Marlenda 25th, Jane 20th, Jack 3 th, Ossama 35th #Keren2Namanya. Di sekitar desa keruing saja di temukan terdaftar sekitar 12 kelompok orang utan dan dalam 1 kelompok terdapat 10-15 bekantan dengan umur paling tua sekitar 30 th an, sedangkan total orang utan di taman sebangau berkisar 9000an ekor. Eh bikin busyet terkaget2 berdasarkan penelitian bahwa DNA orang utan itu 97% sama dengan manusia. 
Lucunya Julia & Julian Yang Kita Temui di TN. Sebangau
Taman Nasional Sebangau diapit oleh 2 sungai yaitu Sungai Sebangau & Sungai Katingan dengan memiliki luas 568.700 heaktar. Kekayaan alam nya beraneka ragam yang meliputi 808 jenis tumbuhan, 15 jenis mamalia, 182 jenis burung serta 54 spesies ular. Selain orang utan, di kawasan Punggu Alas ini di banyak kita jumpai monyet ekor panjang, beruk, beruang madu, macan dahan, macan kumbang dll, sedangkan untuk flora nya yg banyak diteliti adalah pohon Saga bulang.
Suasana Basecamp Punggu Alas - Makanannya JUARA
Sekedar info aja buat lucu2an orang utan : Setiap kayu dalam hutan yang mati, biasa nya selalu di robohkan oleh orang utan. Karna kayu yg roboh di tanah akan di makan rayap dan rayap ini lah sebagai salah satu makanan orang utan. Dan anak orang utan akan berpisah dengan ibu nya setelah usia 8 tahun, kalo kamu pisah ama orang tua kapan ????
Team Terios 7 Wonders di TN. Sebangau




136 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

- Silahkan Tinggalkan Komen Yang Merangsang. Siapa Tau Kita Berjodoh, Nanti Aku Juga Kunjungi Kamu, Iyaaa Kamuuuuu

- Mau Ngobrol2 Seputar Dunia Nyata & Khayalan atau Kerjasama ??? Bisa Email ke [email protected]


Jangan lupa follow IG & Twitter : @CumilebayCom

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]