Perjalanan Tak Berujung: Belajar Budaya SUNDA di Saung Udjo

Belajar Budaya SUNDA di Saung Udjo

Saung Udjo
Pertunjukan Tari, Nyanyi + Permainan Angklung Di Saung Udjo
Saung Angklung Udjo Bandung – Bandung selalu mempesona #TerusBersolek, dilihat dari sudut manapun tetep saja menarik #KedipMataManja. Ngak salah kalo Bandung dijadikan pilihan destinasi wisata untuk liburan keluarga #SahabatKeluarga, tiap weekend selalu rame di kunjungi baik itu wisatawan lokal ataupun mancanegara #Bule. Dan ngak ada salahnya kalo liburan di Bandung juga sambil belajar ttg salah satu adat budaya khas Tanah Sunda ini yaitu Kesenian Bambu ANGKLUNG melalui Pertunjukan Bambu Saung Angklung Udjo.

Saung Udjo
Belajar Budaya Khas Sunda Di Saung Angklung
Saung Angklung Udjo (SAU) didirikan pada tahun 1966 oleh Udjo Ngalagena (Alm) beserta istri nya Uum Sumiati, SAU merupakan sanggar seni tempat pertunjukan seni, laboratorium pendidikan sekaligus objek wisata budaya khas daerah Jawa Barat dengan mengandalkan semangat gotong royong antar warga #HarusTetepDilestarikan. SAU menerima murid dari anak2 kecil sampai dewasa untuk belajar menari, menyanyi serta bermain angklung #BelajarMencintaiBudaya.
Saung Angklung Udjo
Haleran ... Biasanya Dimainkan Oleh Anak2 Saat Upacara Tradisional 
Jadwal Pertunjukan Bambu Saung Angklung Udjo diadakan setiap sore pukul 15.30 Wib selama 1,5 jam. Pertunjukan di mulai dengan demonstrasi Wayang Golek, trus Haleran (Biasanya dimainkan mengiringi upacara tradisional semacam sunatan, panen padi atau menyambut tamu), tari merak & tari topeng yg dengan anggun dan cantiknya menjadi atraksi selanjutnya #Adek2PenarinyaCantik.

Adek2 kecil usia 4-7 tahun melanjutkan pertunjukan dengan membawakan lagu2 khas anak2 mengunakan angklung mini  dan ini bikin Randy + kirun akhirnya sukses menitikan air mata #Terharu, melihat bocah – bocah kecil sudah bisa menari, bernyanyi serta bermain angklung dengan KECI TOP Buanget #Salut. Trus Alunan Rumpun Bambu (Arumba) diciptakan pertama kali tahun 1970 an + Angklung Padaeng mengalun dengan merdu nya menambah heboh pertujukan angklung mang udjo #GwKepo.
Saung Angklung Udjo Bandung
Tari Merak Dibawakan Dengan Cantiknya Oleh Murid2 Saung Angklung Udjo
Selain menyaksikan pertunjukan kesenian khas sunda, kami semua juga diajak belajar memainkan alat musik angklung ini. Angklung di bagikan ke setiap penonton dengan tangga nada yang berbeda2 trus pembawa acara nya mengajarkan kita cara memegang, mengayung untuk menghasilkan nada yg pas & sesuai. Awalnya semua kacau tapi akhir nya semua penonton sukses memainkan beberapa lagu dengan angklung #HoreHoreHore.... Langsung tepuk tangan bergemuruh disetiap sudut tempat pertunjukan #AkuBerhasil.  
Saung Udjo Bandung
Adek2 Saung Udjo Menampilkan Berbagai Macam Atraksi Khas Sunda
Dan akhirnya hampir semua mata tercengang #Kagum, kuping kami disuguhi sebuah alunan musik Angklung Orchestra yang membawakan lagu2 ngehitz dan super kece seperti Panthom Of The Opera, You Raise Me Up, Que Sera Sera, Poco Poco, Bunda dll dengan aransemen yg apik + indah, sukses menghipnotis para penonton dan ikutan bernyanyi bersama sambil terus terpukau oleh dahsyatnya permainan angklung yg dimainkan #AkyuIkutTersihir
Diakhir acara pertunjukan, penonton diajak menari bersama di tengah2 tempat pagelaran. Adek2 murid saung angklung udjo dengan lucu dan malu2 mengandeng mengajak para penonton untuk turut serta menari #SeruKeakraban.
Belajar Angklung Di Saung Udjo
Semua Berbaur Menyatu Memainkan Alat Musik Angklung, Termasuk Groupies Cumilebay
Puas nonton pertunjukan Kesenian Bambu, jangan langsung buru2 pulang #BisaTiduranSambilJumpalitan #laluDikepruk. Ngak ada salahnya mampir melihat toko cindramata yang ada di depan tempat pertunjukan SAU, disana di jual berbagai macam kerajingan tangan dari bambu, kain batik, wayang golek dll. Eh lupa kan, nich kalo mau menonton pertujukan angklung di saung udjo dikenalan tiket masuk dengan biaya Rp. 60.000,- (Wisatawan Nusantara) dan Rp. 100.000,- (Wisatawan Mancanegara), kita akan dapat souvenir angklung mini + welcome drink #Alhamdulillah.  
Saung Udjo Bandung
Belanja Oleh2 Di Galeri Saung Udjo
Eh jalan-jalan keci dengan keluarga “GroupiesCumilebay” ke Bandung, pake Daihatsu XENIA yang terkenal irit dengan X-tra Aman & X-tra Nyaman. Ruang kabin Daihatsu Xenia yang lega dan luas, sangat cocok sebagai mobil keluarga #SahabatKeluarga. Orang kita selalu demen nya pergi rame2 dan Xenia bisa sampai 7 penumpang dengan tetep nyaman ngak berdesakan #NumpangIklan hehehe, maka nya Daihatsu Xenia #SahabatKeluarga sangat cocok untuk Keluarga Indonesia #Halah
Daihatsu Xenia
Daihatsu Xenia - Xtra Aman Xtra Nyaman
Saung Angklung Udjo
Jl. Padasuka No. 118 
Bandung - Jawa Barat
Telp : 022 - 727 1714 




242 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]