Perjalanan Tak Berujung: Cerita Pagi di Pasar Bolu Toraja

Cerita Pagi di Pasar Bolu Toraja

Tedong Bonga Toraja
Tedong Bonga Toraja - Terjual di Harga Rp. 130 Juta
Pasar Hewan Bolu Toraja – Sekitar jam 6 pagi di temani rintik gerimis #BerpayungCantek, gw sudah berkeliaran #Binal di Pasar Bolu Kec. Rantepao Kab. Toraja Utara. Hari ini adalah Hari Pasaran (Hari Pasar di Toraja setiap 6 hari sekali, berlangsung secara bergantian di 6 Pasar Besar yang ada di Tana Toraja & Toraja Utara) dan itu pertanda bakal banyak kerbau – kerbau maupun babi yg di jual di Pasar Bolu ... Kerbau & Babi merupakan 2 jenis hewan yg ngak bakal bisa di pisahkan dari Upacara Adat Toraja #PLEASEJanganPisahkanAku.
Pasar Bolu Toraja
Daihatsu Xenia #SahabatKeluarga Menemani Perjalanan Selama Di Toraja
Meluncur dari Makassar sehari sebelum nya mengendarai Mobil Daihatsu Xenia #SahabatKeluarga yang terkenal IRIT Rit Rit ngak bikin rusak kantong & dompet #Alhamdulillah, cukup isi bensin Rp. 170 ribu saja sudah bisa menempuh jarak ± 300 km (Makassar – Toraja) dan bensin pun masih tersisa 2 bar #SuperIrit #SahabatKeluarga #SahabatDompet. Sengaja kedatangan gw kali ini ke Tana Toraja untuk melihat transaksi2 mencengangkan di Pasar Bolu Toraja yang konon katanya kerbau harganya bisa mencapai 500 jutaan #TERBUKTI #BisaBeliRumah.
Pasar Bolu
Berbagai Macam Kerbau - Diperjual Belikan Di Pasar Bolu
Ukuran badan, Jenis Tanduk, Warna serta Jenis Kulit Kerbau sangat mempengaruhi harga jual, kerbau yg dalam bahasa toraja dikenal dengan sebutan TEDONG memiliki beberapa jenis antara lain Tedong Saleko, Tedong Bonga, Lotong Boko’, Tedong Pudu’, Tedong Todi’, Tedong Bulan dll. Hasil nguping kanan kiri selama gw berkeliaran di Pasar Bolu, harga kerbau paling murah sekitar 15 juta tapi kebanyakan rata2 diangka 30 jutaan, padahal untuk kerbau yg sama di luar toraja MUNGKIN harganya ngak bakal sampai segitu #AmazingToraja.  
Pasar Kerbau Toraja
Pasar Hewan Bolu Setiap 6 Hari Sekali - Mulai Jam 7 Pagi Sampai Jam 2 Siang
Pasar Hewan Toraja
Dihari Biasapun Ada Yang Jual - Tapi Tak Seramai Saat Hari Pasaran
Kerbau menjadi bagian penting dalam Upacara Rambu Solo’ (Upacara Pesta Kematian/Pemakaman) dan di tengah riuh nya Pasar Bolu Toraja, gw sempet ngobrol dengan sesama pengunjung yg lagi mencari kerbau untuk upacara kematian nenek nya dan sebut saja ia Pak Julius #JanganSebutMawaratauBunga. Dari obrolan ini bener2 bikin gw berdecak kagum dan manggut2 hehehe, beliau bilang “Meskipun harga kerbau mahal tapi kami sanggup membeli nya untuk pesta rambu solo', niat baik dan tujuan baik pasti akan ada jalan dari Tuhan”.
Pasar Bolu Toraja
Numpang Narsis Bareng Kebau2 Toraja

Tedong Toraja
Harga nya Bisa Mencapai 500 Juta
Suasana Pagi Di Pasar Bolu
Upacara Rambu Solo’ mmg terkenal mahal, dengan memotong puluhan bahkan ratusan kerbau + babi #GilaBuanyakBanget. Tapi ada makna filosofi tersendiri dari acara itu lanjut pak julius antara lain Mempererat Tali Persaudaraan, Saling Berbagi Antar Sesama dan Mengajarkan Untuk Bekerja Keras aka Cari Duit Lebih Giat karna perlu biaya banyak kalo meninggal *SambilKetawa. Beliau juga bilang “Di Toraja ngak bakal kamu temukan pengemis peminta-minta, karna masyarakat toraja terkenal pekerja keras. Pantang & Malu mereka kalo ngemis, kerja kerja kerja lalu menabung untuk pesta kematian itu sudah di ajarkan sejak dini” *LaluBeliauKetawaNgakak & gw juga tersenyum mikir, bener juga ngak terlihat pengemis di toraja.
Pasar Kerbau
Kerbau - Kerbau Menunggu Pembeli 
Pasar Kerbau Terbesar Di Indonesia
Pasar Bolu - Pasar Kerbau Terbesar Di Indonesia
Pasar Hewan Bolu Toraja Sulawesi Selatan
Siang Hari Di Pasar Bolu Terlihat Mulai Sepi
Di Pasar Bolu, pedagang kerbau hanya diam sambil mengelus – elus kerbaunya #AkuMauDielus2Manja&Mesum atau memberi makan rumput. Pembeli yg rata2 pria bercelana pendek + berselempang sarunglah yg akan datang melihat meraba dan menawar #TawarAku, dan yg bikin gw terkaget2 menggelepar adalah konon transaksi dibawah 100 juta biasanya di lakukan CASH di tempat kejadian jual beli #GILADahsyat. Jadi pria-pria bersarung yg melirik kerbau2 cantik itu membawa duit cash sebanyak itu dalam sarung nya #NgakTakutDiRampok.
Babi di Pasar Bolu
Selain Kerbau, Ada Babi Yang Juga Menjadi Komoditi Penting di Pasar Bolu 
Banyaknya kerbau maupun babi yg di perdagangkan di Pasar Bolu Toraja Sulawesi Selatan, bisa dibilang bahwa Pasar Bolu ini jadi Pasar Kerbau Terbesar di Indonesia atau bahkan mungkin di dunia #Cetar. Eh selain kerbau dan babi, di sudut terminal Pasar Bolu juga ada masyarakat yg melakukan transaksi jual beli ayam aduan. Jadi inget kata2 Pak Julius lagi Kau nikah, kau punya anak silahkan potong ayam kalo tak punya duit untuk berpesta. Tapi jangan sekali2 kau potong ayam untuk upacara kematian TAK CANTIK itu, KAU HANCURKAN MARTABAT KELUARGA kalo ayam yang di potong #CatetDalamOtak.  
Pasar Bolu Toraja
Terdapat Juga Transaksi Ayam Di Salah Satu Sudut Pasar Bolu




204 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]