Perjalanan Tak Berujung: Jeram Ratu ATUT di Sungai Ciberang

Jeram Ratu ATUT di Sungai Ciberang

Satu Dua Tiga ... Terus Dayung
Rafting Ciberang Banten – Hujan terus menguyur tanpa ampun & beberapa daerah sudah banjir. Rombongan cumilebay untuk mengantisipasi evakuasi banjir maka perlu latihan mendayung perahu, yaaa siap2 kalo sewaktu2 dibutuhkan jadi TEAM SAR. Cusssssss akhir nya rombongan sirkus cumilebay berangkat menuju sungai ciberang di lebak banten untuk RAFTING.
Persiapan Sebelum Rafting
Pembagian Kelompok 
Yuk .. Kita Berangkat












Rafting sungai ciberang ini terletak di Kampung Muara, Desa Banjar, Lebak Banten dan dikelola oleh PT. Banten Rafting yang merupakan satu2 nya operator disana jadi hanya mereka yg bisa mengantarkan kalian mendayung disungai nya #ress. Biaya rafting nya ngak mahal sudah termasuk welcome drink, snack + makan siang dan pemandian air panas.
Udah Siap Mengarung Nich ... Gaya Doang Keren
Heboh .... Start Mengarung
Rafting di sungai ciberang mendapat sertifikat riam dari Federasi Arum Jeram Indonesia (FAJI) dengan grade 2-3 tergantung ketinggian air dan arus, jadi masih sangat aman buat para pemula. Trus panjang trek pengarungan nya di bagi 2 yaitu 10 km dengan jarak tempuh 2 jam atau 25 km dengan waktu 5,5 jam.
Ini Yang Rajin Mendayung
Tetep senyum 
Kebetulan kami ambil paket rafting 10 km dengan 15 jeram yang begitu menggoda untuk di lewati. Banyak cerita yang kami dengarkan dari para guide yg memandu, terutama seru nya cerita ttg Ratu Atut (Gubernur Banten) yang sempet nyobain rafting di sungai ciberang, tapi apa yg terjadi ?????? Ternyata oh ternyata Ratu Atut hanya berani sampai di jeram pertama dan teriak2 minta balik tidak mau meneruskan sisa pengarungan. Oleh karena itu riam pertama disebut “RIAM ATUT”
Duch Ibu Atut ini ngak sebanding dengan keberanian ibu buat memimpin banten dan mempermak muka dimeja operasi, eh sekaligus ngak senekat dengan dugaan "suap + korupsi" nya dech #MALUtutupMUKA.
Dikelilingin Hijau nya Pepohonan Kelapa
Nelen Banyak Air Nich
Selain jeram atut, masih banyak lagi jeram yg lain yaitu jeram zig zag, jeram panjang, jeram blunder, jeram brimob, jeram patriot, jeram pelopor, jeram goodbye dll .... Eh ada jeram yg kecil yang tidak ada nama nya, dengan terpaksa dan memaksa kami namai “JERAM CUMILEBAY”. Yaaa lumayan numpang2 tenar nama “cumilebay” deh hahaha, mudah2an mas2 guide nya selalu ingat kalo nama jeram nya cumilebay #RESSSSS.
Terjun Dari Dam 2 Meter
Lanjut .... Melipir Sebentar 
Ada kejadian yg tak terlupakan menggelikan di jeram pelopor saat swarie tiba2 terjungkal kebelakang terjun ke sungai tapi kaki nya tersangkut di tali perahu dan tergeret beberapa puluh meter di deras nya arus sungai. Bukan nya kami nolongin tapi malah kami ketawain geli. Maklum swarie nya selama pengarungan kebanyakan becanda nya dibandingkan mendayung hahaha #MaafKakSwa eh tapi semua nya juga ngak ada yg dayung ding, kita cuman ngobrol cekikikan dan mas guide nya yg dayung #Piss.   
Istirahat di 1/2 Pengarungan
Hai Hai ... Ini Aku

Hajar .... Mari Teriak 

Kami sempet istirahat di setengah pengarungan untuk menikmati hijau nya pepohonan disekitar sungai, bener2 menyejukan mata bikin adem ayem. Lanjut pengarungan lagi dan kami melewati 2 dam yg lumayan besar, perahu kita diterjunkan dengan hati2 agar tidak terguling. Kami sempet liat banyak anak kecil memancing di seputaran sungai dan bapak2 mencari pasir. Eh diseputaran dam nya juga banyak penambang emas dan melakukan pemurnian di seputaran sungai #Tanda2TercemarMerkuri.
Tolong ......
Satu per Satu Terjun Bebas 
Menjelang akhir pengarungan, kami melihat ada air terjun disisi kiri yg sangat cantik + keren cuman sayang arus nya deras jadi kami ngak sempet berhenti untuk foto2 dan yg paling mendebarkan adalah saat perahu kita di balik semua jatuh tertimpah perahu bener2 bikin heboh tapi seru teriak2 minta tolong padahal kita dah sering rafting tapi tetep aja kepo hahaha.
Ada Air Terjun Keren diBelakang
Tetep Senyum Paling Manis Meskipun Terjerembab
Selepas finish kami langsung di suguhin es kelapa muda + tahu goreng panas untuk ganjal perut karena kami akan lanjut ke pemandian air panas. Lumayan badan capek mendayung akhir nya relaksasi dengan berendam air panas, setelah puas kami balik untuk beres2 makan siang dan pulang jakarta.
Kelar Rafting ... Kelapa Muda + Tahu Goreng
Melepas Lelah Rafting, Berendam Air Panas
Oh yaa untuk menuju rafting di sungai ciberang ini ada beberapa alternatif jalur yg bisa di pilih. Yaitu mau lewat rangkas bitung atau serang atau bogor, dan pilihan kami lewat bogor karena kami menginap dulu di Centhini Resort dikawasan gunung bunder. Rute bogor melewati IPB Dramaga – Leuwiliang - Jasinga – Cipanas – Lebak Gedong (Ciberang).
Bubar ... Pulanggggggg
Banten Rafting Sungai Ciberang
Kampung Muara, Desa Banjar Sari
Kecamatan Lebak Gedong, Lebak
Banten




122 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]