Perjalanan Tak Berujung: Mencicipi Coto & Nasi Santan Khas SELAYAR

Mencicipi Coto & Nasi Santan Khas SELAYAR

Gadis Rakus ... 2 Porsi Nasi Ikan Bakar + 1 Mangkok Coto
Kuliner Selayar Sulsel – Setiap daerah di Indonesia ini pasti mempunyai warisan kuliner yang patut dilestarikan & menjadi kebanggaan. Dan di Kepulauan Selayar yang masuk dalam Propinsi Sulawesi Selatan, tentu nya coto makassar masih menjadi kuliner andalan tapi ada 1 lagi kuliner yg sangat menggelora nikmat nya dan sangat terkenal di Selayar yaitu Nasi Santan + Ikan Bakar nya. Yuk kita cicipin betapa bikin ileran 2 kuliner ini.
Full Team Cumilebay Kelaparan ...
  1. Coto Makassar
Wajib hukum nya kalo sudah di Sulsel untuk mencicipi coto makasar yang mmg sudah terkenal seantero negeri ini. Tiba di Selayar Sulsel langsung cusss merapat dibilangan pasar lama Kota Benteng. Disana ada sebuah warung sederhana yang lumayan terkenal dan menjadi tongkrongan warga setempat untuk mengganjal perut.
Warung Sederhana di Pasar Lama Kota Benteng
Semuanya Serius Dengan Smartphone + Coto Makassar
Coto Makassar ini terbuat dari jeroan sapi yang di rebus dan juga dicampur dengan daging nya yang di potong kecil dan dibumbui khusus. Bumbu coto makasar ini lumayan sederhana terdiri dari kayu manis, bawang merah, bawang putih, merica, ketumbar, jintan, jahe, lengkuas, serai, tauco dan gula merah. Semua bumbu di campur dan kalo mau tau cara membuat nya, silahkan cari di mbah google yaaa.
Racikan Coto Makassar
Jeroan Sapi + Irisan Dagingnya
Biasanya semangkuk coto makassar disajikan dengan ketupat atau disana di kenal dengan sebutan “BURASA”. Cuman sayang sajian mangkok nya coto makassar ini pake mangkok kecil jadi kurang puas hahaha mesti nambah lagi 1 mangkok lagi. Eh semangkok coto makassar + burasa dihargai Rp. 16.000,- lumayan rada mahal juga sech hahaha. Eh jangan lupa kalo makan coto makasar ini mesti pake sambel + peresan heruk nipis biar makin HOT.
Semangkok Kecil + Ketupat Buras
  1. Nasi Santan & Ikan Bakar
Nasi Santan + Ikan Bakar ini bener2 kuliner khas dari kepulauan selayar jadi mesti dicicipin kalo kita dah berada disana. Dan masih di seputaran pasar lama kota benteng ada warung kecil yang menjual paket nasi santan + ikan bakar ini. Seporsi Nasi Santan + ikan bakar di bandrol hanya Rp. 20.000,- saja tergantung ikan apa yg kita pesen.
Warung Nasi Santan
Ikan Bakar nya Terasa Beda 










Ikan bakar nya kita bisa pilih & rata2 ikan laut, mau ikan baronang, ikan bawal, ikan kuwe, ikan tongkol dll bisa di pilih. Kalo di liat penampakan nya sech ngak ada beda dengan ikan bakar yg lain tapi yang bikin terasa beda banget itu pasti nya nasi + sambel nya. Eh tapi ikan nya segar banget karena hasil tangkapan nelayan yang masih baru merapat.
Ikan nya Bisa Pilih
Nasi Santan + Ikan Bakar + Sambelnya
Sambel nya terbuat dari cabe rawit, bawang merah & putih, kacang tanah dan tentu nya irisan belimbing wuluh. Jadi rasa nya agak2 sedikit asam pedas menambah gelora untuk namha nambah dan nambah terus weks 100x. Sedangkan nasi nya sech nasi putih biasa yg di masak dengan santan kelapa jadi rada2 gurih.
Dua kuliner ini menjadi wajib hukum nya kalo sudah berada di Kepulauan Selayar, cicipin secuil nikmat nya pasti akan nambah lagi dan lagi.
Sambelnya Khas Banget, Campuran Kacang + Blimbing
Hajar Sampai Habissss




132 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]