Perjalanan Tak Berujung: TINABO, Lelahku Terbayar dengan BIRAHI mu

TINABO, Lelahku Terbayar dengan BIRAHI mu

Merapat di Pulau Tinabo Takabonerate
Pulau Tinabo TakabonerateBukan besar nya biaya yg kami keluhkan untuk ke tinabo, tapi lama nya perjalanan yang bikin rada empot-empotan. Mikir 1000x lipat gimana cara nya kita sampai Pulau Tinabo di Kawasan TN Nasional Takabonerate ini tanpa lelah, tanpa capek. Sempet mau carter HELIKOPTER #Congkak, harga sudah deal tapi di tinabo tidak ada helipad jadi terpaksa kami batalin. Trus ubah haluan mau pake YACHT Mewah tapi takut laut surut maka ngak bisa merapat #Galau.
Selamat Datang Di Tinabo
Mas Cumi Selalu SEXY #melipir&kayang
Serba salah untuk melangkah, karena mmg perjalanan ini sangat sangat sangat jauh. Bisa lw bayangin yaaa, cara untuk sampai Pulau Tinabo di Kawasan TN Takabonerate ini harus menempuh 17 jam perjalanan dari jakarta dengan kolaborasi maut antara darat laut dan udara yg cukup menegangkan dan bikin mata merem melek menahan kantuk J. Kalo ngak kuat iman pasti ngak sampai ke pulau ini, karena hanya orang2 beriman yang sanggup #PRETTT.
Asyiknya Rame2
Pulau Gosong Bungin Tinabo
Bentuknya Mirip Bulan Sabit
Tapi semua perjuangan penuh peluh lelah dan kantuk, terbayar kalo kita sudah menginjakan kaki di serpihan surga kebesaran Allah yaitu Tinabo. Pulau ini begitu mempesona penuh birahi, sunyi, sepi, hanya rame oleh segerombolan baby shark yang lagi ngerumpi disiang bolong dan kawanan ikan2 yg menunggu siap di jaring #Ngelantur.
Berjemur Ditengah Laut OK Banget
Kalo Takut Hitam, yaa Pake Payung 
KEREN .....
Mau tau cara untuk sampai ke Pulau Tinabo Takabonerate ???? Nich perjalanan panjang penuh tetesan darah dan air mata itu :
  1. Terbang Jakarta – Makassar è 2,15 jam, hampir semua maskapai terbang ke makassar. Cari aja tiket promo biar murah meriah mencret, kalo mau dapat tiket murah + masuk akal mesti banyak pantau promo2 jauh2 hari. 
  2. Perjalanan Darat Makassar – Tanjung Bira è 5 jam, bisa mengunakan travel atau sewa Elf buat rame2 dengan biaya sekitar 1,5 jutaan.
  3. Perjalanan dengan kapal laut ferry ASDP Tanjung Bira – Pelabuhan Pamatata Selayar è 2 jam, jadwal keberangkatan ferry jam 8 pagi dan jam 4 sore.
  4. Perjalanan darat pelabuhan pamatata – kota benteng – pelabuhan patumbukan è 2,5 jam, sewa mobil aja biar simple karena angkot pun kagak ada hehehe. 
  5. Perjalanan laut pelabuhan pamatata – pulau tinabo è 5 jam kalo ombak bagus dan tenang. Sewa kapal rakyat ini biaya nya lumayan besar, jadi kalo bisa berangkat rame2 sekelurahan atau ajak sekabupaten biar bisa sharing cost.
Snorkling di Tinanja
Biaya besar bukan hanya untuk transportasi nya saja, tapi juga perijinan selama disana. Biaya ijin masuk nya di TN Takabonerate sech murah cuman Rp. 2.500,- tapi ijin snorkling atau diving bikin mata terperanjat. Untuk snorkling dikenakan biaya Rp. 40.000/spot/jam jadi bayangin kalo mau snorkling di 5 tempat maka bayar Rp. 40.000,- x 5 = Rp. Rp. 200.000,-/orang. Sedangkan untuk diving ijin nya Rp. 50.000,-/spot/orang dan ini belum termasuk biaya guide nya.
Saat nya Jumpalitan di Laut
Masih Mempesona
Tapi semua itu kami nilai wajar, karena apa yg kami dapat kan disana juga JUARA, bikin mata yg tadi nya merem melek menahan kantuk jadi beneran merem melek orgasme akan kepuasan. Beneran serpihan surga di tinabo dan gw ngak sanggup bilang apa2 kecuali TOP dan JUARA, kita bisa liat sunset dan sunrise di 1 tempat dan cukup membalikan badan saja tanpa perlu berjalan berlawanan arah.
Begitu Tenang dan Membiru
3 Hari Disana, 3x Pula Sunset nya Juara
Sunset Dari Bungin Tinabo
Waktu berkunjung yang paling tepat untuk ke TN Takabonerate ini yaitu Maret, April dan sampai pertengahan Mei trus pertengahan September sampai Oktober, November dan Desember. Di luar bulan itu mending urungkan niat kalian, karena ombak besar & angin yang bertiup kencang bikin perjalanan Pelabuhan Patumbukan - Tinabo akan terasa lama dan kayak naik kora-kora di ancol karena ombak besar + selama di tinabo cuaca nya galau ngak jelas itu kata para pekerja TN Takabonerate.
Banyak Ikan Nemo di Seputaran Tinabo
Tebak Ini Siapa ???
Para Pengungsi Menuju Pulau Tinanja
Gw berani jamin kalian ngak akan menyesal begitu sampai di tinabo. Kita bisa jumpalitan di pasir, snorkling atau diving atau sekedar leyeh2 ngak jelas di tepian pasir sambil becanda dengan baby shark atau hopping island ke pulau2 sekitar tinabo, ada Pulau Rajuni, Pulau Lotunda, Pulau Tinanja, Bingun Tinabo, Pulau Lantigiang, Pulau Tarupa dll. Btw kami sempet beberapa kali ketemu lumba-lumba, dan ini membuat gw terharu biru terharu karna sering banget tiap perjalanan di temanin si unyu-unyu ini #lebay. 
Panas nya Juara & Gw Mulai Menghitam
Lautan Pasir
Atau mau menjajal keindahan bawah laut kawasan Takabonerate ???? kita bisa snorkling atau pun diving di beberapa spot andalan. Kami sempat turun di spot soft coral depan pulau tinabo kecil dan banyak ketemu ikan nemo dengan coral yg cantik dan menawan trus sempet bercengkrama dengan kerang di sinetron Jinny Oh Jinny jaman jadul dulu. Oh yaa ada sumur ikan di Taka Lamungan, disini beneran kayak ada gua dengan ikan yg sangat buuuuuuuanyak buangettttt.
Begitu Indah Kebesaran Mu Tuhan
Menuju Pulau Gosong
 Oh yaa kami menemukan spot baru di Taka Dangkal yang mendekati lautan lepas selat flores. Spot ini blm ada nama nya tapi karena rombongan kami pertama yang menemukan maka kami namai spot “CUMILEBAY” dan di spot ini gw ketemu karang meja yang besar-besar trus segerombolan ikan yang buanyak banget. Kalo kata guide kami dibilang itu schooling fish dan gw sempet 3x ketemu kondisi seperti ini #Senangnya.
Spot "CUMILEBAY" di Taka Dangkal
Mas Cumi  Mendengarkan Intruksi 
Akhirnya Diving Lagi Lala Yeye Lala Yeye
Makasih sangat buat semua yang membantu perjalanan kami ke Takabonerate, terutama temen2 Cumi Dugong Kelayapan (Makjo, Yanni, Tarsis, Nuniek, Juju, Iyus, Sami, Moko, Naning, Desi, Teddy, Ade, Sheilla). Trus pihak Taman Nasional Takabonerate, Mas Hendra, Mas Yasri, Mas Arnorld, Mas Agus makasih sangat yeeee. Mas Tarrang yang antar jemput kita dari Makassar ke Tanjung Bira makasih makasih ternyata kita semua seumuran yaa hahaha.
Anemon nya Cantik Melambai-lambai
Ketemu Nemo Lagi
Ini Bikin Merinding Indah nya
Nikmat Pesona Kebesaran Tuhan di Tinabo Takabonerate, baca di http://www.cumilebay.com/2013/10/kebesaran-tuhan-di-tinabo.html





146 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]