Perjalanan Tak Berujung: Kebesaran Tuhan di TINABO

Kebesaran Tuhan di TINABO

Panas nya Membara & Merangsang
Pulau Tinabo Takabonerate – Cetar membahana akhir nya merapat juga ke Pulau Tinabo di kawasan Taman Nasional Takabonerate (TN Takabonerate) setelah 14 jam perjalanan dari makassar (5 jam darat + 2 jam laut + 2,5 jam darat + 4,5 jam laut) bisa bayangin kan lama nya ??? Dan itu gw ikhlas & ridho lakuin buat mencari & merasakan serpihan surga atas segala "KEBESARAN TUHAN "di Pulau Tinabo.
Berangkat Ke Tinabo Dari Pelabuhan Pattumbukan Selayar
Pagi ... Selamat Datang di Tinabo
TN Takabonerate di Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan mencakup luasan area 530.000 heaktar, dimana 220.000 heaktar merupakan gugusan karang yang tersebar dan berdiri diatas gundukan pasir putih dasar laut, apabila laut surut terendah maka gundukan pasir dan karang ini akan membentuk semacam pulau2 kecil dan kolam2 ikan yang sangat cantik. Btw sekedar info aja kalo TN Takabonerate merupakan gugusan karang terbesar ke 3 di dunia setelah Kwajifein di kepulauan marshall & Suvadiva di kepulauan Maladewa.
Hai Hai Hai Tinabo
Pulau Tinabo di Kawasan Takabonerate
Pulau Tinabo merupakan 1 dari 21 pulau yang masuk di gugusan TN Takabonerate, kedatangan rombongan anak bupati gresik disambut puluhan baby shark yg menari2 dan kalungan bunga karang dari beberapa ikan pari #Lebay dan itu emeeeejing banget karena jam 9 malam kami merapat di tinabo yg kami langsung lihat beberapa genk anak hiu lagi ngerumpi dan deretan ikan pari bersolek + 1 penyu berdansa. Sheilla sontak langsung berteriak mari sop sirip hiu menambah stamina tp makjo alias ibu suri dengan jutek nya bilang “Save Shark yaa nanti Riyanni Djangkaru murka kalo kita makan hiu”.
Kamar Penginapan di Tinabo
Ruang Tengah + Ruang Makan
Di Tinabo (Luas pulau tinabo panjang 1,5 km & lebar 200 meter) hanya ada 1 rumah untuk penginapan yang terdiri dari 3 kamar, kami datang ber 14 jadi cukup lah berdesakan J. Bener2 serasa pulau sendiri karena ngak ada wisatawan lain selain rombongan cumilebay, eh ada beberapa pegawai TN Takabonerate yg bertugas menjaga kawasan ini + mendampingi kita berkeliling ke pulau2 lain + snorkling + diving.
Kami Datang di Temani Panas
Akhir nya Kita di TAKABONERATE
Selama disana kami hanya leyeh2 menikmati indah nya karunia Tuhan, buka kamar langsung pantai berpasir putih dengan lautan yang berwarna warni air nya, mulai dari hijau tosca, biru muda, biru terang trus biru gelap. Jembatan panjang sebagai dermaga jadi point khusus untuk narsis J, di bawah jembatan baby shark + ikan pari selalu menemani. Oh yaa didepan penginapan kita juga bisa bermain kano di temanin anak hiu yg berseliweran mencari mangsa #CIUS.
Snorkling Depan Dermaga

Menyambut Pagi 
Bercengkrama Dengan Baby Shark














Pulau ini memiliki 2 sisi timur dan barat, jadi kita bisa liat sunrise dan sunset dengan hanya membalikan badan tanpa perlu berjalan ke ujung timur atau ujung barat karena pulau ini begitu tipis nya. Ditemani angin semilir2 ngak jelas bikin males buat beraktifitas, paling asyik cuman duduk2 di pasir sambil ngerumpi bercengkrama bukan bersenggama dan di temani kelapa muda.
Laut Surut
Ujung Dermaga


Main Kano Asyik Banget

3 hari kami disana, sempet snorkling dan diving di spot soft koral, seputaran pulau tinanja, pulau rajuni, pulau tinabo kecil dll. Yang bikin gw gemes dan mau murka itu melihat sebagian trumbu karang nya sudah rusak akibat ulah nelayan pencari ikan, rasa nya pingin gw bakar aja tuch orang2 yg memnghancurkan cantik nya karang2 ini. Tapi pegawai TN Takabonerate sekarang lagi giat memberi penyuluhan ke para nelayan ttg penting nya trumbu karang ini dan juga mereka lagi bikin transpalasi trumbu karang.
Santai di Bawah Penginapan
Ah ... Merindu Tinabo



Kelar Jumpalitan di Laut
Dan sumpah pulau tinabo aka TN Takabonerate ini layak banget di kunjungin buat mencari kebahagiaan dan kedamaian. Suasana tenang, pasir putih yang halus, ikan mondar mandir, penyu berseliweran, karang2 berdiri dengan cantik nya, ikan pari lari kiri kanan dan tentu nya bareng teman yg sama2 keren + elegan akan jauh lebih berkesan #prettt.
Membakar Kulit
Santaiiiiiiiiii .....
Mau Tau Keindahan Bawah Laut Takabonerate & Bagaimana Cara Menuju Kesana ??? Cussss Baca di http://www.cumilebay.com/2013/10/tinabo-lelahku-terbayar-dengan-birahi-mu.html




157 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]