Perjalanan Tak Berujung: Pura HINDU Terbesar di Tanah Jawa

Pura HINDU Terbesar di Tanah Jawa

Pengunjung Hanya Boleh Sampai Pelataran Ini
Pura Jagatkarta Bogor – Kenyang sehabis Makan Siang Di Sate Pak Rebing,  lanjut ke  Pura Jagatkartha atau lengkap nya Pura Parahyangan Agung Jagatkarta. Pertama kesini th 2007 dan setelah itu sempet beberapa kali lagi berkunjung kesini tapi tetep aja ngak  perna bosan + tetep menarik. Karena hawa nya yang sejuk membawa kedamaian + ketenangan #resss+lebay, itu karena pura ini terletak di kaki Gunung Salak yang berhawa sejuk dan tepat nya di daerah Ciapus, kecamatan Taman Sari Bogor Jawa Barat.
Pemimpin Ibadah
Kuning Putih Dominan

















Pura ini di rintis hasil kerja gotong royong umat nya sejak th 1995, meskipun sampai sekarang belum semua terselesaikan secara menyeluruh tapi pura2 utama nya sudah kelar & sudah bisa di pakai untuk beribadah. Pura ini merupakan Pura terbesar di Pulau Jawa dan terbesar ke 2 di Indonesia setelah Pura Besakih Bali. Konon kerajaan Hindu Tanah Sunda perna berdiri disini di bawah pemerintahan Prabu Siliwangi dan disini pula istana Prabu Siliwangi dan seluruh leluhur Jawa Barat.
Gerbang Menuju Pura Utama
Patung Ganesha
Pembangunan Pura Parahyangan Agung Jagatkartha yang memiliki arti sebagai Alam Dewata yang sangat sempurna kesuciannya, ini bukan tanpa alasan di gunung salak ini karena ada yang percaya bahwa prabu siliwangi dan pengikut nya menghilang disini dan sebagai penghormatan terhadap kerajaan Padjadjaran (kerajaan Hindu Terakhir di Parahyangan) maka umat hindu memutuskan membangun terlebih dahulu Candi Patung Macan berwarna putih hitam sebelum pura ini di bangun.
Numpang Narsis
Di area Pura Jagatkarta juga terdapat Pura Melanting dan Pura Pasar Agung yang di gunakan umat hindu untuk berdoa memohon rejeki dan penglaris. Semisal umat nya yang berdagang maka untuk kelancaran dagangan nya bisa berdoa di pura ini. Dipura ini terdapat sepasang suami istri yg dulu nya merintis di bangun nya pura disini, mereka asli bali dan berkelana sampai ke jawa barat J. Mereka sekarang menjual souvenir berupa kaos dll.
Untuk Kelancaran Rejeki di Pura Melanting
Pura Melanting
Sekedar info aja nich, aturan untuk berkunjung ke Pura Jagatkarta ataupun pura2 yang lain pasti aturan nya sama :
  1. Dilarang bagi yang sedang Cuntaka (Kematian, Melahirkan).
  2. Dilarang Bagi yang sedang datang bulan.
  3. Dilarang bagi anak berumur kurang dari 42 hari.
  4. Berpakaian yang sopan.
  5. Tidak menganggu ketertiban umat beribadah.
  6. Dilarang masuk ke pura utama kecuali bagi yang mau beribadah, jadi pengunjung biasa hanya bisa melihat dari pelataran pura nya saja.
Dilereng Gunung Salak
Suasana Seperti di Bali




95 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]