Perjalanan Tak Berujung: Sambel Wader yang bikin KELIMPUNGAN

Sambel Wader yang bikin KELIMPUNGAN

Sambel nya Bikin Kelojotan
Sambel Wader Trowulan –  Obrolan ngak jelas bareng @alidabdul di twitter akhir nya sampai pada kuliner khas Trowulan Mojokerto Jawa Timur  yaitu sambel wader. Jadi teringat kelayapan 4th yang lalu bareng @tikupiku yang akhir nya membawa kita bertengger di Kolam Segara Trowulan dan kelaparan. Hasil reportase dengan masyarakat setempat mewajibkan kami untuk mencicipi masakan khas nya yaitu Sambel Wader.
Lokasi nya Dijalan Raya, Sebrang Kolam Segara
Kami merapat di salah satu deretan warung sambel wader di seberang Kolam Segara, pilihan jatuh pada “Warung Cak Mat Sambel wader & Botok”. Kedatangan kami yg terlalu pagi sekitar jam 8 disambut hangat oleh istri nya Cak Mat J yang sumringah melihat pelanggan pertama akhir nya datang juga hahaha. Langsung kami pesan 4 porsi sambel wader dan numpang ikutan ke dapur bantuin masak #jiwapembantunyakeluar atau mau mencuri resep ??????
Tika Nyobain Langsung Ikan Wader
Sambel nya Dibikin Langsung Jadi Fresh
Wader merupakan ikan kecil, kalo ngak salah nama nya ikan bilis yg hidup di air tawar atau sungai. Sejak dulu zaman majapahit warga trowulan menangkap ikan wader ini di Kolam Segara untuk dijadikan santapan lauk sehari-hari. Biasa nya ikan wader di goreng kering dan disajikan bersama sambel tomat tetapi sebelum di goreng, ikan akan di bersihkan dan di rendam dengan campuran bumbu2 warisan :-)
Ikan Wader Sebelum Di Goreng .. (foto dari blog nya www.anisahnurfajar.wordpress.com)
Ikan nya Mirip Teri Tapi Lebih Besar .. (foto dari www.bejubel.com)
Sambel Wader tergolong segar dan mengairahkan karena sambel nya langsung di uleg saat mau disantap, terdiri dari cabe rawit, bawang putih, bawang merah dan tomat kalo ngak salah pake terasi dikit. Oh yaa paling enak makan sambel wader ini bareng dengan belut goreng biar makin lengkap nikmat nya. Rasa ikan nya sendiri terasa gurih, renyah, ringan dan tentu nya tulang kecil nya bisa ikutan dimakan. Jadi bisa tuch kita kunyah atau telen ikan ini seutuh nya tanpa perlu takut kena duri layak nya kita makan ikan teri saja.
Rakus Banget Mas Cum !!!!
Wader & Sambal Perpaduan Yang Mengairahkan 
Saat pesanan kami pun datang, langsung kami santap dengan nasi yg panas #hmmmYUMMY dan ternyata nikmat banget bikin ngos-ngosan sambel nya. Blm kelar makan, langsung spontan mulut teriak “Mbak Mat nambah 3porsi lagi”. Ini nama nya kemaruk serakah tapi serius nich sambel + ikan nya bikin kelimpungan kelojotan dibibir saking Makjleb Endess. Dan harga nya pun lumayan murah, seinget ku cuman Rp. 8000,-/porsi (sorry dah 4th yg lalu jadi rada lupa). So Kalo ke berkunjung ke Trowulan menikmati sisa2 kerajaan Mojopahit, jangan lupa Sambel Wader Sebagai Pelengkap.




49 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]