Perjalanan Tak Berujung: Kupergi Hanya untuk SD Muhammadiyah Gantung

Kupergi Hanya untuk SD Muhammadiyah Gantung

Replika SD Muhammadiyah Gantong
Laskar Pelangi Belitung Timur – Dulu mungkin belitung timur ataupun SD Muhammadiyah Gantung tidak lah punya arti di mata masyarakat dan juga tidak lah seterkenal sekarang. Tapi seiring ngetop nya dan menjadi BOX OFFICE film “LASKAR PELANGI” yang mengambil setting disana, maka akhir nya Kota Gantung di Belitung Timur ini menjadi daya tarik wisatawan yang cukup mumpuni, bahkan kota tetangga nya Manggar juga ikutan terkenal dengan julukan 1001 warung kopi.
Jl. Laskar Pelangi
Ada Petunjuk Arah

















Jujur gw ngak begitu suka wisata kayak beginian contoh ke museum atau bisa di bilang wisata sejarah karena gw demen nya bengong2 ngak jelas di pinggir pantai, tapi karena gw di lahirkan dan di besarkan di lingkungan Muhammadiyah. Akhir nya gw rela ikhlasss nyetir dari bandara tanjung pandang sampai menuju Gantung hanya pingin melihat replika SD Muhammadiyah Gantung yg tersohor karena film “Laskar Pelangi”. 
Dibelakang Gw,  Inilah Lokasi Sesungguh nya 
Sekarang Jadi MTs Muhammadiyah
Sekolah SD Muhammadiyah Gantung ini tempat penulis novel “Laskar Pelangi” Andrea Hirata menuntut ilmu masa kecil nya. Dilokasi dulu SD Muhammadiyah Gantung ini, sekarang berdiri Madrasah Tsanawiyah (MTs) Muhammadiyah Gantung. Oh yaa di jalan menuju Replika SD Muhammadiyah ini ada petunjuk nama jalan yang juga tertera beberapa kalimat yang sangat mengena.
Gw tertarik banget dengan kata2 berikut “Laskar Pelangi menandai jejak-jejak perjuangan pendidikan anak-anak Indonesia” trus dilanjutkan “Jejak itu di mulai dijalan ini, jalan yang menjadi saksi bahwa anak-anak indonesia bukanlah anak yang mudah menyerah”.
Diatas Bukit Berpasir Putih
Ada Danau diSebelah Kanan Gedung Sekolah
Dan yang bikin gw ngakak jumpalitan sambil koprol kayang adalah ada nya tulisan di paling bawah “PENULIS LASKAR PELANGI, ANDREA HIRATA TINGGAL DI JALAN INI”. HELLOOOOOO ..... kayak nya penting banget yaa sekarang orang buat eksis sampai perlu di tulis begitu hahahaha J. Gw juga ngak mau kalah ah, mau bikin tulisan di Mall Ambasador, rencana nya mau nulis "Hai ... Anak Bupati Gresik Suka Makan Siang Disini"

Replika SD Muhammadiyah Gantung sekarang berdiri diatas bukit tanah lapang berpasir putih dan di samping danau yg menawan. Bentuk bangunan nya sangat memprihatinkan, terdiri dari dua ruang kelas yg pada ancur dengan banyak coretan liar. Sisi kanan luar dinding nya di topang kayu penyangga agar tidak roboh karena sudah doyong peyot J. Didepan ruang kelas yang terbuka terdapat papan yang bertuliskan SD LASKAR PELANGI serta papan nama bercat hijau bertulis “SD MUHAMMADIYAH GANTONG”.
Berantakan
Disanggah Kayu Biar Ngak Roboh
Jujur miris banget, melihat replika ini yg di biarkan tak terawat. Padahal karena replika inilah yang mengawali daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Belitung Timur. Harus nya pihak masyarakat atau Pemda nya menjaga aset ini agar daya tarik wisatawan nya juga makin nyaman dan meningkat, kalo replika ini dibiarkan hancur dan roboh maka orang juga akan males datang ke belitung timur.
Foto Keluarga "Cumi Dugong Kelayapan"
Semoga Dipelihara Dengan Baik





52 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]