Perjalanan Tak Berujung: Banyak Kata di MUSEUM Andre Hirata

Banyak Kata di MUSEUM Andre Hirata

Sangat Menginspirasi
Museum Kata Belitung – Seiring terkenal dan fenomenal nya film “Laskar Pelangi” akhir nya membawa dampak terkenal pulau Belitung dan khususnya Belitung Timur tempat film ini di buat. Dan sang novelis “Andre Hirata” yang merupakan penduduk asli Desa Langgeng, Gantung Belitung Timur juga akhir nya makin kreatif dengan membangun sebuah MUSEUM KATA-KATA atau MUSEUM ANDRE HIRATA, untuk melengkapi kunjungan budaya wisatawan yang ingin melihat replika sekolahan SD Muhammadiyah Gantung yang menjadi latar belakang film “Laskar Pelangi”.
Rumah Yang Dijadikan Museum
Wajid Dikunjungi











Lokasi nya di Jl. Laskar Pelangi No. 7 Gantung Belitung Timur, sekitar 1,5 jam dari kota Tanjung Pandan Belitung. Dekat dengan lokasi asli SD Muhammadiyah Gantung berdiri sampai sekarang ini, yang merupakan tempat Andre Hirata dulu menimba ilmu. Lokasi nya di depan mesjid, dan dikenakan biaya masuk cuman Rp. 2.000-/orang. Kita bisa puas membaca atau menikmati foto-foto yang terpasang di dinding-dinding rumah.
Ruang Tamu

Banyak guratan sang empu yang menurut gw sangat keren, menginspirasi, bijak ..... pokoke Te O Pe Be Ge Te. Antara lain nich :
  1. Sembarang orang yang merogohkan tangannya disembarang tempat kedalam tanah dangkal aluvial, akan mendapatkan lengannya berkilau seperti sisik ikan bulan, timah !! Harta Karun Raja Brana !!
  2. Saat itu aku menyadari bahwa kami sesungguhnya adalah kumpulan persaudaraan cahaya dan api. Kami berjanji setia dibawah halilintar yang menyambar –nyambar dan angin topan yang menerbangkan gunung-gunung. Janji kami tertulis pada tujuh tingkatan langit, disaksikan naga-naga siluman ang menguasai laut cina selatan. Kami adalah lapisan-lapisan pelangi terindah yang perna diciptakan Tuhan.
  3. Jika kau tidak berani bermimpi, hidup sama dengan mati.
  4. Sekolah adalah kesempatan, berkah dan kegembiraan.
  5. Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpi mu.
Ruang Tengah
Sekolah Adalah Kesempatan, Berkah Dan Kegembiraan
Dan masih banyak lagi kata2 dan foto yang di pamerkan di Museum Kata-Kata Andre Hirata. Museum yang di dominasi warna putih dan terbuat dari kayu ini terdiri beberapa ruangan, antara lain ruang tamu, ruang tengah, 2 kamar yang di ubah jadi ruang pamer juga, dan dapur yang di isi benda2 kuno seperti meja, kursi, gitar dll.
Inspirasi
Museum Kata ini di dedikasikan Andre Hirata untuh ayah dan ibu nya yaitu N.A Masturah Seman dan Seman Said Narun. Oh yaaa museum ini diharapkan tidak hanya menjadi museum kata-kata tapi menjadi museum budaya untuk masyarakat Belitung.
Ruang Belakang
Ruang Belajar
Dapur





34 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]