Perjalanan Tak Berujung: Miris & Tragissss di Danau KAOLIN yang Memukau

Miris & Tragissss di Danau KAOLIN yang Memukau

Indah tapi MIRISSSS
Danau Kaolin Belitung  -  Saat pesawat Citilink yang gue tumpangin memasuki pulau belitung, kami melihat dari atas pesawat terdapat banyak lubang-lubang mengangga bekas galian tambang kaolin maupun timah yg menurut gue sangat tragis dan miris banget. Rasa nya sedih melihat Tanah Indonesia hancur lebur untuk memperkaya orang2 tertentu L dan di tinggalkan begitu saja tanpa ada nya proses reklamasi atau pengembalihan lahan seperti sedia kala.
Timbunan Kaolin
Dan apa yang gue liat dari atas pesawat, akhir nya kami buktikan saat mendarat di Tanjung Pandan atau Belitung. Kami singgah di salah satu lokasi penambangan kaolin di Jl. Murai (sekitar 10 km dari Bandara HAS Hananjoedin arah kota Tanjung Pandan, posisi sebelah kanan dan masuk ke Jl. Murai sekitar 0,5 km). Lokasi ini penambangan terbuka jadi siapa saja bisa melihat danau kaolin ini, lokasi nya persis dipingir jalan jadi tinggal berhenti di pingir jalan dan foto2 J.
Bekas Galian Dibiarkan Terbuka Tanpa Ada Reklamasi
Kaolin sendiri berasal dari kata Gao-lin yang merupakan sebuah bukit di Jingdezhen Provinsi Jiangxi Cina, disana kaolin di gunakan untuk bahan dasar keramik cina. Kaolin di manfaatkan sebagai mineral, dimulai sekitar 1867 di Sungai Jari aliran Sungai Amazon Brazil. Kaolin sendiri sekarang di gunakan sebagai bahan industri seperti kertas, kosmetik, pasta gigi, makanan, cat dll. Kaolin di sukai karena sifat nya yang halus, bersih, putih, kuat serta daya hantar listrik + daya hantar panas yang rendah.
Menanti Mentari di Kaolin
Jujur dalam hati gue menjerit melihat banyak banget lubang2 bekas penambangan ini di biarkan saja tanpa ada proses mengembalikan nya menjadi hijau. Ada nya penambangan kaolin memang membuka lapangan pekerjaan buat masyarakat sekitar dan meningkatkan perekonomian. Hutan kita di babat gundul dan tanah nya di keruk buat tambang kaolin. Tapi apa jadi nya kalo akhir nya lubang bekas penambangan itu di biarkan begitu saja ???? Apakah ini yang akan kita wariskan buat anak cucu kita nanti ????
Sekilas Nampak Seperti Gunung Bromo
Saat kami mengunjungin danau ini mmg terlihat sangat cantik, berwarna hijau tosca di terangin langit yang biru menyala. Menambah pesona Danau Kaolin ini, kami foto2 narsis sampai hitam terbakar matahari J, sebagai objek foto mmg tempat ini juara banget  TETAPI TIDAK sebagai kekayaan alam yang akan kita warisan buat anak cucu kita ihik100x L. 
Menawan Tapi Tragissss
Gue cuman berharap ada tanggung jawab dari para pengusaha penambangan ini untuk mengembalikan bekas tambang yang mereka buka agar di hijaukan kembali daerah sekitar seperti sedia kala serta hewan2 yang dulu ada di sekitar nya juga di kembalikan ke habitat nya sesuai peruntukan nya. Gw sadar banget kalo lubang bekas galian tambang ini ngak mungkin lagi di tutup di kembalikan menjadi hutan seperti dulu tapi setidak nya ada usaha dari pengelola untuk tidak membiarkan saja itu menjadi semacam kubangan. MARI LESTARIKAN ALAM INDONESIA.




58 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]