Perjalanan Tak Berujung: Gangan Ketarap di Rindu PANTAI

Gangan Ketarap di Rindu PANTAI

Gangan Ketarap
Gangan Ketarap – Berkunjung ke daerah di Bumi Indonesia ini, rasa nya tak lengkap tanpa mencicipi kuliner khas lokal nya. Begitu juga ke Belitung, ada masakan lokal yang sangat nikmat dan khas sekali yaitu GANGAN KETARAP atau lebih mirip SOP IKAN. Kami mencoba menelusuri warung-warung di Pantai Tanjung Tinggi atas refrensi dari Mas Rudi pemilik Kelayang Cottage tempat kami menginap.
RM. Rindu Pantai 
Pilih Ikan nya Dulu
Dan sepulang hopping island dari pulau lengkuas, akhir nya kami singgah ke RM. Rindu Pantai yang lokasi nya di depan PantaiTanjung Tinggi untuk mencicipi Gangan Ketarap, eh rm rindu pantai ini merupakan warung penjual makanan seafood jadi berbagai masakan seafood ada disini tapi yg khas belitung yaa gangan ketarap karena yang lain cuman cumi saos tiram, udang goreng tepung, ikan bakar dll.
Mari Potooooo
Gangan Ketarap ini terbuat dari Kepala Ikan Ketarap, harga nya bisa mencapai Rp. 125.000,-/kg, oh yaa daging dari badan ikan ketarap biasa nya di gunakan untuk bakso ikan atau somay ikan, sedangkan kepala nya di gunakan untuk memasak gangan ketarap ini. Secara keseluruhan sech bisa di bilang mirip banget sama Sop Kepala Ikan yang di sajikan di RM Padang J tapi rasa nya beda lebih segar, pedas dan lebih berbumbu.
Sambel nya Manisssss
Rp. 40.000,- untuk Cumi 1 Porsi
Bumbu-bumbu untuk membuat gangan ketarap juga mudah banget di dapat, bumbu nya antara lain kunyit, asem jawa, gula merah, serai, lengkuas, kemiri, terasi, bawang merah, bawang putih. Coba aja bikin sendiri pasti rasa nya ancur hahahaha J, tapi jujur secara pribadi gw kurang begitu sreg ama rasa nya karena terlalu berat cita rasa nya sedangkan gw demen nya masakan yang ringan bumbu dan pedas.
Gangan Ketarap - Terlihat Kepala Ikan nya
Ikan Bakar nya Rp. 90.000,-
Kami juga memesan cumi saos tiram, ikan bakar bumbu, cah kangkung dan cah genjer. Secara keseluruhan makanan nya sech habis tapi ngak juara banget, rasa nya terlalu berani buat kami semisal kunyit nya bener2 terasa dominan sehingga rada2 bikin gw mual J. Tapi buat kalian yg berani bumbu mungkin masakan ini enak banget, maaf yaaa selera kami berbeda L.  
Cah Kangkung - Rp. 15.000,-

Cah Genjer - Rp. 15.000,-


Untuk harga yang di bandrol di RM. Rindu Pantai ini lumayan rada mahal di bandingkan tempat seafood langganan gw yaitu Seafood Kalimati atau Seafood Santa 68. Semisal aja nich untuk Gangan Kepala Ketarap 0.9 kg harga nya Rp. 120.000,- Ikan Bakar 0,6 kg seharga Rp. 90.000,- sedangkan Cumi Saos Tiram Rp. 40.000,-/porsi, untuk cah kangkung Rp. 15.000,-/porsi dan cak genjer Rp. 15.000,-/porsi.
Makan dan Habiskan

Lokasi nya di Pantai Tanjung Tinggi




31 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]