Perjalanan Tak Berujung: Sempat ter TUNDA ke POSTPONE Island

Sempat ter TUNDA ke POSTPONE Island

Kalo Ngak Mau Kepanasan, Bisa Berenang Sambil Berpayung
Pulau Tunda – Tak tanggung-tanggung butuh waktu 5 th yang akhir nya membawa gw dan rombongan Cumi Dugong Kelayapan sampai ke sini. Yaaa tahun 2008 sempet punya niatan berkunjung, tapi karena sibuk trus lanjut kelayapan ngak jelas + tak berujung akhir nya pulau ini terlupakan. Padahal jarak nya tidak begitu jauh dari Ibu Kota Jakarta, yaaa Pulau Tunda atau banyak yang menyebut POSTPONE ini hanya 2 jam perjalanan laut dari Kota Serang Banten.
Pelabuhan Karangantu Serang
Perjalanan diMulai Pukul 24.15 dari Pelabuhan Karangantu
Pulau Tunda merupakan pulau kecil yang luas nya sekitar ±300 heaktar dengan 3500 jiwa penduduk yang terdiri dari 1 desa yaitu Desa Wargasara yang meliputi 2 dusun (Kampung Barat & Kampung Timur). Kebanyakan penduduk nya sebagai nelayan, bercocok tanam palawija. Disana hanya ada sekolahan SD, SMP dan Madrasah dalam 1 atap, sedangkan  untuk SMU kebanyakan penduduk setempat milih melanjutkan pendidikan ke Kota Serang.
Selamat Datang di Postpone Island

Pelabuhan Pulau Tunda

Tempat Kita Nebeng Nginap

Dan akhir nya rombongan Cumi Dugong (21 manusia standart + 1 Anak Bupati Gresik aka Cumi) menginjakan kaki juga di Pulau Tunda, di bantu oleh jasa besar nya Mas Anshor Ronaldo (keren bener nich nama, beliau ini putra asli penduduk pulau tunda). Untuk bisa sampai ke pulau tunda cara nya lumayan gampang, dari kota serang bisa naik angkutan umum menuju ke Pelabuhan Karangantu tarif nya cuman Rp. 3.000,- di lanjut mengunakan kapal umum rute Karangantu – Pulau Tunda dengan tarif Rp. 15.000,- yang jadwal keberangkatan nya setiap senin, rabu dan sabtu, pukul 14.00 dari Karangantu dan pukul 08.00 dari Pulau Tunda. Tapi kelayapan kami kali ini mengunakan kapal motor sewaan milik Mas Anshor Ronald selama 2 hari, sekalian untuk snorkling keliling pulau tunda.
Mas Cumi Yang Keren Hahahaha
Aku lah Sang Lumba-Lumba



SiLUmba-Lumba Yang Unyu









Yang membuat gw tertarik untuk datang ke pulau ini sebenarnya pingin melihat keindahan bawah laut nya yang keren dan masih terawat,  plus banyak ikan sehingga banyak  wisatawan yang hobby mancing singgah di pulau ini trus di tambah menurut cerita kalo pulau ini merupakan lintasan lumba2 jadi kemungkinan besar ketemu lumba2 itu sangat besar. So ...... Kita buktikan apa yang kami dapat dan rasakan disana !!!!!!
Lautnya Tenang Jadi Enak Buat Snorkling
Keren & Utuh 
Ternyata bener, seharian kami berkeliling pulau untuk snorkling di 6 spot yang berbeda dan Alhamdulillah semua nya keren, karang nya utuh meskipun ada sedikit yang rusak.  Dan menurut gw, ini merupakan bawah laut paling bagus yang perna gw liat di sekitar pulau seribu. Banyak terdapat karang meja yang besar2, ikan nya banyak bervariasi + soft koral nya lucu dan unyu hehehe J eh kami sempet ketemu kerang besar sepeti dalam film Jinny Oh Jinny. Yang agak sedikit di sayang kan yaitu visibility air nya agak rada kurang bagus, mungkin karena cuaca angin dan ombak sehingga pasir nya keangkat, padahal selama kita jumpalitan di laut kondisi ombak nya tenang.
Ayo Nyebur !!!!!!!
Karang Meja nya Besar
Dan yang paling membuat kami bener2 berteriak kegirangan adalah kami ketemu beberapa gerombolan lumba-lumba yang menari-nari dari jarak ±50 meter kapal kita dan itu berlangsung lama. Saat kami turun snorkling pun, lumba-lumba ini menemani kami dari kejauhan. Thanks God atas semua karunia dan segala keindahan yang Kau ciptakan J.

Mercusuar
Padang Rumput
Diatas Mercusuar "Nuniek, Maukah Kau Jadi Selingkuhanku ???"
Pulau Tunda ini masih belum begitu terjamah akan pariwisata, padahal 1 jam perjalanan dengan kapal motor dari pulau ini, kita akan sampai ke pulau tidung. Dimana tidung sudah ramai dan bener2 menjelma menjadi pulau tujuan wisata. Kami berharap pulau tunda ini juga akan berkembang menjadi tujuan wisata seperti pulau2 di kepulauan seribu lain nya. Banyak potensi yang bisa di kembangkan di pulau ini è ada mercusuar, garis pantai yang panjang meskipun kondisi nya sekarang kurang begitu mengairahkan (apabila di kelola  dengan baik mungkin bisa menjadi seperti Pantai Pasir Perawan nya Pulau Pari), alam bawah laut yang mengoda indah nya serta atraksi lumba2 dll J.
Kerang Jinny oh Jinny
Btw thanks banget buat keluarga besar Mas Anshor Ronald dkk yang mau kita repotin, rumah nya kami jadikan tempat menginap J plus numpang makan + minum + mandi dll serta mau nganterin kami keliling pulau untuk kelayapan ngak jelas hahahaha (jangan kapok yeee kalo kita datang lagi J), mudah2an setelah kami datang ini PULAU TUNDA makin rame di datangin wisatawan seperti obrolan kita saat main kartu UNO.
Dan temen2 Cumi Dugong Kelayapan yang join è Delisa, Tikka, Randi, Yanni Rachkee, Nuniek, Marlina, Tarsis, Moko, Tejo, Arief, Denny, Iyus, Ade, Yanni KW, Teddy, Intan, Eva, Esther, Juju, Desi ...... Thanks u So Much & Lope Lope J.
Tampak Hamparan Pasir Melingkari Pulau






81 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]