Perjalanan Tak Berujung: Nomer SIJI Warisan Kuliner GRESIK

Nomer SIJI Warisan Kuliner GRESIK

Sego Krawu Yang Melegenda
Sego Krawu Gresik – Menu wajib kalo lagi mudik ke Gresik untuk sarapan ini, banyak tempat yg menjual makanan khas gresik ini dan mungkin tersebar di berbagai pelosok Kota Gresik. Mulai dari Buk Tiban, Buk Marjani, Buk Mus, Buk Rika dll, tapi yg mengena dan menjadi langganan yaitu Nasi Krawu Buk Zaenab. Karena lokasi nya deket sama rumah dan masakan nya enak gilaaaaa J + hanya buka di pagi hari jadi makanan nya fresh. Sekedar info saja, kalo Mas Cumi paling alergi ama warung yg buka 24 jam semisal warteg L.

Bu Zaenab Jadi Langganan
Nasi Krawu atau Sego Krawu asal muasal nya merupakan nasi untuk para kuli pelabuhan gresik pada zaman dahulu kala saat jahiliah #lebayyyy+ngasal. Para kuli ini kan duit nya minim, jadi daging di suwir kecil2 dan di tambah parutan kelapa serta di bungkus dengan daun pisang biar awet tahan lama. Nah karena daging nya suwir tipis2 maka nya harga nya murah dan cocok untuk para kuli pelabuhan gresik.
Jadi karena sudah terkenal sejak jama dahulu kala dan sampai sekarang pun juga masih berjaya, maka nasi krawu ini menjadi andalan NO 1 (nomor siji) makanan khas warga gresik. Meskipun selain Sego Krawu juga masih ada yang lain seperti Pudak, Otak2 Bandeng, Jubung dll.
Sego krawu + Masak Bali Welot
Sego Mener + Masak Bali Welot
Original Sego Krawu tanpa Topping
Penjual nasi krawu biasanya merupakan warga Keturunan Madura, kalo bukan keturunan madura biasa nya rasa nya kurang mengairahkan J. Nasi krawu terdiri dari nasi liwet yg hangat + daging suwir + serundeng kelapa + sambal, ini original nya. Dan yang bikin makyuss endes gendess tentu serundeng kelapa dan sambal nya yang memang mengunakan ramuan madura hahaha.
Tetapi sesuai perkembangan akhir nya ada yg menambahin dengan semur usus + babat atau dengan belut/welot atau tahu di bumbu merah yg di gresik dikenal dengan nama MASAK BALI WELOT atau TAHU.
Bangun Tidur Tak Usah Mandi tp Langsung Sego Krawu
Dipenjual nasi krawu biasa nya juga terdapat Sego Mener yaitu nasi dengan kuah sayur bening yg menyegarkan + sambal mangga yg asem dan pedas.
Masak Bali Welot + Tahu
Oh yaa kalo di Buk Zaenab (lokasi nya 100 meter di sebrang Komplek Perguruan Muhammadiyah Gresik) untuk 1 porsi nasi krawu di bandrol Rp. 9.000,- tapi saya yakin kalo makan 1 porsi ngak bakalan kenyang hehehe, biasa nya saya kalo makan pasti 2 porsi. Dimana porsi ke 2 selalu saya ganti dengan Nasi Mener + Masak Bali Welot atau Tahu. Paling enak menikmati sensasi nikmat nya nasi krawu ini pagi hari untuk sarapan, dahulu kala juga penjual nasi krawu ini mmg di pagi hari tapi sekarang malah ada yg buka 24 jam. 
Ini Daging Suwir nya




44 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]