Perjalanan Tak Berujung: MAHAL itu WajaR ...... "JAILOLO i'm COMING !"

MAHAL itu WajaR ...... "JAILOLO i'm COMING !"

Tulisan ini diikutkan dalam "Jailolo I'm Coming!" Blog Contest yang di selenggarakan oleh Wego Indonesia dan Festival Teluk Jailolo
Jailolo ... Aku Datang 
Jailolo I’m Coming Mungkin rada asing mendengar kata JAILOLO, tapi ini sebenarnya merupakan nama lain dari Kabupaten Halmahera Barat di Provinsi Maluku Utara. Dimana  16 – 18 Mei 2013 ini akan diadakan Festival Teluk Jailolo yang ke 5. Apa sech yang menarik dari Festival ini ???? Hadehhhhh saya aja juga penasaran J, jadi tidak sabar untuk berangkat ke Halmahera. Tapi ..... Tiket dan akomidasi perjalanan ke Halmahera ini pasti mahal, jadi mikir 2x nich L.

Yap .... Menuju ke Halmahera Barat atau Jailolo memang di butuh kan dana yang tidak sedikit. Untuk sampai kesana, kita mesti melakukan perjalanan mengunakan pesawat dari Jakarta menuju Ternate, dilanjutkan perjalanan laut mengunakan speedboat sekitar ±30 menit untuk sampai ke Pulau Jailolo yang luas nya sekitar ±17.000 km². Untuk biaya perjalanan 4H3M di Jalilolo bisa menghabiskan Rp. 4.500.000,-/orang, itu karena harga tiket pesawatnya saja minim sekitar Rp. 3.000.000,- PP.
Indah nya INDONESIA - Mahal ??? yaaaa Wajar
Tapi semua itu wajar untuk kita bayar mahal, karena Halmahera atau Jailolo memang menawarkan berjuta-juta pesona keindahan alam, warisan kuliner, tradisi dan budaya. Banyak sekali warisan dari Halmahera Barat ini antara lain ada nya tarian Legu Salai, Sara Dabi-Dabi, Cakalele dll. Untuk kuliner nya nya kita bisa menikmati Nasi Tou, Nasi Kukusan, Wajik dll. Halmahera barat juga memiliki beberapa pulau yang sangat indah antara lain Pulau Donrotu, Sidangoli dan Pulau Fastofiri. Serta memiliki 10 diving spot yang sudah mendunia dan pantai-pantai yang berpasir putih mengoda untuk kita jamah.

Alasan-alasan ini yang membuat saya bernafsu untuk mengunjungi Halmahera, ingin menyaksikan secara langsung kekayaan ragam budaya Indonesia Timur. Sebagai Warga Negara Indonesia sudah sepantas nya kita bangga dan ikut melestarikan budaya bangsa sendiri seperti ke Festival Teluk Jailolo. Jangan perna bandingkan tiket promo murah ke Luar Negeri dengan ke Jailolo, karena apa yang kita dapat di Jailolo memang pantas untuk di bayar mahal.
Indah nya INDONESIA - Mahal ??? yaaaa Wajar
Saat nya sekarang pemerintah, masyarakat dan semua pihak terkait bekerja sama mempromosikan Festival Teluk Jailolo. Agar acara ini makin membumi dan dikunjungin banyak wisatawan, saya coba sedikit memberikan saran yang antara lain :
  1. Pemerintah mewajibkan maskapai penerbangan domestik memberikan jatah minim 30% kursi dengan harga super promo untuk tujuan Ternate, ini akan berimbas makin banyak nya wisatawan yang datang ke Jailolo.
  2. Mempromosikan nya di kota-kota besar Indonesia, semisal mendirikan stand kecil di pusat perbelanjaan dan membagikan brosur tentang Festival Teluk Jailolo. Karena menurut survey bahwa pecinta jalan-jalan saat ini masih didominasi dari kota besar semisal Jakarta, Surabaya, Jogjakarta, Bandung.
  3. Panitia bekerja sama travel blogger, artis, tokoh masyarakat berpengaruh untuk mempromosikan Festival Teluk Jailolo ini melalui Social Media yang sekarang ini memang lagi Cetar Membahana, baik itu Twitter, Facebook, Instagram, Path dll.
Indah nya INDONESIA - Mahal ??? yaaaa Wajar
Semoga saya terpilih untuk terbang ke Ternate dan menyaksikan Festival Teluk Jailolo 2013, sehingga saya bisa menceritakan pengalaman perjalanan saya ke Jailolo melalui blog ini. Sehingga bisa menginspirasi semua teman, tetangga, sahabat, keluarga dll, untuk datang di tahun mendatang.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Festival Teluk Jailolo 2013 bisa kunjungi http://www.festivaltelukjailolo2013.com/ atau kalo mau ikutan  blog contest supaya bisa menyaksikan Festival Teluk Jailolo secara GRATIS bisa buka http://www.facebook.com/wego.indonesia dan www.wego.co.id.




24 comments:

Ada banyak spam di komentar. Saya menghapusnya. Maaf.

Best Regards
@CumilebayCom
[email protected]